Pengertian Seni Tari

Pengertian Seni Tari – Siapa yang tidak mengenal tarian? tentu Anda semua sangat familiar dengan cabang seni yang satu ini. Sebagai media komunikasi satu arah, banyak sekali yang hingga saat ini mungkin belum mengerti dengan benar mengenai pengertian seni tari. Selain itu juga perlu diketahui bahwa jenis, unsur dan juga fungsi dari gerakan yang dilakukan menjadi indikator pembentuk penting sebagai tambahan pengetahuan.

Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli

pengertian seni tari menurut beberapa ahli

  1. Saudarsa Pringgo Broto

Pengertian seni tari berdasarkan pendapat dari Saudarsa Pringgo Broto yaitu suatu gerakan yang didasarkan pada bentuk gerakan tubuh. Selain itu juga dikaitkan dengan pemaknaan penggunaan ruang sebagai media. Sehingga tercipta sebuah keserasian ritme.

  1. Susan K. Lenger

Pengertian seni tari berdasarkan pendapat Susan K. Lengger yaitu sebuah gerak-gerak oleh tubuh yang dibentuk dengan ekspresif. Diciptakan oleh manusia agar bisa dinikmati keindahannya. Didasarkan pada nilai imajinatif yang estetis.

  1. Ensiklopedia

Pada ensiklopedia budaya dan seni dijelaskan mengenai sebuah pengertian seni tari sebagai pemaknaan gerak tubuh oleh ketukan irama selaras. Dimana disebutkan bahwa hal ini seperti mengoleng-olengkan badan serta anggota asalnya, didasarkan pada suatu irama tertentu yang mengiringinya. Biasanya bunyi-bunyian tersebut berasal dari musik ataupun suara.

  1. Walter Sarrel

Walter Sarrel mendefinisikan Pengertian seni tari sebagai keseimbangan gerakan badan dengan irama pengiring. Biasanya iringan tersebut berasal dari lantunan musik atau nyanyian pengiring. Keterkaitan antara ruang sebagai tempat pelaksanaan juga menjadi indikator utamanya.

  1. Kealiinomohoku

Kealiinomohoku berpendapat bahwa pengertian seni tari merupakan jenis seni sesaat yang dihasilkan oleh sebuah ekspresi untuk dipertunjukkan. Memiliki sebuah bentuk dan juga gagasan dituangkan dalam tubuh manusia yang kemudian bergerak. Dimana semua terjadi dalam kaitan ruang yang mengikat.

  1. Waterman

Pengertian seni tari menurut Waterman yaitu terdiri dari sebuah gerak-gerak tubuh. Secara artistik dan kultural menggunakan pola dan juga distilasi. Kesemuanya berpadu menjadi satu kesatuan membentuk sebuah irama yang dipertunjukkan.

  1. H’Doubler

H Doubler mendefinisikan sebuah Pengertian seni tari ke dalam ekspresi gerak ritmis. Pada suatu keadaan dinilai dengan ukuran estetis. Dituangkan melalui sebuah lambang-lambang gerak yang dirancang dengan sadar. Tujuannya memberikan kesan atau pengalaman berulang, dalam bentuk ungkapan, komunikasi, pelaksanaan, serta proses penciptaan bentuk.

  1. Andre Levinson

Pengertian seni tari menurut Andre Levinson yaitu suatu gerak tubuh yang memiliki kesinambungan dengan melewati sebuah ruang. Kesemuanya telah ditentukan dan ditetapkan berdasarkan ritme yang telah disiapkan. Mekanisme dan juga radar menjadi unsur pembentuk selanjutnya yang saling berkaitan.

  1. Franz Boas

Pengertian seni tari menurut Franz Boas adalah sebuah definisi akan suatu gerak setiap bagian tubuh yang dimiliki oleh manusia. Bentuknya bervariatif, mulai dengan lambaian tangan, gerak tungkai, kaki, serta putaran atau gerakan melenggok pada kepala. Semua itu kemudian berpadu pada satu ritme yang tepat dan disesuaikan agar membentuk keindahan.

  1. John Martin

Pengertian seni tari dalam pemahaman yang dituangkan oleh John Martin lebih berfokus kepada definisi sebagai gerak dan juga pengalaman. Dimana setiap hasil gerakan yang dihasilkan diproyeksikan sebagai sebuah pengalaman paling awal pada kehidupan. Begitulah pembahasan yang ditawarkan olehnya untuk memberikan pendefinisian yang sejalan dengan apa yang dirasakan.

  1. La Mery
  Pengertian Seni

Pengertian seni tari dinyatakan oleh La Mery pada sebuah ungkapan atau ekspresi yang berbentuk simbol. Wujudnya dianggap lebih tinggi, semua diinternalisasikan agar menjadi bentuk yang terlihat nyata. Begitulah pemahaman yang ditawarkannya untuk memberikan arti yang dianggap sesuai.

  1. Dr. J. Verkuyl

Pengertian seni tari oleh Dr. J. Verkuyl di pusatkan pada satu unsur yaitu gerak. Semua berkaitan dengan apa yang dihasilkan oleh kegiatan tubuh. Disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan irama selaras dan menarik. Untuk itulah kemudian kegiatan ini memiliki tujuan memberikan pengalaman estetis yang nyata bagi penonton.

  1. C. Sachc

Pengertian seni tari oleh C Sachc dikuatkan pada pemahaman akan pengucapan jiwa seorang manusia. Semua diproyeksikan dalam gerak-gerik berirama sangat indah. Pada sebuah kebudayaan melayu, terdapat berbagai jenis yang terkait seperti tarian asli, ataupun tarian yang telah dipengaruhi oleh unsur modern. Semuanya memiliki fungsi dan juga penilaian yang tentunya berbeda sebagai simbol komunikasi.

  1. Suryadiningrat

Suryadiningrat pada sebuah buku yang ditulis oleh Mulyani, menyatakan pendapatnya pada pendefinisian seni tari ke dalam sebuah gerak. Setiap gerakan yang dihasilkan oleh lenggokan tubuh manusia telah disusun dengan mengikuti irama yang selaras. Sehingga menyampaikan apa yang dimaksudkan sebagai ungkapan perasaan jiwa oleh penciptanya.

  1. Kuswaryanto

Pada pembahasan mengenai pengertian dari seni tari, Kuswaryanto memberikan pandangannya sebagai bentuk cabang seni. Cara pengungkapan yang digunakan dilakukan atau diekspresikan dalam bentuk gerak tubuh, yang kemudian disebut dengan tarian. Begitulah pemahaman yang ingin disampaikannya dalam makna yang mendalam.

  1. Kussudiardjo

Pada sebuah tulisan yang ditulis dalam sebuah buku oleh Aprilian, bahwa seni tari merupakan sebuah keindahan. Pengertian tersebut dikorelasikan dengan gerak yang memiliki jiwa pada setiap lenggokannya. Sehingga terlihat begitu harmonis dengan ritme atau musik yang mengiringinya. Oleh karenanya terciptalah keindahan gerakan yang memiliki nilai dalam dalam bentuk ungkapan batin dari penari dan juga penciptanya.

  1. Pakerti

Bagi Pakerti seni tari merupakan wujud dari ekspresi pikiran, kehendak, dan juga perasaan dari sebuah pengalaman manusia sebagai media perantara utama. Gerak dan juga stuktur yang digunakan kemudian dikenal dengan sebutan tarian. Begitulah pandangannya yang telah ditulis dalam seris buku terkait, untuk memberikan pengertian yang selaras dengan tujuan yang ingin disampaikannya.

  1. Drs. I Gede Ardika

Pandangan Drs. I Gede Ardika terkait seni tari memiliki indikator utama yang dikaitkan dengan suatu hal berasal dari manusia. Baginya, hal yang dimaksud akan disatukan dalam berbagai bentuk sehingga semuanya dapat melakukan penyesuaian diri. Penyelarasan berkaitan dengan sebuah cara pandang masing-masing individu.

  1. K M A Theodora Retno Maruh

K M A Theodora memberikan sebuah pengertian terkait apa yang dimaksud dengan seni tari dalam pandangannya yang mengacu pada unsur kesenian. Baginya, bentuk ini tidak akan pernah memiliki sebuah sifat yang kontemporer. Keadaan tersebut berlaku pada semua hal yang berkaitan, di masa lalu atau yang telah terlupakan hingga yang masih dijaga dan diingat.

  1. S. Humardani

S Humardani memberikan sebuah penjelasan terkait seni tari dalam bentuk ungkapan yang ekspresif. Suatu gerakan yang berisi ungkapan sebagai bentuk ekspresi dibalut dengan unsur keindahan. Di setiap gerak yang dilakukan mengandung sebuah ritme saling berhubungan dan berkaitan dengan jalinan serasi.

  1. Soedarsono

Soedarsono memberikan sebuah penjabaran terkait seni tari ke dalam bentuk ekspresi jiwa. Dimana hal tersebut akan dituangkan dalam sebuah gerak yang beralunan indah serta memiliki ritme yang apik. Perpaduan dari beberapa unsur dalam satu aktivitas tersebut memberikan pengalaman akan suatu ungkapan yang ingin disampaikan.

  1. Hawkins
  Pengertian Seni Lukis

Pandangan Hawkins terkait apa yang dimaksud dengan seni tari ditekankan pada unsur gerak. Pada penjabarannya dikatakan bahwa kegiatan ini merupakan sebuah ungkapan dari ekspresi jiwa yang diubah dalam bentuk gerakan. Dibuat melalui sebuah hasil olah imajinasi dalam simbol yang memberikan refleksi akan ungkapan perasaan dari penciptanya.

  1. Jazuli

Jazuli mendefinisikan seni tari ke dalam sebuah ungkapan yang dikaitkan dengan irama musik. Dimana seorang penari melakukan gerakan yang disesuaikan oleh ritme dari iringan sebuah irama. Ditujukan sebagai ungkapan pencipta untuk disampaikan kepada setiap orang yang menikmatinya sebagai bentuk komunikasi.

Unsur Pembentuk Seni Tari

pengertian seni tari dan unsurnya

  1. Pengertian dalam Bentuk Unsur Wiraga (raga)

Pada sebuah pengertian yang berhubungan dengan unsur pembentuknya yaitu Wiraga, seni tari didefinisikan dengan sebuah ekspresi jiwa. Dimana pada setiap pertunjukan tarian harus disesuaikan dengan gerak badan dan juga posisi yang memproyeksikannya. Hal ini menjadi dasar akan tujuan dari pembuatan irama ataupun gerakan yang digunakan untuk media komunikasi satu arah sehingga memiliki unsur keindahan.

  1. Pengertian dalam Bentuk Unsur Wirama (Irama)

Unsur terpenting dalam memberikan definisi atas pengertian dasar dari seni tari yaitu Wirama. Seperti yang Anda ketahui bahwa setiap tarian, selalu memiliki sebuah ritme yang mengiringi. Setiap gerakan juga lebih bermakna dan menarik ketika ditaburkan dengan perpaduan gerak dan juga iringan musik yang selaras. Pada akhirnya semua tujuan yang ingin disampaikan tersalurkan kepada setiap penonton dengan baik dan utuh.

  1. Pemaknaan Seni Tari dalam Bentuk Unsur Wirasa (rasa)

Selain unsur raga dan juga irama sebagai dasar pemaknaan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan pemahaman terhadap makna dari seni tari, maka ada satu lagi komponen utama yaitu Wirasa. Pada kaitannya dengan arti atau penjelasan akan tarian, rasa menjadi bentuk dari isi jiwa seseorang, kemudian dituangkan dalam gerakan. Setiap ungkapan perasaan pencipta menjadi pembentuk yang utama pada kondisi ini.

  1. Pemaknaan Seni Tari dalam Unsur Ruang

Pada pemaknaan seni tari melalui unsur ruang tentu berhubungan dengan tempat untuk melakukan gerakan yang banyak dikenal dengan istilah panggung ataupun pentas. Namun, pemahaman terkait tidak sebatas itu saja, melainkan juga berhubungan dengan ruang imajinatif sehingga tercipta kreasi gerakan yang indah. Untuk itulah kemudian hasilnya memiliki makna dalam setiap lenggokan yang dibuat.

  1. Pemaknaan Seni Tari dalam Unsur Waktu

Waktu memberikan sebuah dampak bagi hasil yang diperuntukkan oleh seorang penari. Terdapat beberapa aspek yang berkaitan dengan pemaknaan seni tari yaitu, tempo yang mempengaruhi gerak cepat atau lambat dan ritme berupa ketukan gerakan. Sedangkan bagian terakhir yang berkaitan dengan dasar pengertian ini adalah durasi, penentu lama atau singkatnya pertujukan ataupun gerakannya.

Pengertian Seni Tari ditinjau dari fungsinya

pengertian seni tari dan fungsinya

Pengertian akan seni tari tidak sebatas mengenai pendapat para ahli dan juga unsur yang membentuknya, lebih dari kedua hal tersebut terdapat sebuah fungsi yang menjadi alat untuk mendefinisikan makna sebenarnya. Semua yang terkait telah disesuaikan dengan tujuan serta penggunaannya dalam sebuah pertujukan. Beberapa hal tersebut diantaranya sebagai berikut:

  1. Sebagai Sarana Pertunjukan

Pemahaman akan seni tari harus disesuaikan dengan pengetahuan akan fungsi dasarnya, diantaranya yaitu sebagai sarana pertunjukkan. Pada keadaan ini, tujuan utamanya yaitu lebih ke arah menonjolkan sisi koreografisnya. Semua gerakan yang terkonsep dan indah memiliki daya tarik untuk memikat setiap mata yang melihat. Untuk itulah sisi lain yang membentuknya tidak terlalu ditonjolkan.

  1. Sebagai Alat untuk Tarian Upacara
  Pengertian Seni Musik

Selain difungsikan sebagai sebuah alat untuk melakukan pertunjukkan, tarian juga banyak sekali dimaksudkan sebagai media untuk pelengkap ritual upacara adat. Dipertunjukkan dengan tujuan untuk kekhidmatan sebagai wujud komunikasi dengan Sang Penguasa Alam. Biasanya dalam bentuk ini, irama, rasa, serta gerakan yang digunakan memiliki representasi ekspresi begitu dalam dengan tempo yang variatif.

  1. Pengertian Seni Tari dalam Fungsinya Sebagai Sebuah Media Hiburan

Pada pengertian ini secara sepintas tentu sama dengan fungsi pertunjukkan. Namun, perbedaannya terletak pada perancangan konsep tarian atau yang biasa dikenal dengan istilah koreografis dalam bentuk menarik serta unik. Sehingga memberikan pengalaman yang menghibur, walaupun gerakan yang dihasilkan tidak memiliki makna mendalam seperti jenis dipertunjukkan pada sebuah pagelaran upacara adat keagamaan.

Pengertian Seni Tari berdasarkan Jenis yang dibentuknya

pengertian seni tari dan jenisnya

Tidak hanya tentang fungsi dan juga unsur yang melandasi sebuah pertunjukkan atau pembentukan gerakan tarian. Namun, untuk memahami maknanya Anda juga harus mengerti mengenai berbagai jenis tarian yang juga sangat beragam. Pada umumnya dikelompokkan ke dalam dua golongan yaitu kelompok ataupun genre yang diusung. Berikut beberapa pemaknaan yang bisa disimpulkan dari kajian jenis tarian yang ada.

  1. Pemahaman Seni Tari Berdasarkan Jenis yang Didasarkan pada Jumlah Penarinya

Pada pengertian seni tari yang didasarkan pada jumlah penarinya, pembagian yang dilakukan terbagi atas 3 kategori utama. Hal tersebut dimulai dengan pengkategorian tari tunggal atau solo, dimana dilakukan oleh satu orang atau individu. Salah satu contohnya yaitu tari Gatotkaca yang berasal dari daerah Jawa Tengah.

Sedangkan yang kedua, yaitu dilakukan dengan berpasangan. Dimana setiap penari melakukan gerakan dalam pertunjukkan yang disesuaikan dengan koreografi untuk dua orang. Contoh dari jenis ini salah satunya yaitu tari Topeng berasal dari Jawa Barat. Kategori ketiga, yaitu pertunjukan tarian yang dilakukan oleh kelompok besar. Jumlahnya lebih dari dua orang, contohnya tari Saman dari daerah provinsi Aceh.

  1. Pemahaman Seni Tari Berdasarkan Genre yang Diusung

Pada pemahaman seni tari yang dikaitkan dengan genre yang diusungnya dibedakan pada dua jenis utama. Keduanya dibagi dalam pengelompokan tari tradisional dan juga modern. Pada jenis tradisional, nilai yang diangkat memiliki unsur klasik dan beragam. Dimana pada penerapannya sifat gerakan yang digunakan serta irama pengiringnya bersifat tetap dan tidak bisa untuk dirubah.

Sedangkan pada genre modern, pada penerapannya terdapat sebuah kreasi dibuat untuk menambahkan unsur rasa, irama, dan juga keindahan yang relevan. Penciptaannya dilakukan oleh seseorang pada masa atau kurun waktu tertentu. Selain itu juga terdapat jenis tarian kontemporer, dengan unsur yang lebih unik dan tidak biasa. Seringkali orang menyebutkan sebagai bentuk dari tari simbolik.

***

Kesimpulan dari beberapa Pengertian seni tari yang telah disebutkan di atas yaitu seni tari merupakan sebuah gerakan yang memiliki sebuah irama. Biasanya dilakukan pada suatu tempat dan waktu tertentu. Gerakannya juga dilakukan untuk mengekspresikan perasaan ke dalam sebuah pesan oleh seseorang ataupun kelompok. Selain pemahaman arti juga terdapat sebuah unsur, fungsi, serta jenis dari tarian sebagai tambahan.