Cara Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga

Cara memilih asuransi kesehatan keluarga – Perlindungan kesehatan terbaik yang bisa Anda berikan kepada keluarga adalah dengan mendaftarkannya kepada agen asuransi. Hal ini bertujuan agar keluarga Anda memiliki jaminan diri, ketika hal buruk menimpanya. Oleh sebab itu, segera berikan asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga Anda. Dengan begitu, Anda bisa meminimalisir kerugian yang terjadi di masa yang akan datang.

Sekilas tentang Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan terbaik bisa Anda terima untuk menangani masalah kesehatan yang menimpa Anda. Dengan begitu, Anda memiliki jaminan kesehatan di masa yang akan datang. Kondisi ini sangat menguntungkan Anda, karena tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membayar pengobatan Anda. Sehingga tidak heran bila asuransi kesehatan ini, paling banyak digunakan oleh masyarakat luas.

Ada banyak manfaat yang bisa Anda terima bila menggunakan asuransi kesehatan untuk diri sendiri dan juga keluarga. Seperti halnya terlindung dari risiko kerugian akibat kematian karena kecelakaan, cacat, rawat inap, cedera, hingga sakit keras. Dengan menggunakan asuransi kesehatan ini, Anda tidak perlu lagi repot memikirkan biaya pengobatan dari penyakit yang timbul setiap saat.

Pertimbangan Sebelum Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga

tips memilih asuransi kesehatan keluarga
tips memilih asuransi kesehatan keluarga via pixabay.com

Perlu Anda ketahui bahwa sebelum menggunakan asuransi kesehatan, Anda wajib mempertimbangkan beberapa hal penting terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar Anda mendapatkan jaminan terbaik, dikala sedang sakit. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan uang pribadi untuk membayar pengobatan di kala sakit melanda.

  Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik

1. Memiliki Sistem Cashless

Pastikan perusahaan asuransi kesehatan yang akan Anda gunakan memiliki sistem cashless terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar memudahkan Anda melakukan pembayaran, saat Anda harus menjalani rawat inap. Anda hanya perlu menyelesaikan tagihan rumah sakit dengan cara menggesek kartu asuransi kesehatan yang Anda miliki. Sehingga Anda tidak perlu lagi mengurus ke perusahaan asuransinya terlebih dahulu.

Perlu Anda ingat bahwa untuk bisa menggunakan sistem cashless, Anda harus memilih rumah sakit yang bekerjasama dengan perusahaan asuransi Anda. Dengan begitu, akan memudahkan Anda dalam mengurus pembayaran. Namun bila Anda menggunakan rumah sakit di luar kerjasama dengan pihak asuransi, maka Anda harus mengurus beberapa dokumen penting untuk menyelesaikan pembayaran.

2. Memiliki Jaringan Rumah Sakit Luas

Sebelum menggunakan asuransi kesehatan, pastikan perusahaannya memiliki jaringan rumah sakit yang sangat luas. Hal ini bertujuan untuk mempermudah Anda dalam melakukan pembayaran rumah sakit, dengan menggunakan sistem cashless. Pastikan juga rumah sakit langganan Anda berobat, bekerjasama dengan perusahaan asuransi kesehatan tersebut. Kemudian Anda catat rumah sakit mana saja yang bekerjasama dengan pihak asuransi tersebut.

3. Memiliki Plafond dan Premi Sesuai

Lakukan pemilihan plafond asuransi sesuai dengan keinginan Anda. Perlu Anda ketahui bahwa semakin rendah plafond asuransi yang Anda pilih, maka semakin banyak juga tambahan uang yang akan Anda bayarkan saat di rumah sakit. Hal ini karena Anda harus membayar beberapa kebutuhan, yang tidak diberikan oleh perusahaan asuransi tersebut. Begitu juga sebaliknya semakin lengkap plafond asuransi, maka semakin minim pengeluaran saat di rumah sakit.

Bila Anda memilih menggunakan plafond asuransi yang tinggi, maka Anda harus membayar premi dengan jumlah yang besar. Hal ini karena berhubungan langsung dengan fasilitas yang akan Anda dapatkan ketika di rumah sakit. Namun itu semua untuk kenyamanan Anda selama di rumah sakit. Usahakan untuk memilih plafond dan premi yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Jangan pernah memaksakan untuk membayar premi yang sangat mahal.

  Pengertian Asuransi; Fungsi, Manfaat, Jenis Dan Contohnya

4. Asuransi Kesehatan Murni

Pilihlah asuransi yang murni untuk kesehatan saja, bukan unit link. Hal ini bertujuan agar pembayaran premi yang Anda lakukan sesuai dengan kebutuhan Anda untuk kesehatan. Kemudian untuk potongan yang Anda terima tidaklah besar, seperti asuransi unit link. Sehingga dapat dikatakan meskipun premi asuransi besar, Anda tetap mendapatkan nilai pertanggungan dalam jumlah besar juga.

Lain halnya dengan asuransi unit link yang membutuhkan premi dalam jumlah yang sangat besar. Besaran premi tersebut, digunakan untuk investasi, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, hingga potongan unit link. Sehingga untuk bagian asuransi kesehatan, Anda hanya mendapatkan bagian yang sangat sedikit. Padahal premi yang Anda bayarkan dalam jumlah besar. Itu sama saja Anda harus membayar tagihan rumah sakit, meski sudah menggunakan asuransi kesehatan.

5. Memiliki Prioritas Rawat Inap

Perhatikan layanan rawat inap ditanggung dalam asuransi kesehatan yang akan Anda pilih. Hal ini karena biaya rawat inap, sangatlah besar. Sehingga Anda harus mengutamakan layanan rawat inap dalam asuransi kesehatan Anda. Bila Anda memiliki pemasukan lebih, Anda bisa menggunakan layanan rawat jalan juga di dalam asuransi kesehatan tersebut. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk biaya rawat jalan yang bisa Anda lakukan.

6. Tidak Ada Limit Pada Setiap Perawatan

Pada asuransi kesehatan terbaik, terdapat plafond atau limit untuk membatasi besaran biaya kesehatan. Di dalam asuransi kesehatan, seringkali menerapkan dua limit di dalamnya. Limit pertama dapat Anda gunakan untuk semua jenis perawatan. Kemudian limit kedua dapat Anda gunakan untuk setiap perawatan.

  7 Asuransi Pendidikan Terbaik Untuk Anak Dan Tips Memilihnya

Adanya dua jenis limit dalam asuransi, maka Anda sangat disarankan untuk mengambil limit pertama. Hal ini bertujuan agar Anda bisa fleksibel dalam berobat untuk segala macam perawatan, selama Anda masih belum sampai limit yang sudah ditentukan. Dengan begitu, asuransi kesehatan Anda dapat mengurangi risiko kerugian yang terjadi di masa yang akan datang.

Contohnya, limit pertama memberikan biaya limit gabungan untuk semua perawatan sebesar Rp. 300.000.000 setiap tahunnya. Kemudian limit kedua memberikan limit biaya perawatan operasi sebesar Rp. 10.000.000, biaya rawat inap Rp. 5.000.000, dan biaya kontrol kesehatan sebesar Rp. 10.000.000. Maka Anda bisa mengambil limit jenis pertama untuk semua jenis perawatan, sebagai jaminan kesehatan Anda. Itu karena limit yang diberikan, sangatlah besar.

7. Hindari Mendaftar Asuransi via Telepon

Saat ini banyak para marketing asuransi yang sering menawarkan produknya melalui telepon. Kondisi ini harus Anda hindari sejauh mungkin. Hal ini karena seringkali marketing asuransi tersebut, bekerjasama dengan layanan kartu kredit. Bila Anda mendapatkan telepon tentang penawaran asuransi, maka segera akhiri sambungan telepon Anda. Namun bila Anda tertarik, Anda bisa meminta alamat kantor dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

8. Memiliki Masa Tunggu Penyakit

Perlu Anda ketahui bahwa di dalam asuransi kesehatan, memiliki masa tunggu untuk beberapa jenis penyakit. Sehingga membutuhkan jangka waktu tertentu, untuk mengklaim asuransi yang terhitung sejak tanggal pembuatannya. Contohnya suatu perusahaan asuransi menetapkan klaim beberapa penyakit selama 1 tahun. Mulai dari TBC, jantung koroner, kencing manis, batu ginjal ,vertigo, kandung kemih, hingga darah tinggi.

9. Asuransi Kesehatan Keluarga

Penggunaan asuransi kesehatan, biasanya digunakan untuk satu keluarga. Maka dari itu, Anda wajib memilih jenis asuransi keluarga yang bagus. Jenis asuransi yang bagus memiliki beberapa komponen antara lain premi keluarga tergolong murah, asuransi kesehatan terbaik, memiliki sistem cashless, dan memiliki asuransi kesehatan ramah anak.

  Tips Memilih dan Dan Rekomendasi Asuransi Jiwa Terbaik

Manfaat Memiliki Asuransi Kesehatan Keluarga

Penggunaan asuransi kesehatan memiliki beberapa manfaat untuk Anda dan keluarga di masa yang akan datang. Dengan begitu, jangan ragu lagi untuk mendaftarkan diri Anda dan keluarga dalam asuransi kesehatan. Pastinya Anda dan keluarga memiliki jaminan kesehatan yang pasti kedepannya.

1. Melindungi Kesehatan Keluarga

Keluarga sehat adalah dambaan semua orang. Oleh sebab itu dengan menggunakan asuransi kesehatan, sama halnya dengan Anda memberikan perlindungan keluarga Anda dari berbagai jenis penyakit berbahaya. Bahkan dengan menggunakan asuransi kesehatan tersebut, Anda bisa memilih rumah sakit rujukan yang terbaik untuk pengobatan keluarga Anda. Dengan begitu, keluarga Anda bisa mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik di masa yang akan datang.

Asuransi kesehatan memiliki perbedaan dengan tunjangan kesehatan yang banyak digunakan orang lain. Dengan asuransi kesehatan ini, Anda bisa mendapatkan pelayanan medis secara cepat, mudah, dan tepat. Bahkan Anda tidak perlu mengikuti antri yang akan menyita waktu penanganan kesehatan keluarga Anda. Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan asuransi kesehatan, bisa meminimalisir terjadinya kemungkinan fatal yang terjadi pada keluarga Anda.

2. Premi Lebih Terjangkau

Penggunaan asuransi kesehatan untuk satu keluarga, tergolong lebih terjangkau. Hal ini karena pembayaran premi tergolong lebih terjangkau untuk satu keluarga, dibandingkan dengan premi untuk diri sendiri. Tidak heran bila perusahaan asuransi lebih sering memberikan diskon khusus untuk penggunaan satu keluarga, dibandingkan dengan pribadi. Selain itu, penggunaan asuransi kesehatan keluarga lebih praktis. Sehingga tidak repot mengurus pembayaran kesehatannya.

3. Sebagai Pelengkap Tunjangan Kesehatan Lainnya

Asuransi kesehatan terbaik dapat dijadikan sebagai pelengkap tunjangan kesehatan lainnya. Bila Anda bekerja di suatu kantor, pasti Anda akan diberikan tunjangan kesehatan. Maka Anda bisa menjadikan asuransi kesehatan Anda dengan tunjangan kesehatan yang Anda dapatkan dari kantor. Dengan begitu, Anda memiliki perlindungan kesehatan secara lebih maksimal. Oleh sebab itu, Anda bisa menghitung perlindungan kesehatan yang akan Anda dapatkan.

  Rekomendasi Asuransi Sepeda Motor Terbaik

4. Penyesuaian Manfaat dengan Kebutuhan

Asuransi kesehatan untuk keluarga, dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan banyaknya anggota. Dengan begitu, Anda bisa membayar premi sesuai dengan kemampuan finansial yang Anda miliki. Contohnya, tahun pertama Anda belum memiliki anak. Alhasil Anda hanya membayar premi hanya Rp. 500.000 setiap bulannya. 3 tahun kemudian Anda memiliki seorang anak bayi, maka Anda bisa mengganti besaran premi Anda menjadi Rp. 800.000 setiap bulannya.

Penambahan besaran premi asuransi kesehatan, bertujuan untuk mendapatkan lebih banyak plafond yang akan Anda dapatkan. Mulai dari tambahan untuk asuransi jiwa, nilai tunai, penyakit kritis, hingga manfaat penting lainnya. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa rugi.

5. Tidak Perlu menggunakan Tabungan Pribadi

Penggunaan asuransi kesehatan terbaik, tidak akan menguras tabungan pribadi Anda untuk jangka waktu panjang. Hal ini karena biaya kesehatan Anda sudah ditanggung sepenuhnya oleh asuransi. Sehingga Anda tidak akan menguras lebih dalam tabungan pribadi Anda. Kemungkinan Anda hanya menggunakan uang pribadi Anda untuk membeli obat yang tidak terlalu mahal.

***

Asuransi kesehatan ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk diri Anda dan keluarga di masa yang akan datang. Salah satunya adalah melindungi keluarga dari penyakit berbahaya dan dapat menguras tabungan pribadi. Dengan menggunakan asuransi kesehatan terbaik, maka sudah dapat dipastikan bahwa tidak akan ada kerugian yang akan Anda alami selama melakukan rawat inap. Oleh sebab itu, segera miliki dan daftar asuransi kesehatan terbaik untuk melindungi keluarga Anda. Demikianlah tips cara memilih asuransi kesehatan keluarga kali ini, Semoga bisa menjadi referensi bermanfaat.

Leave a Comment