Contoh Teks Tanggapan

Contoh Teks Tanggapan Lengkap – Seringkali Anda pasti mendengar kata tanggapan dari lingkungan masyarakat, baik itu yang bersifat mendidik maupun hanya sekedar berkomentar belaka. Lantas pernahkah Anda juga berpikir sebenarnya apa pengertiannya? Contoh teks tanggapan atau bisa juga disebut teks tanggapan kritis merupakan sekumpulan kalimat yang memiliki isi berupa kritikan tajam terhadap persoalan tertentu terkait kesalahan dan biasanya terjadi saat perdebatan.

Sebenarnya contoh teks tanggapan tidak harus berisikan lontaran-lontaran tajam, karena bisa juga berbentuk seperti analisa sebuah pendapat. Jadi intinya setiap orang yang ingin mengemukakan tanggapan harus bisa memberikan alasan yang logis, karena tujuannya sendiri untuk mengarahkan orang lain agar menjadi lebih baik.

Sementara itu pemilihan kata yang tepat, lugas, dan pas juga menjadi faktor penting yang mesti Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk mengungkapkan tanggapan. Entah itu saat Anda berada di dalam lingkup formal, ataupun tidak. Hal ini dilakukan supaya pihak pendengar bisa menerima semua kritikan yang Anda berikan, dan memahami maksud dari kalimat yang di ucapkan.

Teks tanggapan sendiri diperkuat oleh beberapa unsur. Diantaranya seperti masalah yang akan dikomentari, opini berupa saran, pujian serta kritikan, argument dan yang terakhir fakta. Sedangkan untuk fungsinya adalah memberikan apresiasi ataupun kritik dengan cara sejelas dan sedetail mungkin dengan catatan tidak menyinggung serta dapat dipertanggungjawabkan. Untuk lebih lengkapnya lagi silahkan Anda simak penjelasan ini.

Jenis Teks Tanggapan

Jenis Contoh teks tanggapan memiliki beberapa pembagian model yang dapat Anda pahami. Setiap tanggapan terdapat perbedaan yang akan menjadi karakteristik masing-masing. Berikut ini penjelasannya.

  1. teks tanggapan saran

Model tanggapan saran merupakan pendapat yang dinilai menjadi alternatif paling baik diantara yang lainnya dalam situasi dan kondisi apapun. Hal ini disebabkan karena tanggapan yang terlontarkan memiliki tatanan kalimat santun karena memang berfungsi untuk membangun bukan hanya sekedar mengumbar kesalahan dalam diri orang lain ataupun karya saja.

  1. teks tanggapan pujian

Teks tanggapan pujian adalah ungkapan yang dilakukan untuk memberikan apresiasi sebesar-besarnya terhadap sebuah karya orang lain ataupun persoalan yang dianggap baik oleh penilainya. Biasanya saat menggunakan jenis tanggapan ini tidak ada sedikitpun kalimat menyinggung, sehingga dapat disimpulkan bahwa kalimat yang diucapkan halus.

  1. teks tanggapan kritik

Tanggapan kritik merupakan salah satu jenis mengungkapkan pendapat dengan cara sedetail mungkin. Sehingga jika ada kesalahan sekecil apapun pasti akan ditanggapi. Memberikan kritikan ini haruslah dilakukan dengan hati-hati, teliti, dan bijaksana.

Terkadang modal tanggapan kritik ini tidak terlalu cocok untuk dipakai dalam situasi apapun. Harus pada saat-saat tertentu karena isinya cenderung melihat satu sisi kesalahan orang lain saja. Akan tetapi ada juga yang mengasumsikan jika hal itu tidak benar dan lebih baik apabila dibandingkan dengan pujian-pujian yang bersifat semu.

Struktur Teks Tanggapan

contoh teks tanggapan dan strukturnya
contoh teks tanggapan | freepik.com

Setelah membahas tentang model atau jenis dari contoh teks tanggapan untuk kali ini ada informasi menarik mengenai strukturnya. Jika diartikan struktur ini lebih dekat dengan kerangkai dalam sebuah teks. Oleh karena itu, keberadaannya sangat dibutuhkan untuk memberikan tanggapan dengan cara yang bijak. Langsung saja, berikut ini ulasan secara keseluruhannya.

  1. Evaluasi

Evaluasi menjadi bagian pertama yang ada di contoh teks tanggapan. Untuk bagian evaluasi sendiri mempunyai isian berupa pernyataan umum terkait apa saja yang akan disampaikan oleh penulis di dalam teks.

  1. Deskripsi teks

Deskripsi teks merupakan bagian dari isi pada contoh teks tanggapan. Adapun isinya mencangkup tentang pendapat serta data-data yang akan menjadi pendukung dari sebuah pernyataan ataupun bisa juga melemahkan pernyataan tersebut. Biasanya untuk menulis deskripsi ini harus ada ketentuan yang ditaati, seperti kelugasan, tidak berbelit-belit, dan menggunakan bahasa yang baik.

  1. Penegasan ulang

Bagian terakhir contoh teks tanggapan adalah penegasan ulang. Dimana isinya pun hanya sekedar untuk menegaskan lagi terhadap apa yang sudah ditulis, dilakukan, dan yang terakhir diputuskan. Dengan begitu memberikan pendapat kepada karya ataupun permasalahan orang lain bisa terarah dan tidak menimbulkan dampak yang buruk untuk pihak-pihak terkait.

Ciri Teks Tanggapan

Ciri-ciri contoh teks tanggapan ini mempunyai tujuan tertentu bagi para pembaca. Seperti halnya agar memudahkan Anda mengetahui apakah teks yang dibaca itu merupakan sejenis tanggapan atau tidak. Berikut ini uraian lengkap yang bisa Anda baca dan pahami untuk menambah wawasan.

  1. Mempunyai atau mengandung kaidah-kaidah yang dimiliki oleh teks tanggapan. Biasanya bukan hanya itu saja, tapi tapi kebahasaan yang tertulis juga sangat khas sehingga bisa dibedakan dengan tulisan lainnya.
  2. Memuat tanggapan-tanggapan terhadap sebuah permasalahan ataupun fenomena yang ada di sekitar. Akan tetapi harus disertai pula dengan alasan yang bisa dipertanggungjawabkan beserta fakta yang menguatkan.
  3. Memiliki 3 struktur spesifik seperti evaluasi , deskripsi teks , dan penegasan ulang. Struktur tersebut hanya dimiliki oleh contoh teks tanggapan.
  Contoh Teks Drama

Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan

Untuk Menulis sebuah teks tanggapan dengan baik dan benar, Anda perlu memperhatikan berbagai kaidah dalam penulisannya seperti berikut ini:

  1. Kalimat kompleks, kalimat yang memiliki lebih dari dua struktur dan dua verba.
  2. Konjungsi, kata penghubung yang menghubungkan setiap kata dan juga setiap struktur.
  3. Kata Rujukan, sesuatu yang digunakan pemberi informasi (pembicara) untuk menyokong atau memperkuat pernyataan dengan tegas. Dikenal juga dengan sebutan referensi.
  4. Pilihan Kata, pemilihan kata yang sesuai dalam penggunaan dan pembuatan teks tanggapan kritis.

Contoh-Contoh Teks Tanggapan Paling Lengkap

contoh teks tanggapan bahasa indonesia
contoh teks tanggapan | vectorstock.com

Simak berikut ini kumpulan contoh teks tanggapan kritis yang bisa dipelajari jika Anda berniat membuat karangan teks tanggapan yang baik dan benar:

Contoh Teks Tanggapan Tentang Sekolah

Evaluasi

Tidak jarang para orangtua maupun siswa kelas 9 SMP yang masih kebingungan dalam menentukan pilihan antara masuk SMA ataupun SMK. Tentu dilema akan sangat terasa, mengingat jika salah pilih dampaknya akan menentukan masa depan anak.

Deskripsi Teks

Dengan begitu segala bentuk pertimbangan seperti kekurangan dan kelebihan antar 2 jurusan sekolah tersebut harus dilakukan sebelum menentukan pilihan. Adapun alasan-alasan yang akan menjadi penguat keputusan yang sudah diambil.

Pertama, semua orang pasti sudah mengerti dan paham bahwa lulusan sekolah SMK lebih siap memasuki dunia kerja. Hal itu disebabkan saat di sekolah siswa tidak hanya mempelajari tentang ilmu materi sesuai jurusannya saja. Melainkan juga diberikan pembekalan dengan segudang kemampuan praktikum.

Dengan begitu secara tidak langsung pengalaman serta gambaran dunia kerja nyata sudah diperoleh meskipun belum lulus SMK. Selain itu ada banyak kegiatan yang akan menjadi pendukung soft skill dari para siswa ini, seperti PKL atau sering disebut dengan magang.

Penulis sepakat dengan argumen ini karena hanya siswa SMK lah yang bisa merasakannya. Berbeda dari siswa SMA yang mendapatkan lebih banyak materi selama sekolah daripada praktek. Dengan begitu untuk lulusan SMA haruslah menempuh pendidikan lebih tinggi lagi atau kuliah agar bisa memperoleh pekerjaan sesuai kemampuannya.

Adapun banyak orang yang beranggapan bahwa lulusan SMK tidak bisa melanjutkan kuliah. Padahal asumsi ini salah besar karena siswa SMK pun tetap bisa memasuki perguruan tinggi. Sementara itu untuk kelebihan masuk SMK siswa lebih matang dalam memperdalam hardskill ketika sudah masuk ke ranah kuliah.

Jika dibandingkan dengan siswa SMK, materi yang diajarkan tidaklah seluas anak-anak SMA. Penyebabnya karena selama sekolah materi-materi tentang jurusan yang diambil lebih di dalami. Sedangkan untuk siswa SMA sendiri beragam jenis materi sesuai bidang dijelaskan secara mendetail oleh gurunya masing-masing.

Ada sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa siswa SMA mendapatkan materi yang lebih banyak daripada SMK. Dari sini dapat dinilai bahwa kemampuan berpikir secara logis siswa SMA lebih baik dibandingkan anak SMK. Kecenderungan mengambil tindakan cepat dan instan tanpa berpikir panjang menjadi karakteristik yang paling umum.

Jika untuk melanjutkan ke bangku kuliah, anak-anak dari AMK cenderung diberikan batasan ruang lingkupnya. Tentu hal ini sangat berbeda dengan siswa SMA yang mempunyai kebebasan memilih jurusan apapun yang diinginkannya. Sehingga rata-rata hal itu membuat lulusan SMK lebih merasa kesulitan untuk masuk ke perguruan tinggi.

Penegasan Ulang

Dengan demikian kesimpulan yang dapat diambil adalah siswa SMK lebih siap untuk masuk ke dunia kerja daripada anak SMA. Sehingga biaya untuk pendidikan pun bisa lebih hemat lagi. Akan tetapi dalam menentukan pilihan semua itu tergantung pada niat, minat, bakat, serta kemampuan masing-masing individu.


Contoh teks tanggapan Tentang Pergaulan bebas

contoh teks tanggapan pergaulan bebas
contoh teks tanggapan | vectezy.com

Evaluasi

Pada era millenial atau modern seperti sekarang ini banyak remaja yang terjebak dalam pergaulan bebas. Padahal pergaulan yang seperti ini termasuk dalam kategori perilaku yang menyimpang karena tidak memiliki batasan seperti halnya yang sudah ditetapkan dalam norma-norma kehidupan.

Deskripsi Teks

Pergaulan bebas akan sangat berdampak negatif bagi para pelakunya, misalnya saja seperti seks bebas, mabuk-mabukan, berkelahi, dan lain sebagainya. Namun dibalik itu ternyata ada juga dampak positif yang ditimbulkan dari perbuatan menyimpang ini.

Diantaranya seperti memiliki banyak teman, mampu mengendalikan diri di tengah-tengah peradaban masyarakat, belajar cara berkomunikasi yang baik dan benar. Sementara itu orang Indonesia sendiri kerap kali meniru hal-hal yang dianggap kurang baik dari masyarakat Barat seperti berciuman.

Pergaulan bebas dapat timbul karena beberapa faktor iman tipis, gengsi, broken home, masalah keluarga, nafsu, dan masih banyak lagi lainnya. Tidak hanya itu saja, nyatanya teknologi yang dianggap memperbaiki kehidupan masyarakat malah menjadi pemicu pergaulan bebas.

Terutama kebebasan akses internet yang terkadang di salah gunakan para remaja untuk melihat hal yang tidak senonoh. Ada pula tayangan televisi yang kurang mendidik juga kerap menjadi penyebab remaja mencoba hal-hal yang seharusnya tidak boleh dilakukan.

Penegasan Ulang

Ketika sudah mengetahui sejumlah faktor yang menyebabkan remaja terjebak dalam pergaulan bebas, alangkah baiknya jika peran orangtua dalam permasalahan ini sangat diperhatikan. Terutama untuk mengawasi dan mendidik anaknya agar tidak sampai terjerumus ke penyimpangan-penyimpangan yang sangat merugikan itu.

baca juga: Contoh Teks Prosedur


Contoh Teks Tanggapan Tentang Bahaya merokok

Evaluasi

Tidak ada manusia yang ingin tubuhnya digerogoti penyakit. Oleh karena itulah agar badan selalu sehat hal pertama yang harus dilakukan adalah menjaga pola makanan sehat dan tidak mengkonsumsi makanan berbahaya. Salah satu yang menjadi pengganggu kesehatan namun masih sering dinikmati adalah rokok.

Deskripsi Teks

Akhir-akhir ini tidak hanya orang dewasa saja yang terbukti merokok melainkan para pelajar juga ikut mencobanya. Banyak diantaranya adalah anak-anak yang masih duduk di bangku SMP dan SMA. Sejatinya pelajar itu masih di bawah umur dan tentunya ini akan sangat mempengaruhi proses belajarnya dan juga kehidupannya.

Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan pada salah satu pelajar itu, merokok bisa menjadi penanda laki-laki terlihat keren serta dewasa. Bahkan ada pula yang mengatakan dengan cara inilah pelajar-pelajar tersebut dapat memperluas jaringan pertemanannya, meningkatkan prestasi, menghilangkan suntuk dan mengantuk.

Padahal jika merokok dampak negatif jauh lebih besar daripada yang positif. Seperti halnya untuk kesehatan yang rawan terganggu karena rokok mengandung beragam jenis zat kimia berbahaya. Apabila terus-terusan dikonsumsi maka akan menumpuk di organ dalam dan menyebabkan penyakit berbahaya.

Penegasan Ulang

Oleh karena itulah sudah berbagai jenis upaya yang dilakukan oleh pemerintah dengan cara memasang slogan-slogan di tempat umum, bahkan sampai penyuluhan sekalipun. Larangan ini juga berlaku untuk semua kalangan agar tidak merokok di sembarang tempat karena bisa menyebabkan polusi yang menimbulkan efek negatif bagi sekitar.

Dalam permasalahan ini kesadaran ini beserta peran orangtua agar bisa mengarahkan anaknya untuk menjadi yang lebih baik sangat diperlukan. Selain itu pemerintah juga tak kalah pentingnya sebagai pengendai utama agar jumlah perokok di Indonesia tidak semakin banyak jumlahnya.


Contoh Teks Tanggapan Tentang Globalisasi

contoh teks tanggapan globalisasi
contoh teks tanggapan | pixabay.com

Evaluasi

Smartphone atau gadget menjadi salah satu barang eletronik yang tidak akan terpisahkan oleh orang-orang modern di jaman sekarang. Hal itu dikarenakan HP dapat memenuhi kebutuhan masyarakat baik dalam bentuk hobi maupun hasrat yang dimilikinya.

  Contoh Teks Deskripsi

Deskripsi Teks

Namun dibalik kecanggihannya itu ada sejumlah dampak negatif jika para remaja sering menggunakannya. Contohnya saja untuk membuka situs-situs terlarang yang ada di dunia maya. Sebab hal ini akan mempengaruhi kehidupan dan juga konsentrasi dalam belajar.

Selain itu gadget juga bisa memberikan efek yang tidak menyehatkan bagi tubuh, karena radiasi yang dikeluarkan oleh benda ini secara tidak langsung bisa merusak saraf pada otak dan mata. Terlebih jika para remaja tidak memperhatikan aturan jarak dari mata dan smartphone yang dipegangnya, itu akan semakin mempercepat kerusakan pada organ mata.

Disamping itu kecanduan untuk menggunakan smartphone juga kerap kali menyerang penggunanya. Sehingga akan menimbulkan kecenderungan yang malas untuk beraktifitas karena dirasa sudah menemukan kesenangan berselancar di dunia internet.

Argument tersebut memang menunjukkan adanya kebenaran dan sudah bisa dibuktikan oleh beberapa orang. Akan tetapi jika dilihat dari sisi yang lain ada sebuah fakta menunjukkan bahwa pengguna smartphone akan selalu terdampak buruk pada kehidupannya. Dengan catatan fungsi gadget tidak di salah gunakan dan dimanfaatkan sesuai pada tempatnya.

Alasannya dengan adanya bantuan Handphone para remaja bisa lebih mudah untuk akses tugas dan bagi orang-orang perantauan akan lebih mudah saat memberikan kabar dengan keluarganya di rumah. Selain itu dengan mengerti teknologi, para remaja bisa mengetahui perkembangan IPTEK dan itu sangat bermanfaat besar bagi kehidupannya di masa depan.

Penegasan Ulang

Secara umum penulis setuju dengan serangkaian alasan-alasan terkait pengaruh teknologi di lingkungan remaja. Akan tetapi jika dilihat dari keamanan serta bidang akademis gadget lebih spesifik ke dampak negatifnya. Untuk itu orangtua yang masih menjadi peran terpenting dalam perjalanan hidup anak-anaknya harus lebih mawas diri.

Caranya yakni tidak membebaskan secara full bagi anak-anaknya untuk memainkan gadget selama 24 jam. Jika hal itu terjadi maka bukan hal positif yang di dapatkan anak, melainkan hal-hal buruk. Tidak hanya dalam jangka waktu sekarang saja melainkan juga di masa mendatang.

baca juga: Contoh Teks Deskripsi


Contoh Teks Tanggapan Tentang Kendaraan

Pesawat Kepresidenan

Evaluasi

Keinginan pemerintah Indonesia untuk memiliki pesawat khusus kepresidenan sudah lama ada. Sekarang keinginan Pemerintah tersebut sudah direalisasikan meskipun mendapat tanggapan yang beragam dari masyarakat. Pesawat berkategori Boeing Business Jet 2 (BJJ2) 737-800 itu sudah berada di tanah air sejak Kamis, 10 April 2014. Dengan gagah pesawat modern itu mendarat di bandara Halim Perdanakusuma.

Deskripsi Teks

Meskipun tidak semewah Air Force One, pesawat tersebut tetap merupakan pesawat baru dengan perlengkapan baru yang modern. Warna pesawat itu didominasi biru di punggungnya dan putih di lambungnya. Garis lengkung merah putih sebagai garis batas dua bagian. Tulisan REPUBLIK INDONESIA terpampang di sisi kanan dan kiri pesawat.

Ada banyak alasan yang memperkuat bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk memiliki pesawat kepresidenan. Alasan ekonominya adalah pesawat tersebut memiliki biaya operasional yang sangat tinggi. Alasan sosialnya adalah pada saat rakyat belum terentaskan dari kemiskinan para pejabat menikmati fasilitas negara yang mewah. Alasan keamanan dan politiknya adalah saat ini dengan pesawat komersial keamanan pejabat masih dapat tertangani dengan baik.

Penegasan Ulang

Penanggap sebenarnya sepakat dengan kesimpulan bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk memiliki pesawat kepresidenan sendiri. Akan tetapi, alasan yang tepat sebagai tanggapan terhadap permasalahan tersebut juga merupakan hal yang sangat rasional. Penulis juga menambahkan jika pembelian pesawat kepresidenan sangat relevan dengan kebutuhan mobilitas, keamanan, kenyamanan, dan efektivitas kegiatan presiden yang sangat padat itu.


Contoh Teks Tanggapan Tentang Full Day School

Evaluasi

Muhadjir Effendy selaku Mendikbud baru menggagas sistem belajar full day school untuk tingkat SD dan SMP. Ide ini diterapkan dengan tujuan agar siswa mendapat pendidikan karakter dan pengetahuan umum di sekolah. Sesuai dengan pesan dari Presiden Jokowi bahwa kondisi ideal pendidikan di Indonesia adalah ketika dua aspek pendidikan bagi siswa terpenuhi. Untuk jenjang SD, 80 persen pendidikan karakter dan 20 persen untuk pengetahuan umum. Sedangkan SMP, bobot pendidikan karakter adalah 60 persen dan 40 persen untuk pengetahuan umum.

  Contoh Teks Prosedur Kompleks

Deskripsi teks

Full day school, adalah program sekolah di mana proses pembelajaran dilaksanakan sehari penuh di sekolah. Dengan kebijakan seperti ini maka waktu dan kesibukan anak-anak lebih banyak dihabiskan di lingkungan sekolah dari pada di rumah. Anak-anak dapat berada di rumah lagi setelah menjelang sore.Namun, konsep full day school ini juga mengundang pro dan kontra dari berbagai pihak.

Menurut mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini, maksud dari full day school adalah pemberian jam tambahan. Namun, pada jam tambahan ini siswa tidak akan dihadapkan dengan mata pelajaran yang membosankan. Kegiatan yang dilakukan seusai jam belajar-mengajar di kelas selesai adalah ekstrakurikuler (ekskul). Dari kegiatan ekskul ini, diharapkan dapat melatih 18 karakter, beberapa di antaranya jujur, toleransi, displin, hingga cinta tanah air.

Pertimbangan lainnya adalah faktor hubungan antara orangtua dan anak. Biasanya siswa sudah bisa pulang pukul 1. Tidak dipungkiri, di daerah perkotaan, umumnya para orangtua bekerja hingga pukul 5 sore. “Antara jam 1 sampai jam 5 kita nggak tahu siapa yang bertanggung jawab pada anak, karena sekolah juga sudah melepas, sementara keluarga belum ada,” pungkas beliau menambahkan. Kalau siswa tetap berada di sekolah, mereka bisa sambil menyelesaikan tugas sekolah sampai orangtuanya menjemput sepulang kerja. Setelahnya, siswa bisa pulang bersama orangtua, dan selanjutnya aman di bawah pengawasan orangtua.

Penegasan ulang

Dengan demikian orang tua tidak khawatir atas keamanan anak-anaknya karena mereka tetap berada di bawah bimbingan guru selama orangtuanya berada di tempat kerja.”Peran orangtua juga tetap penting. Di hari Sabtu dapat menjadi waktu keluarga. Dengan begitu, komunikasi antara orangtua dan anak tetap terjaga dan ikatan emosional juga tetap terjaga.

baca juga: Contoh Teks Anekdot


Contoh Teks Tanggapan Pendek Tentang Tempat Sampah

contoh teks tanggapan tempat sampah
contoh teks tanggapan | liputan6.com

Tempat Sampah pada Mobil

Evaluasi

Pemerintah Kota Bandarlampung membuat aturan baru mengenai tempat sampah pada mobil. Semua pemilik mobil diharuskan meletakkan tempat sampah di mobilnya. Jika tidak, pemilik atau sopir yang mengendarainya akan dikenai denda yang tak sedikit, yakni 250 ribu rupiah.

Deskripsi Teks

Aturan dan sanksi yang diterapkan oleh Pemerintah Kota Bandarlampung tersebut akan berdampak positif. Adanya tempat sampah di dalam mobil akan membuat sopir atau penumpang terbiasa membuang sampah di situ. Jadi, mereka tidak akan membuang sampah ke jalan. Hal ini akan mengurangi sampah di jalanan dan menciptakan lingkungan yang bersih.

Selain itu, penerapan sanksi berupa denda akan meningkatkan kesadaran masyarakat meskipun pada awalnya mereka melakukannya karena terpaksa atau takut terkena denda. Akan tetapi, lama-kelamaan mereka akan terbiasa. Tingkat kesadaran yang masih rendah membuat pemerintah harus membuat ancaman denda agar masyarakat mau melaksanakan aturan tersebut.

Penegasan Ulang

Penerapan aturan tersebut sangatlah tepat dan harus kita dukung. Aturan itu berdampak positif terhadap diri dan lingkungan.


Contoh Teks Tanggapan Tentang Kartu Identitas Anak

Kartu Identitas Anak (KIA)

Evaluasi

Bayi baru lahir dan anak-anak akan mempunyai KTP mulai tahun 2016. KTP anak juga dikenal dengan Kartu Identitas Anak (KIA). Sehingga, anak dan bayi berusia 0 – 17 tahun akan mempunyai KTP (Kartu Tanda Penduduk) nantinya di tahun 2016 ini.

Deskripsi Teks

Menurut Zudan Arif Fakrulloh selaku Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri terkait dengan program pemerintah dan kementrian dalam negeri dalam hal KIA dan KTP anak mengatakan bahwa untuk anak-anak di bawah usia 17 tahun ini diberikan KIA (Kartu Identitas Anak) kartu tersebut setara dengan Kartu Tanda Penduduk. KIA akan menjadi tanda pengenal atau bukti diri yang sah bagi anak saat melakukan pelayanan publik seperti saat mengurus paspor atau kalau mau ke puskemas.

Mulai tahun 2016 seluruh anak wajib memiliki KTP dalam bentuk Kartu Identitas Anak (KIA) ketentuan dan kebijakan tersebut berdasarkan serta mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak.

Menurut masyarakat KIA sangat dibutuhkan anak. Diantaranya untuk bentuk pemenuhan hak anak, untuk persyaratan mendaftar sekolah, untuk keperluan lain yang membutuhkan bukti diri anak contohnya untuk data identitas membuka tabungan atau menabung di bank, untuk mendaftar BPJS, proses identifikasi jenazah dengan korban anak-anak dan juga untuk mengurus klaim santunan kematian, pembuatan dokumen keimigrasian, dan mencegah terjadinya perdagangan anak. Melalui KIA pula segera terwujud data penduduk Indonesia yang akurat dan terintergrasi sehingga tidak me­mun­culkan kepentingan daerah maupun ke­pentingan perseorangan. Selain itu, pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) gratis.

  Contoh Teks Ceramah

Sementara itu, kekurangan KIA adalah masih belum meratanya kartu identitas untuk anak karena pemerintah hanya meng­alokasikan dana sebesar 8,79 miliar rupiah untuk pembuatan KIA di 50 kabupaten/kota. Walaupun pembuatan KIA gratis, na­mun sangat rentan terhadap pungutan liar yang dilakukan pemerintah terhadap masyarakat yang hendak mengurus KIA.

Penegasan Ulang

Untuk itu, pemerintah harus membenahi terlebih dahulu masalah birokrasi dengan praktik korupsi. Kalau pemerintah tidak me­lakukan pembenahan mengenai pe­rilaku birokrasi, khsususnya yang ber­hubungan dengan pelayanan publik, ma­ka program KIA hanya akan menim­bul­kan program baru di tengah-tengah ma­sya­rakat.


Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Remaja

Pengaruh K-Pop di Indonesia

Evaluasi

K-Pop atau korean pop adalah salah satu jenis musik yang berasal dari Korea Selatan dan hampir seluruh warga negara Indonesia mengenalnya. Bahkan beberapa tahun lalu ada istilah demam K-Pop yang melanda Indonesia. Tetapi tidak hanya negara Indonesia melainkan hampir seluruh negara di dunia. K-Pop mulai masuk di indonesia pada tahun 2002, tepatnya saat drama korea yang berjudul “Winter Sonata” tayang di salah satu stasiun televisi Indonesia. Setelah itu, disusul dengan judul drama korea lainnya. K-Pop dikaitkan paling dekat dengan musik, musik K-Pop dibawakan oleh grup vokal baik boyband maupun girlband seperti EXO, Super Junior, dan SNSD yang sudah lama menjadi idola K-Pop. K-Pop mengandung aliran musik dance, hip-hop, serta unsur koreografi dan kostum yang menarik. K-Pop banyak digandrungi oleh masyarakat terutama remaja. Adapula dampak dari pengaruh K-Pop terhadap budaya, generasi penerus bangsa, dan lain-lain.

Deskripsi Teks

Ada beberapa dampak atau pengaruh negatif K-Pop antara lain. Pertama, mengurangi rasa cinta terhadap musik Indonesia seperti melayu dan dangdut. Kedua, musik Indonesia lama kelamaan akan hilang, dengan adanya K-Pop ini akan berpengaruh pula terhadap permusikan Indonesia. Ketiga, masayarakat kita khususnya para remaja banyak yang lupa akan identitas diri sebagai bangsa Indonesia, karena gaya hidup mereka cenderung meniru budaya K-Pop. Keempat, menjadikan anak individualisme dan lebih fanatik atau rasa suka berlebihan terhadap budaya K-Pop. Kelima, rela membeli tiket konser yang mahal untuk membeli tiket atau aksesoris yang berbau K-Pop. Pendapat yang disajikan tersebut mungkin benar. Akan tetapi, tidak hanya dampak negatif namun ada juga dampak positif dari budaya K-Pop.

Beberapa dampak positif dari budaya K-Pop sebagai berikut. Pertama, kecintaan masyarakat pada musik semakin tinggi, banyaknya ragam musik dapat menambah wawasan genre di negara ini. Kedua, bakat-bakat yang selama ini terpendam dapat dikembangkan atau diekspresikan, dalam hal kreativitas modern dan bisa belajar dance, olah vokal, dan genre musiknya. Ketiga, menjadikan motivasi dalam berkarya atau meunjukkan bakatnya. Keempat, meniru semangat sifat kerja keras dan tidak berputus asa. Kelima, memiliki banyak teman dari luar kota bahkan luar negeri, dan menambah pengalaman dengan berbagai teman di seluruh penjuru dunia.

Adapun cara mengatasi dampak negatif budaya K-Pop di Indonesia, asalkan budaya tersebut sama dengan kepribadian bangsa namun kita harus tetap menjaga agar budaya kita tidak luntur. Pertama, menumbuhkan semangat nasionalisme yang tangguh, seperti mencintai produk dalam negeri. Kedua, lebih selektif terhadap budaya asing atau korea yang masuk ke Indonesia, seperti menyeleksi nilai-nilai budaya asing diperlukan dalam hal ini baik untuk perkembangan kemajuan di Indonesia bisa menjadi panutan seperti etos kerja yang tinggi dan lain-lain. Ketiga, menanamkan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dengan sebaik-baiknya secara dini. Keempat, memelihara dan mengembangkan budaya nasional sebagai jati diri bangsa dengan cara . Kelima, mempromosikan kebudayaan kesenian Indonesia agar masyarakat tertarik untuk ikut melestarikan kebudayaan indonesia tersebut, jangan sampai kebudayaan kita di akui oleh negara lain misalnya seperti batik yang mereka akui itu adalah pakaian tradisional yang berasal dari negaranya, reog ponorogo yang seharusnya berasal dari Jawa Timur, dengan mudahnya mereka mengakui kalau itu adalah kesenian yang berasal dari negaranya, begitu juga dengan alat musik angklung, lagu rasa sayange, bahkan rendang sampai mereka akui adalah makanan yang berasal dari negara mereka.

Penegasan Ulang

Dengan demikian, budaya K-Pop sangat berpengaruh terhadap budaya, remaja, dan gaya hidup di Indonesia. Saya tidak setuju dengan orang-orang yang mengatakan bahwa K-Pop hanyalah membawa dampak negatif saja. Namun, saya lebih setuju dengan yang dikatakan penulis bahwa K-Pop tidak hanya membawa dampak negatif tetapi juga ada dampak positifnya. Apabila menyukai K-Pop lebih baik juga melakukan beberapa cara untuk mengatasi dampak negatif K-Pop, terutama remaja. Karena, remaja merupakan generasi penerus bangsa yang nantinya akan mengelola negara ini menjadi lebih baik lagi.


Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Budaya

teks tanggapan budaya
contoh teks tanggapan | detik.com

Budaya Bersepeda

Evaluasi

Sepeda merupakan alat transportasi yang sering digunakan oleh masyarakat dari masa penjajahan sampai masa kemerdekaan seperti saat ini. Sepeda tidak mengenal batas derajat sosial seseorang karena disukai oleh rakyat sampai pejabat. Bahkan, sepeda bisa menembus batas wilayah karena keberadaannya bisa ditemukan di kota dan di desa.

  Contoh Teks Diskusi

Deskripsi Teks

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, kegemaran masyarakat untuk menggunakan sepeda menjadi berkurang ditelan zaman. Masyarakat lebih suka menggunakan kendaraan yang lebih modern, lebih cepat dan lebih menghemat waktu. Berbagai kendaraan seperti motor dan mobil telah menjadi raja jalanan yang menguasai sepanjang jalan raya sampa jalan desa.

Akibatnya adalah polusi udara yang telah mencemari lingkungan dan kemacetan yang tak terhindarkan. Menggunakan kendaraan modern seperti saat ini memang tidak bisa disalahkan karena hal itu telah membantu aktivitas manusia. Akan tetapi, kurang bijak rasanya apabila seseorang terlalu memaksakan diri untuk memiliki kendaraan seperti motor dan mobil namun hanya sekedar gengsi dan ambisi. Kalau memang aktivitas kita bisa dijangkau oleh sepeda maka kenapa tidak kita menggunakannya. Dengan beraktivitas menggunakan sepeda maka banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Bersepeda bisa membuat badan kita sehat karena bersepeda seperti berolahraga, tidak menimbulkan polusi udara sehingga ramah lingkungan dan bisa hemat biaya.

Penegasan Ulang

Budaya bersepeda harus selalu dilestarikan ditengah arus kendaraan modern yang menguasai jalanan. Masyarakat harus sadar akan manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan sepeda dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Para orangtua juga tidak perlu memanjakan anaknya secara berlebihan untuk membelikan mereka kendaraan seperti motor atau mobil yang hanya digunakan untuk pergi ke sekolah.

Selain itu, pemerintah bisa membuat jalur khusus dijalan raya bagi para pengendara sepeda agar tidak terjadi “rebutan” jalan antara pengendara sepeda dengan pengendara motor maupun mobil. Dengan adanya jalur khusus ini juga diharapkan dapat mengurangi arus kemacetan dan bisa menghindari terjadinya kecelakaan serta dapat menarik minat masyarakat untuk menggunakan sepeda dalam aktivitasnya. Semoga budaya bersepeda kembali ramai menghiasi keindahan kota sehingga lingkungan pun ikut tersenyum.


Contoh Teks Tanggapan Tentang Hukum

Hukuman Mati Untuk Mereka, Pengedar Barang Haram

Evaluasi

Seperti yang kita tau bahwa sekarang kita memasuki zaman terbaru yg serba sophisticated, keadaan ini mau tidak mau pula menekan sirkulasi narkoba sebagai semakin banyak di negara kita. Perkembangan jelek ini meliputi rakyat, pelajar bahkan hingga pejabat negara sekalipun. Yang menjadi topik perdebatan dalam konflik ini tidak lain adalah sanksi meninggal bagi mereka yg menjadi pengedar sekaligus pemakai narkoba.

Deskripsi Teks

Banyak rakyat yang mengutarakan persetujuan bahwa hukuan yang pantas bagi pengedar sekaligus pemakai narkoba adalam hukuman tewas. Terdapat banyak alasan logis yg sebagai latar belakang persetujuan mereka. Alasan pertama serta paling logis merupakan narkoba mmampu menghipnotis bahkan merubah pola pikir penggunanya sebagai akibatnya tidak hanya berbahaya bagi penggunanya sendiri tetapi juga berbahaya bagi orang lain. Sebagai model bisa menyebabkan kecelakaan beruntun yang berujung kematian bila pengendara tadi mengalami halusinasi.

Alasan kedua adalah narkoba bisa menghambat generasi belia penerus bangsa, Penggunaan barang ini bisa mempengaruhi serta merubah konduite remaja sebagai semakin buruk. Padahal negara kita memerlukan adanya generasi penerus yg berakhlak mulia dan bisa memikul beban sekaligus tanggung jawab memajukan bangsa dan negara.

Faktor ketiga adalah narkoba menciptakan calon penggunanya merasa penasaran yang akhirnya sehabis mencoba maka penggunanya akan merasa ketagihan serta kecanduan. Jika orang ini berteman menggunakan sahabat temannya maka dia bisa menularkan keburukan tadi. Adanya hukuman mati tentu akan menaruh efek jera bagi penikmat serta pengedar narkoba, maka berdasarkan itu banyak masyarakat sepakat bahwa hukuman buat pengedar narkoba merupakan sanksi meninggal.

Namun tidak sedikit juga orang yg menolak sanksi meninggal bagi pengedar narkoba serta penikmatnya. Terdapat beberapa alasan yang melatarbelakangi ketidak setujuan ini, antara lain merupakan sanksi mati dipercaya kurang manusiawi dan melanggar hak asasi manusia yang telah tercantum serta sinkron dalam UUD 1945. Selanjutnya adalah pendapat bahwa hukuman mangkat hanya menambah aturan negara. Lantaran memang buat melaksanakan eksekusi diperlukan porto eksklusif serta ini dipercaya membuang buang uang negara yang seharusnya bisa dipakai buat pembangunan bangsa serta infrastruktur negara.

Penegasan Ulang

Pada dasarnya setiap orang sudah diberikan hak untuk hidup bebas, namun masih saja ada manusia yang mempergunakan hidupnya buat kerugian dirinya sendiri dan merugikan orang lain juga. Maka berdasarkan itu, adanya hukuman meninggal bagi pengedar narkoba memang wajib dilihat dan ditegakkan balik lantaran memang narkoba menaruh pengaruh negatif dalam perkembangan generasi belia penerus bangsa.

Demikianlah penjelasan lengkap tentang informasi menarik yang ada di contoh teks tanggapan. Dari sini Anda bisa melihat sendiri bahwa tanggapan tidaklah selalu bersifat memojokkan orang lain, namun sebaliknya yakni memberikan edukasi yang lebih baik. Sebab ada tata aturan pola kalimat beserta bahasa yang sopan saat akan memberikan gagasan atau pendapat kepada persoalan apapun itu dan karya-karya orang lain.