Pengertian Seni Rupa

Pengertian Seni Rupa – Menjadi bagian dari kesenian, ciri-ciri utama yang dimiliki oleh seni rupa yakni dapat dirasakan oleh indera-indera manusia terutama mata dan peraba. Karena pada dasarnya terdapat kaidah dan unsur-unsur tertentu yang menjadi satu kesatuan di dalamnya. Namun, tahukan Anda bahwa pengertian seni rupa dapat dibedakan menjadi beberapa macam sama halnya dengan jenis dan fungsinya? Jika belum penjelasan berikut ini akan menjawab semua pertanyaan Anda.

Pengertian Seni Rupa

pengertian seni rupa scr umum

  1. Pengertian Seni Rupa secara umum

Secara umum pengertian seni rupa adalah suatu cabang kesenian yang memberikan hasil karya seni dimana pada bagian bentuk serta kualitasnya bisa dirasakan oleh indera manusia. Kesenian ini juga bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat secara terbuka atau umum karena mempunyai wujud yang real atau nyata dan dapat dilihat.

  1. Pengertian Seni Rupa berdasarkan KBBI

Seni rupa dapat diartikan sebagai sebuah aliran seni yang mencakup seni pahat dan juga seni lukis. Adapun sejumlah unsur yang terdapat di dalamnya yang menjadi penyongsongnya sehingga menjadi karya yang memberikan manfaat bagi para penikmatnya.

Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli

pengertian seni rupa menurut para ahli

  1. Kottak

Pengertian seni rupa menurut ahli Kottak adalah sebuah kesenian yang mengandung hasil ekspresi, keindahan alam, serta kualitas yang melebihi objek aslinya. Dengan ketentuan klasifikasi dari subjek terhadap kriteria estetis mengalami keseimbangan.

  1. J.J Hogman

Dari sudut pandang J.J Hogman seni rupa bisa diartikan sebagai segala sesuatu yang mempunyai ragam unsur. Adapun seperti aktivitas, ide, dan artifacts yang kemudian akan menghasilkan suatu kesenian yang hakiki.

  1. Drs. Sudarmaji

Pandangan Drs. Sudarmaji terkait pengertian seni rupa yakni semua hal yang mempunyai unsur manifestasi batin. Selain itu terdapat pula kelengkapan dari pengalaman yang bersifat estetis dengan menggunakan 6 media berbeda seperti gelap terang, garis, warna, tekstur, volume, dan bidang.

  1. Coorig Hartong

Seni rupa merupakan suatu cara atau metode yang digunakan seseorang dalam mengungkapkan emosi dan diri sehingga dapat menghasilkan karya yang bisa dinikmati oleh orang lain. Sementara secara garis besarnya sendiri seni rupa ini dapat berupa sebuah pesan yang mencakup keindahan dengan tujuan disampaikan kepada para penikmatnya.

  1. Nuning Y. Damayanti

Menurut Nuning Y. Damayanti pengertian seni rupa diawali dari sebuah proses manusia dan termasuk ke bidang pengetahuan. Pada masa sekarang ini konteksnya bisa diamati dari pokok-pokoknya yakni kreativitas dari manusia itu sendiri beserta ekspresi.

  1. Kumala Devi Chattopadhayaya

Arti seni rupa yakni suatu bentuk luapan tentang ekspresi yang disampaikan oleh seniman atau penciptanya kepada penikmatnya. Dengan kalimat lain, seni rupa dapat menjadi jembatan yang dapat menjadikan orang lain mengerti akan perasaan dari seniman yang membuat karya tersebut.

  1. Sussane K Langer

Sussane K Langer menyebutkan bahwa pengertian seni rupa yaitu hasil karya dari cipta manusia yang mengandung unsur keindahan di dalamnya sehingga orang lain dapat ikut menikmatinya. Inti dari gagasan ini ialah seni rupa akan berubah menjadi proses yang mempunyai tujuan utama keindahan untuk penikmatnya.

  1. La Mery

Menurut La Mery seni rupa dapat dijabarkan sebagai penglihatan yang dapat dilakukan dengan simbolis serta bentuk yang lebih tinggi dan indah. Dalam hal ini bisa disimpulkan bahwa kesenian ini menjadi sesuatu karya yang sangat menekankan kepada estetika keindahan.

  1. Haukin
  Pengertian Seni Musik

Seni rupa adalah bagian dari imajinasi manusia berupa ekspresi jiwa dan diaplikasikan kepada sebuah benda tertentu. Sementara tujuan utamanya adalah dipertontonkan atau dipamerkan kepada khalayak umum.

  1. Aristoteles

Pengertian seni rupa yang terakhir menurut Aristoteles, dimana hasil suatu karya yang didasari atas peniruan alam dan mempunyai sifat ideal adalah penjelasan lengkapnya. Jadi ahli ini lebih memfokuskan kesenian tersebut dengan keindahan alam sekitar.

Jenis Seni Rupa Berdasarkan Massanya

pengertian seni rupa dan jenisnya

  1. Kontemporer

Dalam pengertian seni rupa ada beberapa jenis yang wajib Anda ketahui, salah satunya yakni kontemporer. Untuk definisinya sendiri ialah karya seni yang keberadaannya sangat dipengaruhi oleh waktu penciptaan dari kesenian itu sendiri. Jika dibandingkan dengan yang lain jenis ini mempunyai sifat yang kekinian dan temporer.

Dimana kemunculannya ini diangkat menggunakan konsep utama terkait kondisi dan situasi dengan tujuan mengungkapkan ide fantasi beserta ekspresi pribadi dari seniman. Adapun ungkapan ini juga bisa menunjukkan akan harapan serta cita-cita tentang keadaan daripada proses penciptaan karya seni tersebut.

  1. Modern

Karya seni rupa modern merupakan kesenian yang dicirikan dengan kemunculan akan kreativitas untuk menciptakan hal-hal baru yang belum pernah ada di sebelumnya. Unsur ini menjadi yang paling utama dan wajib ada karena dapat menjadi dampak yang cukup signifikan terhadap hasil karya seni nanti.

Adapun aspek inspirasi untuk memunculkan karya baru yang bersifat modern da individualis lebih ditekankan pada jenis ini. Sementara itu untuk contoh-contohnya sendiri ada patung, lukisan, grafis, kriya, dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Sederhana

Seni rupa sederhana dapat diartikan sebagai suatu karya dengan pembuatan menggunakan pakem dan pola tertentu sebagai pedomannya. Dalam berkarya biasanya seniman akan melakukannya secara berulang-ulang tanpa sedikitpun merombak wujud aslinya.

Pada proses pembuatannya akan dibutuhkan aturan-aturan umum yang berkaitan dengan corak, ukuran, bahan, bentuk, pola, dan aspek-aspek sederhana. Hal ini tidak bisa dihilangkan karena sudah ada sejak jaman dahulu, bisa dikatakan turun temurun sifatnya. Dengan demikian hasil karya dari seni rupa sederhana mempunyai sifat yang statis dan tidak mengalami perubahan pada unsur-unsurnya.

Macam-Macam Seni Rupa Berdasarkan Wujudnya

pengertian seni rupa dan wujudnya

  1. Seni Rupa Tiga dimensi

Dalam seni rupa tiga dimensi akan terdapat 3 ukuran berupa panjang, lebar, dan tinggi atau disebut volume di dalam hasil karyanya. Jika sudah berbentuk bisa dinikmati ataupun dihayati dari beberapa sudut pandang yang berbeda. Contohnya ialah dekorasi, seni bangunan, kriya dan lain sebagainya.

  1. Seni Rupa Dua dimensi

Apabila tadi membahas tentang seni rupa tiga dimensi maka untuk saat ini terdapat informasi menarik tentang jenis dua dimensi. Dimana pengertian seni rupa ini adalah sebuah karya yang mempunyai 2 ukuran saja yakni lebar dan panjang sehingga untuk bisa menikmatinya harus dilakukan dari satu arah yakni di bagian depan. Contohnya adalah seni batik, lukis, ilustrasi, dan lain-lain.

Macam-Macam Seni Rupa Berdasarkan Fungsinya

pengertian seni rupa dan macam fungsinya

  1. Seni Rupa Murni

Dalam dunia kesenian, seni rupa murni dibuat tidak hanya untuk mengungkapkan kreativitas dari sang penciptanya saja melainkan juga dipakai guna menonjolkan ungkapan terhadap ide tersebut beserta nilai keindahannya. Seni rupa jenis ini dibebaskan bagi semua orang untuk dapat memperlihatkan impian, hayalan beserta keinginan yang lama terpendam.

  1. Seni Rupa Terapan

Pengertian seni rupa terapan ialah karya yang sengaja dihadirkan untuk tujuan yang lebih praktis atau efektif. Umumnya hasil ciptaan ini akan sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat karena dapat memenuhi kebutuhannya. Contohnya saja seperti rumah, keramik, senjata, dan lain sebagainya.

  Pengertian Seni Lukis

Fungsi Seni Rupa

pengertian seni rupa dan fungsinya

  1. Fungsi sosial

Seperti halnya benda lain, hasil karya cipta manusia juga dapat difungsikan secara sosial. Dimana Anda pun wajib mengetahuinya supaya wawasan menjadi lebih luas dan tidak kesulitan dalam membedakan terkait penjelasan ini.

  • Bidang komunikasi

Pada pengertian seni rupa ada fungsi yang mengarahkan di bidang komunikasi. Dimana hal ini disebabkan ada banyak perbedaan terkait bahasa untuk berbicara antara orang di negara satu dengan yang lainnya. Oleh karenanya seni hadir melengkapi keterbatasan tersebut dan menjadi bahasa yang bersifat universal.

Seperti halnya yang dilakukan oleh seniman Affandi, dengan menggunakan lukisan untuk bisa berkomunikasi dengan masyarakat belahan dunia. Berdasarkan pernyataan ini dapat ditarik kesimpulan bahwa seni rupa bisa menembus batasan-batasan yang ada di setiap kata atau verbal maupun perbedaan-perbedaan yang terdapat di setiap manusia.

  • Bidang rekreasi

Disela-sela kegiatan manusia pasti ada titik kejenuhan yang membuatnya butuh refreshing seperti berlibur. Pada umumnya memang ada banyak objek wisata alam yang dapat dikunjungi, namun tak hanya itu saja. Jika ingin merasakan perbedaan nuansa maka berada di destinasi-destinasi seni rupa seperti pameran lukisan, pameran bonsai, seni teater, drama, dan musik akan memberikan keseruan tersendiri bagi Anda.

Selain itu Anda bisa belajar akan pengertian seni rupa yang sebenarnya melalui hal-hal yang sudah dilihat. Ini juga menunjukkan bahwa kesenian ini dapat menciptakan kondisi akan penyebaran serta pembaharuan dari keadaan-keadaan yang telah ada pada sebelumnya.

  • Bidang rohani

Keindahan itu berasal dari Tuhan, ungkapan ini dipelopori oleh Kar Barth. Oleh sebab itu agama dapat menjadi sumber utama yang akan menjadi inspirasi seni dengan kegunaan kepentingan agama. Dari sinilah pengalaman-pengalaman yang bersifat religi ini akan memberikan gambaran dari bentuk nilai estetika.

Selain itu dilihat dari pengertian seni rupa tentang fungsinya dapat diasumsikan pula menjadi beberapa. Seperti menyampaikan nilai-nilai budaya, memberikan kepuasan batin, media untuk mengenang peristiwa masa lampau, media ritual religi, menjadi pelengkap kebutuhan sehari-hari manusia, dan lain sebagainya.

  • Bidang pendidikan

Dalam definisi luasnya pendidikan adalah suatu keadaan yang kemudian mengalami transformasi sehingga membangkitkan dan menjadikannya lebih maju daripada terdahulunya. Seni dapat menjadi wadah untuk menyampaikan makna yang tersirat. Oleh karenanya dapat menjadi ajang dalam memberikan ilmu pendidikan bagi setiap penikmatnya.

Tak hanya itu saja seni rupa juga memberikan manfaat dalam mendidik tingkah laku dan mental dari seseorang sehingga menjadi lebih baik. Dalam catatan pertumbuhan akan pengalaman estetika ini akan membuat masyarakat lebih memahami etika yang baik dan benar.

  1. Fungsi individu

Setelah membahas tentang fungsi seni rupa dari aspek sosial maka untuk saat ini fokus pada bagian individu. Berikut ulasan lengkapnya.

  • Emosional

Pada diri manusia dilengkapi dengan sisi sifat yang tidaklah sama dengan orang lain. Selain faktor tersebut pengalaman yang sudah dilalui oleh seseorang juga akan sangat mempengaruhi kepribadiannya terutama pada emosional dan perasaan. Misalnya rasa sedih, cinta, benci, lelah, kasihan, dan lain-lain. Sekalipun tidak tampak nyata tapi tetap saja akan sangat membekas.

Supaya dapat memenuhi keperluan ini manusia juga membutuhkan dorongan yang berasal dari luar atau eksternal. Sifatnya harus menggembirakan agar aura positif dapat terpencarkan dari dalam diri orang tersebut. Contoh paling mudahnya adalah ketika orang sangat lelah menghadapi kehidupan yang rumit maka perlu mengontrol diri dengan berkunjung ke bioskop, pameran kesenian, nonton konser, atau kegiatan menyenangkan lainnya.

  • Fisik

Manusia sebagai makhluk homofaber akan selalu terikat dengan keinginan untuk memberikan apresiasi terhadap keindahan dari benda-benda seni rupa. Dari segi fisik karya seni ini akan mengacu pada kepuasan bentuk fisik sehingga mengedepankan perihal kenyamanan dari penikmatnya. Contohnya adalah seni kerajinan tangan, furniture, bangunan, dan lain-lain.

  Pengertian Seni Tari

Unsur-Unsur Penting Dalam Seni Rupa

pengertian seni rupa dengan unsurnya

  1. Titik

Titik merupakan bagian unsur seni rupa yang paling dasar dan memiliki ukuran kecil serta bentuk sederhana. Dari pengertian seni rupa titik ini akan menjadi cikal bakal lahirnya ide-ide atau gagasan untuk menjadi unsur lainnya. Untuk teknik penulisan atau gambar yang menggunakan titik bervariasi serta ukuran yang berbeda dikenal sebagai Pointilisme.

  1. Garis

Penggabungan dari unsur titik akan menjadi garis. Berdasarkan ragamnya garis dibedakan menjadi beberapa yakni berombak, lurus, panjang, pendek, putus-putus, vertikal, horizontal, patah-patah, lengkung, diagonal, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dari macamnya tadi akan memberikan kesan yang berbeda dan lebih menarik untuk karya seni. Misalnya garis lurus dapat memberikan nuansa yang lebih tegas, keras, dan tegak. Garis lengkung lebih lentur dan lembut. Sedangkan garis spiral juga sama yakni menonjolkan kesan yang lebih lentur.

Sementara itu garis juga dibedakan berdasarkan wataknya, dimana ada yang tegak, miring, halus, dan tegas. Kemudian didasari dengan wujud yakni berupa semu dan nyata. Umumnya para seniman akan mengkombinasikan macam-macam garis sehingga menciptakan karya yang indah dan tampak nyata.

  1. Bidang

Garis yang memberikan batas terhadap suatu bentuk disebut sebagai bidang. Dalam unsur ini terdapat bagian-bagian penting seperti panjang dan lebar sehingga menghasilkan ukuran yang berbeda diantara satu sisi dengan lainnya.

  1. Bentuk

Bentuk merupakan gabungan dari bidang-bidang yang disatukan. Ada 2 jenisnya yakni geografis yang mempunyai ilmu ukur dengan contoh kubus, balok, tabung, dan bola. Lalu nongeometris dengan penekanan menjiplak bentuk-bentuk yang lebih alami seperti tumbuhan, hewan, dan manusia.

  1. Ruang

Ruang menjadi unsur yang terdapat di pengertian seni rupa dengan ciri utama menggandeng dua sifat. Pada seni rupa tiga dimensi ruang ini akan bersifat lebih nyata sedangkan untuk dua dimensi tidak demikian melainkan semu.

  1. Warna

Dalam bagian seni rupa terdapat unsur yang dapat memberikan kesan lebih hidup dan memantulkan cahaya pada indera penglihatan. Pada pengelompokannya ada sejumlah bagian utama seperti primer yang murni berasal dari warna-warna itu sendiri dan tidak ada campurannya (kuning, biru, dan merah), sekunder dihasilkan dari perpaduan dua warna primer menggunakan ukuran tertentu, tersier merupakan campuran dari warna sekunder, analogus ialah sejumlah warna yang bersebelahan (hijau ke kuning) dan komplementer merupakan warna kontras dengan posisi berseberangan di suatu lingkaran.

  1. Tekstur

Tekstur merupakan kondisi dari sebuah permukaan benda yang terdapat pada karya seni rupa. Dalam unsur ini ada yang nyata dan semu sehingga untuk dapat membedakannya harus menggunakan indera peraba dan penglihatan. Sekalipun yang semu cukup sulit untuk diamati dan harus menggunakan trik khusus.

  1. Gelap terang

Unsur terakhir yang ketergantungan dengan kondisi pencahayaan adalah gelap terang. Semakin kuat intensitasnya maka cahaya akan terang begitupun sebaliknya. Pada karya seni dua dimensi unsur yang satu ini diciptakan berdasarkan pemilihan warna dan gradiensi yang tepat.

*****

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian seni rupa, fungsi, unsur, dan jenis-jenisnya yang sangat penting untuk Anda ketahui. Sekalipun bukanlah seorang seniman, namun mengerti terkait seni dapat memberikan pengetahuan yang berguna bagi kehidupan. Terlebih jika Anda mengamati menggunakan perasaan.