Pengertian Pendidikan Jasmani

Pengertian Pendidikan Jasmani – Pendidikan jasmani adalah salah satu mata pelajaran yang ada di sekolah, dimana pendidikan jasmani ini adalah media pendorong dalam perkembangan keterampilan motorik, pengetahuan, kemampuan fisik, dan juga menjadi pembiasaan untuk memiliki pola hidup yang sehat. Pengertian pendidikan jasmani sendiri memang cukup banyak.

Namun secara umum, pendidikan jasmani sendiri adalah salah satu disiplin ilmu yang dipakai pada saat proses penyelenggaraan pendidikan secara nasional. Pendidikan jasmani ini adalah proses dari pendidikan seseorang untuk mendapatkan pertumbuhan jasmani, kesehatan jasmani beserta keterampilannya.

Pengertian Pendidikan Jasmani Menurut Ahli

pengertian pendidikan jasmani menurut ahli

Dikarenakan pendidikan jasmani adalah salah satu mata ajar yang akan diberikan kepada suatu jenjang sekolah tertentu. sehingga pendidikan jasmani ini adalah salah satu bagian dari pendidikan yang lebih mengutamakan aktivitas jasmani serta pembinaan hidup yang sehat. Nah, berikut ini adalah penjelasan mengenai pengertian pendidikan jasmani:

  1. Menurut Syamsudin, pendidikan jasmani ini merupakan proses dari pembelajaran yang menggunakan aktivitas jasmani sehingga mampu meningkatkan kebugaran jasmani, kita mengembangkan keterampilan motorik, membiasakan hidup sehat dan juga aktif.
  2. Sedangkan Firmansyah juga menuturkan jika pendidikan jasmani adalah proses yang melibatkan interaksi di antara peserta didik. Yang dengan menggunakan lingkungan yang sudah dikelola secara sistematik untuk bisa membentuk manusia seutuhnya.
  3. Menurut Mulyanto, proses belajar untuk bergerak dan belajar melalui gerak. ciri khusus dari pendidikan jasmani ini merupakan belajar dengan pengalaman gerak agar bisa lebih aktif untuk melakukan olahraga dan juga bermain.
  4. Sedangkan menurut Sukintaka, pengertian pendidikan jasmani merupakan olahraga dan juga kesehatan yang masuk ke dalam bagian integral dari sebuah pendidikan. Pendidikan jasmani ini mempunyai tujuan untuk bisa mengembangkan kebugaran jasmani, mampu mengembangkan mental, mampu mengembangkan sosial dan juga mengatur emosional bagi siapa saja yang melakukan aktivitas jasmani.
  5. Menurut Rosdiani, pendidikan jasmani merupakan proses dari pendidikan yang memanfaatkan aktivitas jasmani. Dimana semua proses tersebut telah direncanakan secara sistematis yang memiliki tujuan untuk mengembangkan setiap individu secara perseptual, kognitif, organik, neumuskuler yang ada di dalam kerangka sistem pendidikan nasional.

Ruang Lingkup Pendidikan Jasmani

pengertian pendidikan jasmani dan ruang lingkupnya

Setelah mengetahui apa itu pengertian pendidikan jasmani, maka di bawah ini adalah beberapa ulasan mengenai ruang lingkup yang ada di dalamnya. Terdapat beberapa aspek-aspek yang menjadi ruang lingkup di dalam pendidikan jasmani sebagai berikut:

  1. Permainan Dan Juga Olahraga

Untuk ruang lingkup yang pertama ini akan mencangkup olahraga tradisional, kemudian permainan, eksplorasi gerak. Kemudian keterampilan dari lokomotor dan juga non lokomotor, mampu mengembangkan manipulatif serta beberapa aktivitas lainnya.

  1. Aktivitas Senam
  Pengertian Pendidikan Karakter

Senam juga menjadi salah satu aktivitas yang masih masuk ke dalam ruang lingkup pendidikan jasmani. Dimana aktivitas senam ini terdiri dari ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa menggunakan alat, ketangkasan dengan menggunakan alat, melakukan senam lantai dan beberapa aktivitas lainnya.

  1. Kegiatan Dalam Pengembangan Diri

Kegiatan dalam pengembangan diri terdiri dari mekanika sikap tubuh. Lalu terdapat komponen kebugaran jasmani beserta bentuk postur tubuh.

  1. Kegiatan Air

Untuk yang satu ini menjadi ruang lingkup yang melakukan kegiatan di air. Yakni seseorang akan dilatih keterampilan bergerak di dalam air seperti halnya olahraga berenang dan aktivitas lainnya.

  1. Kegiatan Ritmik Pada Pendidikan Jasmani

Untuk kegiatan yang satu ini meliputi gerak bebas, senam pagi, senam aerobik dan juga SKJ. Namun, juga terdapat beberapa olahraga lain yang masuk ke dalam kegiatan ritmik ini.

  1. Kegiatan Pendidikan Luar Kelas

Kegiatan ini masih masuk ke dalam ruang lingkup pendidikan jasmani, yang mana kegiatannya meliputi karya wisata ataupun piknik. Kemudian pendidikan ini juga menjadi pengenalan lingkungan, kegiatan berkemah, menjelajah ataupun mendaki gunung.

Ruang Lingkup Kesehatan

Kesehatan sendiri meliputi penanaman budaya yang sehat yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. Yang secara khusus terkait pada perawatan tubuh agar tetap sehat, perawatan lingkungan agar tetap sehat serta memilih makanan dan juga minuman yang sehat. Mengatur waktu istirahat yang tepat serta berperan aktif pada kegiatan UKS ataupun P3K.

Jenis Olahraga Dalam Pendidikan Jasmani

pengertian pendidikan jasmani dan jenisnya

  1. Olahraga Sepak Bola

Sepak bola merupakan cabang dari olahraga yang paling populer di dunia. Olahraga ini akan dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing tim tersebut memiliki 11 pemain. Umumnya untuk olahraga ini selalu diikuti oleh semua anak laki-laki di sekolah pada saat pendidikan jasmani dilakukan.

  1. Olahraga Bola Voli

Olahraga bola voli ini juga menjadi salah satu aktivitas yang paling terkenal dalam pendidikan jasmani. Yang mana pertandingan akan dilakukan oleh dua tim, yang pada masing-masing timnya terdiri dari 6 pemain. Dimana setiap tim akan berusaha untuk menyeberangkan bola tersebut ke daerah lawan dengan menggunakan teknik tertentu.

  1. Olahraga Bola Basket

Untuk olahraga yang paling populer pada pendidikan jasmani adalah bola basket, yang pada masing-masing tim terdiri dari 5 pemain. Olahraga ini juga memerlukan lapangan yang relatif kecil sehingga dapat dilakukan dimana saja.

  1. Olahraga Bulutangkis

Bulutangkis ini menjadi cabang olahraga andalan dari Negara Indonesia, tak heran bukan jika pada pendidikan jasmani akan banyak sekali yang tertarik untuk melakukan olahraga ini. Para peserta didik yang ada di sekolah biasanya akan diperintahkan untuk membawa raket beserta kok masing-masing jika ingin mengikuti materi bulutangkis.

  1. Olahraga Tenis Meja
  Pengertian Pendidikan Karakter

Untuk yang berikut ini merupakan olahraga tenis meja yang menjadi olahraga adu kecermatan, namun sangat praktis karena bisa dilakukan dimana saja dan yang paling terpenting terdapat tenis mejanya. Olahraga ini dapat dilakukan dari anak sekolah dasar bahkan sampai tingkat sekolah menengah atas.

  1. Olahraga Pencak Silat

Untuk pencak silat adalah olahraga yang berasal dari Asia tenggara termasuk negara Indonesia. Olahraga ini memang lebih mengedepankan unsur seni beserta keindahan dari gerakannya. Bisa dikatakan jika pencak silat merupakan gerak bela diri tingkat tinggi sehingga menjadi penguasaan gerak yang paling efektif dan sangat terkendali. Tak heran jika sering dipergunakan untuk latihan ataupun pertandingan.

Tujuan Pendidikan Jasmani

pengertian pendidikan jasmani dan tujuannya

  1. Sebagai Pembentukan Gerak

Maksud dari tujuan ini ialah mendorong seseorang untuk memenuhi serta mempertahankan keinginan gerak. Dan dan memperkaya serta memperluas kemampuan gerak dengan melakukan pengalaman gerak.

  1. Bertujuan Untuk Membentuk Prestasi

Pendidikan jasmani juga mendorong seseorang untuk bisa mengembangkan kerja secara optimal dengan mengajarkan ketangkasan ketangkasan. Dengan adanya pendidikan jasmani ini tentu akan membuat seseorang belajar mengenal kemampuan serta keterbatasan diri.

Selain itu, pendidikan jasmani juga bisa mendorong seseorang selalu belajar mengarahkan diri untuk bisa mencapai prestasi. Seperti halnya meraih kepercayaan diri serta membuat lebih konsentrasi.

  1. Mampu Membentuk Sosial Dari Seseorang

Pendidikan jasmani ini juga mampu mengembangkan rasa sosial di dalam lingkup masyarakat. Serta membuat seseorang untuk belajar bertanggungjawab kepada orang lain, selalu memberikan pertolongan bagi orang-orang yang membutuhkan.

  1. Pertumbuhan Badan

Tujuan yang terakhir dari adanya pendidikan jasmani ini mampu meningkatkan keserasian jasmani serta tanggung jawab kepada kesehatan diri. Sehingga membiasakan seseorang untuk selalu hidup dengan sehat. kemudian dengan pendidikan jasmani ini tentu saja akan meningkatkan syaraf-syaraf yang dibutuhkan pada tubuh, karena selalu melakukan aktivitas jasmani yang menyehatkan.

Manfaat Pendidikan Jasmani

pengertian pendidikan jasmani dan manfaatnya

  1. Mampu Memenuhi Kebutuhan Anak Akan Gerak

Pendidikan jasmani memang menjadi dunia dari anak-anak dan sangat sesuai dengan keperluan tubuh anak-anak. Didalamnya anak-anak bisa belajar sambil bersenang-senang melalui penyaluran hasrat mereka untuk bergerak.

Apabila semakin terpenuhi kebutuhan akan gerak di dalam masa pertumbuhan anak. Tentu akan semakin besar pula kemaslahatan untuk kualitas dari pertumbuhan itu sendiri.

  1. Bisa Mengenalkan Anak Pada Lingkungan Dan Potensi Dirinya

Pendidikan jasmani menjadi salah satu waktu untuk berbuat. Yang mana anak-anak akan lebih memilih untuk membuat sesuatu dibandingkan mendengarkan ataupun melihat seseorang pada saat sedang belajar.

  Pengertian Pendidikan Karakter

Dengan keadaan yang bebas seperti ini tentu tidak akan bisa sesuai apabila dilakukan di gedung olahraga karena akan terkurung diantara batasan-batasan. Yang artinya keadaan tersebut tidak akan sesuai dengan dorongan naluri pada anak.

Dengan bermain ataupun bergerak, anak akan betul-betul belajar mengenai potensi yang ada di dalam dirinya melalui kegiatan dalam pengenalan lingkungan yang ada di sekitarnya. Bahkan para ahli juga sepaham jika pengalaman adalah hal yang paling penting untuk bisa merangsang pertumbuhan intelektual serta hubungan sosial yang akan menjadi dasar kepribadiannya kelak.

  1. Mampu Menanamkan Dasar-dasar Keterampilan

Peranan pendidikan jasmani yang ada di sekolah memang terbilang cukup unik. Sebab pendidikan jasmani ini akan turut mengembangkan dasar dasar keterampilan yang memang dibutuhkan anak untuk bisa menguasai berbagai macam keterampilan di kemudian hari. Menurut para ahli pola pertumbuhan dari anak di usia sekolah sampai usia remaja dikenal dengan pola pertumbuhan lambat.

Pola pertumbuhan yang seperti ini tentu akan menjadi kebalikannya ketika anak baru berusia 5 tahun. Meskipun pada usia sekolah pola pertumbuhan terbilang cukup lambat, namun untuk pertumbuhan dari kemampuan dalam mempelajari keterampilan akan semakin meningkat.

Pada usia sekolah maka mereka akan mempelajari keterampilan gerak. Sehingga pendidikan jasmani ini menjadi pembinaan yang sangat berpengaruh pada perkembangan anak dimasa berikutnya.

  1. Dapat Digunakan Menjadi Penyaluran Energi Yang Berlebihan

Anak merupakan makhluk yang tengah berada dalam kondisi kelebihan energi. Sehingga kelebihan energi ini patut untuk disalurkan sehingga tidak akan mengganggu keseimbangan dari perilaku dan juga mental anak.

Yang mana ketika energi tersebut sudah disalurkan tentu anak bisa memperoleh kembali keseimbangan di dalam dirinya. Sebab setelah anak istirahat, maka anak akan memulihkan serta memperbarui energi secara lebih maksimal.

  1. Pendidikan Fisik, Mental Dan Juga Emosional

Pendidikan jasmani sendiri adalah pendidikan yang mampu memberikan sumbangan yang sangat berarti kepada anak secara keseluruhan. Bukti nyata dari adanya pendidikan jasmani ialah dengan adanya perkembangan yang lengkap.

Seperti halnya aspek fisik, aspek emosi, aspek mental, aspek moral dan juga sosialnya. Untuk itulah, tak heran jika banyak para ahli yang memberikan pernyataan mengenai pengertian pendidikan jasmani yang merupakan sarana untuk membuat seseorang menjadi manusia seutuhnya.

****

Demikianlah sekilas informasi yang bisa diberikan kepada Anda mengenai pengertian pendidikan jasmani. Jika melihat pentingnya pendidikan jasmani tersebut, maka pastikan jika Anda tidak pernah ketinggalan untuk mempelajari pendidikan jasmani ini. Dan pastikan pula jika anak Anda selalu mengikuti pendidikan jasmani yang sangat berguna untuk kehidupan di masa depan.