Contoh Teks Eksposisi

Contoh Teks Eksposisi – Ada banyak jenis teks yang dipelajari di dalam Bahasa Indonesia dengan fungsi yang berbeda-beda. Misalnya adalah teks eksposisi, yang dibuat untuk memberikan informasi kepada pembaca, dimana informasi yang ditulis di dalam teks tersebut bersifat nyata dan benar adanya. Di dalam teks eksposisi ini disajikan informasi yang bersifat fakta. Kalau diperhatikan ciri-cirinya, contoh teks eksposisi ini bisa ditemukan di koran.

Pengertian Teks Eksposisi

Sebelum mempelajari lebih dalam tentang eksposisi dan membuat contoh teks eksposisi, Anda harus tahu terlebih dahulu apa itu teks eksposisi, bagaimana ciri-ciri dan strukturnya, serta kaidah kebahasaan yang digunakan. Teks eksposisi adalah jenis teks yang berisi tentang informasi fakta, menjelaskan tentang sebuah persoalan dan dibuat untuk menambah wawasan pembaca.

Teks eksposisi berisi informasi berupa fakta yang disajikan berdasarkan data yang sebenarnya, bersifat non fiksi atau ilmiah dan penyampaian yang padat, singkat namun tetap akurat. Untuk mendukung data atau fakta yang dipaparkan, tak jarang dalam contoh teks eksposisi juga didukung dengan adanya statistik, grafik hingga gambar.

Karena berisi fakta dan informasi serta bersifat non fiksi, di dalam teks eksposisi biasanya terdapat informasi tentang apa, kapan, dimana, bagaimana dan siapa. Tujuan pembuatan teks ini adalah untuk memberikan informasi kepada pembacanya secara jelas dan rinci tentang sebuah kejadian atau suatu hal tertentu. Sebelum belajar membuat contoh teks eksposisi, pahami dulu struktur dan ciri-cirinya agar Anda bisa membuat jenis teks ini dengan benar.

Ciri Teks Ekposisi

Sebagaimana jenis teks lainnya, teks eksposisi juga dapat dikenali dengan ciri-cirinya yang berbeda dengan teks lain. Agar bisa membedakan antara contoh teks eksposisi atau jenis teks lainnya, Anda harus mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu. Berikut ciri-cirinya.

  • Teksnya Bersifat Informatif

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa teks eksposisi adalah teks yang dibuat untuk memberikan informasi atau menambah wawasan bagi pembacanya. Karena itu, teks informasi pasti bersifat informatif dengan berbagai informasi dan data yang akurat di dalamnya. Dari ciri pertama ini, sebenarnya Anda bisa menemukan banyak contoh teks eksposisi dalam kehidupan sehari-hari, seperti teks yang disajikan di koran misalnya.

  • Teks Eksposisi Harus Objektif

Ciri-ciri teks eksposisi selanjutnya adalah di dalamnya bersifat objektif, artinya tidak memihak kepada siapapun. Ciri ini ditandai dengan penggunaan kata, frasa ataupun kalimat yang bersifat emosional sehingga membuat pembaca memihak. Pemilihan dan penggunaan katanya pun tidak memaksakan opini penulis terhadap pembaca. Karena itulah dalam contoh teks eksposisi umumnya tidak menggunakan sudut pandang tertentu dalam penulisannya.

  • Informasi yang Diberikan Berdasarkan dan Didukung Data yang Akurat

Teks eksposisi yang dibuat untuk menambah wawasan kepada pembaca pun harus disertai dan didukung oleh data yang akurat. Fata atau data yang disajikan ini bisa berupa angka atau informasi-informasi lainnya yang bisa dipertanggungjawabkan. Data dan fakta yang disajikan di dalam teks ini merupakan alat kontribusi dan konkritasi dari informasi yang disajikan. Banyak contoh teks eksposisi bahkan disertai dengan tabel, grafik hingga gambar.

  • Bentuk Penulisannya Padat, Lugas dan Jelas

Ciri terakhir yang menandakan teks eksposisi adalah bentuk penulisannya singkat, padat, lugas dan jelas. Teks eksposisi yang berisi informasi harus dibuat dengan memaparkan data dan fakta secara padat, lugas dan jelas. Panjangnya pun tidak terlalu panjang apalagi bertele-tele sehingga pembaca bisa dengan mudah menangkap informasi yang disampaikan.

Jika melihat dari contoh teks eksposisi yang paling sering ditemui, seperti yang terdapat di koran misalnya, informasi yang diberikan tidak terlalu panjang. Isinya harus menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan dan dimana. Bahasa yang digunakan pun merupakan bahasa Indonesia yang baku.

Struktur Teks Eksposisi

Saat mempelajari teks eksposisi, Anda juga harus tahu bagaimana cara membuat teks eksposisi ini. Jika memperhatikan berbagai contoh teks eksposisi yang ada, Anda akan bisa melihat ada beberapa struktur berbeda dalam satu teks ini. Struktur inilah yang harus Anda ketahui agar bisa membuat sebuah teks eksposisi yang benar.

1. Tesis atau Pernyataan Pendapat.

Bagian awal dari struktur teks eksposisi adalah pernyataan pendapat. Pada bagian ini berisi tentang topik atau isu yang akan dibahas oleh penulis. Pada bagian ini umumnya juga terdapat opini pendapat yang juga akan menempatkan posisi pembaca, artinya apakah pembaca berada di sisi pro dengan opini penulis ataukah kontra.

2. Argumentasi atau Pernyataan Penjelasan dan Fakta.

Struktur atau bagian selanjutnya dari teks eksposisi adalah argumentasi atau pernyataan penjelasan. Bagian ini kemudian akan mendukung opini yang sudah diuraikan pada bagian sebelumnya. Dalam penulisan argumentasi ini harus sistematis dan disertai dengan fakta dan data.

Bagian ini tak jarang ditulis dalam beberapa paragraf, karena teks eksposisi yang baik adalah teks yang lebih runtun, semakin banyak data dan fakta pendukung. Bahkan tak jarang dalam berbagai contoh teks eksposisi yang sering dijumpai juga disertai dengan contoh isu disertai dengan alasan.

3. Penegasan Ulang.

Bagian akhir dari struktur teks eksposisi adalah penegasan ulang yang diikuti dengan kesimpulan. Pada bagian akhir ini biasanya juga menyebutkan ulang tesis atau pernyataan pendapat namun tidak disebutkan secara langsung. Bisa juga mengumpulkan dari bagian argumentasi yang tetap memberikan pilihan kepada pembaca untuk menentukan posisinya.

  Contoh Teks Deskripsi

Jenis Teks Eksposisi

Untuk bisa membuat contoh teks eksposisi Anda juga harus tahu apa saja jenis teks ini. Hal tersebut karena jenis teks eksposisi ini berbeda yang dibedakan berdasarkan pola pengembangan paragrafnya. Berikut adalah beberapa jenis teks eksposisi.

  1. Teks Eksposisi Proses. Jenis teks eksposisi pertama adalah teks eksposisi proses. Teks eksposisi ini berisi tentang cara atau langkah untuk melakukan suatu hal. Prosesnya pun dijelaskan secara rinci dari awal hingga akhir. Contoh teks eksposisi jenis ini biasanya ditemukan pada, buku panduan atau petunjuk penggunaan sebuah produk, artikel tentang resep masakan maupun artikel do it yourself.
  2. Teks Eksposisi Definisi. Eksposisi definisi adalah jenis teks eksposisi yang dibuat untuk menjelaskan pengertian atau definisi suatu topik tertentu. Umumnya teks eksposisi ini berfokus pada karakteristik topik yang sedang dijelaskan. Contoh teks ekposisi jenis ini banyak ditemukan pada buku pembelajaran karena relatif lebih sederhana.
  3. Teks Eksposisi Laporan. Jenis teks eksposisi berikutnya adalah eksposisi laporan. Teks eksposisi jenis ini berisi tentang laporan tentang sebuah peristiwa tertentu atau laporan atas suatu penelitian tertentu. Karena itu, jenis teks eksposisi ini juga disebut dengan teks eksposisi berita. Informasi yang diangkat dan dipaparkan dalam eksposisi ini adalah peristiwa tertentu yang faktual dan aktual. Contoh teks eksposisi jenis ini dapat ditemukan pada koran atau media penyampaian informasi lainnya.
  4. Teks Eksposisi Illustrasi. Teks eksposisi ini dibuat untuk memberikan gambaran secara rinci dan spesifik tentang sebuah topik atau ide tertentu. Dengan begitu nantinya pembaca dapat memahami dengan baik topik atau ide yang disajikan tersebut. Umumnya teks eksposisi ini dibuat dengan menggambarkan dengan melihat kesamaan sifat antara topik yang dibahas dengan topik lain yang serupa.
  5. Teks Eksposisi Perbandingan. Eksposisi perbandingan dengan gagasan utama yang disajikan dengan cara membandingkan dengan gagasan lain. Dengan cara ini pembahasan akan lebih jelas karena dengan membandingkan dua gagasan yang berbeda akan lebih bisa dipahami, dibandingkan dengan pembahasan yang hanya fokus pada satu gagasan yang menjadi topik saja. Dalam pembuatan contoh teks eksposisi perbandingan ini, dua hal yang dibandingkan seharusnya adalah dua hal yang setara atau sebanding.
  6. Teks Eksposisi Pertentangan. Jenis teks eksposisi selanjutnya ini disajikan dari sisi yang bertentangan atau kontradiksi, dan umumnya berkaitan dengan topik lain. Teks eksposisi jenis ini memiliki ciri khusus yaitu dengan penggunaan konjungsi intrakalimat, yaitu tetapi dan sedangkan. Bisa juga menggunakan konjungsi antarkalimat seperti ‘meskipun demikian’, ‘akan tetapi’, ‘sebaliknya’ dan ‘namun’.
  7. Teks Eksposisi Analisis. Saat membuat contoh teks eksposisi jenis ini, Anda harus memisahkan suatu masalah dari gagasan utama menjadi beberapa sub bagian. Jika sudah, masing-masing sub bagian tersebut harus dikembangkan secara urut. Sub bagian tersebutlah yang nantinya diletakkan dalam bagian argumen sebagai ide pokok untuk menyusun argumen pada teks eksposisi tersebut.
  8. Teks Eksposisi Klasifikasi. Untuk membuat contoh teks eksposisi jenis ini, penulis harus membagi topik atau gagasan yang akan dibahas ke dalam kategori-kategori tertentu. Untuk membuatnya pun bisa dilakukan dengan dua pola, yaitu dengan memisahkan gagasan atau topik ke kelompok lain atau dengan cara menyeragamkan topik tersebut menjadi satu kelompok atau Klasifikasi yang sama.

Contoh Teks Eksposisi Berdasarkan Jenisnya

Setelah memperhatikan penjelasan lengkap tentang teks eksposisi di atas, selanjutnya simak berbagai contoh teks eksposisi berikut ini. Contoh teks eksposisi ini adalah contoh lengkap berbagai jenis teks eksposisi.

Contoh Teks Eksposisi Proses

Proses Terjadinya Hujan

Hujan adalah proses atau siklus hidrologi yang berlangsung terus menerus. Hujan ini terjadi karena proses panjang air yang bermula dari air laut atau sumber air permukaan lainnya, kemudian mengalami berbagai proses dan kemudian berakhir menjadi hujan.

Proses terjadinya hujan dimulai dari tahap evaporasi. Proses ini adalah proses penguapan air di permukaan bumi (sungai, danau, air laut) karena peningkatan suhu akibat sinar matahari. Proses penguapan ini menghasilkan uap air yang kemudian menyebabkan terjadinya proses kondensasi.

Saat proses kondensasi, uap air yang dihasilkan kemudian terangkat ke atas dalam bentuk titik embun. Saat mencapai atas, suhu semakin rendah yang menyebabkan titik embun tersebut berubah menjadi embun. Embun semakin banyak lalu terbentuklah awan. Ketika awan berkumpul semakin banyak dan berat, udara pun tidak sanggup menahan lagi hingga turun menjadi hujan.

Begitulah siklus air yang juga menjadi proses terjadinya hujan. Setelah air turun berkumpul di sungai, danau atau laut, proses pun akan kembali terulang ketika musim panas dan cahaya matahari menyebabkan suhu meningkat.


Contoh Teks Eksposisi Definisi

Pohon Pisang

Pisang merupakan jenis tumbuhan yang sering dijumpai di sekitar rumah. Tanaman ini umumnya dimakan buahnya. Buah pisang sendiri mengandung Vitamin A, B, B6 dan C, kalsium, fosfor, kalium, magnesium dan karbohidrat yang sangat baik untuk kesehatan. Tak hanya buahnya, hampir seluruh bagian pohon pisang pun bisa dimanfaatkan, terutama untuk kesehatan.

Selain buahnya, bagian dari pohon pisang yang juga sering dimanfaatkan adalah daunnya. Daun pisang umumnya digunakan untuk pembungkus makanan yang aman. Tidak hanya aman, membungkus makanan dengan daun pisang juga terbilang bermanfaat. Ini karena pada daun pisang terdapat zat polifenol yang bermanfaat sebagai antioksidan.

Ada pula jantung pohon pisang yang biasanya dimanfaatkan untuk dimasak sebagai sayur. Bagian dari pohon pisang ini memiliki kandungan flavonoid. Flavonoid sendiri dikenal sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas sekaligus mencegah timbulnya kanker. Ada pula kandungan mineral, vitamin dan protein yang juga bermanfaat bagi kesehatan.

  Contoh Teks Pidato

Dapat dilihat bahwa pisang adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya buahnya, bagian lain pun memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Karena itu tidak ada salahnya menanam pohon pisang karena manfaat yang bisa didapatkan pun sangat banyak.


Contoh Teks Eksposisi Laporan

Hutan di Indonesia Terancam Punah

Hutan di Indonesia, terutama di wilayah Kalimantan dan Sumatera semakin kritis. Jika tidak ada tindakan tegas dan tepat, bukan tidak mungkin hutan tersebut akan hilang dalam kurun waktu 10 tahun yang akan datang. Hingga saat ini belum ada tanda perbaikan kondisi hutan di Indonesia, bahkan cenderung memburuk.

Kondisi hutan di Indonesia sudah sangat kritis, terbukti dalam kurun waktu 50 tahun terakhir, luasnya sudah mengalami penurunan hingga 64 juta hektar. Di Sumatera misalnya, dilihat dari titik kebakarannya, setidaknya 8% perkebunan, 10% hutan dataran rendah, 49% hutan gambut dan 13% alang-alang sudah habis terbakar.

Masalah tidak berhenti pada berkurangnya luas hutan saja, melainkan juga musnahnya berbagai spesies flora dan fauna yang ada di dalamnya, termasuk flora dan fauna endemik. Penebangan dan pembukaan lahan liar, hingga alih fungsi hutan lindung menjadi akar dari kondisi kritis ini.

Jika dibiarkan seperti ini terus, bukan tidak mungkin jika dalam kurun waktu 10 tahun yang akan datang Indonesia akan benar-benar kehilangan hutan terbaiknya. Dibutuhkan tindakan tegas, cepat dan tepat untuk mengatasi masalah ini.


Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi

Efek Demam Panggung, Ilustrasi Kecil Terjadinya Perasaan Gugup Sebelum Tampil Di hadapan Orang Banyak

Merasakan perasaan gugup saat akan tampil di hadapan banyak orang adalah hal yang wajar dirasakan. Perasaan gugup inilah yang biasa juga dikenal dengan istilah demam panggung. Perasaan ini sering dialami oleh orang yang tidak atau belum terbiasa tampil di depan orang banyak. Rasa gugup ini bahkan bisa berkembang menjadi perasaan yang membuat semua yang disiapkan terasa salah dan justru membuat orang lain menertawakan kita.

Fenomena demam panggung sendiri sebenarnya disebabkan karena kita kurang percaya diri. Saat demam panggung menguasai, maka umumnya akan ditandai dengan perubahan pada tubuh kita. Tubuh terasa lemas, muncul keringat dingin, jantung berdebar-debar hingga wajah yang terlihat pucat.

Ilustrasi sederhananya, segala hal akan terlihat salah saat kita mengalami demam panggung. Itu karena ketika kita demam panggung, kita tidak sedang dalam kondisi percaya diri. Perasaan gugup karena kurang percaya diri itu menyebabkan hilangnya konsentrasi sehingga hal-hal seperti yang diilustrasikan di atas bisa terjadi.

Agar tidak mengalami fase ini, solusinya adalah membuat tubuh dan pikiran kita serileks mungkin. Lakukan relaksasi sederhana dengan menarik napas panjang lalu mengembuskannya. Lakukan metode ini beberapa kali agar Anda kembali rileks. Dengan membuat tubuh serileks mungkin, Anda akan bisa mengatasi demam panggung dan kembali fokus pada apa yang akan Anda lakukan di depan orang banyak.

baca juga: Contoh Teks Eksplanasi


Contoh Teks Eksposisi Perbandingan

Android vs iOS, Mana yang Terbaik?

Menggunakan smartphone dengan sistem operasi android atau iOS? Keduanya memang sedang merajai pasar teknologi dunia saat ini. Keduanya juga memiliki pasar pengguna masing-masing. Namun tak sedikit pula pengguna dari masing-masing membandingkan keduanya. Lantas mana yang lebih baik?

Jika bertanya mana yang lebih baik, android atau iOS? Jawabannya bisa sangat relatif. Setiap pengguna bisa mengklaim yang terbaik. Namun, mari kita bandingkan keduanya. Pertama dari tampilan pengguna. Keduanya sama-sama dalam hal gerakan sentuh, seperti menggeser, mencubit ataupun mengetuk layarnya. Yang membedakan kemudian adalah kebebasan untuk kostumisasi tampilannya.

Pengguna android relatif lebih diuntungkan dengan kebebasan kostumisasi tampilan, mulai dari menambahkan widget, menambahkan shortcut hingga mengubah keseluruhan tampilan dengan bantuan aplikasi launcher. Sedangkan pengguna ponsel pintat bersistem operasi ios tidak akan mendapat kebebasan ini.

Perbedaan selanjutnya adalah dari aspek berbagi. Kalau Anda pengguna android pasti terbiasa saling berbagi data dengan pengguna android lain melalui bluetooth. Untuk pengguna ponsel sistem operasi ios, Anda tidak akan bisa melakukan hal tersebut karena untuk berbagi harus melalui iTUnes.

Perbedaan terakhir dari segi keamanan dan privasi. Untuk soal ini, ios memang lebih unggul, karena sistem ios memungkinkan pengguna tetap anonim dan hanya diketahui secara internal. Inilah mengapa pengguna ios cenderung lebih sulit diretas. Berbeda dengan pengguna android yang meski sudah dibekali dengan sistem keamanan dan privasi, namun tak sedikit yang kurang bekerja maksimal.

Memperdebatkan mana yang terbaik antara android atau ios tentu tidak akan ada ujungnya. Pada dasarnya hal tersebut sangat relatif dan tergantung pada selera penggunanya sendiri. Jadi, mau menggunakan ios atau android, tak jadi masalah.


Contoh Teks Eksposisi Pertentangan

Sosial Media, Antara Trend Baik dan Buruk

Bermain sosial media saat ini memang menjadi sebuah trend dan cara berkomunikasi serta membangun relasi yang terbilang menyenangkan. Akan tetapi, dibalik kesenangan bermain sosial media ini juga terdapat ancaman yang bisa menyerang setiap saat dan menyerang siapapun.

Adanya sosial media memang memudahkan penggunanya untuk berbagi hal menyenangkan yang sedang dilakukan kepada orang lain. Namun pernahkah Anda berpikir jika terlalu banyak membagikan kehidupan di sosial media pun tidak baik untuk Anda. Anda jadi tidak punya privasi karena setiap apa yang Anda lakukan akan diketahui oleh orang lain. Inilah yang bisa mengganggu bahkan pada fase tertentu bisa berbahaya.

Berbagi di sosial media pun bisa membuat Anda memiliki banyak teman, dalam hal ini followers atau pengikut. Namun semakin banyak teman dunia maya ini juga memperbesar kemungkinan tindakan cyber bullying. Sudah tak terhitung lagi berapa banyak anak-anak hingga orang dewasa, masyarakat biasa hingga public figure yang mengalami cyber bullying di media sosial ini.

  Contoh Teks Prosedur Kompleks

Semenyenangkan apapun bermain sosial media, jika dilakukan secara berlebihan tentu tidak baik. Berbagai tindak kejahatan bahkan kini berawal dari aktivitas di sosial media. Sekarang tinggal bagaimana kita sebagai pengguna yang harus pandai dalam menggunakannya.


Contoh Teks Eksposisi Analisa

Musik dan Peranannya Bagi Manusia

Musik, suatu hal yang orang anggap sepele namun ternyata memiliki banyak peran Penting bagi kehidupan. Seperti halnya peran musik dalam membantu memperbaiki mood seseorang, sebagai media untuk mengekspresikan perasaan, musik juga memiliki peran penting lain dalam kehidupan kita.

Sebagai sarana mengekspresikan diri, musik dapat mengekspresikan apa yang kita rasakan. Saat bersedih lagu yang didengarkan pun cenderung lagu-lagu yang atau musik yang melankolis. Tidak hanya mendengarkan, bahkan juga membuat seseorang bisa menciptakan atau membuat sendiri musik berdasarkan perasaan yang sedang dirasakan. Hal tersebut juga berlaku ketika kita sedang bahagia. Maka musik yang didengarkan adalah musik yang memiliki tempo ceria.

Lagu juga berperan sebagai pengingat akan suatu pengalaman tertentu. Ibarat sebuah film dokumenter dokumenter yang kuat, di dalam lagu terdapat kenangan akan pengalaman atau kisah tertentu yang bisa diingat kembali ketika kita mendengarkannya.

Hal ini ternyata juga bisa berperan bagi orang-orang yang mengidap penyakit Alzheimer. Orang dengan penyakit alzheimer atau gangguan lain pada otaknya bisa mengingat suatu hal yang berkaitan dengan lagu yang disukai secara detail. Segala memori yang berkaitan dengan lagu tersebut seolah terekam di dalamnya dan terputar kembali ketika lagu juga diputar.

Lebih hebatnya lagi, sebuah lagu bahkan juga bisa mengubah sekelompok orang untuk sebuah tujuan tertentu dan mengubah sesuatu yang menjadi tujuan tersebut. Contoh yang pernah terjadi adalah lagu Heal The World karya sang legenda pop Michael Jackson. Melalui lagu ini dapat membangkitkan dan menumbuhkan rasa kemanusiaan pada setiap orang yang mendengarnya, dan hebatnya hal tersebut terbukti terjadi di seluruh dunia.

Dari sini dapat kita ketahui bahwa musik memang memiliki peran penting dalam kehidupan seseorang. Entah secara emosional maupun hal lainnya, musik ternyata mampu mengubah seseorang. Lalu bagaimana jadinya jika kita hidup tanpa adanya musik?


Contoh Teks Eksposisi Klasifikasi

Klasifikasi Kelompok Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya

Bumi memiliki keanekaragaman yang sangat kaya yang pasti membuat siapapun takjub dibuatnya, seperti hewan misalnya yang dikelompokkan menjadi beberapa tipe berdasarkan jenis makanan yang dikonsumsinya. Kategori hewan tersebut adalah karnivora, omnivora dan herbivora.

Kelompok hewan karnivora adalah hewan yang jenis makanannya adalah daging atau hewan lain. Kelompok hewan ini disebut juga sebagai hewan predator. Contoh hewan yang termasuk dalam kategori karnivora adalah buaya, singa, harimau, singa dan lain sebagainya.

Kelompok hewan omnivora adalah kelompok hewan yang jenis makanannya hewan lain maupun tumbuhan. Disebut juga sebagai hewan pemakan segala. Contoh hewan-hewan yang masuk dalam kategori ini adalah ayam, bebek, beruang dan lain sebagainya.

Kelompok terakhir adalah kelompok hewan herbivora, yaitu kelompok hewan yang hanya memakan makanan dari tumbuh-tumbuhan. Dalam piramida makanan, kelompok hewan herbivora ini berada di tingkat konsumen pertama dan biasanya menjadi makanan bagi kelompok hewan karnivora. Contoh hewan yang termasuk dalam kelompok hewan herbivora ini antara lain sapi, kerbau, belalang, kuda, keledai, kambing dan lain sebagainya.

baca juga: Contoh Teks Drama

Demikian tadi pembagian kelompok hewan berdasarkan jenis makanan yang dikonsumsinya. Adanya pengelompokan hewan ini di alam terjadi sebagai penyeimbang. Artinya, untuk menjaga keseimbangan ekosistem alam agar tidak terjadi kepunahan pada salah satu spesies hewan tertentu.


Contoh Teks Eksposisi Berdasarkan Temanya

contoh teks eksposisi
contoh teks eksposisi | vectorstock.com

Kalau diatas adalah contoh teks sksposisi berdasarkan jenisnya, berikut ini juga akan dibagikan contoh teks eksposisi berdasarkan tema untuk mempermudah bagi yang ingin membuat teks eksposisi sendiri.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Pendidikan Karakter

Pendidikan adalah salah satu hal yang begitu penting dalam kehidupan manusia. Dengan adanya pendidikan seseorang dapat mengenali jati dirinya sendiri. Jati diri ini tentu saja terbentuk dari karakter yang dimiliki oleh seseorang itu sendiri. Melalui berbagai perubahan kurikulum, pemerintah sudah ikut berperan dalam membentuk karakter anak didik. Pemerintah mengubah Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) ke Kurikulum 2013 sekarang ini. Perubahan ini ialah awal persyaratan adanya pendidikan karakter pada sistem pendidikan di Indonesia.

Pendidikan karakter ini ialah pendidikan yang lebih mengutamakan kemampuan siswa secara personal ataupun pendidikan yang mencoba agar menggali potensi diri dari seorang individu, dalam hal ini siswa atau siswi. Pendidikan karakter ini penting karena dapat menggali bakat – bakat tersembunyi yang dimiliki oleh pribadi masing – masing. Tiap siswa tentu saja memiliki bakat, potensi, atau kecerdasan di bidangnya masing – masing yang tidak sama antar satu dengan yang lainnya.

Siswa yang tidak pandai dalam pelajaran bukan berarti ia bodoh, namun ia pasti mempunyai kemampuan di bidang tertentu walaupun bukan di bidang akademik.

Berdasarkan pendidikan berkarakter, cerdas ataupun tidaknya seseorang bukan ditentukan dengan pintar atau tidaknya seseorang itu dalam pelajaran di kelas. Guru pun seharusnya tidak boleh untuk menyebutnya seorang siswa “bodoh” apabila ia tidak pintar dalam mata pelajaran yang diajarkan di kelas tersebut.

Pemerintah juga sudah berupaya mewujudkan pendidikan karakter ini, melalui kurikulum pendidikan yang terbaru, yaitu kurikulum 2013. Melalui kurikulum ini pemerintah berusaha terus menggali potensi dan menanamkan karakter kepada siswa. Karakter yang bertoleransi dalam bidang suku, agama, bahasa, kebudayaan, adat istiadat, dan lain – lain. Indonesia adalah negara yang mempunyai beragam kebudayaan, bahasa, kepercayaan, dan adat istiadat. Sehingga penanaman sikap toleransi harus diperhatikan dan diperkenalkan sejak di bangku sekolah.

  Contoh Teks Eksplanasi

Sehingga, pendidikan karakter ini diharapkan mampu membekali siswa di masa yang akan datang berhubungan dengan masa depannya. Siswa harus mempunyai keahlian ataupun skill khusus yang harus dikuasai di zaman modern globalisasi ini.

Pendidikan karakter adalah bekal awal siswa di masa depan. Siswa harus mempunyai sikap toleransi kepada sesamanya dan memiliki skill ataupun potensi diri yang bisa dibanggakan karena siswa merupakan salah satu penerus bangsa yang harus lebih siap menghadapi kemajuan zaman modern ini.


Contoh Teks Eksposisi Tentang Pemanasan Global

Dampak Lingkungan Pemanasan Global

Pemanasan Global merupakan keadaan dimana suhu bumi semakin panas. Pemanasan global ini mengakibatkan berbagai dampak buruk, seperti menipisnya ozon sehingga sinar ultraviolet dapat langsung masuk ke bumi, naiknya permukaan air laut karena mencairnya es di kutub.

Pemanasan global terjadi karena banyaknya gas karbondioksida di atmosfer, sehingga akan menyebabkan ozon semakin menipis. Banyaknya gas karbondioksida yang terdapat di bumi tidak seimbang dengan jumlah pohon yang dapat menyerap karbondioksida. Bahkan bukan hanya itu, hutan-hutan sudah mulai di buka untuk lahan pertanian, perkebunan, atau juga dialih fungsikan dari hutan lindung menjadi hutan produksi.

Beberapa tahun ke belakang ini dunia sedang mengalami kenaikan suhu yang cukup parah.

Pemanasan global tersebut terjadi karena banyaknya gas karbondioksida di atmosfer bumi. Gas kabondioksida tersebut berasal dari asap pabrik, atau dari kendaraan bermotor. Apabila kita melihat sekitar pasti banyak sekali pabrik-pabrik yang beroperasi yang menimbulkan gas karbondioksida.

Ini masih di negara kita, coba banyak yang apa yang terjadi di negara industri? Negara industri pasti memiliki pabrik yang lebih banyak. Coba bayangkan, sebanyak apa kira-kira gas karbondioksida yang berasal dari kegiatan tersebut. Negara-negara industri tersebut seharusnya mengatasi karbondioksida yang dikeluarkan akibat aktivitas dari pabrik-pabrik.

Parahnya lagi, hutan-hutan di dunia yang seharusnya dapat sedikit membantu mengurangi gas karbondioksida yang akan di bumi tidak dapat menjalankan perannya dengan baik. Hal tersebut karena banyak pohon di hutan yang ditebang. Selain penebangan pohon di hutan, beberapa kasus yang terjadi di Indonesia, yaitu pengalihan fungsi hutan, dari hutan yang berfungsi sebagai hutan lindung dialih fungsikan menjadi hutan konservasi. Hal tersebut tentu saja dapat memperburuk keadaan bumi.

Pemanasan global yang sedang melanda bumi beberapa tahun ke belakang semakin parah. Hal ini disebabkan karena banyaknya pabrik yang beroperasi sehingga menimbulkan asap an juga karena asap dari kendaraan bermotor. Keadaan ini diperparah dengan keadaan hutan yang seharusnya dapat berperan dalam mengurangi emisi gas malah banyak hutan yang ditebang. Selain penebangan hutan, alihfungsi hutan juga dapat menyebabkan hutan tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Alihfungsi hutan dari hutan lindung menjadi hutan konservasi sudah mulai banyak terjadi terutama di negara Indonesia.


Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Sirih Merah Sebagai Obat Tradisional

Siri Merah merupakan salah satu jenis tumbuhan rumahan yang sering dijadikan obat tradisional oleh masyarakat. Tumbuhan jenis ini juga dapat dibudidayakan oleh masyarakat sendiri, guna sebagai persediaan tumbuhan obat-obatan tradisional (tesis).

Beberapa penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa tumbuhan tersebut sering dijadikan obat diabetes, maag, kanker, dan juga obat untuk mengatasi masalah ketombe. Di samping itu ada pula yang memanfaatkan tumbuhan jenis ini sebagai obat menyembuhkan keputihan pada area kewanitaan perempuan.

baca juga: Contoh Teks Deskripsi

Masyarakat umumnya menggunakan Sirih Merah dengan cara mengambil dan memanfaatkan daunnya, kemudian daun tersebut diolah melalui perebusan. Kemampuan Sirih Merah ini sebagai tumbuhan obat tradisional, dikarenakan terdapat senyawa aktif yang ada di dalamnya.

Kandungan tersebut seperti polifenol, minyak atsiri, euganol, dan sebagainya. Dengan demikian, hat tersebut dapat dipahami bahwa Sirih Merah mampu dimanfaatkan untuk menyembuhkan beberapa penyakit secara tradisional.


Contoh Teks Eksposisi Tentang Politik

Hindari Caleg Pelaku Korupsi

Partai politik yang akan mengikuti pemilihan umum tahun 2014, harus mempunyai standar pencalonan anggota legislatif yang tegas dan ketat. Kriteria calon anggota legislatif (caleg) mesti jelas dan bisa menjadi instrumen yang bisa mencegah calon-calon bermasalah masuk.

Calon yang pernah tersangkut masalah korupsi atau pelanggar HAM, misalnya, tidak boleh masuk daftar. Hal itu penting untuk memastikan wakil rakyat itu benar-benar bukan orang bermasalah, tetapi figur-figur yang punya integritas.

Tentu saja masing-masing parpol harus punya mekanisme fit and proper test-nya sendiri. Soal kriteria tidak harus sama bagi semua parpol. Namun paling tidak, ada hal-hal prinsip yang mesti dipakai semua parpol dalam menjaring calegnya.

Ini penting mengingat survei telah membuktikan bahwa parlemen, baik di pusat maupun di daerah, adalah lembaga terkorup, demikian ujar Wakil Sekretaris Jenderal Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), Jojo Rohi, terkait dengan kriteria dalam memilih calon legislatif oleh setiap partai politik yang akan bersaing dalam pemilu tahun 2014.

Standardisasi caleg sangat diperlukan karena partai mesti membuat kriteria yang jelas dan tegas tentang siapa saja orang yang layak diusung menjadi caleg partainya. Hal-hal prinsip yang harus dimuat dalam kriteria caleg salah satunya adalah antikorupsi. Konsekuensinya, caleg yang punya track record pernah terlilit kasus korupsi tidak boleh diusung sebagai caleg. Selain antikorupsi, yang harus dipertimbangkan adalah sikap moral dari bakal caleg. Bila yang bersangkutan terbukti pernah punya selingkuhan atau berpoligami, semestinya tidak dapat diusung sebagai caleg.

Sementara itu, pelanggar HAM, merupakan satu bagian dari agenda reformasi yang hingga kini belum tuntas. Pelanggar HAM dalam bentuk apa pun tak dapat dicalonkan sebagai caleg karena fungsi wakil rakyat salah satunya adalah melakukan advokasi terhadap pelanggaran- pelanggaran HAM melalui legislasi. Ironis bila pelanggar HAM mengadvokasi pelanggaran HAM.


Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi

Ekonomi Indonesia

  Contoh Teks Drama

Ekonomi rakyat adalah “kegiatan ekonomi rakyat banyak” . Jika dikaitkan dengan kegiatan pertanian, maka yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi rakyat adalah kegiatan ekonomi petani atau peternak atau nelayan kecil, petani gurem, petani tanpa tanah, nelayan tanpa perahu, dan sejenisnya; dan bukan perkebunan atau peternak besar atau MNC pertanian, dan sejenisnya.

Perspektif lain dari ekonomi rakyat dapat pula dilihat dengan menggunakan perspektif jargon: “ekonomi dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat”

“Dari rakyat”, berarti kegiatan ekonomi itu berkaitan dengan penguasaan rakyat dan aksesibilitas rakyat terhadap sumberdaya ekonomi. Rakyat menguasai dan memiliki hak atas sumberdaya untuk mendukung kegiatan produktif dan konsumtifnya.

“Oleh rakyat”, berarti proses produksi dan konsumsi dilakukan dan diputuskan oleh rakyat. Rakyat memiliki hak atas pengelolaan proses produktif dan konsumtif tersebut. Berkaitan dengan sumberdaya (produktif dan konsumtif), rakyat memiliki alternatif untuk memilih dan menentukan sistem pemanfaatan, seperti berapa banyak jumlah yang harus dimanfaatkan, siapa yang memanfaatkan, bagaimana proses pemanfaatannya, bagaimana menjaga kelestarian bagi proses pemanfaatan berikutnya, dan sebagainya.

“Untuk rakyat”, berarti rakyat banyak merupakan ‘beneficiaries utama dari setiap kegiatan produksi dan konsumsi. Rakyat menerima manfaat, dan indikator kemantaatan paling utama adalah kepentingan rakyat.

Dalam hal ini perlu pula dikemukakan bahwa ekonomi rakyat dapat berkaitan “dengan siapa saja”, dalam arti kegiatan transaksi dapat dilakukan juga dengan “non-ekonomi-rakyat”. Juga tidak ada pembatasan mengenai besaran, jenis produk, sifat usaha, permodalan, dan sebagainya. Ekonomi rakyat tidak eksklusif tetapi inklusif dan terbuka. Walaupun demikian, sifat fundamental diatas telah pula menciptakan suatu sistem ekonomi yang terdiri dari pelaku ekonomi, mekanisme transaksi, norma dan kesepakatan (“rule of the game”) yang khas, yang umumnya telah memfasilitasi ekonomi rakyat untuk survive dan berkembang sejalan dengan perkembangan sosial ekonomi masyarakatnya.


Contoh Teks Eksposisi Tentang Budaya

Budaya Baru, Bukan Berarti Budaya Lama Dilupakan

Seiring perkembangan zaman, banyak budaya dari berbagai daerah masuk ke Indonesia. Namun, budaya asing yang masuk tidak akan mudah diterima oleh masyarakat sekitar. Karena dibutuhkan proses dan kecocokkan pada budaya tersebut. Dengan masuknya budaya asing tersebut, maka terjadilah akulturasi (percampuran budaya) diantara kedua budaya tersebut. Budaya yang masuk akan bercampur dengan budaya setempat sehingga terciptalah budaya baru. Apabila budaya yang masuk merupakan budaya yang sesuai dengan adat setempat, maka akan berdampak positif. Namun, tentu saja ada dampak negatif pada budaya setempat.

Sebagian besar orang mengatakan bahwa sayang sekali apabila budaya asli Indonesia harus hilang karena datangnya budaya baru. Karena setiap Bangsa pasti memiliki ciri khas tersendiri yang tentu berbeda dari yang lainnya. Mereka tidak ingin kebudayaan setempat tidak terdengar lagi keberadaannya di Indonesia.

Mereka juga tidak setuju apabila alasan yang digunakan untuk melupakan budaya Indonesia asli adalah untuk mengikuti perkembangan zaman. Memang kita perlu untuk menyesuaikan dengan era globalisasi yang lebih maju, tetapi budaya asli Indonesia harus tetap menjadi ciri khas di tanah sendiri.

Kita sudah cukup untuk kehilangan budaya yang telah diklaim oleh Negara lain. Contohnya lagu Sayang sayange yang telah diklaim menjadi lagu asli Negara Malaysia. Hal ini dapat terjadi karena dari kesadaran diri yang tidak mau melestarikan budaya Indonesia.

Dengan demikian, berdasarkan alasan diatas, kita jangan mudah untuk menerima budaya asing yang datang ke Indonesia. Karena budaya tersebut bisa jadi berdampak negatif bagi Indonesia dan kita harus tetap melestarikan budaya daerah. Dalam mengatasi masalah ini, perlu adanya koordinasi antara pemerintah dan masyarakat sekitar. Pemerintah dapat mencegah hal tersebut dengan membatasi segala hal yang dapat mempengaruhi masyarakat. Masyarakat sendiri diupayakan terus melestarikan budaya setempat dengan memperhatikan budaya baru yang masuk.


Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Kebersihan lingkungan sekolah adalah salah satu faktor terpenting untuk menciptakan kenyamanan, baik di lingkungan rumah maupun di lingkungan sekitar. Setiap sekolah selalu mengajarkan anak didiknya untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Bahkan, kebersihan sekolah banyak dilombakan untuk menarik minat sekolah agar mereka peduli kebersihan. Cara untuk menjaga kebersihan sekolah, di antaranya membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, menyapu ruang kelas, dan lain-lain.

Pembagian piket kelas menjadi salah satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Petugas piket biasanya melakukan tugas membersihkan ruang kelas. Seperti menyapu kelas, menghapus papan tulis, dan menyiapkan spidol atau kapur tulis. Selain itu, setiap hari jumat selalu digunakan untuk melakukan kerja bakti membersihkan sekolah setelah pelajaran pertama selesai. Banyak manfaat yang diperoleh dari kegiatan “Jum’at Bersih. Selain lingkungan sekolah bersih, hubungan murid dan guru juga bisa semakin akrab dengan adanya kerja sama.

Kebersihan lingkungan sekolah adalah hal yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah dan merupakan faktor yang sangat penting dalam meraih keberhasilan proses belajar mengajar. Kebersihan lingkungan sekolah akan lebih menjamin kebersihan seseorang dan menyehatkan. Kebersihan tidak sama dengan kemewahan, kebersihan adalah usaha manusia agar lingkungan sekolah tetap sehat terawat secara berkesinambungan.

******

Demikian tadi penjelasan tentang contoh teks eksposisi yang juga disertai dengan pembahasan tentang ciri-ciri, struktur, dan jenis-jenisnya. Dari penjelasan di atas kini Anda bisa tahu lebih dalam tentang teks eksposisi dan berdasarkan penjelasan struktur serta jenis beserta contohnya di atas, kini Anda sudah bisa membuat teks Eksposisi sendiri.

Leave a Comment