Contoh Teks Pidato

Contoh Teks Pidato – Pada berbagai kegiatan maupun acara biasanya ada kata sambutan dari para pemilik acara. Sambutan acara tersebut bisa berupa pidato yang memiliki tema sesuai dengan tema acara. Pidato adalah salah satu kegiatan berbicara didepan umum terkait dengan peristiwa penting.

Dalam perjalanan Bahasa Indonesia, salah satu teori pidato ialah pidato umumnya digunakan oleh seorang pemimpin untuk melakukan orasi di depan anak buahnya maupun kalayak ramai. Untuk membuat penyampaian pidato ini dapat sampai dengan baik kepada audience, maka dibutuhkan kemampuan menulis dan berbicara yang baik.

Pidato yang baik merupakan pidato yang memberi kesan positif dan dapat menginspirasi banyak orang. Bagi para orang penting, pidato ini dapat digunakan untuk membantu jenjang karir yang lebih baik lagi.

Jika kamu sedang ditugaskan untuk membuat teks pidato sendiri dalam rangka untuk dibacakan dalam kelas atau sebuah forum, berikut ini beberapa contoh teks pidato dan cara membuatnya yang bisa menjadi bahan pelajaran untukmu.

Contoh Teks Pidato Lengkap

Nah, sebagai referensi berikut ini akan saya berikan beberapa contoh teks pidato yang bisa Anda jadikan acuan.


Contoh Teks Pidato Hari Kemerdekaan 17 Agustus ‘45

Selamat pagi dan salam, Bapak Bapak Gur, Ibu Guru dan teman-teman terkasih. Hari ini pada 17 Agustus 2018, negara kita merayakan peringatan Hari Kemerdekaan yang ke-73. Setiap tahun pada 17 Agustus negara kami merayakan upacara untuk merayakan Hari Kemerdekaan. 17 Agustus adalah hari di mana semua orang Indonesia bersukacita untuk mengingat jasa para pahlawan yang telah mendapatkan kemerdekaan bagi kita semua.

Saya tidak percaya bahwa waktu berlalu begitu cepat dan negara kita juga tumbuh sangat cepat setiap tahun. Kita semua beruntung berkumpul hari ini karena jasa para pahlawan yang telah membela negara kita sejak beberapa dekade yang lalu. Apakah Anda masih ingat nama-nama para pahlawan yang membantu membebaskan Indonesia dari penjajahan? Ada banyak pahlawan dari setiap daerah di Indonesia yang rela mati demi kemerdekaan bangsa Indonesia. Salah satunya adalah Bung Karno.

Apakah Anda tahu siapa Bung Karno? Bung Karno adalah presiden pertama Indonesia. Bung Karno adalah tokoh penting dalam perjuangan rakyat Indonesia untuk mencapai kemerdekaan. Dia adalah Proklamator Kemerdekaan Indonesia (bersama-sama dengan Mohammad Hatta), yang terjadi pada 17 Agustus 1945. Soekarno juga orang pertama yang memperkenalkan konsep Pancasila sebagai dasar Indonesia, dan dialah yang menamakannya.

Tentu saja Bung Karno dibantu oleh orang Indonesia. Mereka berusaha keras untuk melepaskan Indonesia dari penjajahan. Kemandirian negara kita tidak pernah bisa diperoleh hanya dengan menjadi malas sepanjang waktu. Kemandirian Indonesia tidak dapat diwujudkan dengan hanya mengandalkan satu atau dua orang. Kemandirian Indonesia dicapai dengan kerja keras. Kemandirian Indonesia terjadi karena persatuan seluruh rakyat Indonesia di seluruh negeri.

Mengingat bagaimana upaya para pahlawan kita untuk memperjuangkan kemerdekaan kita, sudah sepantasnya kita menghargai Hari Kemerdekaan dengan melakukan sesuatu yang positif dengan semangat nasionalisme sehingga kita dapat berkontribusi sesuatu untuk merayakan Hari Kemerdekaan.

Semangat dan rasa nasionalisme yang tinggi dapat diwujudkan dengan banyak cara, tetapi yang paling penting bagi kita sebagai siswa adalah belajar dengan baik dan tidak menjadi malas. Kami sebagai siswa telah difasilitasi oleh berbagai teknologi dan internet. Itu bisa membawa dampak positif tetapi juga dampak negatif bagi kita.

Dampak positifnya adalah kita bisa mendapatkan banyak pengetahuan dan informasi. Kita bisa belajar banyak hal dari internet, seperti pelajaran sejarah, biologi, matematika, fisika, ilmu sosial, dan juga bahasa asing. Namun itu juga bisa membawa dampak negatif seperti bermain game dan juga media sosial terlalu lama. Itu semua membuat kita menjadi malas. Karena itu, teman-teman terkasih, marilah kita menjadi generasi yang bermanfaat bagi bangsa. Generasi yang kompetitif, aktif, dan imajinatif untuk nama bangsa kita sehingga kita dapat memberikan kebanggaan bagi bangsa kita, sehingga bangsa kita bisa bangga dengan kita.

Ini adalah akhir dari pidato saya hari ini, saya berharap pidato saya dapat bermanfaat bagi kita semua. Semoga tahun ini, pada tahun ke-73, Indonesia akan selalu tumbuh lebih baik. Terima kasih atas perhatian Anda.


Contoh Teks Pidato Memperingati Hari Pahlawan

contoh teks pidato
contoh teks pidato | pixabay.com

Assalamualaikum Wr.Wb.

Setiap 10 November, orang Indonesia harus mengingat masa lalu lagi nasib negara kita. Kami mengenang kembali mengenai perang yang telah terjadi di Surabaya. Mereka lebih suka menumpahkannya pada negara kita, yang merupakan kemenangan bagi negara Indonesia yang mengalahkan para penyusup. Mengatasi perang di Surabaya, perang ini berhadapan dengan pasukan Belanda dan Sekutu karena pertempuran untuk mendapatkan otonomi Indonesia.

Puncaak pertempuran adalah pada November 1945. Pertarungan itu merupakan bentrokan tunggal terberat dari pemberontakan dan berubah menjadi citra nasional perlawanan Indonesia. Kerja keras perjuangan Indonesia menawarkan kerabat kami untuk mendapatkan bantuan global dengan mendukung otonomi Indonesia. Dalam pertarungan, tanggal 10 November dipuji setiap tahun sebagai hari Pahlawan.

Bentrokan Surabaya adalah salah satu pertempuran yang sedang berlangsung di negara kita melalui keadaan otonomi Indonesia. Individu-individu lain melakukannya dari mana-mana di seluruh daerah di Indonesia sebagai hal komparatif. Saudara kami berperang melawan pasukan perbatasan untuk mempertahankan wilayahkami. Saudara kami berusaha merakit bangsa yang bebas. Mereka menyerahkan segalanya, termasuk darah dan kehidupan.

Saudaraku dan saudariku

Di awal hari yang indah ini, beri kami kesempatan untuk mengulurkan tangan meminta Tuhan. Kami ingin kepada Tuhan Selalu memberikan tempat yang terbaik bagi para pahlawan pahlawan Indonesia yang telah menyumbangkan nyawa mereka demi kemerdekaan bangsa ini.

Demikian pidato ini saya sampaikan, segala kekurangan yang saya sampaikan mohon dimaafkan. Terimakasih

Wassalamualaikum Wr. Wb


Contoh Teks Pidato Singkat Hari Ibu

Assalamualaikum wr wb.

Kepada semua guru yang saya hormati, bersama dengan staf administrasi dan semua teman teman saya yang terkasih, pertama tama izinkan saya untuj sesaat berterima kasih kepada Allah SWT, yang masih dan masih memberi kami rahmat dan belas kasihnya sampai say ini kami di sini

Bu, Ibu, Ibu, Mama, UMI

Berbagai jenis panggilan diberikan tetapi masih dikhususkan untuk seseorang yang sangat berharga dan istimewa. Ibu, “penjaga anak” pilihan Tuhan yang berfungsi untuk memisahkan tubuh dan jiwanya tanpa dibayar apapun .

Tidak ada kata untuk menjelaskan tentang pengorbanan besar dari sosok hamba-hamba yang mulia, ini tidak mungkin, kita sebagai putranya berpikir untuk dapat membalas setiap tetesan keringat dan air mata yang telah diberikan.

Mungkin yang kita bisa lakukan ialah untuk menghormatinya sampai akhir hidup. Pada saat ini, saya ingin mengekspresikan beberapa kata kepada ibu tercinta melalui pidato ini. Semua peserta, “Malaikat tanpa sayap”.

Kalimat itu sepertinya pantas untuk setiap ibu-ibu di dunia. Karena hanya malaikat yang selalu melakukan perbuatan baik tanpa pamrih, sama seperti ibu yang selalu berkorban tetapi tidak pernah meminta hadiah.

Apakah kalian tahu, bahwa setiap manusia hanya memiliki kemampuan maksimum dalam memegang rasa sakit sebanyak 47 dell, tetapi kasus lain dengan ibu ketika melahirkan Bumi kita berusaha untuk melewati batas daya tahan maksimum sebanyak 57 dell. Sudah terlihat jelas, bahwa ibu kita memang “malaikat tanpa sayap”.

Mari kita pertimbangkan, setelah semua yang telah dilakukan oleh “malaikat tanpa sayap” kita, apa yang kita lakukan untuk membuatnya bahagia? Sudahkah kita melayani dia dengan tulus dan tanpa pamrih? Kemudian dari itu, pada “Hari Ibu” Ini adalah waktu yang tepat bagi kita untuk mengingat semua hal yang akan diberikan dan dia mengajar kita, hak untuk selalu menyadari bahwa “ibu” adalah seseorang peran yang sangat penting bagi kita masing-masing sebagai anak dan merasakan ibu kita selalu tersenyum dan merasakan ibu kita

erima kasih, Ibu, terima kasih untuk yang sangat dalam yang harus Anda lakukan. Kami hanya bisa melakukan engkau dengan sangat baik sampai kalian menua.

Wassalamualaikum Wr.Wb.


Contoh Pidato Perpisahan Sekolah

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat, kepala sekolah kami, guru, dan orang tua siswa. Puji syukur kepada Allah SWT atas berkah-Nya atas kita yang membawa kita ke sini bersama di tempat dan acara ini dengan kesehatan yang sempurna. Sebagai perwakilan siswa, izinkan saya atas nama semua siswa kelas sembilan untuk menyampaikan beberapa kata dalam upacara perpisahan ini.

Teman-teman terkasih, waktu berlalu tanpa kita sadari. Sudah tiga tahun sejak pertemuan pertama kami. Senyum canggung yang berubah menjadi persahabatan yang tak ternilai. Ada juga banyak hal, besar dan kecil, yang telah kita lalui bersama dan saya yakin bahwa kenangan akan selalu tersimpan dalam hati kita. Suatu hari kita akan melihat ke belakang dan tersenyum mengingat semua barang antik kita di sekolah ini. Tetapi untuk sekarang, mari nikmati momen kita dengan senyum yang lebih besar. Saya ingin mengucapkan selamat kepada semua teman saya yang telah lulus tahun ini. Tiga tahun terakhir ini, saya tahu bahwa itu tidak selalu mudah bagi kami. Tapi di sinilah kita, akan mengambil buah dari upaya dan perjuangan keras kita dan siap untuk tantangan baru yang disebut Sekolah Menengah Atas.

  Contoh Teks Ceramah

Guru-guru terkasih, saya bahkan tidak bisa mulai mengatakan betapa bersyukurnya kami atas semua yang telah Anda lakukan kepada kami selama beberapa tahun terakhir. Anda telah menjadi orang tua kedua di rumah kedua kami. Terima kasih atas semua pengetahuan yang telah Anda bagikan kepada kami. Kesabaran dan bimbingan Anda adalah yang telah membawa kami ke sini sekarang. Dalam kesempatan ini kami juga ingin meminta maaf atas semua perilaku buruk yang telah kami lakukan sepanjang tahun sekolah kami, saya bahkan tidak bisa membayangkan betapa menjengkelkannya kami bagi Anda.

Kami begitu sombong padahal sebenarnya kami hanyalah sekelompok anak yang masih memahami kehidupan. Ketika kami memberontak, ketika kami tidak tahu apa-apa selain mengeluh, ketika kami mencoba mengarang alasan untuk tidak melakukan pekerjaan rumah kami, Anda tidak pernah menyerah pada kami. Kami benar-benar bersyukur dari hati kami yang terdalam. Kami berjanji bahwa kami akan mengingat semua saran Anda dan membuat Anda bangga dengan apa pun yang akan kami lakukan di masa depan kami.

Dan untuk orang tua yang menemani kami hari ini di hari yang bahagia ini, kami ucapkan terima kasih. Kehadiran Anda dalam upacara ini dan dalam hidup kita adalah apa yang bisa kita sebut sebagai berkah. Untuk memiliki orang tua yang luar biasa adalah segalanya yang bisa kami minta. Dukungan Anda, baik secara fisik maupun emosional, mendorong kami untuk menjadi lebih baik dan lebih baik. Kami senang berada di sini bukan hanya demi kebahagiaan kami. Kami senang karena hari ini kami dapat membuat Anda tersenyum dengan bangga melihat kami berdiri di sini, dan siap untuk mengatasi setiap tantangan yang mungkin menimpa kami.

Saya pikir hanya itu yang dapat saya katakan dalam kesempatan yang diberkahi ini, kami berada di sini bukan hanya karena upaya kami sendiri, kami dapat berdiri di sini dengan bantuan banyak orang yang mencintai dan benar-benar peduli dengan kami. Untuk itu kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum wr. wb.


Contoh Teks Pidato Perpisahan Kantor

Selamat malam, sungguh alam yang sangat baik untuk semua orang yang sedang berkumpul disini

Beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya tentang alasan mengapa Anda diundang untuk berkumpul di sini. Jadi sebenarnya saya perlu mengumumkan bahwa hari ini adalah hari kerja terakhir saya di sini, dan ada beberapa alasan mengapa saya mengundang Anda ke perpisahan ini.

Selama masa kerja saya di Winter Sonata Company, kami harus bekerja bersama, berbicara satu sama lain, atau bahkan semudah tersenyum satu sama lain. Karena itu saya ingin mengucapkan salam terakhir saya sebelum saya pergi, karena mungkin beberapa dari Anda mungkin tidak menyadari bahwa hari ini adalah hari terakhir saya.

Saya benar-benar bersyukur telah menghabiskan sebagian besar waktu saya di sini bersama orang-orang hebat seperti Anda semua. Bahkan setelah saya pergi tolong ingatlah bahwa kebersamaan harus didahulukan.

Saya telah bekerja di perusahaan ini selama lebih dari 17 tahun sehingga, jika saya katakan, saya memiliki perasaan campur aduk sekarang. Kami telah bekerja bersama begitu lama dan sekarang saatnya benar-benar berakhir.

Tujuh belas tahun bukanlah waktu yang singkat tetapi untuk saat ini saya tidak memiliki pilihan lain selain membiarkannya mengalir. Perusahaan kami yang tercinta telah memberi saya tempat untuk bertemu dengan orang-orang luar biasa, memberi saya budaya kerja yang kondusif yang meningkatkan toleransi, dan secara tidak langsung menjadi rumah kedua bagi saya.

Semua orang di sini berbagi mimpi dan ambisi yang sama dan pada saat yang sama mimpi-mimpi itu menjadi tujuan saya juga. Sangat memalukan bahwa saya harus meninggalkan Anda semua seperti ini tetapi saya percaya bahwa harapan baru ada di ujung jalan untuk saya dan perusahaan ini

Saya ingin mengucapkan terima kasih yang hangat kepada Anda masing-masing yang telah lama bekerja sama dengan saya, orang-orang yang telah saya hubungi, juga orang-orang yang hanya berhasil bertukar ‘hi’ dengan saya. Saya sangat berterima kasih kepada Anda semua yang telah memainkan peran besar dalam kehidupan karier saya.

Bekerja di sini tidak terasa seperti bekerja sama sekali. Orang mengatakan bahwa bekerja hanya memberi Anda stres dan depresi tetapi saya tidak merasa seperti itu di sini. Saya telah memiliki tahap yang menyenangkan dalam hidup saya yang penuh dengan kesenangan, tantangan, dan tentu saja pengalaman belajar. Aku tidak akan melupakan persahabatan yang aku dapatkan dengan kalian semua, semua kenangan baik itu baik atau buruk akan tersimpan dalam pikiranku. Satu hal yang saya yakini, saya akan rindu menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari perusahaan ini.

Saya tidak akan mengucapkan selamat tinggal karena selamat tinggal berarti melupakan. Saya akan pindah ke Perusahaan Nusa Bangsa jadi jika ada di antara Anda yang merindukan saya, bebas mengetuk pintu saya. Saya pikir ini adalah waktu terbaik bagi saya untuk mengucapkan selamat kepada Pak Deiter yang akan menggantikan posisi saya sebagai dewan direktur di perusahaan ini. Sekarang saatnya berpisah telah tiba. Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang atas dukungan, persahabatan, dan pembelajaran yang saya terima di Winter Sonata Company.

Kalian semua harus tahu bahwa aku menghargai waktu kami ketika kita semua bersama,

Terimakasih dan sampai jumpa.


Contoh Teks Pidato Persuasif

Assalammu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillahirobil’alamin, puji serta syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Yang telah melimpahkan rahmatNya kepada kita sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang berbahagia ini. Shalawat dan salam tak lupa kita curahkan kepada baginda Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari zaman kegelapan hingga zaman yang terang-benderang ini.

Terimakasih saya ucapkan kepada hadirin yang telah rela meluangkan waktunya untuk menghadiri acara sosialisasi pentingnya sopan santun berbahasa ini.

Hadirin yang saya cintai.

Pada kesempatan ini, marilah sejenak kita memikirkan betapa kayanya bahasa yang dimiliki bangsa kita ini. beragam bahasa yang kita miliki merupakan suatu hal yang sangat berarti bagi negeri ini. Namun, tidak ada artinya bila pemilik bahasa tidak mampu menggunakan bahasanya secara santun.

Sopan santun berbahasa merupakan salah satu unsur luar bahasa atau sebagai salah satu unsur dalam pragmatik. Pragmatik adalah telaah umum tentang cara kita menafsirkan kalimat dalam suatu konteks. Pada pembahasan kali ini, kiranya saya tidak akan membahas secara keseluruhan mengenai pragmatik. Namun, yang ingin saya tekankan adalah sopan santun berbahasa itu perlu di tanamkan pada setiap individu.

Kesantunan menurut beberapa pakar memiliki definisi yang berbeda-beda. Ada yang mengatakan bahwa “kesantunan itu adalah realisasai penghormatan dari seorang penutur kepada petutur”. Berdasarkan definisi tersebut, dapat dinyatakan bahwa kesantunan dan penghormatan adalah dua istilah yang saling terkait.

Sementara itu, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia halaman 997 tertera kata ‘santun’ yang memiliki arti:

  1. halus dan baik budi bahasanya (tingkah lakunya), sabar dan tenang.
  2. penuh rasa belas kasihan. Kata ‘etiket’ bermakna tata cara (adat sopan santun, dsb.)

Dalam masyarakat beradab untuk memelihara hubungan baik antara sesama manusia. Sedangkan menurut Hindun, M. Pd dalam bukunya yang berjudul Pragmatik untuk Perguruan Tinggi tertera pada halaman 69, bahwa kesantunan bermakna aturan perilaku yang ditetapkan dan disepakati bersama oleh suatu masyarakat tertentu, sehingga menjadi prasyarat dalam perilaku sosial. Kesantunan biasa disebut juga tatakrama.

Hadirin sekalian, dasar-dasar kesantunan terdiri dari lima hal. Yang pertama ialah kesantunan sangat berlaku dalam masyarakat, tempat atau situasi tertentu tetapi belum tentu berlaku bagi masyarakat, tempat atau situasi yang berlainan. Kemudian, yang kedua ialah kesantunan selalu memiliki hubungan dua kutub. Yang ketiga yaitu kesantunan dapat tercermin dalam cara bertutur, cara berbusana/berpakaian, dan cara berbuat atau bertindak.

Keempat yaitu kesantunan berbahasa tampak dalam tata cara berkomunikasi. Kelima yaitu ketika berkomunikasi kita tunduk pada norma-norma budaya, tidak hanya sekedar menyampaikan gagasan yang kita pikirkan.

Apabila tata cara berbahasa seseorang tidak sesuai dengan norma-norma budaya, maka ia mendapat nilai negatif seperti: disebut sebagai orang sombong, egois, angkuh, bahkan tidak berbudaya. Oleh karena itu, terdapat hal-hal yang harus diperhatikan terkait kesantunan berbahasa.

Hal-hal tersebut yaitu: Apa yang sebaiknya dikatakan pada waktu dan keadaan tertentu, ragam bahasa apa yang sewajarnya dipakai dalam situasi tertentu, kapan dan bagaimana giliran berbicara atau menyela pembicaraan diterapkan, bagaimana mengatur kenyaringan suara ketika berbicara, bagaimana sikap dan gerak-gerik ketika berbicara, kapan harus diam dan mengakhiri pembicaraan.

Setelah memahami dasar-dasar kesantunan dan hal-hal yang harus diperhatikan terkait kesantunan berbahasa, maka perlu adanya upaya lebih lanjut untuk mengaplikasikan dasar-dasar kesantunan dan hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Apabila upaya yang dilakukan belum maksimal, maka kesantunan dalam berbahasa belum terealisasi secara baik.

  Contoh Teks Drama

Para hadirin yang berbahagia.

Peran penting kita sangat diperlukan demi terciptanya dan terlestarinya sopan santun berbahasa. Tampak bahwa semua penutur diharapkan berpikir jernih agar kata-kata yang diucapkan sesuai dengan norma-norma budaya setempat. Tentunya, kita sebagai manusia sosial tidak ingin disebut sebagai orang sombong, egois, angkuh, bahkan tidak berbudaya.

Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama menanamkan sikap sopan santun berbahasa dimana dan kapanpun demi kehidupan berbahasa yang lebih baik. Ayo kita dukung gerakan sopan santun berbahasa!

Sebagai penutup, terdapat kata motivasi semangat, yaitu “Cintai, hargai dan jadikan sopan santun berbahasa sebagai hal yang nomor satu”. Sekian pidato yang dapat saya sampaikan, sekiranya dapat memberi pengarahan agar kita tidak ceroboh dan tidak salah melangkah. Terimakasih atas perhatian hadirin sekalian, mohon maaf bila ada kesalahan ataupun kekeliruan.

Saya akhiri.

wassalammu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Contoh Teks Pidato Tentang Pendidikan

Assalamu Alaikum warahmatullahi Wabarakatu

Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua.

Perbaikan kualitas bangsa harus ditempuh dan terutama melalui pendidikan. Pendidikan itu proses yang panjang, yang tak henti-hentinya untuk mencapai satu tujuan dan terbuka untuk menerima ide-ide dan konsep-konsep baru. Itu makna pendidikan, sehingga suatu saat hasil dari pendidikan itulah yang akan menumbuhkan budaya baru dengan manusia yang cerdas.

Selama manusianya cerdas maka ia mempunyai kebijakan dan kebajikan dalam jiwanya. Barulah setelah itu dia mampu menguasai sains dan teknologi. Budaya baru itulah yang menjadi kontra budaya yang kemudian masuk ke dalam tatanan menjadi masyarakat (budaya) alternatif yang akan dipilih oleh bangsa ini.

Semuanya melalui pendidikan yang tertata rapi: pendidikan yang mampu mencerdaskan, mampu menumbuhkan jiwa yang bajik dan bijak, dan menguasai sains dan teknologi. Itulah nanti yang akan mengubah bangsa Indonesia menjadi Indonesia baru.

Hal ini tampaknya akan menjadi ”momok” bagi pendidikan di Indonesia. Belum lagi persoalan kekurangan tenaga pendidik terselesaikan, masalah sarana pendidikan yang tidak memadai muncul, dan menyusul persoalan mahalnya biaya pendidikan.

Kita masih merasa sebagai bangsa yang tertinggal dalam berbagai hal dibandingkan dengan bangsa lain. Oleh karena itu satu-satunya jalan untuk mencerdaskan bangsa adalah dengan meningkatkan pendidikan demi untuk menjadikan bangsa yang cerdas melalui sistem pendidikan nasional yang menyeluruh dan terencana.

Namun untuk menuju ke arah itu, jalan yang ditempuh sangat panjang dan berliku karena persoalan pendidikan sangat terkait dengan faktor lain, termasuk masalah ekonomi, keamanan dan masalah sosial lainnya.

Para guru pun diharapkan mulai mengubah cara belajar kepada siswa. Para guru pun tidak boleh lagi memberikan tekanan kepada siswa seperti pelajaran menghafal dan memberikan soal pilihan ganda (multiple choice) karena bisa berdampak pada pembentukan kepribadian.

Peran pendidikan, sebagai sarana pemberdayaan, harus secara sadar menyiapkan peserta didik dalam kehidupan masyarakat baik sebagai individu maupun anggota masyarakat. Pemberdayaan hanya mempunyai makna jika proses pemberdayaan menjadi bagian dan fungsi dari kebudayaan.

Oleh karena itu, pendidikan harus menumbuhkan jiwa independensi, menggerakkan pernyataan diri dan para pendidik mengajar siswa untuk hidup dalam harmoni dengan menghargai adanya perbedaan.

Ke depannya, sistem pendidikan harus berubah dari instruksional menjadi motivasional berprestasi, berkreasi, dan berbudi pekerti.

Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatu


Contoh Teks Pidato Tentang Lingkungan

Assalamualaikum wr. wb.
Salam sejahtera buat kita semua

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmatnya kepada kita sehingga dapat berkumpul di tempat ini.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air yang saya cintai,
Melalui sebuah momen yang sangat tepat ini, perkenankan saya menyampaikan pidato dalam rangka Hari Lingkungan Hidup, untuk dijadikan renungan bagi Saudara-saudaraku semua. Namun sebelumnya marilah kita memanjatkan rasa syukur kita kepada Tuhan YME atas segala limpahan rahmatNya sehingga kita dikaruniai kesehatan dan kesempatan untuk berkumpul di tempat ini.

Saudara-saudaraku,
Hampir setiap hari kita mendengar berita tentang adanya penebangan-penebangan liar yang membabi buta yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak punya kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. Sungguh hati ini merasa sangat prihatin atas kebiasaan buruk yang dilakukan oleh orang-orang yang mengatasnamakan bisnis kemudian mengesampingkan kelestarian hutan yang merupakan titipan anak cucu kita nanti.

Berapa ribu meter kubik kayu telah mereka jarah. Sementara setelah itu mereka tinggalkan lahan yang sudah sedemikian kritis yang sangat membahayakan saudara-saudara kita yang lain dengan kemungkinan bencana banjir yang siap mengancam setiap saat.

Saudara-saudaraku,
Sadarlah, bahwa lingkungan kita ini merupakan sebuah sistem yang saling terkait antara yang satu dengan yang lain. Jika salah satu bagiannya kita rusak maka bagian yang lain juga akan merasakan akibatnya.

Maka dari itu, sudahilah kegiatan merusak hutan, penebangan liar dan pembabatan hutan yang hanya mementingkan aspek bisnis tanpa mau peduli terhadap kelestarian lingkungan.

Lestarikan lingkungan kita sebagai wujud syukur kita kepada Sang Maha Pencipta. Berikan hak-hak anak cucu kita berupa alam yang lestari untuk kelangsungan hidup segenap komponen alam.

Terima kasih atas perhatiannya Saudara-Saudaraku.

Sekian.


Contoh Teks Pidato Sambutan Acara

contoh teks pidato
contoh teks pidato | unsplash.com

Assalamu ‘alaikum wr. Wb.
Yang saya hormati …

Alhamdulillah mengawali sambutan ini, saya mengajak kepada seluruh hadirin sekalian, untuk selalu mengucapkan puji dan syukur yang selalu kita agungkan kehadirat Allah subhanahu wata’ala – Tuhan Yang Maha Esa, berkat bimbingan dan petunjuk-Nya, kita senantiasa dalam keadaan sehat wal’afiat, dan berkesempatan hadir dan berkumpul di tempat ini dalam acara Pembukaan Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Masyarakat dan Pendidikan Kecakapan Hidup.

Sholawat serta salam juga senantiasa kita haturkan kepada Junjungan nabi kita Muhammad SAW, beserta para keluarga, sahabat, dan pengikut beliau hingga akhir zaman.

Hadirin yang saya hormati,
Pertama-tama saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Dewan Pengurus Cabang Himpunan Penyelenggara Pelatihan dan Kursus Indonesia Hulu Sungai Tengah (DPC HIPKI HST) yang menyelenggarakan kegiatan yang positif ini, dengan senantiasa ikut andil dalam mengembangkan sumber Daya Manusia, hal ini sangat sejalan dengan Visi Kabupaten kita yaitu Menuju Masyarakat HST yang semakin sejahtera, mandiri, unggul, dan istiqamah, dengan Misi yang utama kami adalah meningkatkan kualitas SDM yang berakhlak mulia, kreatif, inovatif, terampil, dan menguasai iptek.

Pada kesempatan ini kami juga mengucapkan terima kasih kepada Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Dirjen PAUDNI Kementerian Pendidikan nasional, dan Dinas Pendidikan Propinsi Kalsel, serta Dinas Pendidikan Kabupaten HST yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini.

Hadirin yang berbahagia,
Pembangunan suatu negara hakikatnya bertujuan untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat dan pertumbuhan ekonomi agar stabil dan dalam keadaan naik terus. Oleh karena itu, target utama yang menjadi landasan munculnya program-program nasional adalah pengentasan kemiskinan dan pengurangan pengangguran.

Kemiskinan dan pengangguran dapat dipandang sebagai ketidakmampuan atau sebagai kekurangan kemampuan (lack of competency) dan keterampilan (skills) untuk bekerja dan mencari nafkah menopang kehidupannya. Menyikapi persoalan kemiskinan dan pengangguran, program pendidikan kecakapan hidup (life skills education) terutama untuk penciptaan pekerja dan wirausahawan menjadi salah satu strategi yang diharapkan dapat mengantisipasi sekaligus mengatasi terus bertambahnya angka kemiskinan dan pengangguran.

Pendidikan kecakapan hidup untuk penciptaan pekerja dan wirausahawan dapat dimaknai sebagai upaya pemberian kemampuan kepada warga masyarakat yang membutuhkan berbagai keterampilan sebagai bekal untuk bekerja atau berwirausaha.

Hadirin yang berbahagia,
Pada era globalisasi saat ini, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang pesat. Hampir setiap saat, perubahan itu selalu terjadi pada setiap sektor kehidupan masyarakat sebagai akibat dari pesatnya kemajuan dan perkembangan IPTEK. Di sisi lain, disepakatinya Kawasan Perdagangan Bebas Asean atau bahkan Kawasan Asia, menjadi permasalahan sekaligus tantangan tersendiri yang dihadapi oleh suatu negara termasuk Indonesia.

Salah satu sektor yang senantiasa menjadi permasalahan yang harus dihadapi oleh setiap negara adalah faktor lapangan kerja dan ketersediaan tenaga kerja. Kedua sektor ini memiliki hubungan yang signifikan dan saling ketergantungan antara satu dengan yang lainnya.

Ketidak-seimbangan antara ketersediaan lapangan kerja dan tenaga kerja akan berakibat pada terjadinya pengangguran yang pada giliran selanjutnya akan membawa dampak pada pembangunan sosial-ekonomi dalam kehidupan masyarakat yang semakin tidak menentu.

Salah satu upaya yang dilakukan dalam rangka untuk menanggulangi pengangguran adalah melalui pelatihan kewirausahaan. Karena itulah saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan ini, dalam rangka untuk lebih memaksimalkan berkembangnya kewirausahaan masyarakat di daerah kita ini.

Hadirin yang saya hormati,
Masalah pengangguran adalah masalah kita dan menjadi tanggung jawab kita bersama baik pemerintah, swasta maupun masyarakat. Dari sisi tanggung jawab pemerintah, telah banyak upaya yang telah dilakukan, salah satunya adalah dengan memberikan pelatihan ketrampilan kerja. Pemerintah daerah tentunya juga akan selalu berupaya agar dapat lebih banyak lagi menganggarkan dana APBD untuk peningkatan kewirausahaan masyarakat di HST. Sehingga kewirausahaan di daerah kita ini dapat terus berkembang.

Kita patut berbangga karena dari tahun ke tahun tingkat pengangguran di daerah kita ini terus mengalami penurunan. Bahkan tingkat pengangguran di HST paling rendah dibandingkan dengan daerah lainnya di Kalsel, yakni sebesar 1,74 persen. Dan tentunya salah satu faktor yang mempengaruhi menurunnya tingkat pengangguran tersebut adalah karena semakin berkembangnya kewirausahaan masyarakat di banua kita ini.

Untuk itu, mari terus kita galakkan semangat kewirausahaan dalam kehidupan masyarakat HST, sehingga tingkat pengangguran dan kemiskinan akan terus semakin berkurang. Pada kesempatan ini, saya berpesan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti pelatihan ini secara serius dan sungguh-sungguh, dengan mengikuti seluruh tahapan dan proses pelatihan. Karena pelatihan ini tentunya lebih menekankan pada pembentukan keterampilan/praktek (skill), yang kelak akan menjadi dasar keterampilan saudara dalam berwirausaha. Saya yakin dan percaya bahwa dengan mendapat pelatihan ini, saudara nantinya akan dapat menjadi wirausahawan yang sukses.

  Contoh Teks Drama

Hadirin yang saya hormati,
Marilah secara bersama-sama kita bahu membahu, membulatkan tekad dalam rangka mengembangkan kewirausahaan di Bumi Murakata ini, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan meningkatkan daya saing Sumber Daya Manusia yang ada di daerah kita ini.

Akhirnya dengan memohon ridha dari Allah SWT, dan dengan mengucap “Bismillahirrahmanirrahim”

Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Masyarakat dan Pendidikan Kecakapan Hidup, pada hari ini saya nyatakan resmi di buka.

Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kita. Amiin Ya Rabbal’Alamin. Terima kasih atas perhatiannya.

Billahi taufiq Wal Hidayah.

Wassalamu’alaikum wr. Wb.


Serba Serbi Pidato dan Cara Membuatnya

Untuk membacakan pidato yang meyakinkan, kamu bisa mempelajari bagaimana cara membuat naskah pidato sendiri yang bisa disesuaikan dengan pendengar serta situasi dimana pidato itu dibacakan.

Tujuan Dibuatnya Pidato

Tentu pidato memiliki tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatannya dan juga penyampaiannya, berikut ini ialah beberapa tujuan pidato yang harus Anda ketahui.

  1. Pidato memiliki tujuan untuk dapat mempengaruhi orang lain sehingga mereka ingin mengikuti aarahan pidato dengan suka rela.
  2. Pidato juga dilakukan untuk memberikan informasi kepada orang lain.
  3. Menghibur orang lain melalui perkataan yang ada di pidato sehingga para pendengar merasa senang dan puas dengan pidato yang disampaikan.

Fungsi Pembuatan Pidato

contoh teks pidato
contoh teks pidato | wikimedia.org

Selain memiliki tujuan, pidato juga memiliki fungsi tersendiri. Berikut ini ialah beberapa fungsi pidato yang umum diketahui.

  1. Memudahkan para atasan untuk berkomunikasi kepada bawahan, terutama jika jumlah bawahan cukup banyak
  2. Memudahkan untuk berkomunikasi dengan para anggota organisasi terutama organisasi besar
  3. Membuat suasana menjadi kondusif dimana hal penting hanya disampaikan oleh satu orang yang melakukan pidato
  4. Memudahkan terjadinya komunikasi.

Ragam dan Jenis-jenis Pidato

Seperti karya tulis, pidato juga memiliki jenis jenis pidato berdasarkan berbagai macam kategorinya. Pada bagian pertama kami akan membahas jenis jenis pidato berdasarkan dengan ada atau tidak adanya persiapan. Berikut ini ialah jenis jenis pidato menurut persiapannya.

  • Pidato Impromptu

Jenis pidato pertama yang akan dibahas ialah Pidato Impromptu, jenis pidato ini ialah pidato yang dilakukan dengan tiba tiba dan tanpa adanya persiapan. Sehingga para pembaca pidato tidak memiliki bahan untuk melakukan pidato. Biasanya, pada acara tertentu pembawa acara akan dengan tiba tiba meminta seseorang untuk menyampaikan pidato dihadapan umum.

Kelebihan pidato impromptu

  1. Pidato ini dapat membuat pembicara menyampaikan perasaan yang sebenarnya tanpa harus dipersiapkan terlebih dahulu.
  2. Gagasan dan pendapat dalam pidato yang disampaikan dilakukan secara spontan sehingga kesan segar dan hidup muncul dalam pidato.
  3. Membuat para pembaca pidato terus berpikir dan meningkatkan kualitas pidatonya.

Kekurangan pidato impromptu

  1. Pidato ini dapat membuat pembahasan pidato menjadi kurang persiapan dan bahan sehingga terkesan lebih mentah.
  2. Membuat para pembaca pidato menjadi tergesa gesa dan tidak jelas karena tidak ada persiapan
  3. Gagasan dan hal yang ingin disampaikan bisa terkesan acak acakan dan ngawur

Jika seseorang yang ditunjuk tersebut benar benar tidak mengetahui tentang gagasan dan bahan yang ingin disampaikan maka orang ini akan terkesan bodoh dihadapan orang lain.

  • Pidato Manuskrip

Berbeda dengan jenis pidato sebelumnya yang dilakukan tanpa persiapan, pidato manuskrip ini ialah membaca pidato. Pidato ini hanya membacakan pidato yang sudah tertulis sebelumnya. Biasanya jenis pidato ini seperti pidato yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan yang disampaikan pada hari guru. Kemudian kepala sekolah akan membacakan isi pidato yang sama persis dengan apa yang ada dalam kertas tersbeut.

Keuntungan Pidato Mansukrip

  1. Menggunakan kata kata yang tepat sehingga pembaca pidato bisa menggunakan kata kata yang baik dan diucapkan secara gambling
  2. Pernyataan dapat dihemat hal ini dikarenakan manuskrip mampu disusun kembali
  3. Pembaca pidato dapat mengucapkan kata kata dengan fasih karena memang bahannya sudah dipersiapkan
  4. Mengurangi penyampaian hal hal yang tidak penting dan cenderung ngawur
  5. Dapat diperbanyak dan disampaikan kepada banyak orang

Kekurangan Pidato Manuskrip

  1. Komunikasi antara pembaca pidato dengan para audience akan kurang karena pembaca pidato fokus pada naskah
  2. Pembicara kurang melihat pendengar dengan baik sehingga kehilangan gerak dan bersifat kaku
  3. Tidak dapat menerima umpan balik daripara pendengar karena pembaca tidak dapat memperpendek maupun memperpanjang pesan
  4. Pembuatan skrip pidato membutuhkan waktu yang cukup lama
  • Pidato Memoriter

Jika sebelumnya seseorang bisa membaca langsung naskah di depan audience, maka Anda bisa menggunakan jenis pidato lainnya. Para pembicara yang menggunakan jenis pidato memoriter akan menghapalkan secara keseluruhan dan menyapaikannya lagi. Tentu jika Anda tidak memiliki kemampuan yang baik Anda bisa menghapalkan kata kata yang penting saja.

Kentungan Menggunakan Pidato Memoriter

  1. Kata kata yang ingin disampaikan sudah dapat dipersiapkan sehingga dapat memilih kata yang lebih baik
  2. Membuat pidato menjadi lebih lancar jika mampu menghapalkan dengan baik
  3. Dapat menggunakan gerak dan isyarat yang mampu diintegrasikan dengan uraian.

Kerugian Menggunakan Pidato Memoriter

  1. Pidato akan terkesan lebih datar dan monoton jika pembicara sangat menghapal pidato yang sudah ditulis.
  2. Komunikasi kepada penonton akan berkurang karena pembicara berusaha untuk mengingat kata kata pidato.
  3. Memerlukan banyak waktu untuk persiapan yang baik.
  • Pidato Ekstempore

Salah satu jenis pidato yang cukup sering digunakan oleh orang orang professional ialah Pidato Ekstempore. Pidato jenis ini menuntut orang untuk menyiapkan kata kata yang merupakan garis garis besar dan pokok bahasan yang penting saja.

Pembicara tidak harus menghapal seluruh kata kata maupun naskah pidato, namun mereka hanya perlu menggunakan outline. Outline ini yang selanjutnya digunakan sebagai pemandu untuk mengatur gagasan yang ada dalam pikiran pembicara.

Dengan menggunakan pidato jenis ini, tentu komunikasi antara pembicara dan pendegar juga akan lebih baik. Namun pembicara tetap masih bisa menguasai pidato yang ingin disampaikan.

Keuntungan Pidato Ekstempore

  1. Komunikasi yang lebih baik antara pembicara dengan para audience
  2. Pesan yang disampaikan oleh pembicara lebih fleksibel dan terkesan spontan meskipun sebenarnya sudah dipersiapkan sejak lama.

Kerugian Pidato Ekstempere

  1. Membutuhkan persiapan yang cukup lama sehingga dapat membuat pembicara menyampaikan pidatonya dengan baik.
  2. Jika fokus hilang mqkq pidato bisa menyimpang dari apa yang sudah dipersiapkan
  3. Kefasihan para pembaca terlihat lemah karena pemilihan kata kata yang sukar

Jenis Pidato Berdasarkan Sifatnya

Anda sudah mengetahui berbagai jenis pidato berdasarkan pembuatannya yang biasa digunakan pada berbagai acara, sekarang Anda juga perlu mengetahui apa saja sifat dari isi pidato yang ingin disampaikan. Berdasarkan sifatnya, pidato dibedakan menjadi beberapa jenis seperti berikut ini.

  1. Pidato Pembukaan merupakan pidato singkat yang dibawakan oleh pembaca acara atau mc.
  2. Pidato pengarahan merupakan pdato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.
  3. Pidato Sambutan merupakan merupakan pidato yang disampaikan pada suatu kegiatan atau peristiwa dan acara tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
  4. Pidato Peresmian merupakan pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.
  5. Pidato Laporan adalah pidato yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan yang telah dilaksanakan.
  6. Pidato Pertanggungjawaban merupakan pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban.

Persiapan dan Kerangka Susun Pidato

contoh teks pidato
contoh teks pidato | vectorstock.com
  • Persiapan Pidato

Sebelum Anda memberikan pidato di depan umum, sebaiknya Anda melakukan beberapa hal yang akan membuat pidato menjadi lebih baik lagi.

  1. Wawasan para pendengar pidato secara umum
  2. Mengetahui berapa lama waktu atau durasi pidato yang akan dibawakan serta dengan durasi yang dipersiapkan
  3. Menggunakna kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.
  4. Mengetahui jenis pidato yang akan dibawakan dan tema acara.
  5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato, dsb.
  • Kerangka Susunan Pidato,

Berikut ini ialah kerangka dari suatu pidato yang baik dan benar

  1. Pembukaan dengan salam pembuka
  2. Pendahuluan yang sedikit menggambarkan isi
  3. Tetapkan apa isi pidato melalui tujuan, cara dan sebagainya.
  4. Penutup (kesimpulan, harapan, pesan, salam penutup, dll)

Ciri Pidato dari Segi Kebahasaannya

  1. Menggunakan kalimat yang aktif
  2. Teks pidato dibuat dengan menggunakan kata kata yang dapat menyentuh emosi para pendengar.
  3. Menggunakan kata tugas terutama untuk memberikan ajakan bagi para pendengar.
  4. Memilih kata sinonim untuk melakukan penekanan.
  5. Menggunakan kosa kata dalam bidang ilmu.
  6. Menggunakan kata benda yang abstrak sehingga para pendengar dapat menerka artinya
  7. Berusaha untuk memberikan informasi yang informatif dan juga padat dan juga menghindari penulisan atau penjelasan yang bertele-tele.
  8. Menggunakan berbagai data pendukung seperti referensi maupun jurnal.

***

Bagaimana, Anda sudah menemukan cara membuat pidato yang benar bukan? Selamat membuat pidato terbaik versi Anda. Semoga artikel contoh teks pidato ini bisa bermanfaat, terimakasih.

Leave a Comment