Tips Investasi Emas Tanpa Memegang dan Menyimpan Fisiknya

Ekopolitan.com – Emas telah menjadi substansi bernilai selama ribuan tahun, dan tetap berharga hingga hari ini dengan harga satu ons logam mulia melebihi $ 1.300. Banyak investor berusaha untuk memegang emas sebagai penyimpan nilai dan sebagai lindung nilai terhadap inflasi, tetapi bisa sulit dan rumit untuk menyimpan sejumlah besar emas fisik. Upaya keamanan sering dilakukan untuk mencegah pencurian yang juga bisa mahal. Untungnya, ada sejumlah cara untuk mendapatkan paparan pergerakan harga emas tanpa secara fisik memegangnya.

Pengambilan Kunci

  • Jika Anda ingin menambahkan emas ke portofolio Anda, Anda mungkin merasa sulit dan mahal untuk melacak koin emas fisik, batangan, atau perhiasan.
  • Untungnya, investor masih dapat menambahkan investasi emas ke dalam portofolio mereka melalui kontrak derivatif yang harganya sesuai dengan harga logam mulia.
  • Bagi mereka yang tidak dapat memperdagangkan derivatif, Anda juga dapat membeli reksa dana emas atau ETF yang melacak harganya, atau berinvestasi dalam saham saham pertambangan emas.

Penerimaan Emas

Telah berspekulasi bahwa bentuk perbankan kredit paling awal terjadi melalui tukang emas yang akan menyimpan emas anggota masyarakat. Sebagai imbalannya, mereka yang menyimpan emas akan menerima kwitansi kertas yang dapat ditebus dengan emas mereka di beberapa titik di masa depan. Mengetahui bahwa pada saat tertentu hanya sebagian kecil dari kwitansi-kwitansi itu yang akan ditebus, mereka dapat mengeluarkan kwitansi untuk jumlah emas yang lebih besar daripada yang sebenarnya disimpan dalam kas mereka. Dan dengan demikian lahirlah sistem cadangan cadangan fraksional.

  Kenapa Emas Selalu Berharga Dan Bernilai?

Saat ini, masih dimungkinkan untuk berinvestasi dalam penerimaan emas yang dapat ditebus dengan emas fisik. Meskipun sebagian besar permen pemerintah tidak lagi berurusan dengan emas secara pribadi, beberapa “permen” swasta giat melakukannya. Misalnya, Royal Canadian Mint (tidak berafiliasi dengan pemerintah Kanada) menawarkan tanda terima elektronik yang dapat diperdagangkan (ETR) yang didukung oleh emas berkubah mereka, serta koin koleksi yang dicetak dari logam mulia. ETR ini dapat diperdagangkan di bursa atau berpindah tangan secara pribadi dan melacak harga emas yang mendukungnya.

Derivatif

Sementara penerimaan didukung oleh emas dan dapat ditebus untuk itu atas permintaan, pasar derivatif menggunakan emas sebagai aset dasar dan merupakan kontrak yang memungkinkan pengiriman emas di beberapa titik di masa depan. Kontrak berjangka emas memberi pemilik kontrak hak untuk membeli emas fisik di beberapa titik di masa depan dengan harga yang ditentukan hari ini. Kontrak berjangka diperdagangkan secara bebas (OTC), dan dapat disesuaikan antara pembeli dan penjual untuk mengatur ketentuan-ketentuan seperti berakhirnya kontrak dan sifat yang mendasarinya (berapa ons emas yang harus dikirim dan di lokasi apa).

Kontrak berjangka beroperasi dengan cara yang sama seperti ke depan, perbedaannya adalah bahwa futures diperdagangkan di bursa dan persyaratan kontrak telah ditentukan oleh bursa dan tidak dapat dikustomisasi. Karena meneruskan perdagangan OTC, mereka mengekspos masing-masing pihak dengan risiko kredit yang tidak dapat diberikan oleh pihak lawan. Bursa berjangka yang diperdagangkan menghilangkan risiko ini. Sering kali, kontrak berjangka atau berjangka tidak ditangguhkan hingga berakhirnya waktu sehingga emas fisik tidak dikirimkan. Sebagai gantinya, kontrak ditutup atau dijual ke kontrak baru lainnya dengan berakhirnya kontrak.

  4 Cara Mendiversifikasi Posisi Saham yang Terkonsentrasi

Opsi panggilan juga dapat digunakan untuk mendapatkan eksposur ke emas. Tidak seperti kontrak berjangka atau kontrak berjangka yang memberi pembeli kewajiban untuk memiliki emas di masa depan, opsi panggilan memberi pemilik hak tetapi bukan kewajiban untuk membeli emas. Dengan cara ini, opsi panggilan hanya dilakukan ketika harga emas menguntungkan dan dibiarkan berakhir tanpa nilai jika tidak. Dengan kata lain, harga yang dibayarkan untuk opsi (dikenal sebagai premium) dapat dianggap sebagai deposit untuk hak untuk membeli emas di beberapa titik di masa depan untuk harga yang ditentukan hari ini (harga strike). Jika harga aktual emas naik di atas harga yang ditentukan, pemilik opsi akan mendapat untung. Namun, jika harga emas tidak naik di atas strike price, pembeli opsi akan kehilangan premi – seperti kehilangan deposit.

Dana Emas

Pasar derivatif adalah cara yang efisien untuk mendapatkan paparan emas dan umumnya yang paling hemat biaya, serta memberikan tingkat leverage terbesar. Namun, untuk investor biasa, pasar derivatif tidak dapat diakses. Sebagai gantinya, investor tipikal dapat memperoleh eksposur ke emas melalui reksa dana yang membeli emas, atau menggunakan ETF emas yang diperdagangkan seperti saham di bursa efek. SPDR Gold Trust ETF (GLD) populer digunakan; tujuan investasi Trust adalah agar sahamnya mencerminkan kinerja harga emas batangan. Ada juga ETF emas leverage yang memberi pemilik paparan 2 kali lebih lama, ProShares Ultra Gold (UGL), atau alternatif 2 kali paparan pendek, Goldcorp (GG).

Saham Penambangan Emas

Walaupun mungkin tampak seperti cara yang baik untuk mendapatkan eksposur tidak langsung ke emas, memiliki saham perusahaan yang menambang dan menjual emas, seperti Barrick Gold (ABX) atau Kinross Gold (KGC), mungkin tidak memberikan investor eksposur ke logam mulia yang mereka inginkan. Alasan untuk ini adalah bahwa sebagian besar perusahaan emas dalam bisnis untuk menghasilkan keuntungan berdasarkan biaya untuk menambang emas dibandingkan dengan apa mereka dapat menjualnya. Mereka tidak dalam bisnis berspekulasi tentang fluktuasi harga. Oleh karena itu, sebagian besar perusahaan emas melakukan lindung nilai terhadap risiko harga emas di pasar derivatif, dan memiliki saham perusahaan-perusahaan ini terutama memberikan paparan investor terhadap margin laba operasi perusahaan tersebut.

  8 Alasan Untuk Investasi dan Menyimpan Emas

Namun, jika seorang investor ingin memiliki saham emas untuk mendiversifikasi portofolio ekuitas mereka mungkin ingin mempertimbangkan ETF penambang emas seperti Vektor Pasar Penambang Emas (GDX).

Garis bawah

Memiliki emas dapat menjadi penyimpan nilai dan lindung nilai terhadap inflasi yang tidak terduga. Memegang emas fisik, bagaimanapun, bisa jadi rumit dan mahal. Untungnya, ada beberapa cara untuk memiliki emas tanpa menyimpan simpanan fisiknya. Penerimaan emas, derivatif dan reksa dana / ETF adalah strategi yang layak untuk mendapatkan eksposur tersebut. Saham perusahaan pertambangan emas, meskipun tampaknya merupakan alternatif yang baik di permukaan, mungkin tidak memberikan paparan emas kepada investor yang mereka inginkan karena perusahaan-perusahaan ini biasanya melakukan lindung nilai paparan mereka sendiri terhadap pergerakan harga emas menggunakan pasar derivatif.

Leave a Comment