Contoh Teks Prosedur Kompleks

Contoh Teks Prosedur Kompleks – Saat sedang membicarakan sebuah teks, tentunya banyak sekali jenis dan bentuknya. Salah satunya yakni teks prosedur. Teks prosedur adalah sebuah wacana yang mengandung sebuah tata cara dalam melakukan sebuah kegiatan guna mendapatkan hasil yang sebenarnya secara maksimal. Salah satu jenisnya yang akan dibahas adalah penjelasan dan contoh teks prosedur kompleks yang banyak sekali manfaatnya di berbagai kegiatan yang akan dilakukan.

Teks prosedur kompleks merupakan salah satu jenis teks yang berisi mengenai tata cara melakukan sebuah kegiatan ataupun langkah-langkah yang harus digunakan agar memperoleh hasil yang baik. Hal tersebut dapat dikaitkan dengan kegiatan apa saja, baik itu melakukan sebuah kegiatan dengan urutan yang tepat ataupun menyusun sesuatu yang akan disajikan secara berurutan.

Jenis teks prosedur kompleks ini merupakan jenis yang paling fleksibel apabila dikaitkan dengan sebuah kegiatan sehari-hari. Karena jenis ini tidak memiliki batasan yang bersifat eksplisit atau paten. Hanya dengan membahas sebuah langkah-langkah dari kegiatan tersebut agar mencapai sebuah tujuan yang diinginkan dengan benar saja.

Tujuan dibuatnya materi dan contoh teks prosedur kompleks ini agar memperoleh sebuah hasil yang maksimal. Sehingga perolehan hasil ini akan didapat setelah melakukan beberapa tahapan yang telah tertera dalam sebuah wacana prosedur ini. Agar semakin jelas mengenai teks prosedur kompleks ini, berikut pembahasan beserta contoh-contohnya.

Pembahasan Teks Prosedur Kompleks

Sebelum melihat contoh teks prosedur kompleks, ada baiknya melakukan pembahasan ciri-ciri, unsur, struktur, serta jenis dari teks prosedur ini. Karena di dalam sebuah teks prosedur terdapat beberapa komponen yang harus tertera di dalamnya untuk menjadi sebuah tata cara yang benar.

Ciri-ciri teks prosedur kompleks

Untuk memperoleh sebuah contoh teks prosedur kompleks yang baik, tentunya di dalamnya terdapat beberapa komponen yang membuat jenis ini menonjol dibanding dengan jenis teks lainnya. Berikut ciri-ciri dari teks prosedur kompleks yang benar:

  1. Selalu menggunakan kata kerja aktif.
  2. Selalu menggunakan kalimat perintah.
  3. Memiliki struktur yang mana terdiri dari, tujuan, bahan yang digunakan, dan langkah-langkahnya.
  4. Selalu menggunakan kata penghubung.
  5. Informasi yang ada di dalamnya berisi mengenai cara untuk melakukan sebuah kegiatan.
  6. Selalu menggunakan keterangan baik waktu, tempat, cara dan sebagainya agar tepat dalam penyampaiannya.
  7. Selalu memiliki hasil dari setiap proses atau langkah-langkahnya di dalam teks.

Unsur kebahasaan teks prosedur kompleks

Di dalam teks prosedur kompleks yang baik, tentunya memiliki beberapa unsur kebahasaan. Unsur kebahasaan adalah unsur yang menentukan sebuah bahasa yang benar dan baik dalam sebuah tulisan. Unsur-unsur yang ada di dalam sebuah contoh teks prosedur jenis kompleks ini sebagai berikut:

  1. Menggunakan kata penghubung yang dapat menandakan waktu dalam sebuah kegiatan yang akan dibahas. Kata penghubung ini sifatnya kronologis, seperti lalu, berikutnya, kemudian, selanjutnya, dan lain sebagainya.
  2. Setiap contoh teks prosedur akan menggunakan kata perintah dalam setiap menjelaskan langkah-langkahnya. Tentunya untuk kalimat negatif harus menggunakan kata larangan.
  3. Menggunakan verba material maupun tingkah laku. Kata kerja material adalah sebuah kata kerja yang mengarahkan pada sebuah benda, misal potong daging, cuci beras, dan sebagainya. Sedangkan kata kerja tingkah laku adalah kata kerja yang mengarahkan pada sebuah tindakan dalam bentuk kata-kata, misal menikmati, memeriksa, merasa, dan lain sebagainya.
  4. Menggunakan partisipan manusia. Dalam beberapa contoh teks prosedur kompleks, selalu menggunakan kata ganti (pronomina) sebagai penyebutan selanjutnya, misal saja pronomina pada orang ketiga tunggal yang mengarahkan pada subjek.
  5. Menggunakan sebuah bilangan dalam menentukan urutan dari caranya.
  6. Menggunakan kalimat pertanyaan (interogatif) apabila diperlukan.
  7. Menggunakan kalimat pernyataan (deklaratif). Kalimat dalam bentuk deklaratif merupakan sebuah informasi kalau memang kalimat yang bersangkut dapat dipastikan kebenarannya.
  Contoh Teks Eksposisi

Struktur teks prosedur kompleks

Dalam pembuatan sebuah teks, pastinya memiliki struktur yang telah ditetapkan agar informasi yang dijelaskan lebih akurat. Untuk membuat beberapa contoh teks prosedur kompleks juga memiliki beberapa struktur yang membangun wacana tersebut dan merupakan hal yang sangat penting. Struktur yang ada di dalamnya biasanya berisi mengenai, tujuan, material, serta langkah-langkahnya.

  • Tujuan

Selain terdapat sebuah judul, tentu sebuah teks memiliki tujuan yang hendak disampaikan kepada para pembacanya. Tujuan tersebut biasanya memuat hasil akhir dari pembuatan teks.

  • Material

Material merupakan struktur yang tidak boleh hilang pada sebuah contoh teks prosedur kompleks apabila membahas mengenai cara pembuatan atau membangun. Tentunya dengan memberi beberapa daftar dari bahan baku dan peralatan apa saja yang hendak digunakan dengan lengkap dan jelas beserta ukurannya. Untuk struktur bagian ini, apabila yang dibahas tidak membutuhkan material, tentu tidak perlu untuk ditulis.

  • Langkah

Sebuah prosedur pastinya membicarakan tentang bagaimana caranya untuk menghasilkan sesuatu. Tentu saja dengan menuliskan langkah-langkah yang digunakan dalam topik pembahasan tersebut dapat diikuti oleh para pembaca untuk mendapatkan apa yang mereka cari. Dalam bagian langkah, tentu saja Anda harus menuliskannya secara berurutan dari awal hingga akhir.

Jenis teks prosedur kompleks

Beberapa contoh teks prosedur memiliki topik atau jenis pembahasan yang akan dijelaskan dalam sebuah wacana yang terstruktur agar dapat diaplikasikan oleh para pembaca. Jenis-jenis dari teks prosedur kompleks tersebut meliputi:

  1. Teks prosedur kompleks sederhana untuk melakukan sebuah kegiatan. Hampir semua kegiatan umum dilakukan secara singkat namun jelas.
  2. Teks prosedur kompleks untuk memenuhi langkah-langkah sebuah peraturan atau protokol. Misalnya pengoperasian PC, pengoperasian mesin cuci, dan lain sebagainya.
  3. Teks prosedur kompleks untuk memberikan informasi cara pembuatan, misalnya makanan, kerajinan, minuman, dan lain sebagainya bersama takarannya.

Contoh Teks Prosedur Kompleks Lengkap

contoh teks prosedur kompleks
contoh teks prosedur | vecteezy.com

Untuk lebih memahami tentang teks prosedur ini, simak berikut ini kumpulan contoh teks prosedur kompleks singkat yang bisa menjadi sumber referensi untuk para pelajar.

Contoh teks prosedur kompleks membuat telur mata sapi

Cara Membuat Telur Goreng Mata Sapi Sempurna

Telur merupakan sebuah bahan masakan sehari-hari yang sering berada dalam dapur. Apalagi bagi pelajar atau mahasiswa sering memasaknya waktu di kost untuk menghemat uang saku mereka saat akhir bulan. Namun tidak sedikit yang berhasil membuat telur mata sapi secara sempurna. Berikut bahan-bahan dan cara memasaknya.

Bahan:

  • 1 butir telur ayam
  • Sejumput garam
  • 1 sendok makan mentega/minyak sayur

Cara pembuatannya:

  1. Panaskan wajan bersama minyak atau mentega dengan api kecil terlebih dahulu.
  2. Tunggu hingga wajan tidak terlalu panas, lalu masukkan 1 butir telur ke dalam penggorengan. Tujuannya agar bagian dasar telur tidak gosong.
  3. Selanjutnya beri sejumput garam pada bagian atas telur untuk memberi rasa gurih.
  4. Gunakan api sedang untuk mempercepat kematangan bagian dasar telur kurang lebih 30 detik lalu kecilkan apinya kembali.
  5. Kemudian balik telur dengan pelan agar bagian kuningnya tidak pecah.
  6. Panaskan sekitar 30 detik dengan api sedang.
  7. Setelah itu, matikan kompor dan tiriskan telur pada saringan minyak.
  8. Sajikan di atas nasi panas dan siap untuk disantap.

Contoh teks prosedur kompleks cara mengurangi ketombe

Cara Mengurangi Ketombe Menggunakan Bahan Dapur

Banyak orang yang mengeluh karena tidak bisa dihilangkan ketombe dengan berbagai macam merk shampo. Hanya dengan menggunakan soda kue dan asam cuka yang dapat menetralkan pH di kepala yang menyebabkan timbulnya ketombe. Tentu saja, dalam melakukan hal ini harus rutin penggunaannya agar memperoleh hasil yang maksimal. Berikut caranya:

baca juga: Contoh Teks Deskripsi

Bahan:

  • 2 sdm soda kue
  • 10 ml cuka
  • 2 sdm air biasa

Cara penggunaan:

  1. Olesi sedikit demi sedikit kult kepala dengan larutan cuka, lalu pijit dengan lembut.
  2. Selanjutnya campur soda kue dengan air biasa sebanyak 2 sendok makan hingga tercampur dan membentuk semacam scrub.
  3. Oleskan scrub yang sudah dibuat tadi ke kulit kepala secara merata sambil dipijit-pijit.
  4. Tahan untuk beberapa saat karena terjadi reaksi asam basa pada kulit kepala yang menyebabkan rasa perih.
  5. Setelah dioleskan secara merata, selanjutnya diamkan selama kurang lebih 15 menit agar hasilnya lebih maksimal.
  6. Setelah itu, bilas dengan air bersih hingga bersih dari campuran asam cuka dan scrub yang telah digunakan.
  7. Rasakan kepala lebih segar dengan hilangnya ketombe.

Contoh teks prosedur kompleks daur ulang botol bekas menjadi pot

Membuat Pot dari Botol Plastik Bekas

Apabila Anda memiliki banyak sekali botol bekas yang tidak terpakai, alangkah baiknya daur ulang menjadi sebuah pot bunga yang siap digunakan untuk menanam tanaman hias. Berikut bahan-bahan dan cara membuatnya dengan sederhana:

Bahan:

  • Botol plastik bekas
  • Sekam atau tanah gembur
  • Tanaman hias
  • Manik-manik atau cat minyak
  • Lem untuk plastik

Alat:

  • Gunting
  • Kuas
  • Pisau

Cara membuat:

  1. Potong menjadi 2 bagian botol plastik bekas yang telah Anda siapkan menggunakan pisau dan gunting agar lebih mudah.
  2. Kemudian bentuk bagian atas botol dengan gunting sesuai selera.
  3. Hiasi dengan berbagai macam warna cat menggunakan kuas dan tempeli manik-manik juga agar tampak elegan, lalu keringkan hingga mengering sempurna.
  4. Lubangi bagian bawah botol tersebut dengan menggunakan ujung pisau.
  5. Selanjutnya, isi pot tersebut dengan sekam atau tanah gembur. Jangan terlalu padat dalam menekan agar dapat teresap dengan baik oleh akar tanaman.
  6. Kemudian, tanam tanaman hias kesukaan ke dalam pot tersebut dan siram dengan air agar tanaman kembali segar.
  7. Letakkan pada taman dan nikmati keindahannya.

Contoh teks prosedur kompleks pembuatan paspor/visa wisata

Pengajuan Paspor maupun Visa Kunjungan Wisata

  Contoh Teks Drama

Untuk berwisata keluar negeri, tentunya Anda membutuhkan sebuah paspor/visa sebagai persyaratannya. Namun, dalam pengajuan sebuah paspor/Visa untuk berwisata, tentunya ada prosedur yang harus diikuti agar memperoleh persetujuan dari pihak imigrasi. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Persiapkan beberapa dokumen resmi yang telah disepakati oleh pihak imigrasi sebagai persyaratannya, seperti KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, beserta fotocopynya, dan dokumen pendukung lainnya.
  2. Karena pendaftaran dilakukan secara online, download terlebih dahulu aplikasi imigrasi yang sudah ada di toko aplikasi ponsel Anda.
  3. Kemudian buka aplikasi tersebut dan daftarkan diri Anda, lalu pilih hari dan jam yang diinginkan untuk melakukan proses pengajuan di kantor imigrasi terdekat. Simpan kode QR yang sudah Anda dapatkan.
  4. Setelah memperoleh jadwal pengajuan, datang ke kantor imigrasi yang telah Anda tunjuk di dalam aplikasi tersebut.
  5. Sesampai di kantor imigrasi, tunjukkan kode QR yang telah Anda simpan untuk memperoleh nomor antrian dan beberapa formulir yang harus diisi dengan data yang sebenar-benarnya pada bagian Customer Service.
  6. Lanjutkan dengan menunggu hingga nomor antrian yang telah Anda terima tadi dipanggil oleh pihak interview dan masuki ruangannya.
  7. Jawab semua pertanyaan dengan tenang, jelas, dan sebenar-benarnya. Karena pada tahap ini akan sangat menentukan permohonan Anda diterima atau tidak nantinya.
  8. Setelah itu pengajuan disetujui, Anda akan menerima sebuah struk pembayaran pembuatan paspor/visa dan harus dibayarkan secepatnya.
  9. Ambillah paspor/visa tersebut setelah kurun waktu 1 minggu dari hari pembayaran tersebut pada jam operasional kantor imigrasi tadi.

Paspor/visa siap digunakan.

baca juga: Contoh Teks Eksposisi


Contoh teks prosedur membuat SKCK

Cara Mengurus SKCK di Polsek

SKCK adalah sebuah dokumen yang sangat dibutuhkan oleh seseorang, terutama mereka yang hendak melamar sebuah pekerjaan di suatu tempat. Untuk mengurus SKCK sangat mudah.

Persyaratan yang harus dibawa:

  • KTP + fotocopy.
  • Kartu Keluarga + fotocopy.
  • Akta Kelahiran + fotocopy.
  • Foto diri latar belakang merah 4 x 6 sebanyak 6-10 lembar.
  • Biaya administrasi Rp. 30.000,00.
  • Lebaih baik ditambah dengan surat pengantar dari desa.

Langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi Polsek terdekat dan langsung ke loket pembuatan SKCK.
  2. Selanjutnya serahkan semua dokumen-dokumen yang telah Anda siapkan dan isi formulir yang telah diberikan.
  3. Lalu pindah ke loket sidik jari untuk proses scanning dan dapatkan kartu sidik jari Anda.
  4. Kemudian serahkan kartu sidik jari tersebut ke loket SKCK yang tadi Anda kunjungi pertama untuk memperoleh suratnya.
  5. Fotocopy sebanyak 10 kali dan legalisir.
  6. SKCK siap digunakan untuk melamar pekerjaan.

Contoh teks prosedur cara menyalakan komputer

Cara Menyalakan Komputer secara Tepat

Komputer merupakan sebuah sarana yang sering digunakan untuk berbagai kegiatan. Tentunya memiliki cara untuk menyelakan komputer yang akan digunakan. Berikut tahapannya:

  1. Pastikan semua kabel telah terhubung dengan benar.
  2. Setelah terpasang dengan benar, aktifkan stavolt komputer.
  3. Kemudian nyalakan monitornya.
  4. Lalu tekan tombol Power pada CPU komputer tersebut.
  5. Selanjutnya Anda harus menunggu beberapa saat hingga komputer siap digunakan.

Contoh teks prosedur mematikan komputer

Cara Mematikan Komputer dengan Tepat

Selain menyalakan, tentunya ada cara mematikan sebuah komputer dengan tepat. Karena cara mematikan komputer ini sangat diperlukan agar perangkat yang Anda gunakan tidak cepat rusak. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Setelah Anda menggunakan komputer, klik Start pada bagian Windows komputer.
  2. Selanjutnya tekan Shut Down yang ada di sebelah kanan.
  3. Kemudian tekan OK.
  4. Tunggu hingga beberapa saat sampai komputer mati dengan sendirinya.
  5. Setelah itu, cabut kabel komputer yang terhubung dengan aliran listrik.

Contoh teks prosedur kompleks cara membuka rekening bank

Cara Membuka Rekening Bank

  Contoh Teks Deskripsi

Rekening bank merupakan hal yang sangat penting terutama untuk era teknologi seperti saat ini. Banyak sekali transaksi yang dapat dilakukan dengan mudah menggunakan sebuah rekening bank. Berikut cara membuka rekening di bank terdekat.

  1. Siapkan beberapa dokumen penunjang persyaratan seperti KTP dan KK beserta fotocopinya, serta uang deposit awal sebagai pembuka rekening.
  2. Datangi kantor bank terdekat baik itu cabang ataupun pusatnya.
  3. Selanjutnya ambil nomor antrian yang telah disiapkan. Biasanya pihak security akan memandu Anda ke tempat pengambilan nomor antrian bila belum mengerti dan tunggu hingga nomor tersebut dipanggil.
  4. Setelah dipanggil, langsung menuju ke Customer Service atau tergantung letak loket dari bank yang Anda kunjungi untuk proses pembukaan rekening.
  5. Serahkan semua dokumen-dokumen persyaratannya dan isi formulir yang telah diberikan.
  6. Selanjutnya serahkan juga uang depositnya.
  7. Lalu akan diminta untuk menunggu hingga beberapa menit dalam proses pembuatannya hingga nama Anda dipanggil.

Rekening tabungan siap untuk digunakan.


Contoh teks prosedur cara membuat pisang goreng

Cara Membuat Pisang Goreng Sederhana

Pisang goreng merupakan sebuah camilan yang banyak orang minati. Tentu saja dimakan setelah digoreng rasanya akan semakin nikmat. Cara membuatnya juga sangat mudah. Berikut langkah-langkah pembuatannya:

Bahan:

  • 5 buah pisang
  • 100 gr tepung terigu
  • 3 sendok gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 300 ml minyak goreng
  • Air secukupnya

Alat:

  • 1 buah penggorengan
  • 1 buah spatula
  • 1 buah kompor
  • 1 buah saringan minyak

Cara membuat:

  1. Buatlah adonan kulit pisang goreng terlebih dahulu dengan mencampurkan tepung, gula, dan garam terlebih dahulu, Aduk hingga tercampur rata.
  2. Kemudian tuangkan sedikit demi sedikit air dalam campuran tadi hingga adonan tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental.
  3. Potong pisang menjadi beberapa bagian sesuai selera. Lalu rendam ke dalam adonan tepung.
  4. Selanjutnya panaskan penggorengan yang sudah dituang minyak dengan api sedang.
  5. Setelah minyak panas, masukkan satu per satu potongan pisang yang sudah berlumuran adonan tadi.
  6. Goreng hingga warna berubah menjadi coklat keemasan.
  7. Selanjutnya angkat dengan penyaring minyak, dan tiriskan.
  8. Letakkan di atas piring dan siap disajikan.

Contoh teks prosedur cara membuat akun Gmail

Membuat Akun Gmail di Smartphone

Gmail merupakan akun yang sangat penting untuk mengkaitkan beberapa akun yang sangat penting di internet. Karena setiap pengguna mengharuskan untuk memiliki akun ini sebelum menggunakan Android untuk dapat mengakses PlayStore-nya. Berikut tata cara membuat akun Gmail pada perangkat ponsel.

  1. Buka browser yang terdapat pada smartphone.
  2. Kemudian ketik ‘gmail.com’ pada kolom alamat yang tersedia.
  3. Secara otomatis, Anda akan dibawa ke halaman Gmail, lalu tekan Buat Akun.
  4. Selanjutnya isi semua kolom yang telah disediakan dengan sebenar-benarnya.
  5. Setelah itu, pada tahap verifikasi akun, masukkan nomor telepon yang sedang digunakan untuk menerima kodenya. Lalu klik Lanjutkan.
  6. Tunggu hingga beberapa detik hingga kode verifikasi sampai pada inbox ponsel Anda.
  7. Selanjutnya tekan link pada SMS tersebut untuk secara otomatis mengaktifkan akun Gmail.
  8. Akun Gmail siap digunakan.

baca juga: Contoh Teks Pidato


Contoh teks prosedur kompleks cara membuat mainan layangan

Cara membuat layang layang

Kini adalah era digital, anak-anak lebih banyak menggunakan gadget mereka untuk bermain. Tetapi, Anda perlu sesekali mengajak anak-anak agar melakukan aktifitas fisik di luar rumah agar tubuh mereka tetap sehat.

Salah satu permainan yang cukup menyenangkan dan dapat dilakukan di luar rumah adalah layang-layang. Layang-layang adalah mainan tradisional anak-anak yang mungkin kini sudah jarang dimainkan.

Sangat jarang kita temukan ada penjual laying-layang di perkotaan. Tapi jangan khawatir, kita dapat membuatnya sendiri dengan cara seperti berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 1 ruas bambu ukuran diameter 1 cm dengan panjang 90 cm.
  • 1 ruas bambu ukuran diameter 1 cm dengan panjang 50 cm.
  • Plastik dan kertas minyak secukupnya.
  • Lem kertas secukupnya.
  • 1 buah gunting dan pisau.
  • Cat warna secukupnya.
  • 1 buah penggaris dan benang secukupnya.

Cara membuat:

  1. Pertama, buat rangka layangan sesuai dengan diameter di atas. Lalu, sediakan dua ruas bambu dengan panjang 100 cmdan 60 cm.
  2. Kemudian, bambu diposisikan menyilang dengan sisi kanan dan kiri memiliki panjang sama. Pakai benang untuk penyeimbang sehingga bisa diperoleh posisi yang pas.
  3. Selanjutnya, ikat setiap ujung ruas dengan benang. Dan buatlah belahan di sekitar ujung bambu sebagai pengait.
  4. Lalu, siapkan kertas maupun plastik dan letakkan di bawah kerangka tersebut. Buatlah sebuah pola dengan ditandai cat warna.
  5. Langkah kelima, kertas dipotong dengan menambahkan lebar sebanyak 2 cm lebih besar dari pola, digunakan untuk melipat lem dan menutupi kerangka.
  6. Terakhir, hias layangan dengan cat warna, dan layangan sudah dapat dimainkan.

Contoh teks prosedur cara menanak nasi pakai Rice Cooker

Cara Menanak Nasi dengan Rice Cooker

  Contoh Teks Eksplanasi

Menanak nasi adalah sebuah kegiatan yang wajb bisa dilakukan oleh siapa saja terutama untuk anak kos. Apalagi sudah tersedia dengan adanya rice cooker, menanak nasi dapat dilakukan dengan mudah. Untuk yang masih kesulitan, bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

Bahan:

  • 1,5 cangkir gelas beras (porsi untuk 1 orang 3x makan)
  • Air bersih secukupnya

Alat:

  • 1 unit Rice Cooker ukuran kecil/sedang.
  • 1 buah baskom

Cara membuatnya:

  1. Letakkan beras ke dalam beras dan cuci hingga bersih (air berubah sedikit bening).
  2. Kemudian tiriskan beras yang sudah bersih tersebut, dan masukkan ke dalam rice cooker.
  3. Bersihkan sisa beras yang masih menempel pada baskom dengan air bersih tuangkan ke dalam rice cooker.
  4. Tuangkan air bersih ke dalam rice cooker yang telah berisi beras tersebut. Ukur air hingga sampai 1 ruas jari telunjuk dari permukaan beras.
  5. Tutup penutup penanak nasi tersebut dan jangan lupa tekan tombol indikator memasaknya hingga ke tulisan Cook.
  6. Tunggu hingga nasi matang dengan tanda tombol indikator sudah berpindah dan siap dimakan.

Contoh teks prosedur cara menggunakan blender

Cara Menggunakan Blender

Pada zaman modern ini, blender telah menjadi salah satu alat dapur yang wajib dimiliki oleh ipara ibu karena blender dapat mempermudah pekerjaan dapur tanpa perlu memakan waktu seperti cara manual.

Contohnya, dulu Anda kesulitan karena harus menumbuk bumbu. Tapi dengan blender, Anda tinggal memencet tombol saja, maka pekerjaan dalam membuat bumbu dapat selesai alam waktu sekejap.

Cara menggunakan:

  1. Siapkan bahan-bahan yang akan
  2. Lalu, pakai mangkok blender yang sesuai. Mangkok besar biasanya dipakai untuk memblender bahan-bahan yang basah seperti tomat, cabai, bawang dan
  3. Mangkuk kecil dipakai untuk memblender bahan kering seperti merica.
  4. Berikutnya, pasang mangkuk blender di atas dudukannya secara tepat.
  5. Kemudian kabel ditancapkan pada stop kontak.
  6. Lalu tekan tombol yang bertuliskan ON.
  7. Jika bahan sudah halus merata maka matikan dengan menekan tombol OFF.
  8. Setelah selesai, angkat mangkuk dan letakkan bahan tadi ke dalam mangkuk lalu bersihkan blender dan simpan jika blender sudah mengering.

Contoh teks prosedur membuat es jeruk peras

Cara Membuat Minuman Es Jeruk Peras

Jeruk buah merupakan jenis jeruk yang yang dapat dijadikan minuman dingin saat hawa di komplek perumahan meningkat. Tentunya selain menyegarkan, jeruk juga dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C. Cara membuat minuman ini cukup mudah. Berikut caranya:

Bahan:

  • 1 buah jeruk buah
  • 1,5 sendok gula pasir
  • Es batu secukupnya
  • Air matang secukupnya

Alat:

  • 1 buah pisau
  • 1 buah saringan teh
  • 1 buah Gelas
  • 1 buah sendok pengaduk
  • 1 buah sedotan

Cara membuat:

  1. Potong jeruk buah menjadi 4 atau lebih supaya bisa diperas dengan tangan.
  2. Kemudian siapkan gelas dan penyaring teh.
  3. Peras jeruk tersebut hingga tidak tersisa airnya. Pada gelas yang telah disiapkan.
  4. Setelah itu, tuangkan air matang sebanyak setengah gelas yang digunakan tadi.
  5. Lalu beri gula sesuai dengan selera. Aduh hingga rata.
  6. Selanjutnya masukkan beberapa potong es batu.
  7. Es jeruk peras siap dinikmati dengan sedotan.

Contoh teks prosedur membuat nasi goreng

Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana

Nasi goreng adalah masakan khas Indonesia yang banyak digemari orang. Membuat nasi goreng terbilang cukup mudah dan bahannya sederhana dan murah.Namun ini tidak berarti bahwa nasi goreng adalah makanan murahan. Bahkan menurut beberapa survey, nasi goreng adalah salah satu masakan terenak di dunia.

Berikut bahan-bahan dan cara yang baik dalam proses pembuatannya.

Bahan:

  • 1 piring nasi
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdm gula
  • 2 buah cabai merah besar
  • Cabai rawit secukupnya
  • 1 sdt garam
  • 1 butir telur
  • Minyak goreng secukupnya

Alat:

  • 1 buah penggorengan
  • 1 buah spatula
  • 1 unit kompor
  • 1 unit blender bumbu

Cara membuat:

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, gula, dan garam dalam blender hingga halus.
  2. Kemudian panaskan dengan api sedang penggorengan beserta minyak.
  3. Lalu masukkan 1 butir telur ke dalam penggorengan dan aduh hingga menjadi telur orak arik. Kecilkan apinya.
  4. Selanjutnya masukkan bumbu halusnya ke dalam penggorengan bersama telur. Tumis hingga wangi.
  5. Masukkan nasi ke dalam tumisan bumbu tadi dan aduh hingga merata dengan api kecil.
  6. Kemudian matikan api dan letakkan dalam piring saji.
  7. Nasi goreng siap disantap.

Contoh teks prosedur cara membuat getuk lindri

Getuk lindri dibuat dengan bahan utama singkong. Caranya mengolahnya dengan direbus dan selanjutnya dihaluskan dengan ditambah campuran bahan lainnya, lalu dibuat bentuk sesuai selera kita. Penganan ini termasuk ke dalam penganan tradisional, tetapi kini penganan ini begitu bervariasi dalam bentuk hidangan yang modern sehingga dapat membuat orang yang menatapnya tertarik.

  Contoh Teks Pidato

Seringnya, penganan ini dapat dijumpai pada beberapa wilayah di Pulau Jawa, terutama wilayah Jawa Tengah. Ketika Anda ke pasar tradisional, disana selalu siap sedia menjual penganan ini yang siap menjadi buah tangan ketika bepergian.

Oleh karena itu, apabila Anda mengunjungi kota-kota di Jawa Tengah, carilah jajanan tradisional ini yang begitu nikmat dan lembut di mulut ini. Akan tetapi, kalau Anda penasaran dan ingin mencobanya sendiri di rumah Anda. Kali ini resepkuerenyah.com akan mengulas resep getuk lindri ini.

Silahkan simak ulasan resep membuat getuk lindri yang enak, gurih, dan lembut berikut.

Cara membuat getuk lindri

Bahan untuk membuat getuk lindri:

  • 1 kilogram singkong kualitas terbaik
  • 350 gram gula pasir putih
  • 1 sendok teh pewarna makanan cair (masing-masing warna seperti hijau, kuning, merah, dan merah muda)
  • 1 sendok teh garam dapur

Bahan untuk toping:

  • 1 buah kelapa sedikit tua di parut sampai halus
  • 1 sendok teh garam dapur halus

Cara Membuat Getuk Lindri:

  1. Kupas dahulu singkong terbaik, lalu bersihkan hingga tampak putih benar dan mengkilap.
  2. Selanjutnya singkong dipotong jadi bagian-bagian kecil sesuai selera.
  3. Setelah itu singkong yang telah dipotong-potong direbus hingga singkong menjadi empuk teksturnya atau pulen rasanya. Kemudian angkat dan tiriskan.
  4. Selanjutnya singkong yang sudah direbus tadi di ulek atau ditumbuk hingga kalis benar.
  5. Kemudian, singkong yang sudah kalis dimasukkan ke dalam suatu wadah, lalu ditambahkan garam halus dan gula pasir yang tadi telah tersedia. Setelah itu uleni menggunakan tangan hingga semua benar-benar tercampur sempurna.
  6. Adonan di pisah menjadi beberapa bagian pada wadah yang berbeda-beda, lalu diberi pewarna yang berbeda-beda pula pada masing-masing adonan dalam wadah. Uleni kembali hingga rata
  7. Bentuk adonan menjadi getuk lindri (seperti gambar) atau bisa juga menggunakan cetakan getuk lindri. Kemudian kukus lagi hingga masak.
  8. Sambil menunggu masak, silakan campur kelapa parut dengan garam sedikit, lalu diaduk dan di kukus sekejap saja.
  9. Setelah masak, taburkan parutan kelapa yang telah di kukus tadi di atas getuk lindri.
  10. Getuk lindri lezat dan empuk siap dihidangkan dan dinikmati bersama keluarga Anda.

Mudah bukan? Setelah Anda mengetahui resep dan cara membuatnya. Tidak ada salahnya Anda coba untuk membuatnya sendiri. Apabila Anda menyukai panganan-panganan yang terbuat dari singkong, Anda juga bisa mencoba resep kue sentiling yang enak.


Contoh teks prosedur cara membuat bingkai foto dari kardus bekas

Cara Membuat Bingkai Foto dari Kardus Bekas

Bingkai foto digunakan untuk memajang foto kesayangan atau foto terbaik kita sebagai suatu kenangan indah atau kenangan yang membanggakan. Selain dapat kita beli di berbagai toko, kita juga dapat membuatnya dengan mudah. Bagaimanakah caranya? Mari kita ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Bahan-bahan:

  • Kardus bekas apa pun dengan ukuran sesuai kebutuhan
  • 1 buah gunting
  • Kaca
  • Lem secukupnya
  • kertas koran atau kertas kado secukupnya
  • 1 buah penggaris

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama, mengukur kardus dengan memakai penggaris, yang ukurannya dapat disesuaikan dengan ukuran foto yang akan dipajang.
  2. Kemudian, kaca diukur seperti halnya kardus.
  3. Berikutnya, potong dua lembar kardus yang dapat disesuaikan dengan ukuran potongan kardus yang pertama.
  4. Lalu, Anda perlu membuat sekat pada bagian tengah kardus untuk memakai potongan dari kardus kecil yang lain.
  5. Selanjutnya, rekatkan dengan memakai lem
  6. Langkah berikutnya, ambil kardus lain yang belum dipakai, lalu bentuk sesuai dengan keinginan. Kardus ini nantinya akan digunakan sebagai penopang bingkai agar tidak jatuh.
  7. Kemudian, pasang kaca pada bagian dalam kardus tersebut.
  8. Lalu yang terakhir, gunakan kertas kado atau kertas koran tadi. Tempelkan kertas pada bagian luar kardus sehingga bisa dijadikan hiasan agar telihat lebih cantik.

***

Itulah beberapa contoh teks prosedur yang dapat Anda jadikan referensi dalam membuat sebuah tata cara dengan sederhana. Tentunya dengan menggunakan wacana prosedur tersebut, berharap dapat membantu seseorang yang ingin mengetahui cara yang tepat dalam melakukan sebuah kegiatan yang mereka ingin lakukan.

Leave a Comment