Contoh Teks Eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi – Teks eksplanasi adalah salah satu jenis teks bacaan yang menjelaskan tentang proses kronologis suatu kejadian, tentang bagaimana dan mengapa sebuah fenomena dapat terjadi. Teks ini pada dasarnya berisi uraian kejadian yang ada di sekitar manusia, kemudian ditulis setelah melalui pengamatan dengan dilandasi keilmuan. Agar lebih memahami tentang apa itu teks eksplanasi, beriku penjelasan tentang pengertian, ciri, struktur, beserta contoh teks eksplanasi.

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi berasal dari kata dasar dalam bahasa Inggris explanation yang dapat diartikan sebagai ‘penjelasan’ atau ‘pemaparan.’ Dari sini sudah bisa diperoleh gambaran bahwa teks eksplanasi merupakan sebuah teks yang berisi penjelasan tentang proses fenomena, kejadian, peristiwa, apapun bentuknya. Teks eksplanasi bisa berkaitan dengan kejadian alam maupun sosial yang terjadi di sekitar.

Dalam teks eksplanasi terdapat berlaku kaidah sebab-akibat yang perlu dijabarkan secara kronologis. Ketika sebuah peristiwa terjadi, pasti ada dua unsur yang berhubungan. Pertama, ada penyebab yang melatarbelakangi terjadinya peristiwa tersebut. Kedua, ada akibat yang ditimbulkan oleh peristiwa tersebut. Dua unsur inilah yang menjadi konstruksi utama teks eksplanasi.

Ciri Teks Eksplanasi

Sebelum membahas lebih jauh tentang contoh teks eksplanasi dalam konteks nyata, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui ciri-ciri teks ini. Mengapa perlu mengenali ciri-ciri teks eksplanasi? Yang paling utama, agar Anda mampu membedakan apakah sebuah teks informatif dapat dikategorikan sebagai teks eksplanasi atau bukan. Berikut penjelasan ringkas ciri-ciri teks eksplanasi.

  • Terdiri Atas Struktur yang Tetap

Teks eksplanasi telah mempunyai struktur tetap yang mengonstruksinya. Struktur inilah yang menjadi pembeda paling signifikan teks eksplanasi dengan teks informatif lainnya. Secara singkat, struktur teks eksplanasi terdiri atas penyataan umum, kronologi atau urutan sebab akibat, kemudian interpretasi terhadap peristiwa yang terjadi.

  • Berisi Informasi Faktual

Jika melihat contoh teks eksplanasi, Anda akan tahu bahwa teks ini berisi tentang informasi faktual atau digambarkan berdasarkan fakta yang ada. Tidak ada unsur fiktif dalam teks eksplanasi, karena memang tergolong naskah non fiksi. Informasi yang diceritakan umumnya berkaitan soal fenomena menarik dan menjadi perbincangan khalayak.

  • Bersifat Informatif

Karena teks eksplanasi memuat informasi faktual yang ditulis tanpa ada rekaan fiktif di dalamnya, maka teks ini pun bersifat informatif. Membaca teks eksplanasi juga dapat menambah pengetahuan baru tentang suatu topik, mengingat ketika membuat teks ini harus dilandasi dengan sudut pandang keilmuan yang dapat dipertanggungjawabkan.

  • Terdapat Sequence Markers

Apa itu sequence makers? Ciri satu ini juga menjadi karakteristik yang hanya ada pada teks eksplanasi. Secara mudanya, sequence makers merupakan acuan kata hubung yang dipakai untuk menggabungkan kronologi tiap fenomena dalam teks eksplanasi. Contoh teks eksplanasi dengan sequence makers misalnya kata ‘pertama’, ‘selanjutnya’, ‘akhirnya’, dan lain-lain.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi menggunakan kalimat pasif, karena menjelaskan sesuatu yang telah terjadi sebelumnya. Model bahasa pada teks eksplanasi ditulis agar membuat justifikasi fenomena yang diterangkan tersebut memang benar adanya. Selain itu, dalam teks eksplanasi umumnya juga menggunakan istilah ilmiah yang belum tentu dipahami orang awam.

Pada beberapa contoh teks eksplanasi Anda akan mendapati bahwa ada banyak kata-kata yang menggunakan verba material serta verba relasional. Meskipun juga mengandung verba jenis lain, verba material beserta verba relasional lebih dominan. Adapun konjungsi yang dipakai dalam teks eksplanasi sebagian besar adalah kata hubung kausal dan konjungsi waktu.

Struktur Teks Eksplanasi

Setiap teks bacaan mempunyai struktur yang membangun sehingga bisa berwujud utuh. Dalam teks eksplanasi terdapat tiga struktur yang perlu dipahami pada saat membaca atau menulisnya. Struktur ini pula yang dipakai untuk menjelaskan runtutan peristiwa atau fenomena dalam sebuah teks eksplanasi. Berikut uraian tentang struktur teks eksplanasi agar mudah dipahami.

  • Pernyataan Umum

Paragraf awal yang mengawali teks eksplanasi merupakan pembuka bacaan berisikan pernyataan umum tentang sebuah peristiwa. Ada contoh teks eksplanasi yang hanya terdiri dari satu paragraf memuat pernyataan umum, ada pula teks eksplanasi yang tersusun atas beberapa paragraf pembuka. Semua itu tergantung panjang bacaan.

Ketika akan menulis teks eksplanasi, Anda perlu memahami bahwa pernyataan umum ini yang akan mengantarkan pembaca untuk menemukan konteks isi bacaan. Ibarat sebuah buku, ada bab kata pengantar yang menggambarkan sebagian besar isu buku agar pembaca bisa lebih paham. Demikian pula dengan teks eksplanasi, pernyataan umum memiliki fungsi yang serupa dengan kata pengantar tersebut.

  • Urutan Sebab Akibat
  Contoh Teks Prosedur Kompleks

Struktur selanjutnya yang menyusun sebuah teks eksplanasi adalah urutan sebab akibat. Pada bagian ini, diuraikan peristiwa atau fenomena yang akan dibahas, kemudian disajikan secara kronologis dalam bentuk paragraf per paragraf yang saling berkesinambungan. Contoh teks eksplanasi yang baik adalah mempertimbangkan kohesi dan koherensi tiap paragraf.

Bagian ini menggambarkan urutan peristiwa dari awal penyebabnya, bagaimana peristiwa itu terjadi, kemudian apa dampak yang ditimbulkan oleh peristiwa tersebut. Pemaparan yang urut akan membuat pembaca lebih mudah membayangkan kronologi fenomena dari awal hingga akhir. Pada setiap paragraf biasanya dihubungkan dengan konjungsi kausal dan waktu.

  • Interpretasi

Struktur terakhir dalam konstruksi contoh teks eksplanasi yaitu interpretasi. Secara mudahnya, bagian ini dapat dipahami sebagai kesimpulan atas apa yang telah dijabarkan sebelumnya. Pada bagian ini informasi yang disampaikan harus sesuai dengan struktur pertama dan kedua, tidak boleh melenceng apalagi saling kontradiksi.

Interpretasi juga menguraikan peristiwa yang telah dipaparkan dalam dua struktur sebelumnya dalam bentuk lebih ringkas. Interpretasi mengacu pada urutan sebab akibat, jadi tidak bisa jika misalnya peristiwa terjadi dalam kronologi A-B-C-D tetapi disimpulkan A-C-D-B pada bagian interpretasi. Jelas ini melanggar prinsip kohesi dan koherensi teks tersebut.

Kumpulan Contoh Teks Eksplanasi

Ada banyak sekali contoh teks eksplanasi dengan berbagai topik yang membahas beraneka fenomena. Contoh paling umum yang umum ditemukan yaitu topik alam. Ketika memasuki musim hujan, tidak sedikit bencana alam yang terjadi seperti banjir atau tanah longsor. Fenomena ini bisa dituliskan menjadi sebuah teks eksplanasi dengan menggunakan pola penulisan sesuai 3 struktur di atas.

Tidak hanya bertemakan alam, ada pula teks eksplanasi yang menjelaskan tentang fenomena kehidupan sosial di sekitar manusia. Beberapa contoh topik yang kerap diangkat antara lain kemiskinan, kebudayaan, dan isu sosial lainnya. Tidak ada perbedaan struktur antara teks eksplanasi alam dengan sosial, hanya beda tema saja. Berikut beberapa contoh teks eksplanasi yang berhubungan dengan tema alam dan sosial.


Contoh Teks Eksplanasi Tentang Banjir

Hampir semua orang telah mengenal apa itu banjir. Fenomena alam satu ini seolah menjadi langganan beberapa wilayah di Indonesia ketika memasuki musim penghujan. Dalam tinjauan ilmiah, banjir merupakan suatu fenomena alam yang berupa naiknya air ke daratan hingga menutupi sebagian hingga seluruh wilayah tersebut. Pada dasarnya banjir adalah bagian dari siklus hidrologi yang berlangsung di bumi ini secara ilmiah.

Dalam proses perputaran air yang ada di dunia, kapasitas air di dalam permukaan bumi bergantung pada curah hujan dan kemampuan serap air dalam tanah. Apabila salah satu unsur ini tidak mampu menjalankan perannya dengan baik, air tidak akan masuk ke dalam tanah dan justru meluber ke permukaan. Inilah yang kemudian memicu terjadinya banjir apabila volumenya terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Secara alamiah, fenomena banjir diakibatkan oleh terjadinya hujan secara lokal serta propagasi limpasan pada daerah hulu dalam satu area tangkapan. Namun ada pula banjir yang disebabkan oleh ulah manusia, misalnya karena penumpukan area serap air dengan sampah, pendangkalan daerah sekitar aliran sungai, dan sebagainya.

Proses banjir yang terjadi secara alamiah diawali dengan hujan turun dan berlangsunglah presipitasi air menuju permukaan tanah. Lazimnya, air akan tertahan di dalam tanah oleh akar tumbuhan atau organisme lain, lalu dialirkan menuju jalur bawah tanah menuju tempat yang lokasinya lebih rendah. Setelah itu, barulah akan sampai ke laut dan sebagian lain akan langsung mengalami penguapan.

Hanya saja pada kasus banjir, air yang sudah ada di dalam tanah tidak mampu diserap secara sempurna. Penyebabnya bisa jadi karena tidak ada tumbuhan yang menjadi penghambat, bisa pula dikarenakan jenis tanah tidak serap air. Akibatnya air pun masih menggenang di atas tanah. Apabila hujan terus terjadi dan air tetap tidak mampu terserap dengan baik, maka genangan akan semakin tinggi menimbulkan banjir.


Contoh Teks Eksplanasi Tentang Tanah Longsor

Longsor adalah sebuah fenomena geologis yang ditandai dengan terjadinya pergerakan massa tanah atau batuan di sebuah dataran (umumnya memiliki relief miring). Bentuk longsor dapat berwujud batuan dalam beragam ukuran, dapat pula berupa gumpalan tanah yang berukuran besar dan jatuh pada area lebih rendah.

Secara umum, fenomena longsor diakibatkan oleh dua faktor, yakni faktor pendorong serta faktor pemicu. Faktor pendorong merupakan penyebab longsor yang dipengaruhi oleh kondisi material itu sendiri, sehingga sifatnya lebih alami. Adapun faktor pemicu ialah penyebab longsor yang menyebabkan material bergerak dengan sendirinya.

Sebenarnya yang menjadi penyebab utama longsor adalah karena pengaruh gravitasi sehingga benda-benda di ketinggian akan otomatis jatuh menuju lokasi yang letaknya lebih rendah. Pada konteks longsor, material tersebut meluncur dari atas menuju area di bawahnya. Banyaknya material bergantung pada kondisi tanah di atas. Jika ada pohon, bukan tidak mungkin pohon ini pun akan ikut terbawa longsoran.

Selain dikarenakan faktor utama, ada pula faktor yang turut mendukung terjadinya longsor di suatu wilayah antara lain erosi, hujan lebat yang memperlemah saturasi pada bebatuan dan tanah di lereng, gunung api menimbulkan debu yang dapat bertumpuk, serta masih banyak faktor lainnya.

baca juga: Contoh Teks Drama

Longsor tergolong bencana yang masih dapat dicegah dengan menjalankan upaya preventif. Meskipun ketika sudah benar terjadi tidak ada yang bisa dilakukan, setidaknya dengan melakukan beberapa cara antisipasi bisa mencegah bencana ini sebelum kejadian. Misalnya dengan melakukan penghijauan pada area sekitar lereng gunung. Akar tumbuhan yang kuat mampu menahan beban sehingga longsor dapat dicegah sejak awal.

  Contoh Teks Deskripsi

Terasering juga berguna untuk mencegah terjadinya longsor terutama pada tanah yang reliefnya miring. Diperlukan langkah-langkah jitu agar potensi longsor dapat diminimalisir sedini mungkin, demi mencegah adanya korban jiwa maupun harta. Kunci paling penting dalam upaya mengatasi longsor adalah tidak menggunduli hutan apalagi yang berada di pegunungan.


Contoh Teks Eksplanasi Tentang Gempa Bumi

Bagi wilayah yang berada di cincin api Pasifik, tentu sudah bukan hal langka jika gempa kerap terjadi. Termasuk Indonesia, berada di atas lempeng bumi yang senantiasa bergerak menyebabkan terjadinya tumbukan yang kemudian disebut gempa. Pada hakikatnya, gempa adalah pergerakan bumi sehingga menyebabkan tanah di atasnya ikut bergerak. Besarnya kekuatan gerakan ini tidak statis, tergantung faktor penyebabnya.

Gempa bumi terbagi menjadi tiga berdasarkan penyebabnya. Pertama, ada gempa tektonik yang disebabkan oleh tumbukan antara lempeng bumi. Kedua, ada gempa vulkanik yang terjadi sebagai bentuk aktivitas vulkanis. Ketiga, ada gempa runtuhan yang umumnya terjadi di goa akibat stalaktit dan stalakmit.

Karena termasuk bencana yang tidak dapat disangka-sangka sebelumnya, ketika gempa terjadi cukup sulit untuk menghindar. Tidak ada upaya preventif yang bisa dilakukan sebagaimana mencegah terjadinya banjir atau longsor. Yang dapat dilakukan adalah mitigasi bencana sehingga tidak banyak korban.

Dampak yang ditimbulkan apabila terjadi gempa dengan skala besar antara lain kerusakan bangunan, korban jiwa, rusaknya instalasi listrik dan fasilitas publik, serta banyak lagi dampak lainnya. Oleh karena itu, mitigasi bencana sangat penting dilakukan dengan melibatkan banyak pihak agar lebih siap menyelamatkan diri ketika sewaktu-waktu terjadi gempa.


Contoh Teks Eksplanasi Tentang Tsunami

Tsunami berasal dari kata dalam bahasa Jepang tsu yang berarti ‘pelabuhan’ dan nami yang artinya ‘gelombang. Secara harfiah, tsunami dapat diartikan sebagai perpindahan air laut menuju daratan secara tiba-tiba yang disebabkan pergerakan atau perubahan permukaan air laut secara vertikal. Perubahan ini bisa jadi karena longsor bawah laut, aktivitas gunung berapi di dasar laut, bisa juga karena hantaman meteor yang jauh ke laut.

Tsunami dapat terjadi apabila ada gangguan yang mengakibatkan perpindahan air dalam jumlah besar. Penyebab terbesar sekitar 90% tsunami ialah karena gempa bumi di bawah laut. Gelombang tsunami yang telah naik secara vertikal bisa merambat ke segala penjuru dengan kekuatan dahsyat. Apabila sudah menerjang daratan, bisa menimbulkan kerusakan yang fatal hingga merobohkan bangunan.

Pada saat kerak bumi bergerak secara vertikal, dasar laut akan naik dan turun secara drastis dalam waktu singkat. Akibatnya kesetimbangan air di laut terganggu. Inilah mengapa kemudian terjadi aliran energi air sangat besar yang mengarah ke daratan, hingga menyebabkan terjadinya tsunami.

Kecepatan gelombang pada saat tsunami berbeda-beda, tergantung kedalaman laut yang mengalami pergerakan vertikal. Rata-rata kecepatannya bisa sampai ratusan kilometer dalam satu jam. Kecepatan ini akan berkurang seiring jarak yang ditempuh, sehingga ketika sudah tiba di daratan akan berkisar di angka 50 km/jam. Dengan kecepatan ini, air laut mendapat energi besar serta bisa merusak area pantai yang dilewatinya.

Gelombang yang diakibatkan oleh tsunami sangat mungkin mencapai puluhan meter tingginya. Hal ini dikarenakan tumbuhan massa air laut yang menjadi satu ketika akan mencapai daratan. Maka tak mengherankan jika tsunami dahsyat bahkan bisa sampai merusak gedung tinggi, mengingat kekuatan massa airnya sangat besar.

Secara geografis, letak kepulauan Nusantara yang berada di lingkaran Cincin Api Pasifik membuat hampir sebagian besar Indonesia berpotensi tsunami. Meskipun sudah ada alat yang diciptakan untuk mendeteksi dini ketika akan terjadi tsunami, masih diperlukan adanya langkah-langkah antisipatif jika suatu saat bencana ini datang secara tiba-tiba.


Contoh Teks Eksplanasi Tentang Petir

Petir, ada pula yang menyebutnya halilintar merupakan salah satu fenomena alam lazim terjadi khususnya saat musim penghujan. Diawali dengan sambaran cahaya di langit, kemudian disusul bunyi guntur yang menggelegar. Dalam kondisi normal, petir tidaklah berbahaya karena termasuk peristiwa alami. Namun, ada kalanya guratan cahaya ini bisa menyambar benda-benda bahkan menyambar manusia.

Tentu banyak orang menyadari bahwa antara kilatan cahaya dengan suara guntur, lebih dulu kilatan cahaya. Hal ini dikarenakan perpindahan cahaya antara dari satu partikel ke partikel lain di langit terjadi lebih cepat daripada perpindahan suara. Jeda waktu ini tidak berlangsung lama, biasanya hanya beberapa detik saja.

Petir terjadi dikarenakan terdapat perbedaan potensial antara bumi dengan awan, atau awan dengan benda langit lain. Awan yang bergerak terus-menerus di langit akan menimbulkan muatan listrik. Jadi selama awan terus bergerak kemudian saling bergesekan dengan awan lain, akan ada muatan listrik positif dan negatif yang bertemu hingga menghasilkan tegangan.

Apabila perbedaan potensial yang terjadi antara bumi dengan awan cukup besar, maka disusul terjadinya pembuatan elektron dari awan menuju bumi guna mencapai kesetimbangan. Proses pembuangan elektron inilah yang menggunakan perantara udara. Pada saat buangan elektron telah menembus batas isolasi di udara, maka akan memunculkan suara menyerupai ledakan. Inilah yang dinamakan petir dan guntur.


Contoh Teks Eksplanasi Tentang Puting Beliung

Pernahkah melihat awan yang berputar kelam di langit yang disusul dengan pusaran angin kencang? Itu adalah salah satu fenomena alam yang bernama puting beliung. Perputaran angin kencang ini terjadi karena kontak antara awan cumulonimbus dengan tanah yang dapat berpotensi menimbulkan kerusakan pada daratan.

  Contoh Teks Ceramah

Bentuk angin puting beliung lazimnya menyerupai corong kondensasi. Pada bagian ujung agak menyempit hingga menyentuh bumi, kemudian membawa apa saja di sekitarnya. Sebenarnya angin puting beliung ini termasuk peristiwa yang terjadi secara alami, yaitu karena bentrokan antara udara panas dengan dingin.

Seringkali puting beliung terjadi saat musim pancaroba. Hal ini karena sewaktu pancaroba udara cenderung tidak stabil akibat pergantian cuaca yang relatif ekstrem. Akibatnya udara pun tidak menentu. Tekanan udara pun tidak stabil, maka semakin memperbesar kemungkinan terjadinya puting beliung.

baca juga: Contoh Teks Ceramah

Dampak yang ditimbulkan oleh puting beliung bisa jadi sangat berbahaya. Jika kecepatan anginnya masih tergolong rendah dan pusarannya tidak terlalu besar, barangkali hanya akan menerbangkan debu dan benda-benda kecil di daratan. Akan tetapi, jika kecepatan angin tinggi ditambah pusaran ukurannya sangat besar, maka bangunan pun bisa rusak akibat terbawa pusaran angin.


Contoh Teks Eksplanasi Tentang Lingkungan Sekolah

Menjaga kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab dari seluruh warga sekolah. Semua pihak harus dilibatkan karena dampak dari lingkungan sekolah yang bersih akan mencakup pada seluruh warga sekolah tanpa terkecuali.

Seluruh warga sekolah wajib menjaga kebersihan sekolah karena lingkungan sekolah yang bersih akan menciptakan kondisi yang kondusif bagi seluruh warga sekolah dalam belajar. Lingkungan sekolah yang bersih akan menjadikan kita merasa nyaman ketika belajar, tanpa harus mencium aroma yang tidak sedap dari sampah, lingkungan yang lembab, maupun sampah bertebaran dimana-mana.

Oleh karena itu, wajib bagi kita sebagai warga sekolah untuk menjaga kebersihan sekolah. Tanpa sekolah yang bersih, sulit bagi kita mencapi prestasi setinggi-tingginya.


Contoh Teks Eksplanasi Tentang Kemiskinan

Kemiskinan merupakan salah satu fenomena sosial yang berwujud rendahnya tingkat pendapatan masyarakat, sehingga untuk memenuhi kehidupan sehari-hari pun tak sanggup. Manusia hidup memerlukan tiga unsur utama, yaitu makanan, pakaian, serta tempat tinggal yang layak. Namun masyarakat pada garis kemiskinan tidak mampu memenuhi sebagian hingga keseluruhan dasar hidup tersebut.

Kemiskinan terjadi dikarenakan beberapa faktor. Pertama, rendahnya SDM yang berdampak pada rendahnya pendidikan sehingga tidak mampu mendapatkan pekerjaan layak untuk menafkahi diri. Kedua, faktor struktur sosial yang memaksa seseorang harus bertahan dalam keterpurukan meskipun sebenarnya ia sudah berusaha keluar dari jerat kemiskinan.

Tingginya harga kebutuhan pokok, minimnya gaji, sedikitnya lapangan kerja, itu semua juga turut menyumbang angka kemiskinan semakin besar. Dampak kemiskinan tidak main-main. Masyarakat menjadi kesulitan mendapatkan kehidupan layak. Bahkan ada yang lebih parah hingga tidak bisa mendapatkan hak-hak dasar seperti pendidikan, kesehatan, dan mempertahankan diri.

Untuk menuntaskan kemiskinan dibutuhkan sinergi dari berbagai pihak. Pemerintah memberikan sarana yang memudahkan akses masyarakat miskin agar mendapatkan kehidupan lebih layak, misalnya seperti memberikan pendidikan dan kesehatan gratis. Selain itu, masyarakat sekitar juga perlu membantu agar orang-orang miskin di sekitar mereka masih bisa terjaga kelangsungan hidupnya, minimal membantu dari segi makanan.


Contoh Teks Eksplanasi Tentang Budaya

Budaya tidak dapat dipisahkan dari manusia, karena budaya ada karena manusia ada. Pada setiap tempat terdapat keanekaragaman budaya masing-masing. Budaya mencerminkan sikap hidup dan pandangan dunia sekelompok masyarakat. Salah satu budaya yang unik dan merepresentasikan pandangan hidup adalah tradisi ngaben di Bali.

Ngaben sejatinya ialah upacara pemakaman yang melibatkan aktivitas pengurusan jenazah. Apabila seseorang meninggal, maka keluarga dan orang-orang terdekat akan melakukan ngaben sebagai bentuk penghormatan terakhir. Upacara ngaben ini dilakukan dengan cara membakar jenazah atau dikenal mula dengan istilah kremasi.

Uniknya, upacara kematian ini diselenggarakan dengan meriah seolah-olah tidak menggambarkan kesedihan usai ditinggal orang yang meninggal. Padahal filosofinya adalah upacara ini diadakan meriah agar menghibur hati keluarga dan orang terdekat yang ditinggalkan. Upacara adat ini pun tak jarang sampai menghabiskan banyak dana untuk menyelenggarakannya.

Upacara tradisi ini oleh disaksikan oleh wisatawan dari luar daerah, meskipun izinnya tergantung pada kebijakan keluarga. Apabila keluarga tidak berkenan ngaben disaksikan orang luar, maka upacara diadakan secara tertutup. Upacara ini pun melibatkan atribut keagamaan dan tata cara sakral yang telah dilakukan umat Hindu berabad-abad lamanya.


Contoh Teks Eksplanasi Tentang Bullying

Disadari atau tidak, tindak bullying saat ini sudah akrab terjadi di sekitar. Secara istilah, bullying atau disebut juga dengan perisakan merupakan sebuah aksi, tindakan, perilaku yang sewenang-wenang antara pihak kuat terhadap pihak lebih lemah. Bentuk aksi ini bisa bermacam-macam, ada yang melakukan kekerasan secara fisik, mengancam, mengintimidasi, bahkan ada pula yang membully secara verbal dengan ucapan.

  Contoh Teks Pidato

Bullying didasari oleh motif agresivitas pelaku yang ingin menunjukkan kuasanya kepada pihak lemah. Sebagian besar bullying diakibatkan pola pikir superioritas terhadap pihak lain, sehingga alih-alih merangkul mereka yang lebih lemah, justru menyerang karena merasa dirinya lebih kuat.

Namun di sisi lain, pelaku bullying juga kerapkali mempunyai permasalahan psikologis yang menyebabkan dirinya melakukan bullying pada pihak lain. Di antaranya rasa rendah diri yang kemudian memaksa ditutupi dengan perbuatan tidak baik. Semata-mata pelaku melakukannya atas dasar pertahanan diri, agar kekurangan diri sendiri tidak dilihat oleh orang lain.

baca juga: Contoh Teks Eksposisi

Tindakan bully dalam bentuk apapun tidak dapat dibenarkan. Dampak paling bahaya dari tindakan bullying kepada korban adalah meninggalkan rasa trauma yang mendalam. Apabila tidak ditangani dengan serius, trauma akibat bullying ini akan bertahan lama hingga korban dewasa. Tentu ini adalah penyiksaan mental yang kejam. Oleh karena itu, bullying perlu dicegah dan dihentikan agar semua pihak merasa nyaman berinteraksi satu sama lain.


Contoh Teks Eksplanasi Tentang Gerhana Bulan

Gerhana bulan merupakan salah satu fenomena alam yang sering kita jumpai. Peristiwa alam ini terjadi apabila bulan beroposisi dengan matahari. Namun, oposisi bulan dengan matahari tidak akan selamanya menghasilkan peristiwa gerhana bulan. Mengapa? Sebab kemiringan bidang orbit bulan terhadap bidang ekliptika sebesar 5°. Akan ada saat dimana terjadi perpotongan bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika, yang kemudian akan menyebabkan munculnya dua titik yang juga dikenal dengan istilah node. Nah, gerhana bulan akan terjadi apabila bulan beroposisi dengan titik nude tersebut. Dibutuhkan sekitar 29,53 hari sampai bulan bergerak dari satu titik ke titik oposisi lainnya.

Faktanya, ketika terjadi gerhana bulan, sebenarnya terkadang penampakan bulan masih dapat terlihat. Hal ini disebabkan karena sinar matahari yang masih tersisa, berbelok menuju arah bulan oleh atmosfer bumi Sinar matahari yang dibelokkan itu tentu memiliki spektrum cahaya kemerahan, yang merupakan alasan mengapa saat peristiwa gerhana bulan, tampilan bulan akan terlihat lebih gelap, biasanya berwarna merah gelap, jingga atau bahkan coklat. Untuk mengamati gerhana bulan, dapat Anda lakukan dengan mata telanjang tanpa adanya bahaya sedikit pun. Pada saat terjadi gerhana bulan, umat Islam yang melihat dan mengamati peristiwa gerhana tersebut disunnahkan untuk melakukan salat gerhana (salat khusuf).

Ketika bayangan bumi menutupi sebagai atau seluruh penampang bulan, maka pada saat itulah akan terjadi gerhana bulan. Terutama ketika bumi menempati posisi di antara matahari dan bulan, dan berada pada satu garis lurus yang sama, yang kemudian membuat sinar Matahari tidak dapat mencapai bulan karena dihalangi oleh posisi bumi saat itu.


Contoh Teks Eksplanasi Tentang Pelangi

Pelangi adalah salah satu fenomena alam yang terjadi setiap setelah hujan. Pelangi merupakan warna-warna indah berupa cahaya yang beraneka macam warna yang tampak saling sejajar di langit. Pelangi bentuknya melengkung dari ujung satu ke ujung lainnya. Pelangi juga memiliki jenis tertentu, yaitu jenis pelangi primer dan pelangi sekunder. Pelangi primer adalah pelangi yang terjadi akibat satu pantulan air hujan yang memiliki warna terkuat. Sedangkan pelangi sekunder adalah pelangi yang terjadi karena pemantulan cahaya sebanyak dua kali atau lebih.

Proses terjadinya pelangi sendiri disebabkan karena pembiasan cahaya matahari oleh butiran-butiran air. Pelangi hanya terjadi pada siang hari. Itu alasan mengapa pelangi tidak akan ditemukan pada malam hari. Tanpa cahaya matahari tidak akan pernah ada pelangi. Selain cahaya matahari, redanya hujan juga menjadi penyebab utama terjadinya pelangi yang berfungsi sebagai penghasil ilusi optik. .

Pada mulanya, proses terjadinya pelangi berasal dari cahaya matahari yang melewati sebuah tetesan hujan. Lalu tetesan hujan tersebut menyimpang menjauhi partikel, kemudian dibiaskan menjadi beragam warna melalui tengah tetesan hujan sehingga memisahkan cahaya putih menjadi warna spektrum. Cahaya pada setiap warna pelangi akan dibelokkan pada sudut yang berbeda yang akan memberikan warna yang indah pada pelangi

Oleh sebab itu, terbentuklah warna-warna pelangi yang bermacam-macam warna. Setiap warna pelangi akan dibelokkan pada sudut yang berbeda. Yang pertama dibelokkan adalah warna ungu, dan yang warna terakhir adalah warna merah. Dan warna pelangi lainnya seperti, kuning, hijau, jingga, biru, nila akan menyusul secara utuh dalam proses penguraian warna. Inilah yang akan membentuk pelangi yang melengkung seperti busur panah.

Pelangi hanya dapat dilihat saat setelah hujan bersamaan dengan matahari. Tetapi harus dari arah berlawanan yang berada diantara matahari dan tetesan air dengan posisi matahari di belakang pengamat tepat pada satu garis lurus. Pelangi juga dapat dilihat dengan jelas di sekitar air terjun. Banyak sekali orang yang menyukai pelangi, tak heran jika pelangi dijadikan sebagai suatu simbol keceriaan secara universal.


Contoh Teks Eksplanasi Tentang Fotosintesis Tumbuhan

Tumbuhan mengolah makanan dengan cara Fotosintesis. Fotosintesis adalah suatu biokimia pembentukan suatu zat makanan karbohidrat yang dilakukan tumbukan, terutama tumbuhan yang mengandung zat hijau daun atau klorofil. Selain tumbuhan berklorofil, makhluk hidup non-klorofil lain berfotosintesis adalah alga dan beberapa jenis bakteri.

Organisme ini berfotosintesis menggunakan zat hara,karbon dioksida, dan air serta bantuan sinar matahari. Prosesnya selalu dimulai dengan energi cahaya yang diserap oleh protein berklorofil yang disebut pusat reaksi fotosintesis. Pada tumbuhan, protein ini disimpan dalam organel disebur kloroplas, sedangkan pada bakteri, protein ini disimpan pada membran plasma. Sebagian dari energi cahaya yang dikumpulkan oleh klorofil disimpan dalam bentuk adenosis trifosfat (ATP). Sisa energinya dismpan untuk mensahkan elektron dari zat seperti air. Elektron ini digunakan dalam reaksi yang mengubah karbon dioksida menjadi senyawa organik.

Fotosintesis sangat penting bagi semua kehidupan aerobik di bumi karena selain untuk menjaga tingkat normal oksigen di atmosfer, fotosintesis juga merupakan sumber energi bagi hampir semua kehidupan di bumi, baik secara langsung maupun tidak langsung.


Contoh Teks Eksplanasi Tentang Virus Corona

Virus Corona atau COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) merupakan pandemi yang pertama kali ditemukan di daerah kota Wuhan, Cina pada akhir Desember 2019 lalu. Virus ini menyebar dengan sangat cepat dan menyebar ke berbagai wilayah. Virus Corona sendiri sudah masuk ke Indonesia pada awal bulan Maret 2020 dan hingga kini masih terus menyebar.

  Contoh Teks Prosedur Kompleks

Virus Corona adalah bentuk kumpulan virus yang mampu menginfeksi sistem pernafasan manusia. Kemudian virus ini akan terus menginfeksi jika imun tubuh lemah dapat berujung pada kematian. Awalnya virus Corona diduga ditularkan dari hewan liar yang dimakan oleh manusia, seperti kelelawar dan ular. Namun belum ada bukti yang kuat untuk dugaan tersebut. Karena penyebarannya yang sangat cepat dan luas, virus Corona telah ditetapkan sebagai pandemi global hingga saat ini. Dan menyebabkan banyak kerugian bagi semua pihak.

Rajin-rajinlah mencuci tangan dan mengenakan masker ketika ke luar rumah untuk mencegah penyebaran virus ini. Kita semua berharap agar virus ini menghilang secepatnya dan kondisi kembali seperti sedia kala.


Contoh Teks Eksplanasi Tentang Pengangguran

Pengangguran adalah salah satu fenomena sosial yang berhubungan dengan aspek ketenagakerjaan dan menjadi permasalahan umum di masyarakat. Pengangguran bagaikan sebuah penyakit kronik yang akan menyerang sisi kehidupan dalam bermasyarakat. telah banyak formula dalam penanganan yang telah diambil. Namun dalam permasalahan ini tidak juga tuntas. Tidak hanya di Indonesia, masalah pengangguran ini sudah ditemukan hampir di semua negara. Setiap pemerintahan di dunia telah menjadikan masalah pengangguran sebagai agenda utama. Secara umum, banyak yang sudah mengartikan bahwa pengangguran ialah orang dewasa yang tak bekerja, masih mencari pekerjaan, atau tiadk mempunyai pekerjaan secara formal dan tidak memperoleh penghasilan. Selain itu, pada Badan Pusat Statistik (BPS) secara spesifik telah memberikan definisi mengenai pengangguran yakni setiap orang yang telah bekerja sekitar kurang dari 1 jam pada setiap minggu.

Terdapat beberapa faktor yang paling mendasar dan menjadi penyebab munculnya pengangguran. Pengangguran umumnya disebabka adanya kesenjangan antara kesempatan kerja dan pencari kerja. Pengangguran juga bisa disebabkan adanya suatu perubahan structural di dalam perekonomian. Perubahan tersebut menimbulkan adanya kebutuhan terhadap tenaga kerja dengan segala jenis atau tingkat keterampilan yang berbeda-beda. Selain itu, kualifikasi yang dipunyai oleh para pencari kerja tak sesuai dengan tuntutan yang hadir. Seringkali terjadi adanya pengangguran yang disebabkan oleh pemutusan hubungan kerja terhadap buruh atau karyawan yang biasa disebut PHK.

Akibat munculnya pengangguran tersebut dapat menimbulkan segala macam persoalan sosial dan ekonomi bagi yang mengalaminya. Orang yang tak mempunyai mata pencaharian juga tidak bisa mendapat penghasilan dan yang tak berpenghasilan tak dapat membelanjakan uang dalam membeli barang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Jika jumlah pengangguran sangat banyak akan timbul kekacauan sosial, jika jumlah gelandangan semakin meningkat pesat akan terjadi kriminalitasi yang terlalu tinggi.

Berdasarkan urauan di atas sudah sangat jelas bahwa pengangguran merupakan permasalahan besar yang harus segera diselesaikan dan diberikan solusi. Langkah yang nyata untuk bisa ditempuh yaitu dengan memperbaiki keadaan lapangan kerja. Dengan semakin baiknya keadaan lapangan kerja, kekerasan sosial yang disebabkan oleh pengangguran dapat diatasi atau dikurangi. Disamping itu, dapat memperbaiki komposisi lulusan sarjana yang dihasilkan dan mesti dissuaikan dengan adanya kebutuhan pasar tenaga kerja. Langkah yang baik lagi jka kita dapat memberikan keterampilan yang memadai untuk mereka yang masih bekerja sehingga mampu menciptakan lapangan kerja sendiri. Semua langkah tersebut mesti segera kita laksanakan agar memecahkan permasalahan pengangguran yang tak kunjung selesai.

*******

Itulah penjelasan seputar teks eksplanasi beserta ciri-ciri, struktur, dan contohnya. Fungsi utama teks eksplanasi antara lain memaparkan kejadian atau fenomena dalam bentuk silogisme sebab-akibat, sehingga pembaca bisa memilah informasi yang didapat secara akurat dan terpercaya.

contoh teks eksplanasi
contoh teks eksplanasi | unsplash.com

Dari uraian dan contoh teks eksplanasi yang telah dipaparkan di atas, Anda bisa lebih memahami jenis teks informatif satu ini, mengingat ada banyak sekali contoh teks eksplanasi yang bisa dijumpai di sekitar. Semoga Bermanfaat.

Leave a Comment