Tips Memilih dan Dan Rekomendasi Asuransi Jiwa Terbaik

Ekopolitan.com – Ini Dia Tips Memilih dan Rekomendasi Asuransi Jiwa Terbaik. Asuransi menjadi salah satu kebutuhan yang mulai banyak dicari orang. Dengan memiliki asuransi jiwa, tentunya Anda akan lebih nyaman karena memiliki jaminan keselamatan untuk diri sendiri dan keluarga. Karena Anda tidak akan tau kapan musibah akan datang dan dapat menimpa siapa saja sewaktu-waktu meskipun usia masih muda. Untuk itu dengan memiliki asuransi jiwa, membuat Anda memiliki suatu perlindungan terhadap diri.

Dalam memilih asuransi jiwa, tentunya ada banyak pertimbangan yang perlu difikirkan, supaya Anda dapat memiliki asuransi jiwa terbaik dan cocok untuk Anda beserta keluarga. Karena saat ini sudah banyak asuransi jiwa yang menawarkan berbagai jenis asuransi sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, perlu untuk Anda memilih asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Untuk mengetahui apa saja asuransi jiwa terbaik yang dapat Anda miliki, simak artikel berikut sampai selesai ya!

Tips Memilih Asuransi Jiwa Terbaik

asuransi jiwa merupakan salah satu jenis asuransi yang menanggung sebagian atau seluruh kerugian finansial yang tidak terduga, misalnya ketika seseorang itu meninggal dunia. Jadi dapat dikatakan bahwa asuransi jiwa ini memberikan uang santunan atau uang pertanggungan ke ahli waris atau keluarga jika nasabah meninggal dunia atau cacat total sehingga tidak lagi dapat melakukan hal-hal yang bersifat produktif.

Dengan memiliki asuransi jiwa ini, Anda dapat menjamin keluarga Anda tidak mengalami kesulitan jika Anda sudah tidak mampu lagi bekerja dan mencari nafkah secara normal atau meninggal dunia. Jadi Anda sudah memiliki jaminan dan rasa aman terhadap kebutuhan keluarga jika Anda tidak mampu lagi bekerja.

Nah sebelum mengetahui apa saja asuransi jiwa yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda, berikut tips memilih asuransi jiwa terbaik yang perlu Anda pahami supaya tidak salah pilih:

  Pengertian Asuransi; Fungsi, Manfaat, Jenis Dan Contohnya

1. Tentukan tujuan Anda menggunakan asuransi

Tips memilih asuransi jiwa terbaik yang perlu Anda lakukan pertama adalah menentukan tujuan dan alasan mengapa Anda perlu memiliki asuransi jiwa. Apa tujuan utama Anda? Hal ini bertujuan supaya Anda bisa memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga.

2. Melakukan riset produk asuransi

Sebelum memilih menggunakan suatu produk asuransi jiwa, tentunya Anda harus terlebih dahulu melakukan riset terhadap produk asuransi jiwa tersebut. Anda harus memahami seluk beluk produk yang diberikan di asuransi jiwa yang akan Anda pilih. Selain itu, Anda juga bisa melakukan perbandingan asuransi jiwa yang satu dengan yang lainnya. Melakukan riset ini sangat penting dilakukan supaya Anda tidak salah memilih produk asuransi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda juga bisa mencari tahu tentang produk asuransi jiwa tersebut, berapa premi yang harus dibayarkan dan berapa besar uang pertanggungan yang diberikan. Selain itu lihatlah apakah perusahaan asuransi tersebut sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) supaya lebih aman.

3. Memilih Premi Asuransi yang Sesuai Budget

Tips ketiga adalah Anda dapat memilih premi asuransi yang sesuai dengan dana yang Anda miliki. Karena ada banyak produk asuransi jiwa yang memiliki beragam fitur dan dapat mempengaruhi harga premi. Untuk itu, perlu melakukan pertimbangan secara finansial untuk premi asuransi yang ditawarkan. Jadi Anda harus dapat melakukan perencanaan secara matang terhadap pembayaran premi dan juga dana yang Anda miliki.

Tidak perlu memilih asuransi yang terlalu mahal. Sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.

Ciri-ciri Asuransi Jiwa Terbaik yang Bisa Dipilih

Selanjutnya Anda perlu mengetahui ciri-ciri asuransi jiwa terbaik yang dapat Anda jadikan sebagai referensi dalam memilih asuransi jiwa, berikut ciri-cirinya:

1. Premi Terjangkau

Salah satu ciri-ciri asuransi jiwa terbaik adalah memiliki premi yang terjangkau, namun juga memberikan manfaat dan produk-produk asuransi yang baik. Salah satu asuransi jiwa dengan premi murah ini biasanya dimiliki pada jenis asuransi jiwa yang bersifat term life atau asuransi berjangka. Biasanya asuransi jenis ini memiliki premi terjangkau, yaitu mulai dari Rp.500.000/bulan.

2. Uang Pertanggungan Besar

Ciri-ciri kedua adalah asuransi yang memberkan uang pertanggungan besar. Hal ini tentunya akan dapat memberikan manfaat yang besar bagi Anda. Uang pertanggungan yang besar tentunya akan cukup bagi seluruh anggota keluarga Anda. baca: asuransi pendidikan terbaik untuk anak. Namun hal ini juga harus Anda lihat dengan premi yang dibayarkan.

  7 Asuransi Pendidikan Terbaik Untuk Anak Dan Tips Memilihnya

3. Memiliki Paket Asuransi

Asuransi terbaik juga pasti menawarkan produk asuransi yang lengkap. Seperti memiliki paket asuransi jiwa lengkap dengan asuransi kesehatan. Hal ini tentunya akan memberikan premi yang cukup terjangkau karena membuat produk dalam satu paket. Dengan memiliki paket asuransi, Anda dapat mendapatkan perlindungan diri sekaligus perlindungan kesehatan diri dan keluarga.

4. Perusahaan Kredibel

Ciri yang keempat adalah perusahaan asuransi sudah kredibel. Artinya perusahaan asuransi tersebut sudah terpercaya dan memiliki produk asuransi jiwa yang jelas, terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta mampu memberikan kepuasan kepada para nasabahnya. Selain itu, Anda perlu melihat bagaimana pelayanan yang diberikan perusahaan asuransi tersebut kepada nasabah-nasabah mereka.

Rekomendasi Asuransi Jiwa Terbaik

asuransi jiwa terbaik
produk asuransi jiwa terbaik – via pixabay.com

Setelah memahami tips memilih dan ciri-ciri asuransi jiwa terbaik. Selanjutnya berikut rekomendasi asuransi jiwa yang dapat Anda jadikan pertimbangan dalam memilih asuransi jiwa sesuai dengan kebutuhan Anda:

1. Prudential

Prudential Indonesia didirikan pada tahun 199. PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merupakan bagian dari Prudential plc, yaitu sebuah grup perusahaan jasa keuangan terkemuka di Inggris. Meskipun Prudential merupakan bagian dari grup, tetapi sudah memiliki pengalaman lebih dari 168 tahun pada industri asuransi jiwa. Prudential sendiri memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia, yang kemudian diberi nama Prudential Indonesia.

Prudential Indonesia memiliki izin usaha di bidang asuransi jiwa dan kesehatan. Prudential Indonesia ini memberikan berbagai layanan produk yang dirancang untuk melengkapi dan memenuhi setiap kebutuhan keuangan para nasabahnya di Indonesia. Karena asuransi Prudential ini sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia, maka produk asuransi kesehatan yang ditawarkan pun juga banyak.

Beberapa diantaranya adalah PRUTotal & Permanent Disablement, PRUSafe Guard, PRULife Cover dan PRUPersonal Accident Death & Disablement.

2. AIA Financial

AIA Financial ini merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa yang sudah terkemuka di Indonesia, selain itu AIA Financial menjadi salah satu perusahaan asuransi jiwa yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi nasabah akan merasa lebih aman dan nyaman karena sudah diawasi oleh OJK.

  Rekomendasi Asuransi Sepeda Motor Terbaik

Perusahaan asuransi AIA Financial sendiri menawarkan beberapa macam produk asuransi, mulai dari asuransi dengan prinsip syariah, yaitu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kecelakaan diri, program kesejahteraan karyawan, asuransi yang dikaitkan dengan investasi, program pesangon, dan program Dana Pensiun (DPLK).

3. Manulife

Perusahaan asuransi ketiga adalah Manulife. Manulife berdiri pada tahun 1985, yang merupakan grup penyedia jasa keuangan dari Kanada yang beroperasi di Kanada, Asia dan Amerika Serikat. Manulife Indonesia sendiri menawarkan berbagai layanan keuangan salah satunya adalah asuransi jiwa. Selain itu juga ada asuransi kecelakaan dan kesehatan, layanan investasi serta dana pensiun kepada nasabah individu maupun pelaku usaha di Indonesia.

Manulife Indonesia memiliki lebih dari 2.4 juta nasabah di Indonesia. PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia ini tentunya sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk produk asuransi jiwa Manulife yang banyak dipilih masyarakat yaitu Santunan Proteksi Jiwa Berjangka. Produk asuransi berjangka ini aktif sampai periode tertentu.

4. Allianz

Asuransi jiwa terbaik keempat adalah Allianz, yang merupakan perusahaan jasa keuangan multinasional yang berkantor pusat di Munich, Jerman. Bisnis utama yang didirikan adalah asuransi. Pada 2013, Allianz menjadi perusahaan terbesar ke-25 dunia menurut ukuran gabungan oleh majalah Forbes. Allianz pertama kali berdiri pada tahun 1890.

Allianz mulai mengembangkan bisnis meraka di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan pada tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, yaitu perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz mulai memasuki bisnis asuransi Kesehatan, jiwa dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi yang bersifat syariah.

5. AXA Mandiri

AXA Mandiri merupakan salah satu perusahaan Asuransi Jiwa yang sudah berdiri sejak tahun 1991, dan berkantor pusat di Jakarta. Pada tahun 2004, AXA Mandiri mulai mengembangkan bisnis asuransi jiwa mereka, hingga berlanjut dengan pembangunan bisnis asuransi umum pada tahun 2011. AXA Mandiri saat ini sudah semakin lengkap dan kuat dan terus fokus pada penyediaan berbagai solusi untuk kebutuhan pelanggan, baik finansial maupun investasi layanan, serta solusi perlindungan jiwa dan aset.

  Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik

AXA Mandiri sendiri memiliki bisnis asuransi jiwa, yaitu PT AXA Mandiri Financial Services dan bisnis asuransi umum dan PT Mandiri AXA General Insurance, yang keduanya merupakan perusahaan patungan antara PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan AXA Group.  AXA Mandiri sendiri berfokus pada asuransi jiwa, asuransi umum dan manajemen aset melalui berbagai saluran distribusi di bawah PT Asuransi AXA Indonesia, PT AXA Financial Indonesia, dan PT AXA Asset Management Indonesia.

6. Cigna

Asuransi jiwa terbaik selanjutnya adalah Cigna. Asuransi jiwa Cigna ini memiliki berbagai jenis asuransi mulai dari term life atau whole life. Tentunya Anda dapat memilih asuransi sesuai dengan kebutuhan Anda. Keunggulan asuransi Cigna salah satunya ada fasilitas Speedy Claim atau klaim cepat dalam waktu maksimal 30 menit untuk layanan rawat inap. Nilai klaim maksimal Rp10 juta.

Selain menawarkan produk asuransi jiwa, Asuransi Cigna yang berasal dari Amerika Serikat ini juga menyediakan beberapa jenis produk asuransi kesehatan keluarga maupun individu.

7. Simas Jiwa

Asuransi Simas Jiwa memiliki visi menjadi perusahaan asuransi yang selalu hadir dalam diri dan keluarga Anda. Satu diantara produk Asuransi Simas Jiwa yakni Simas Investa Link. Simas Investa Link merupakan produk keuangan jangka pendek yang memiliki perlindungan asuransi jiwa. Rencana Keuangan Jangka Pendek tersebut meliputi Renovasi Rumah, Ibadah Suci, Biaya Pernikahan Anak, Rekreasi, Liburan Keluarga.

****

Nah itu tadi beberapa tips memilih, ciri-ciri dan rekomendasi asuransi jiwa terbaik yang dapat Anda jadikan sebagai referensi ketika Anda akan memulai mencari produk asuransi jiwa. Tentunya Anda harus memilih asuransi jiwa berdasarkan kebutuhan dan kondisi finansial Anda saat ini. Semoga bermanfaat!