Pengertian Asuransi; Fungsi, Manfaat, Jenis Dan Contohnya

Ekopolitan.com – Mengenal Pengertian Asuransi, Fungsi, Manfaat, dan Contohnya secara Detail. Setiap kejadian buruk yang menimpa diri Anda, pasti tidak Anda ketahui sebelumnya. Seperti halnya kecelakaan, sakit, hingga kejadian buruk lainnya. Oleh sebab itu mulai sekarang, Anda harus mulai mendaftarkan diri kepada layanan asuransi. Namun sebelum itu, Anda harus mengenal pengertian asuransi, fungsi, manfaat, dan contohnya secara detailnya.

Pengertian Asuransi

Asuransi merupakan sebuah perjanjian atau pertanggungan yang dilakukan oleh dua belah pihak. Pihak pertama memiliki kewajiban dalam membayar angsuran, untuk mendapatkan layanan asuransi. Kemudian untuk pihak kedua memiliki kewajiban untuk memberikan jaminan, bila terjadi hal buruk kepada pihak pertama yang telah menggunakan ansuransi.

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa hal yang bisa Anda berikan asuransi. Mulai dari asuransi bangunan, kesehatan, kendaraan, suara, jiwa, pendidikan, hingga alat elektronik. Oleh karena itu, jangan ragu lagi dalam menggunakan asuransi untuk sesuatu yang mudah rusak, hilang, berkurang nilainya, dan juga rugi. Pastinya Anda akan mendapatkan manfaat di kemudian hari.

Fungsi Asuransi untuk Jaminan

Penggunaan asuransi memiliki fungsi tersendiri bagi Anda yang menggunakan. Namun masih saja banyak orang yang belum mengetahui fungsi asuransi tersebut. Padahal fungsi asuransi tersebut, sangat bermanfaat bagi kehidupan Anda di masa yang akan datang.

  Rekomendasi Asuransi Sepeda Motor Terbaik

1. Meminimalisir Risiko Kerugian

Penggunaan asuransi memiliki fungsi untuk meminimalisir risiko kerugian. Bila suatu saat Anda mengalami kecelakaan mobil, maka Anda bisa menggunakan asuransi kendaraan yang sudah Anda miliki. Dengan begitu, Anda tidak akan mendapatkan kerugian besar. Hal ini karena mobil yang rusak tadi, sudah diganti oleh pihak asuransi kendaraan.

2. Penghimpun Dana

Pihak penanggung akan melakukan pengolahan dana terlebih dahulu, sebelum mencairkan uang asuransi kepada Anda sebagai tertanggung. Pastinya semua uang iuran yang sudah Anda bayarkan sebelumnya, akan diberikan kepada tertanggung sesuai dengan perjanjian. Namun ada beberapa penyedia asuransi, yang akan melakukan pemotongan dana untuk biaya administrasi.

3. Premi Seimbang

Penggunaan asuransi sudah dipastikan semua iurannya tertulis secara jelas. Mulai dari besaran dana yang bisa Anda dapatkan di kemudian hari, potongan administrasi, hingga iuran yang wajib dibayar setiap bulannya. Sehingga sudah dapat dipastikan bahwa kehidupan Anda di masa yang akan datang, sangatlah terjamin.

4. Penawaran Jasa ke Luar Negeri

Pihak penyedia asuransi ternyata tidak hanya menawarkan jasanya kepada penduduk dalam negeri saja. Namun mereka juga menawarkan produknya hingga ke luar negeri. Hal ini membuktikan bahwa pengguna asuransi dapat dirasakan oleh masyarakat secara luas.

5. Berdampak pada Pertumbuhan Ekonomi

Adanya penyedia jasa asuransi, ternyata memiliki dampak pada pertumbuhan ekonomi. Hal ini karena di dalam perusahaan asuransi, terdapat berbagai macam aktivitas perekonomian. Mulai dari menabung, aktivitas jual dan beli, hingga pengendalian kerugian. baca: asuransi pendidikan terbaik untuk anak. Dari aktivitas itulah, memberikan dampak pada pertumbuhan ekonomi di suatu negara.

Manfaat Asuransi untuk Kehidupan

Anda yang menggunakan asuransi untuk diri sendiri dan keluarga, pastinya menginginkan manfaat di dalamnya. Ada beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan, setelah menggunakan asuransi. Pastinya manfaat tersebut tidak akan membuat Anda merasa kesusahan di kemudian hari.

  Tips Memilih dan Dan Rekomendasi Asuransi Jiwa Terbaik

1. Memberikan Rasa Aman

Kejadian buruk yang dapat menimpa diri Anda dan keluarga, tidak dapat diprediksi oleh nalar. Sehingga dengan menggunakan asuransi, maka kehidupan Anda di masa yang akan datang merasa aman dan tenang. Hal ini karena semua risiko kerugian yang akan Anda rasakan, sudah ditanggung oleh pihak asuransi tersebut. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi.

2. Tempat Investasi sekaligus Menabung

Penggunaan asuransi ternyata dapat juga dijadikan sebagai media investasi dan menabung untuk masa depan. Hal ini karena uang yang Anda bayarkan sebagai iuran bulanan, akan Anda dapatkan di masa depan. Bahkan jumlah yang Anda dapatkan, sama dengan iuran yang Anda bayarkan. Kegiatan tersebut sama halnya dengan kegiatan investasi dan tabungan masa depan.

3. Memberikan Kepastian di Masa Depan

Manfaat penggunaan asuransi adalah dapat memberikan kepastian di masa depan. Kepastian tersebut berupa risiko kerugian yang bisa Anda dapatkan ketika mengalami hal buruk. Mulai dari kerugian akibat kecelakaan, rawat inap, hingga kendaraan yang hilang. Dengan menggunakan asuransi, Anda bisa mendapatkan dana untuk mengganti kerugian dari hal buruk yang terjadi.

14 Jenis dan Contoh Asuransi yang Bisa Dipilih

contoh asuransi dan produknya
jenis asuransi – sumber: pixabay.com

Bila Anda tertarik untuk mengasuransikan beberapa hal yang dianggap berharga, maka Anda harus mengetahui berbagai contoh asuransi. Mungkin asuransi yang Anda kenal hanya beberapa jenis saja. Padahal ada beberapa contoh asuransi yang harus Anda ketahui.

1. Asuransi Kematian / Jiwa

Penggunaan asuransi kematian atau jiwa memberikan keuntungan tersendiri bagi keluarganya. Hal ini karena pihak keluarga yang ditinggalkan, agar mendapatkan uang dari asuransi tertanggung. Anda dapat menggunakan asuransi untuk orang lain. Mulai dari istri, anak, orang tua, hingga kakek dan nenek.

Setiap perusahaan asuransi, memiliki aturan sendiri mengenai proses pencairannya. Ada perusahaan asuransi yang memberlakukan aturan pencairan dana setelah tertanggung meninggal. Namun ada juga perusahaan yang memiliki aturan pencairan asuransi dilakukan kapan saja, sesuai permintaan tertanggung.

  7 Asuransi Pendidikan Terbaik Untuk Anak Dan Tips Memilihnya

2. Asuransi Kesehatan

Ada manfaat yang bisa Anda terima bila menggunakan asuransi kesehatan untuk diri sendiri dan juga keluarga. Seperti halnya terlindung dari risiko kerugian akibat kematian karena kecelakaan, cacat, rawat inap, cedera, hingga sakit keras. Dengan menggunakan asuransi kesehatan ini, Anda tidak perlu lagi repot memikirkan biaya pengobatan dari penyakit yang timbul setiap saat.

3. Asuransi Kredit

Asuransi kredit seringkali digunakan oleh lembaga penyedia keuangan sebagai penyedia layanan kredit. Hal ini bertujuan agar pihak lembaga keuangan tersebut, mendapat jaminan apabila nasabahnya tidak mampu membayar kreditnya. Sehingga pihak asuransi akan memberikan arahan terhadap kegiatan perkreditan kepada lembaga keuangan tersebut.

4. Asuransi Kecelakaan Diri

Jenis asuransi kecelakaan diri bisa Anda gunakan, bila Anda memiliki pekerjaan yang dapat menimbulkan hal buruk. Seperti halnya sopir, ojek, masinis, pilot, dan lain sebagainya. Dengan asuransi tersebut, Anda bisa mendapatkan dana untuk membayar semua kebutuhan pasca kecelakaan. Mulai dari biaya rumah sakit, pengobatan, rawat inap, operasi, hingga perawatan. Alhasil Anda tidak akan mengalami kerugian, akibat terjadi kecelakaan tersebut.

5. Asuransi Kendaraan Bermotor

Pada asuransi kendaraan bermotor seringkali digunakan masyarakat untuk mobilnya. Bila ada sesuatu hal yang buruk menimpa mobil tertanggung, maka dana dari asuransi kendaraan tersebut bisa dicairkan. Dengan begitu Anda tidak akan merasa rugi akibat kendaraan Anda yang mengalami kerusakan, kehilangan, hingga perbaikan.

Penggunaan asuransi kendaraan bermotor ternyata juga dapat digunakan untuk meminimalisir resiko kerugian, yang Anda alami ketika menabrak orang lain dengan mobil Anda. Dengan begitu Anda tidak perlu bingung untuk mengganti kerugian, kepada orang yang Anda tabrak tersebut. Sehingga Anda bisa mempertanggungjawabkan kesalahan Anda, tanpa harus mengeluarkan uang pribadi.

  Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik

6. Asuransi Kendaraan Berat

Asuransi kendaraan berat seringkali digunakan oleh para pengusaha. Bila kendaraan tersebut mengalami kerusakan atau hilang, maka Anda bisa mencairkan asuransi tersebut untuk membeli yang baru. Dengan begitu Anda tidak akan merasa rugi akibat kendaraan berat Anda rusak atau hilang.

7. Asuransi Perjalanan

Jenis asuransi perjalanan merupakan perlindungan diri dalam jangka waktu pendek. Biasanya asuransi ini didapatkan ketika Anda hendak melakukan liburan. Sehingga Anda akan dilindungi dari hal buruk yang menimpa Anda selama melakukan perjalanan liburan. Mulai dari tanggungan biaya pengobatan, santunan kecelakaan kepada keluarga, perlindungan terhadap barang bawaan, hingga evakuasi medis.

8. Asuransi Bisnis

Bila Anda memiliki bisnis dalam skala besar, Anda wajib mendaftarkannya kepada perusahaan asuransi. Hal ini bertujuan untuk melindungi Anda dari risiko kerugian akibat bangkrutnya bisnis Anda. Dengan begitu Anda masih memiliki dana untuk memulai bisnis baru. Pastinya Anda tidak akan merasa terpuruk, meskipun bisnis Anda sudah bangkrut.

9. Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan kini banyak dilirik oleh orang tua untuk anaknya. Dengan penggunaan asuransi tersebut, Anda sebagai orangtua tidak perlu bingung lagi dalam jam pembiayaan pendidikan anak di masa yang akan datang. Sehingga bila ada sesuatu hal buruk menimpa Anda, anak Anda akan terjamin pendidikannya. Pastinya anak Anda tidak akan merasakan putus sekolah.

10. Asuransi Kebakaran

Jenis asuransi kebakaran seringkali digunakan oleh pemilik usaha barang yang mudah terbakar berskala besar. Mulai dari pengusaha kayu, bahan bakar, tembakau, hingga usaha lainnya. Dengan menggunakan asuransi tersebut, bertujuan untuk meminimalisir terjadinya risiko kerugian akibat kebakaran. Sehingga Anda bisa memperbaiki bagian yang terbakar tadi, dengan uang dari asuransi yang telah dicairkan.

11. Asuransi Kepemilikan Aset / Rumah

Asuransi kepemilikan aset / rumah biasa digunakan untuk melindunginya dari kerusakan ataupun kehilangan barang berharga. Dengan asuransi ini, Anda tidak akan merasa rugi karena terjadi hal buruk pada aset / rumah Anda. Mulai dari kebakaran, kemalingan, hingga ambruk. Oleh sebab itu untuk meminimalisir kerugian pada set / rumah Anda, segera daftarkan pada agen asuransi terkait.

  Cara Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga

12. Asuransi Pengangkutan Laut

Jenis asuransi kelautan biasanya digunakan untuk perlindungan kepada penumpang dan juga barang bawaan kargo. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kerugian yang berupa kejadian yang melukai penumpang, kerusakan kapal, hingga kerusakan kargo. Maka dari itu bila hendak melakukan perjalanan laut, jangan lupa untuk mengasuransikan diri Anda.

13. Asuransi Disabilitas

Asuransi disabilitas sangat penting untuk Anda dimiliki. Hal ini karena dengan asuransi tersebut, Anda bisa memiliki jaminan kehidupan layak ketika tidak lagi bekerja seperti sebelumnya. Biasanya asuransi disabilitas ini digunakan oleh orang yang berisiko mengalami cacat fisik. Contohnya Anda seorang tentara yang mengalami kelumpuhan akibat perang melawan penjajah. Maka Anda bisa memiliki hidup layak kedepannya, dari hasil asuransi disabilitas ini.

14. Asuransi Dana Pensiunan

Jenis asuransi dana pensiunan paling banyak diminati oleh masyarakat luas. Hal ini karena ketika menjelang masa tua, pasti Anda membutuhkan dana untuk kelangsungan hidup sehari – hari. Dengan begitu, Anda tidak lagi merepotkan anak Anda lagi.

***

Penggunaan asuransi untuk diri sendiri dan juga keluarga, sangatlah bermanfaat bagi kehidupan di masa yang akan datang. Hal ini karena Anda dan keluarga, akan mendapatkan jaminan dana untuk meminimalisir kerugian dari hal buruk yang dapat terjadi kapan saja. Oleh sebab itu bagi Anda yang belum memiliki asuransi, segera daftarkan diri Anda dan juga keluarga.