Rekomendasi Asuransi Sepeda Motor Terbaik

6 Asuransi Sepeda Motor Terbaik Dan Tips Cara Memilihnya – Sepeda motor menjadi salah satu kendaraan yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal ini karena sepeda motor sangat efisien digunakan sehari-hari dalam jarak jauh maupun dekat karena bisa terhindar dari kemacetan. Bagi Anda yang ingin memberikan proteksi pastikan untuk mendaftarkan asuransi sepeda motor terbaik agar tetap aman.

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia tidak mengasuransikan kendaraannya kecuali mereka yang memiliki motor gede. Padahal asuransi memiliki banyak manfaat apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Terlebih jalanan memiliki resiko yang besar berhubungan dengan kecelakaan dan lain sebagainya. Ingin tahu lebih lengkap? Simak penjelasan dibawah ini yuk!

Jenis Asuransi Sepeda Motor

Padatnya lalu lintas serta banyaknya pengguna jalan raya tidak dapat menjamin keselamatan. Asuransi dapat menjadi salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sebelum mendaftarkan sepeda motor Anda asuransi, pastikan untuk mengetahui tentang asuransinya terlebih dahulu. Berikut merupakan penjelasan tentang jenis asuransi yang perlu Anda ketahui.

1. TLO (Total Less Only)

Jenis asuransi ini menawarkan perlindungan sepeda motor dengan kerusakan 75% dari harga asli dan pada kasus kehilangan motor. Asuransi jenis ini dapat menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang ingin memberikan perlindungan pada sepeda motor bahkan dalam jangka waktu 2 bulan kendaraan belum ditemukan.

2. All Risk atau komprehensif

Jenis asuransi ini merupakan perlindungan atas seluruh bencana yang dialami oleh sepeda motor Anda. Premi yang dibayarkan juga berbeda karena keuntungan terbesar diperoleh Anda sebagai pemilik polis. Jenis asuransi ini melindungi sepeda motor Anda dari beset, hilang, dicuri, lecet, dan lain sebagainya.

3. Extra Protection

Jenis asuransi extra protection ini memberikan jaminan perlindungan bagi motor Anda yang mengalami kerusakan maupun kehilangan disertai dengan jaminan hukum dari pihak ketiga. Sebagai pemilik polis, Anda akan memperoleh santunan kecelakaan diri baik pengemudi maupun penumpang.

  Cara Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga

Tips Memilih Asuransi Sepeda Motor

asuransi sepeda motor terbaik
asuransi sepeda motor terbaik

Sebagai pengendara sekaligus pemilik, Anda harus memilih asuransi sepeda motor yang terbaik dan terpercaya. Oleh karena itu dibutuhkan tips yang dapat membantu Anda untuk memilih asuransi sepeda motor terbaik agar tidak menyesal kemudian hari. Hal ini karena pembayaran premi yang dibayarkan dalam jangka waktu panjang. Berikut merupakan tipsnya!

  • Riset perusahaan yang kredibel

Sebelum mendaftarkan asuransi, pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu tentang perusahaan maupun produk asuransi. Pastikan untuk memilih perusahaan asuransi yang kredibel dan telah terpercaya. Anda dapat melihat kredibilitas perusahaan asuransi melalui Otoritas Jasa Keuangan terlebih dahulu.

Seiring berjalannya waktu kini Indonesia memiliki banyak perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai keuntungan bagi Anda. Pastikan untuk mengetahui informasi tentang perusahaan serta produk yang ditawarkan sebelum melakukan pembelian. Anda dapat memilih perusahaan yang menawarkan kemudahan bagi Anda dalam berbagai situasi.

Anda dapat melakukan perbandingan terlebih dahulu atas berbagai perusahaan yang menawarkan asuransi. Pastikan untuk melihat premi, polis, serta manfaat yang dapat diperoleh jika Anda mendaftarkan sepeda motor disana. Tidak hanya dari segi biaya, Anda juga harus memastikan produk yang ditawarkan menguntungkan serta terpercaya.

  • Pertimbangkan budget

Anda tentu menginginkan perlindungan terbaik bagi sepeda motor kesayangan, bukan? Perlindungan yang maksimal tentu diiringi dengan pembayaran premi yang maksimal pula. Sebelum memilih asuransi pastikan untuk mengenal keuangan Anda terlebih dahulu agar dapat memilih jenis asuransi yang tepat.

Pada dasarnya setiap asuransi memberikan kemudahan bagi Anda, tergantung bagaimana Anda memilih perusahaan dan produk yang tepat. Meskipun kerusakan sepeda motor yang dialami sedikit, namun dengan adanya asuransi ini dapat meringankan biaya pengeluaran Anda. Oleh karena itu pastikan pemilihan asuransi disesuaikan dengan kepemilikan budget Anda.

  • Pertimbangkan keuntungan

Adanya asuransi dapat memberikan manfaat dari segi perlindungan dan dapat dikatakan sebagai dana darurat yang dialokasikan dalam bentuk asuransi. Bagi Anda yang memilih asuransi pastikan untuk mengetahui manfaat apa saja yang ditawarkan serta ketahui mekanisme pencairan dan lain sebagainya.

Anda juga dapat memperhatikan keuntungan yang diperoleh bagi pemegang polis yang berada di luar daerah. Karena pada dasarnya mengendarai motor tidak hanya digunakan pada satu daerah saja melainkan juga digunakan di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Pastikan untuk menganalisis keuntungan yang diperoleh terlebih dahulu agar memudahkan klaim.

  Pengertian Asuransi; Fungsi, Manfaat, Jenis Dan Contohnya

Manfaat Memilih Asuransi Sepeda Motor Terbaik

Asuransi sebagai perlindungan tentu memberikan manfaat dari berbagai aspek. Bagi Anda yang telah selesai dengan permasalahan ekonomi dapat mendaftarkan asuransi sepeda motor agar lebih memberikan ketenangan. Berikut merupakan manfaat yang akan diperoleh ketika mendaftarkan asuransi sepeda motor.

Mendapat perlindungan

Siapa sih yang ingin terjadi kerugian akibat kehilangan maupun kecelakaan yang terjadi di jalan? Asuransi ini dapat memberikan jaminan bagi Anda yang mengalami kehilangan maupun kecelakaan. Sehingga asuransi dapat menjadi dana darurat yang dipersiapkan sejak dini untuk mengatasi hal tersebut.

Pastinya setiap orang menginginkan hal baik selalu terjadi dalam hidupnya. Namun mempersiapkan solusi atas kejadian yang tidak diinginkan sangat penting untuk meringankan beban. Salah satu manfaat yang dapat diperoleh ketika mendaftar asuransi sepeda motor adalah dengan memperoleh perlindungan yang disesuaikan dengan premi yang dibayarkan.

Meminimalisir biaya

Ketika terjadi kehilangan atau kerusakan sepeda motor atas kecelakaan , Anda dapat meminimalisir pengeluaran atau biaya karena telah tertanggung oleh asuransi. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi karena telah tercover oleh perusahaan asuransi.

Bagi Anda yang mendaftarkan asuransi dengan budget yang minim juga akan memperoleh keuntungan dalam bentuk pengurangan biaya. Dalam hal ini Anda tidak perlu membayarkan keseluruhan biaya karena telah dibantu oleh asuransi sepeda motor. Hal ini tentu dapat mengurangi biaya yang seharusnya Anda keluarkan untuk sebuah kehilangan atau kerusakan.

Memberikan rasa aman dan tenang

Berkendara disertai kewaspadaan tentu menjadi keharusan. Namun dengan adanya asuransi ini dapat meminimalisir kekhawatiran karena telah terjamin ketika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Meski begitu, pastikan untuk berkendara dengan aman dan selalu hati-hati terhadap ketidakwaspadaan orang lain agar selamat sampai tujuan.

Rekomendasi Asuransi Sepeda Motor Terbaik

Rekomendasi Asuransi Sepeda Motor Terbaik
Asuransi Sepeda Motor Terbaik

Banyak sekali perusahaan yang menawarkan asuransi sepeda motor terbaik, namun Anda harus mengenal dan mengetahui informasi terlengkapnya agar dapat memperoleh keuntungan. Berikut merupakan daftar rekomendasi asuransi sepeda motor yang dapat menjadi rekomendasi bagi Anda untuk jaminan kendaraan kesayangan.

  7 Asuransi Pendidikan Terbaik Untuk Anak Dan Tips Memilihnya

1. Asuransi Astra

Produk yang ditawarkan oleh Astra bernama Garda Motor. Asuransi ini tergolong dalam jenis asuransi TLO. Resiko yang dijamin oleh asuransi ini ketika terjadi kerusakan akibat tabrakan, tergelincir, terbalik, kebakaran, serta pencurian. Jaminan resiko yang diberikan oleh Garda Motor ini berada dibawah pengawasan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat langsung.

Pastikan untuk membaca premi dengan hati-hati dan secara menyeluruh karena di dalamnya terdapat resiko yang tidak mendapat jaminan. Seperti kerugian atau kerusakan akibat mendorong kendaraan lain, melawan hukum, pelajaran pengemudi, serta bencana alam yang mengakibatkan kerusakan sepeda motor tidak ditanggung oleh asuransi ini.

2. Asuransi Adira

Produk asuransi sepeda motor yang ditawarkan oleh Adira tergolong dalam jenis TLO yang memberikan ganti rugi jika terjadi kerusakan sebanyak 75% pada sepeda motor maupun ketika terjadi kehilangan. Anda dapat memilih 2 jenis produk yang ditawarkan oleh Adira, yaitu Motorpro ikhlas (syari’ah) dan Motorpro classic (konvensional).

Kedua jenis produk tersebut dibagi menjadi 2 paket, yaitu Motorpro dan Motorpro Plus. Motorpro merupakan paket yang memberikan jaminan atas kerugian total yang dialami, mulai dari jaminan kecelakaan diri, bencana alam dan pengobatannya.

Jika Anda merasa kurang dengan fasilitas yang telah disebutkan pada produk Motorpro, Anda dapat memilih produk Motorpro Plus yang di dalamnya terdapat fasilitas tambahan yang tidak disebutkan di atas. Tambahan fasilitas ini menggunakan pertanggungan yang diperoleh dari pihak ke-3 atau yang disebut Third Party Liability.

3. Asuransi Sinar Mas

Produk asuransi yang ditawarkan oleh Sinarmas ini bernama Simas Motor yang jaminannya tergolong dalam jenis TLO. Sepeda motor akan dijamin hingga maksimal 10 tahun dengan syarat sepeda motor pribadi atau kendaraan dinas kantor. Perusahaan ini akan memberlakukan nilai pertanggungan sesuai dengan harga kendaraan baru.

4. Asuransi Allianz

Produk asuransi yang ditawarkan oleh Allianz merupakan jenis asuransi TLO dan all risk atau komprehensif, sehingga memberikan jaminan terlengkap bagi Anda. Dalam hal ini Allianz akan menjamin kerusakan di atas 75% atau pencurian dan memberikan perlindungan mulai dari kerusakan kecil hingga kerusakan yang diakibatkan oleh bencana alam.

Berdasarkan fasilitas yang diperoleh, premi yang dibayarkan untuk jenis asuransi ini juga berbeda. Adapun harga premi yang dibayarkan disesuaikan dengan jenis sepeda motor, tipe, tahun, merek, harga kendaraan, dan lain sebagainya.

  Tips Memilih dan Dan Rekomendasi Asuransi Jiwa Terbaik

Perusahaan ini juga membagi wilayah menjadi 3, yaitu pertama untuk Sumatera dan sekitarnya. Kedua yaitu untuk Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Serta wilayah ketiga yaitu untuk kawasan yang belum disebutkan oleh wilayah 1 dan 2. Pastinya setiap wilayah ini memiliki harga yang disesuaikan dengan fasilitas. Pastikan untuk memilih sesuai kepemilikan budget ya!

5. Avrist General Insurance

Asuransi sepeda motor selanjutnya adalah Avrist General Insurance. Produk asuransi ini memberikan jaminan atas kerusakan ataupun kerugian yang terjadi akibat perbuatan jahat orang lain maupun kecelakaan. Asuransi ini ditawarkan pada kendaraan bermotor pengangkut penumpang, kendaraan pariwisata, dan lain sebagainya sesuai objek yang ditawarkan.

namun Anda harus mengetahui bahwa di dalamnya terdapat pengecualian jaminan. Diantaranya pencurian alat non standar, kerugian yang ditimbulkan atas terpakainya kendaraan, penggelapan, serta kerugian atau kerusakan yang diakibatkan dari mendorong kendaraan lain atau kelebihan muatan.

6. Asuransi Lippo Insurance

Asuransi yang ditawarkan oleh Lippo Insurance juga menjadi salah satu asuransi sepeda motor terbaik yang dapat dipilih untuk memberikan perlindungan pada kendaraan Anda. Jenis asuransi yang ditawarkan yaitu TLO atau asuransi yang memberikan jaminan atas kerusakan di atas 75% atau adanya kehilangan. Anda juga dapat memperluas jaminan sesuai keinginan lho! Pastinya harga premi yang dibayarkan juga harus disesuaikan dengan fasilitas.

****

Penjelasan tentang asuransi sepeda motor terbaik yang telah dijabarkan di atas dapat menjadi rekomendasi yang tepat bagi Anda untuk memilih asuransi yang terpercaya. Pastikan untuk mengetahui informasi detail tentang perusahaan atau produk asuransi terlebih dahulu sebelum mendaftarkannya ya! Selamat mencoba!

Leave a Comment