Pengertian Seni

Pengertian Seni – Saat ini di seluruh dunia seni berkembang dengan pesat dan memiliki berbagai jenis. Seni sudah dalam hidup manusia di kurun waktu yang panjang, sehingga tidak sulit menemukannya di lingkungan keseharian. Berikut ini merupakan informasi mengenai pengertian seni, fungsinya, dan berbagai contoh yang berkaitan dengannya.

Pengertian Seni Secara Umum

pengertian seni secara umum

  1. Asal Kata

Seni sendiri berasal dari kata Sani, yang berasal dari bahasa Sansekerta dan memiliki arti sebagai persembahan. Ia juga memiliki arti pemujaan dalam bahasa yang sama, namun dengan konteks dan penggunaan yang berbeda.

Di masa lalu, seni sering dikaitkan dengan upacara adat dan keagamaan yang dilakukan di masa lampau. Ia juga bisa menjadi sebuah kesenian daerah, keduanya memiliki makna yang sama sebab merupakan buah dari adat dan kultur yang ada di dalam masyarakat.

  1. Berdasar Definisi Umum

Apabila dijelaskan secara definitif, pengertian seni adalah segala sesuatu yang diciptakan oleh manusia. Sesuatu tersebut mengandung unsur yang membuatnya terlihat indah, serta membangkitkan perasaan siapapun yang melihatnya. Baik pembuat seni itu sendiri maupun penikmat yang melihat atau menggunakannya.

Jadi dari definisi umum tersebut dapat dijelaskan bahwa seni merupakan produk yang diciptakan oleh manusia, kemudian produk tersebut diharapkan membawa kesenangan bagi pemiliknya, pencipta, maupun penikmatnya.

  1. Seni dari Bahasa Latin dan Inggris

Selanjutnya merupakan pengertian seni yang diambil dari Bahasa Latin, yakni genie yang memiliki arti sebagai genius. Dalam pengertian ini, seni dianggap sebagai karunia yang menempel pada diri seseorang atau lebih sering disebut sebagai bakat.

Ada pula yang mengatakan bahwa seni berasal dari bahasa Inggris, yakni art yang merupakan seni rupa dan visual. Dalam aspek ini, seni lebih dicondongkan sebagai suatu karya manusia yang dinikmati secara fisik menggunakan aspek visual.

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

pengertian seni menurut ahli

Para ahli di dunia juga mendefinisikan pengertian seni, sehingga pemahaman mengenai maknanya menjadi lebih luas. Berikut merupakan beberapa pengertian dari seni yang bisa Anda pelajari dari ahli seni dan pemikir di seluruh dunia, diantaranya adalah:

  1. Alexander Garton

Garton memberikan makna bahwa seni merupakan keindahan, sehingga seni dibuat untuk tujuan yang positif. Dengan begitu, mereka yang memandang, melihat, atau menikmati seni dapat merasakan kebahagiaan atau perasaan positif.

  1. Aristoteles

Ternyata Aristoteles juga memberikan makna dan pengertian pada seni. Menurutnya seni adalah bentuk yang pengungkapan dan penampilannya tidak terjadi penyimpangan. Seni yang dibuat oleh manusia juga tidak pernah berseberangan dengan alam, sebab dalam proses pembuatannya mereka meniru alam ketika hendak menciptakannya.

  1. Immanuel Kant

Seni menurut Immanuel Kent merupakan sebuah impian yang tidak dapat digunakan untuk mengusahakan kenyataan. Ia juga menekankan bahwa seni merupakan rumus yang sulit untuk direalitakan karena memiliki konsep yang berbeda.

  1. Sudarmaji

Pengertian seni menurut Sudarmadji merupakan manifestasi batin yang dimiliki oleh manusia. Tidak hanya sebuah manifestasi, ia juga merupakan pengalaman estesis yang berkaitan dengan banyak aspek dan media, diantaranya adalah garis, volume, keadaan terang dan gelap, serta berbagai media lainnya.

  1. Ki Hajar Dewantara

Berikutnya adalah makna dan pengertian dari seni, yang diungkapkan oleh Bapak Pendidikan Indonesia. menurutnya seni merupakan hasil keindahan yang diciptakan manusia, sehingga setiap orang dapat merasakan keindahannya. Ki Hajar Dewantara juga menerangkan bahwa perbuatan manusia dapat mempengaruhi proses pembuatan dari seni.

  1. Eric Aryanto
  Pengertian Seni Rupa

Berikutnya adalah Eric Aryanto, yang merupakan pegiat seni di Indonesia. Ia menerangkan bahwa seni merupakan kegiatan rohani dan aktivitas batin yang dilakukan oleh manusia. Bentuk karya yang dibuat manusia tersebut dapat merefleksikan diri dan membangkitkan perasaan yang dimiliki oleh orang lain.

  1. Hilary Bel

Pengertian seni menurut Hilary Bel adalah istilah yang digunakan untuk semua karya, terutama untuk karya yang dapat menggugah perasaan penikmatnya. Kemudian penikmatnya akan mencari tahu siapa yang membuat seni tersebut, sehingga tercipta peristiwa yang memantik rasa penasaran manusia.

  1. Leo Tolstoy

Berikutnya adalah Leo Toltstoy yang memberikan keterangan terkait dengan seni. Tolstoy memberikan pengertian bahwa seni merupakan pengungkapan perasaan yang dimiliki oleh penciptanya. Kemudian perasaan tersebut disampaikan kepada orang lain, sehingga penikmat seni bisa merasakan perasaan yang sama.

  1. James Murko

James memberikan pengertian mengenai seni sebagai penjelasan dari rasa indah yang ada dalam rohani dan jiwa manusia. Ia terdapat dalam jiwa manusia, dan dilahirkan dengan perantara alat komunikasi ke bentuk fisik. Bisa merupakan bentuk suara, gambar, ataupun dengan perantara gerak dalam tubuh.

  1. Ensiklopedia Indonesia

Bahasa Indonesia memberikan pengertian tersendiri untuk seni, yakni ciptaan dari segala hal yang membawa keindahan bagi penikmat maupun pembuatnya. Keindahan tersebut dapat dilihat oleh orang lain, baik dalam aspek gambar atau suara dan dapat dinikmati dengan baik.

  1. Eric Ariyanto

Berikutnya adalah pengertian seni menurut Eric Ariyanto yang memberikan pengertian bahwa seni merupakan kegiatan rohani dan aktivitas batin yang dilakukan oleh manusia. Ia merupakan refleksi yang dimiliki oleh penciptanya, sehingga dapat membangkitkan perasaan orang lain yang melihat atau mendengarnya.

  1. Drs. Popo Iskandar

Banyak peneliti dan pegiat seni Indonesia yang memberikan pengertian serta makna pada seni. Menurut Popo, seni merupakan ungkapan emosi yang dimiliki oleh pembuatnya kemudian disalurkan ke orang lain. Orang lain tersebut bisa dalam bentuk individu, namun bisa pula dalam bentuk masyarakat yang hidup berkelompok.

  1. Thomas Munro

Munro memberikan pengertian bahwa seni merupakan alat yang diciptakan oleh manusia. Alat tersebut nantinya akan menimbulkan efek psikologis bagi siapapun yang melihat ataupun merasakannya. Sehingga ia menjadi media untuk transfer emosi antara pembuat dan penikmatnya.

Jenis dan Macam-macam Seni

pengertian seni dengan jenisnya

Berdasarkan pengertian seni yang telah dijabarkan sebelumnya, terdapat beberapa macam seni yang bisa Anda temukan dalam kehidupan manusia, diantaranya adalah:

  1. Seni Rupa

Merupakan seni yang berfokus pada aspek visual dan dapat dinikmati dengan media penglihatan yang dimiliki oleh manusia. Dalam perkembangannya, ia juga disebut sebagai visual art dan karya seninya memiliki wujud.

Terdapat beberapa cabang yang bisa Anda temukan dalam seni rupa, diantaranya adalah wujud dan bentuk seni yang ditemukan dalam bentuk lukisan, patung, berbagai kerajinan tangan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Seni Musik

Jenis seni selanjutnya adalah seni musik yang dapat dinikmati oleh manusia dengan cara audio, atau di dengarkan menggunakan telinga. Unsur bunyi merupakan unsur pembentuk utama dari seni yang satu ini, dan merupakan cabang utama dari seni musik. Unsur lain yang termasuk dalam seni musik antara lain harmoni, nada, dan juga melodi.

Perkembangan dari seni musik bisa dilacak sejak zaman Renaisans terjadi, sehingga perkembangannya sudah cukup lama. Berdasarkan pengertian seni musik tersebut, ia lebih sering dijabarkan sebagai harmoni yang diciptakan manusia dan menghasilkan bunyi yang indah dan teratur.

  1. Seni Tari
  Pengertian Seni Grafis

Berikutnya adalah seni tari yang menonjolkan gerak tubuh yang dimiliki oleh manusia. Dengan melakukan berbagai gerakan tubuh tersebut, maka tercipta suatu keindahan yang serasi dan dapat dinikmati secara pribadi maupun oleh khalayak umum.

Gerak dan fungsi tari memiliki fungsi yang beragam, ia bisa menjadi media untuk menghibur, namun bisa juga sebagai media untuk mengkomunikasikan maksud tertentu. Khususnya makna yang sudah dibuat oleh koreografer atau pembuat gerakan tersebut. Kebanyakan seni tari digabungkan dengan seni musik agar bisa dinikmati dengan lebih maksimal oleh manusia.

Jika seni tari digabungkan dengan seni musik, maka konsentrasi bisa dilakukan dan konsistensi gerakan tari menjadi semakin teratur. Dengan begitu, proses penyampaian pesan dapat dilakukan dengan lebih efektif.

  1. Seni Teater

Sedangkan jenis seni lain yang bisa juga dengan mudah ditemukan adalah seni teater. Pengertian seni teater adalah seni yang memvisualisasikan imajinasi, bisa juga merupakan buah pikir dari seseorang yang mencoba ingin menyampaikan pesan tertentu.

Hasil seni dan imajinasi yang dibuat oleh pembuatnya tersebut, kemungkinan berhubungan dengan perilaku makhluk hidup. Perilaku yang dicontoh juga bervariasi, ada yang menggunakan individu kelompok, namun ada juga yang menggunakan individu secara personal.

  1. Seni Sastra

Terakhir adalah seni dengan jenis sastra, yang bisa didengarkan dengan metode yang lebih bervariasi. Anda bisa mendengarkan seni sastra, namun Anda juga bisa menikmatinya secara visual. Melalui seni sastra, seseorang bisa menyampaikan dengan indah berbagai kalimat dan kata-kata yang ada di dalam pikirannya.

Ada banyak cabang yang terdapat dalam seni sastra, diantaranya adalah seni menulis indah atau sering disebut sebagai kaligrafi. Selain itu, seni sastra juga bisa Anda temukan dalam seni merangkai kata, seperti membuat novel ataupun puisi.

Fungsi Seni Secara Umum

pengertian dan fungsi seni

Dalam pengertian seni yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda bisa mendapatkan sedikit gambaran mengenai fungsi seni yang dijelaskan secara tersirat. Banyak ahli yang menjelaskan seni sebagai media ekspresi dari pembuatnya, namun tidak sedikit yang mengatakan bahwa seni merupakan sebuah media untuk menyampaikan sesuatu.

  1. Fungsi Seni untuk Individu

Jika dikaitkan dengan fungsinya dalam individu, maka Anda bisa mendapatkan dua jenis fungsi, yakni fungsi fisik maupun psikis. Terdapat beberapa unsur yang akan memenuhi kebutuhan individu, baik secara psikis dan emosional, diantaranya berupa:

  • Sebagai pemenuhan atas kebutuhan fisik, biasanya ia diciptakan bersamaan dengan produk tertentu. Sehingga pengguna dan penikmat seni dapat merasakan kenyamanan atas kebutuhan fisik yang tersedia.
  • Alat pemenuh kebutuhan emosional, dimana emosi yang dimiliki oleh manusia akan berubah sesuai dengan mode seni yang telah ia lihat, rasakan, atau dengarkan.

Seseorang yang berkecimpung dalam dunia seni tentunya memiliki media yang tepat untuk mengekspresikan apa yang ia rasakan. Misalnya ketika seseorang memiliki jiwa seni yang tinggi, ia bisa menyalurkannya sesuai dengan minat dan bakat, contohnya membuat lukisan atau musik.

  1. Fungsi Sosial Dari Seni

Berikutnya adalah fungsi sosial, dimana pengertian seni dan pemaknaannya menjadi lebih kompleks. Dalam tahap ini, seni ini bisa Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan interaksi dengan orang lain. Fungsi seni secara sosial bisa Anda temukan dalam berbagai kepentingan berikut, diantaranya:

  • Sebagai media agama, yang menjadi pesan religi atau keagamaan bagi para pemeluknya. Dalam berbagai kehidupan sehari-hari, seni sebagai simbol suatu agama bisa ditemukan dengan mudah, baik di pakaian, upacara adat keagamaan, kematian, hingga kelahiran.
  • Media pendidikan, yang terbagi dalam beberapa bidang, yakni pendidikan formal, informal, dan pendidikan non-formal. Ketiganya dapat mempengaruhi seni dan seni dapat mempengaruhi ketiga fungsi aspek pendidikan tersebut.
  • Media informasi, terutama untuk karya seni yang diperuntukkan bagi pengguna dan khalayak yang lebih luas. Misalnya, karya seni rupa poster yang digunakan untuk mengkampanyekan kebiasaan positif, larangan terhadap sesuatu, dan yang lainnya.
  Pengertian Seni Lukis

d. Media hiburan, merupakan fungsi seni untuk memperlihatkan kesan menghibur pada penikmatnya. Berdasarkan pengertian seni yang telah dijelaskan sebelumnya, ia bisa menjadi sarana untuk menyalurkan emosi. Misalnya dengan melihat tontonan yang menyedihkan, seseorang akan menangis, begitu pula sebaliknya.

Contoh Karya Seni

pengertian seni dan contohnya

Ada berbagai jenis seni yang dibuat oleh manusia, diantaranya adalah seni musik, rupa, ataupun jenis seni lain. Berikut merupakan beberapa contoh mengenai seni yang sering dibuat oleh manusia, diantaranya adalah:

  1. Seni Rupa

Untuk seni yang satu ini, biasanya terbagi menjadi dua cabang, yakni seni rupa murni dan seni rupa terapan. Untuk seni rupa murni, maka contohnya adalah seni lukis, seni pembuatan patung, dan seni grafik.

Sedangkan untuk seni terapan, Anda bisa menemukannya di berbagai contoh berikut: kerajinan tangan berupa bordir atau renda, kerajinan dekorasi baik interior atau eksterior, hingga seni reklame yang berupa poster dan juga spanduk.

  1. Seni Musik

Seni musik merupakan jenis seni yang contohnya bisa ditemukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari, yakni musik. Sampai saat ini sudah banyak genre musik yang berkembang, diantaranya adalah musik pop, rock, jazz, tradisional, klasik, dan banyak yang lain.

Seni musik tidak hanya ditemukan dalam lagu saja, Anda juga bisa menemukannya di berbagai aspek lagu dan jenis lainnya. misalnya mengenai seni musik yang dipadu padankan dengan puisi, karya sastra lama, dan berbagai model campuran lainnya.

  1. Seni Audio Visual

Seni yang satu ini merupakan seni yang mudah ditemukan di aktivitas harian, dan biasanya memiliki maksud tertentu yang ingin disampaikan oleh pembuatnya. Diantara contoh seni audio visual adalah drama dan teater, begitu pula dengan aspek film dan pertunjukan musik yang menggunakan model koreografer.

Dalam pengertian seni jenis audio visual, banyak aspek yang mempengaruhinya. Ini dikarenakan ia merupakan gabungan dari dua jenis model seni, yakni seni audio dan seni visual. Selain digunakan sebagai media hiburan, ia memiliki pesan tertentu yang ingin disampaikan oleh pembuatnya.

  1. Seni Tari

Dalam bidang tari, banyak jenis model tari yang sudah berkembang, dari jenis tari tradisional hingga tari modern dan kontemporer. Ketika seseorang menikmati seni tari, maka ia disuguhkan penampilan visual dan audio, sebab musik tidak bisa berjalan dengan maksimal tanpa adanya lagu.

Dalam seni tari, tiap gerakan yang dilakukan oleh penari memiliki makan yang mendalam. Sehingga penikmatnya bisa mengira-ngira terkait dengan makan gerakan penari berdasarkan dari konteks dan jenis tarinya.

***

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian seni dan berbagai tambahan informasi yang berkaitan dengannya. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda, terutama untuk mereka yang membutuhkan informasi tambahan mengenai seni, dari jenis, contoh, dan fungsinya dalam kehidupan manusia.