Pengertian Seni Musik

Pengertian Seni Musik – Seni merupakan hasil karya buatan tangan-tangan kreatif. Seperti yang telah kita ketahui banyak sekali jenis seni yang ada di kehidupan sehari-hari, salah satunya yaitu seni musik. Karena seni musik merupakan hasil karya yang memukau. Bahkan, hasil dari seni musik ini dinikmati siapapun setiap harinya. Inilah yang menjadi alasan kenapa pentingnya mengetahui pengertian seni musik secara umum dan menurut para ahli, jenis-jenis musik, fungsi musik dan lain sebagainya.

Pengertian Musik Secara Umum

pengertian seni musik secara umum

  1. Pengertian Secara Umum

Seni merupakan istilah dari bahasa Sansekerta yakni “Sani”. Makna dari “Sani” yaitu pemujaan atau persembahan. Sedangkan musik adalah seni yang dihasilkan dari perpaduan antara suara vokal dan instrumental guna menghasilkan suatu keindahan, baik berupa bentuk maupun ekspresi emosional. Biasanya musik yang dihasilkan juga menyesuaikan dengan standar tertentu.

  1. Pengertian Menurut KBBI

Pengertian seni musik menurut KBBI merupakan ilmu untuk menyusun nada dan suara guna menghasilkan suara yang memiliki kesinambungan dan kesatuan. Seni musik dilakukan secara berurutan dan terkombinasi, sehingga bisa menghasilkan musik yang indah untuk dinikmati.

Musik yang dihasilkan ini biasanya sesuai dengan standar budaya. Baik itu dari melodi, irama dan harmoni yang dihasilkan. Karena pada dasarnya musik merupakan seni yang dapat menembus setiap hati manusia.

Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

pengertian seni musik menurut ahli

  1. Dello Joio

Dello Joio mengemukakan bahwa untuk dapat memperluas pandangan dan pengetahuan, penting sekali untuk mengenal musik. Bahkan, mengenal music juga dapat membantu kita dalam juga mengenal berbagi hal selain musik.

Rasa penghargaan terhadap nila seni memang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Inilah yang menjadi alasan mengapa pentingnya pengenalan terhadap musik. Tak hanya itu, musik juga bisa membantu dalam menyadari dimensi lain dari kenyataan yang selama ini tidak nampak.

  1. Sylado

Sylado mendefinisikan pengertian seni musik sebagai waktu yang tak terlihat tetapi memang untuk didengar. Dengan kata lain, Sylado menyatakan bahwa musik merupakan wujud waktu yang hidup. Karena music adalah suatu kumpulan ilusi dan alunan suara yang digabungkan menjadi satu kesatuan.

Siapapun yang mendengarkan alunan music akan membantu menggerakkan hati. Karena musik terdiri dari rangkaian nada yang mampu merasuk ke dalam jiwa.

  1. David Ewen

David Ewen mendefinisikan music sebagai ilmu pengetahuan dan seni kombinasi ritmik yang dihasilkan dari nada-nada. Baik itu berupa vokal maupun instrumental. Pada umumnya music meliputi melodi dan harmoni. Musik juga mewakili ekspresi atas segala sesuatu yang ingin diungkapkan.

  1. Suhastjarja

Suhastjarja mendefinisikan musik sebagai ungkapan rasa manusia yang indah dan dituangkan dalam konsep pemikiran yang utuh. Tak hanya itu, music yang berupa nada-nada atau bunyi didalamnya mengandung ritme dan harmoni yang enak untuk didengar.

Musik menghasilkan sebuah bentuk dalam ruang waktu yang dapat dengan mudah menyatu pada diri sendiri dan orang lain yang mendengarkan.

  1. Banoe

Pengertian seni musik menurut Banoe yaitu berasal dari kata muse yang bermakna salah satu dewa yang ada dalam suatu mitologi Yunani kuno untuk cabang ilmu dan seni. Banoe juga mendefinisikan musik sebagai cabang seni yang terdiri dari berbagai suara ke dalam suatu pola nada yang sangat mudah untuk dimengerti dan dipahami oleh siapapun.

  1. Adjie Esa Poetra
  Pengertian Seni Tari

Adjie Esa Poetra mendefinisikan musik sebagai sebuah bunyi yang terbentuk secara teratur. Musik tidak hanya bersifat moral normatif, tetapi juga dapat diakui secara selaras sesuai dengan penghitungan yang dilakukan oleh para ahli ilmu fisika.

  1. Jamalus

Pengertian seni musik menurut Jamalus yaitu karya seni yang dihasilkan berupa bunyi yang tertuang dalam bentuk lagu. Jamalus juga mengemukakan bahwa seni music terdiri dari komposisi yang mengungkapkan pikiran dan perasaan.

Musik ini diciptakan melalui berbagai unsur pokok music. Baik itu berupa harmoni, irama, melodi dan struktur lagu. Dengan perpaduan yang rapi, musik yang didengar akan mampu membuat siapapun yang mendengarnya terpukau.

baca juga: Pengertian Seni Lukis

  1. Ortiz

Ortiz mendefinisikan musik sebagai sebuah kekuatan dasar yang sangat efektif dan berguna untuk menenangkan serta mendatangkan inspirasi bagi banyak orang yang mendengarkannya. Karena siapapun yang mendengar musik akan terasa lebih nyaman untuk melakukan berbagai aktivitas.

  1. Soeharto

Pengertian seni musik menurut Soeharto yaitu pengungkapan gagasan yang disampaikan melalui bunyi dengan menggunakan unsur dasar irama, melodi dan harmoni. Selain itu, musik juga merupakan bunyi yang terdiri dari beberapa unsure pendukung seperti sifat,warna bunyi dan bentuk.

Unsur-unsur Musik

pengertian seni musik dan unsurnya

  1. Harmoni

Unsur musik yang pertama yaitu harmoni. Ya, harmoni merupakan merupakan sebuah gabungan antara dua nada atau lebih dengan tinggi dan rendah yang berbeda, sehingga bisa menghasilkan keselarasan bunyi. Dalam musik, harmoni berasal dari beberapa gabungan nada yang dibunyikan dengan serempak dan berurutan untuk menghasilkan music yang indah di dengar.

  1. Irama

Irama secara umum di definisikan sebagai sekelompok bunyi yang memiliki panjang dan dan pendek yang bermacam-macam not dan tekanan. Irama juga bisa diartikan dengan ritme. Yang mana ritme merupakan susunan antara panjang dan pendek sebuah nada yang sesuai dengan nilai titik nada. Irama juga diartikan sebagai rangkaian gerak yang menjadi unsur dasar pada musik.

  1. Melodi

Di dalam pengertian seni musik melodi merupakan rangkaian nada yang tersusun dan menghasilkan sebuah bunyi dengan getaran yang teratur. Melodi yang dihasilkan juga dapat terdengar secara berurutan. Melodi juga bisa menjadi sarana untuk mengungkapkan suatu gagasan. Melodi dalam lagu menjadi sebuah susunan yang teratur untuk isian atau vokal inti.

  1. Bentuk lagu atau struktur lagu

Bentuk lagu merupakan sebuah susunan atau hubungan dalam sebuah lagi yang terdiri dari unsur-unsur musik. Dengan adanya bentuk lagi ini tentunya dapat menghasilkan sebuah komposisi lagu yang enak untuk di dengar. Jika bentuk dan struktur sudah jelas, maka sebuah lagu bisa didengarkan dengan jelas dan beraturan.

  1. Tanda tempo

Tanda tempo dalam pengertian seni musik adalah kecepatan yang dilakukan ketika memainkan lagu. Tempo juga dilakukan dalam rangka melakukan perubahan-perubahan dalam kecepatan sebuah lagu. Ada tiga bagian pada tempo lagu yaitu tempo cepat, sedang, dan lambat. Dalam bermusik, tempo kerapkali menjadi tantangan tersendiri dalam bermusik.

Karena jika tempo yang dilakukan tidak teratur, tentunya akan sangat berpengaruh terhadap musik yang dihasilkan. Inilah mengapa tanda tempo menjadi salah satu unsur dari seni musik.

baca juga: Pengertian Seni Tari

  1. Ekspresi

Pengertian secara umum, ekspresi merupakan sebuah ungkapan yang berasal dari pikiran dan perasaan yang bergabung menjadi satu. Ekspresi ini mencakup beberapa hal seperti warna, tempo dan dinamik.

Dalam sebuah pementasan, salah satu hal yang sangat diperlukan yaitu tempo. Hal ini penting agar bisa menghasilkan sebuah karya musik bagus dilihat dan didengar. Ketika bernyanyi, vokalis memiliki kewajiban untuk melakukan unsur ini. Tak hanya vokalis, tetapi unsur ekspresi menjadi hal yang sangat penting untuk di kuasai semua pemain musik.

  1. Timbre
  Pengertian Seni Grafis

Di dalam pengertian seni music timbre merupakan kualitas dari bunyi musik sehingga bisa lebih berwarna. Sumber bunyi dan cara bergetarnya sebuah bunyi musik sangatlah terpengaruh oleh adanya timbre.

Jenis Seni Musik

pengertian seni musik dan jenisnya

  1. Musik Tradisional

Penggunaan musik seiring perkembangan zaman jika dilihat semakin berkembang pesat dan lebih maju. Sehingga tak heran jika saat ini cabang seni musik sangatlah banyak, bahkan seiring pergantian zaman ini juga menuntut terciptanya seni musik baru, salah satunya yaitu musik tradisional yang mana musik ini berasal dari warisan orang zaman dahulu atau leluhur.

Musik tradisional ini menggambarkan sesuatu yang khas pada sebuah daerah. Dengan kata lain, musik tradisional ini hanya digunakan pada wilayah tertentu. Bahkan, sampai saat ini musik tradisional tetap terjaga dengan baik di wilayah tersebut. Meskipun kebanyakan musik tradisional memakai bahasa daerah itu sendiri, terkadang terkenal hingga luar.

  1. Musik Modern

Di dalam pengertian seni musik modern merupakan musik yang berasal dari perpaduan antara musik yang diakulturasi oleh budaya baru dengan teknologi. Musik modern ini berbeda dengan musik tradisional dalam cara penyajiannya.

Seiring berjalannya waktu, musik modern selalu berkembang pesat. Karena seni musik modern jika dibandingkan dengan musik tradisional bersifat global. Sehingga tak heran jika saat ini penikmat dari musik modern tidak hanya masyarakat lokal, tetapi juga orang luar.

  1. Musik Kontemporer

Macam-macam musik yang terakhir yaitu musik kontemporer. Pengertian seni musik kontemporer yaitu seni musik yang mulai populer pada tahun 1990-an. Alat musik yang digunakan pada musik ini bukanlah aslinya. Meski begitu, nada yang dihasilkan dari alat musik tersebut cukup memukau bagi siapa saja yang mendengarkan.

Bahkan, musik kontemporer yang dihasilkan hampir sama seperti alat musik aslinya. Misalnya penggunaan alat musik yang berasal dari barang bekas. Namun, bagi pecinta seni mampu menghasilkan musik yang indah.

Prinsip Seni Musik

pengertian seni musik dan prinsipnya

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya mengenai pengertian seni musik dan unsur seni musik bahwa musik adalah seni yang dihasilkan dari perpaduan antara suara vokal dan instrumental guna menghasilkan suatu keindahan, baik berupa bentuk maupun ekspresi emosional. Sedangkan prinsip dari seni musik merupakan cara membawakan wujud

Perlu diketahui jika prinsip sebuah seni rupa yaitu meliputi beberapa hal seperti tempo atau tingkat kecepatan yang digunakan ketika bermusik, tingkat volume suara atau dinamika dan timber atau warna nada untuk mengetahui keras lembutnya suara.

Berikut ini beberapa prinsip seni musik yang perlu diketahui agar tidak hanya bisa menikmati musik yang telah jadi.

  1. Tempo

Tempo merupakan kecepatan birama saat membawakan lagu. Miller mendefinisikan tempo sebagai waktu yang berasal dari bahasa Italia. Tempo yang ada pada dalam sebuah dapat menunjukkan kecepatan. Adapun macam-macam tempo seperti Presto (sangat cepat), Vivace (umum), Andante (agak lambat), Allegro (cepat), Lento (lambat), Moderato (sedang), Largo (sangat lambat), dan Adagio (lebih lambat).

  1. Dinamika

Di dalam pengertian seni musik, dinamika merupakan penilaian antara kuat atau lemahnya sebuah penyajian bunyi. Hal tersebut di definisikan oleh Soeharto pada tahun1992. Sehingga dalam menciptakan sebuah tensi musik, dinamika sangatlah penting untuk mengetahui kekuatan bunyi yang dihasilkan.

  Pengertian Seni Rupa

Dengan kata lain, tingkat ketegangan akan semakin kuat jika semakin keras musik yang dihasilkan. Hal tersebut juga berbanding balik jika suara yang dihasilkan semakin lembut, maka lemah tingkat ketegangan yang dihasilkan.

Adapun menurut Miller, macam-macam dinamik yait forte (keras), Mezzo Piano (agak lembut), Piano (lembut), Pianissimo (sangat lembut), Fortissimo (sangat keras), dan Mezzo Forte (agak keras).

  1. Timbre

Prinsip seni musik yang terakhir yaitu Timbre. Yang mana timbre merupakan kualitas dari ciri khas bunyi yang kita dengarkan dengan bentuk yang bermacam-macam. Cara produksi menjadi salah satu faktor yang dapat mengetahui perbedaan timbre yang dihasilkan.

baca juga: Pengertian Seni Rupa

Medium Seni Musik

pengertian seni musik dan mediumnya

  1. Instrumen

Di dalam seni musik terdapat sebuah medium sebagai penghantar suara. Medium dalam seni musik meliputi vocal, instrument dan berbagai partisipan lainnya. Nah, instrumen merupakan alat yang ketika digunakan bisa menghasilkan bunyi dengan nada yang nantinya dapat diolah menjadi musik indah untuk di dengarkan. Di dalam menghasilkan melodi pada sebuah musik, medium utamanya yaitu instrumen. Beberapa instrument yang biasa digunakan diataranya harpa, gitar, piano dan lain sebagainya.

  1. Vokal

Vokal merupakan suara dihasilkan secara langsung oleh manusia. Untuk dapat menghasilkan suara yang indah, tentunya harus mengatur nada dan memadukan dengan unsur musik lainnya. Dengan begitu bisa menghasilkan bunyi yang lebih berurutan dan tertata.

  1. Perkusi

Perkusi merupakan salah satu alat musik terkini yang dalam penggunaannya harus melakukan ketukan dan pukulan untuk menghasilkan suara.

  1. Ansambel

Ansambel merupakan adalah medium musik yang saat digunakan dapat menghasilkan suara sederhana. Bahkan, ansambel ini dari sisi pengaturan tangga nada lebih terbatas. Meski begitu, Ansambel ini sangatlah cocok digunakan untuk mengisi harmoni.

baca juga: Pengertian Seni Grafis

Fungsi Seni Musik

pengertian dan fungsi seni musik

  1. Pada pengertian seni musik memiliki beberapa fungsi yang perlu diketahui seperti halnya sebagai hiburan yang bisa membuat siapapun pendengarnya lebih merasa nyaman dan santai. Bahkan, musik juga bisa menemani siapapun dalam melakukan aktivitas agar merasa lebih bersemangat.
  2. Fungsi musik yang selanjutnya yaitu untuk dapat memengaruhi suasana ruang batin seseorang agar lebih baik setiap harinya. Baik itu bisa merasa sedih, bahagia dan lain sebagainya. Tentunya hal tersebut sangat bergantung pada musik apa yang di dengarkan.
  3. Meningkatkan semangat pada siapapun yang sedang merasa lelah, resah, dan lesu. Jadi, ketika Anda sedang beraktivitas apapun, jangan lupa untuk mendengarkan musik.
  4. Di dalam pengertian seni musik, fungsi dari musik itu sendiri yaitu mempengaruhi peningkatan kecerdasan manusia. Bahkan, musik juga bisa mencegah hilangnya daya ingat.
  5. Berdasarkan salah satu penelitian, fungsi musik yaitu dapat mengurangi depresi. Mengapa demikian? Karena musik memang sudah terbukti bisa menurunkan denyut jantung yang terlalu kencang. Dengan begitu, mendengarkan musik secara rutin bisa menangkan serta merangsang bagian otak. Aktivitas emosi akan lebih terkontrol jika mendengarkan musik.
  6. Musik dapat digunakan untuk terapi kesehatan. Musik terbukti bisa mengatur hormon-hormon untuk dapat mempengaruhi stress bagi siapapun yang mendengarkannya.

Itulah beberapa deskripsi mengenai pengertian seni musik yang penting sekali untuk ketahui. Perlu Anda ingat bahwa seni musik tidak akan terlepas dari kehidupan sehari-hari, karena sudah melekat pada setiap orang. Maka dari itu, sudah seharusnya kita mempelajari apa saja yang berhubungan dengan musik. Karena fungsi dari seni musik juga cukup banyak.