Contoh Teks Diskusi

Contoh Teks Diskusi Lengkap – Dalam kehidupan sehari-hari, Anda sudah mempraktikan cara berdiskusi baik disadari ataupun tidak. Namun, terdapat kegiatan diskusi yang sifatnya formal sehingga membutuhkan teks diskusi. Teks diskusi ini nantinya sebagai rangkuman hasil diskusi yang telah dilakukan dalam suatu pertemuan. Tujuannya agar dapat ditinjau kembali ketika dibutuhkan sewaktu-waktu. Apabila, sebelumnya Anda belum pernah menulis teks tersebut maka bisa mencari referensi contoh teks diskusi terlebih dahulu.

Apa yang Anda ketahui tentang diskusi? Diskusi merupakan suatu pertemuan ilmiah yang diadakan dan para anggota didalamnya bisa saling bertukar pendapat menanggapi masalah yang ada. Sedangkan teks diskusi merupakan catatan bahan yang ditulis di selembar kertas atau word dengan isi berupa pendapat-pendapat yang muncul, pro kontra, gambaran umum masalah, dan lain sebagainya. Intinya, hal-hal penting yang terjadi saat proses diskusi kembali dituangkan dalam bentuk teks.

Pengertian teks diskusi menurut para ahli, misalnya Mulyadi menjabarkan bahwa teks diskusi adalah teks yang berisi paparan suatu masalah, tim pro kontra, dan solusi dari perbedaan pendapat tersebut. Dalam contoh teks diskusi yang benar pasti mengandung argumen dari kedua belah pihak disertai alasannya. Nah, argumen tersebut bisa jadi menentang atau mendukung permasalahan yang sedang dibahas. Oleh karena itu, untuk menyatukan kedua aspirasi berbeda tersebut diadakan diskusi.

Permasalahan yang dibahas dalam forum diskusi haruslah faktual dan bukan merupakan peristiwa hoax. Dalam melakukan diskusi, dapat melalui pertemuan langsung dan tidak langsung. Pertemuan langsung misalnya dikumpulkan dalam satu tempat yang sama seperti sekolah, kantor, gedung, dan lain-lain. Sedangkan pertemuan tidak langsung melalui media online seperti via chat / telepon. Untuk memperdalam wawasan Anda mengenai materi ini, simak pembahasan contoh teks diskusi berikut.

Struktur Teks Diskusi

Contoh teks diskusi yang baik adalah dengan struktur tepat. Apabila suatu teks tidak mempunyai struktur didalamnya, maka akan meninggalkan kesan tidak beraturan dan berantakan. Oleh karena itu, sebuah struktur penting dipelajari sebagai landasan dasar dalam belajar. Berikut, 3 struktur teks diskusi yang perlu Anda tahu.

  1. Pendahuluan atau Isu

Bagian awal paragraf biasanya akan membahas tentang isu masalah yang sedang terjadi. Biasanya disajikan dalam bentuk gambaran umum yang belum memuat pendapat dari tim kontra maupun pro. Jadi, Anda akan disuguhkan deskripsi sekilas tentang suatu permasalahan sehingga baru dibuka jalan untuk menyampaikan pendapat.

Contoh teks diskusi bagian pendahuluan yaitu seperti, “Tsunami yang terjadi di Aceh menimbulkan kerusakan besar pada sarana dan prasarana infrastruktur serta memerlukan dana renovasi melimpah”. Dari kutipan kalimat tersebut, dapat diketahui bahwa isu masalah yang terjadi ialah terkait bencana tsunami di Aceh dan biaya perbaikannya yang mahal.

  1. Argumen

Nah, pada bagian struktur argumen, anggota yang hadir dalam pertemuan diskusi bisa saling menyampaikan pendapatnya terkait isu permasalahan yang dibahas. Ketika salah seorang menyampaikan argumennya, akan disusul dengan pendapat lain yang bisa jadi mendukung atau justru menolaknya.

Penulisan dalam contoh teks diskusi bisa dibedakan sebagai pendapat tim oposisi dan afirmasi. Opini yang disampaikan haruslah berbobot dan didukung dengan bukti-bukti kuat. Alasan yang mendasari penolakan atau penyetujuan haruslah logis dan dapat diterima.

  1. Kesimpulan

Sampai di akhir teks diskusi, Anda akan mengetahui kesimpulan yang bisa ditarik dari diskusi yang telah dilaksanakan. Dalam kesimpulan ini, pendapat antara tim oposisi dan afirmasi saling digabungkan dan mendapat solusi alternatif yang disetujui bersama dengan memperhatikan setiap opini yang ada.

Ciri Teks Diskusi

contoh teks diskusi dan cirinya
contoh teks diskusi | unsplash.com

Agar Anda dapat mengidentifikasikan apakah suatu bacaan merupakan contoh teks diskusi maka perlu mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu. Jadi, ketika menemukan atau disuruh membandingkan antara teks satu dengan yang lain Anda bisa menjawabnya secara benar.

  1. Struktur teksnya lengkap mulai dari gambaran umum masalah sampai dengan kesimpulan atau saran yang dapat diambil.
  2. Ciri bahasanya memakai konjungsi pengontrasan atau perbandingan misalnya seperti, namun, di pihak lain, tetapi, dan lain sebagainya. Selain itu juga memakai kata pendukung dan istilah-istilah umum.
  3. Verba-verba yang terkandung dalam contoh teks diskusi meliputi relasional, mentalism dan material secara proporsional.
  4. Ketika membangun sebuah opini yang ingin diajukan dilandasi dengan modalitas yang mendukung. Biasanya berupa data, kemungkinan, ataupun kenyataan.
  Contoh Teks Deskripsi

Jenis-Jenis Teks Diskusi

Teks diskusi mempunyai beberapa jenis yang mempunyai pengertian berbeda tergantung situasinya. Lantas, apa saja jenis-jenis teks diskusi tersebut?

  1. Diskusi Panel

Ciri utama dari diskusi panel ialah setiap anggota yang hadir duduk saling berhadapan sehingga ketika proses diskusi dimulai, penyampaian pendapat lebih mudah dilakukan. Sebelumnya, setiap kelompok telah mempersiapkan materi yang hendak di bahas di forum diskusi panel. Karena, pembahasan akan berlangsung dengan melibatkan pendengar diskusi atau warga masyarakat.

  1. Muktamar

Muktamar merupakan pertemuan diskusi yang diselenggarakan oleh pimpinan dalam suatu organisasi. Sedangkan para hadirin yang hadir ialah anggota wakil dari organisasi tersebut. Biasanya, membahas isu masalah yang sedang hangat terjadi dan butuh pengambilan keputusan segera. Contoh teks diskusi muktamar yaitu yang terjadi dalam suatu kongres atau konferensi.

  1. Seminar

Apakah Anda pernah mengikuti acara seminar? Kalau pernah, pasti Anda tahu bagian sesi tanya jawab yang berujung diskusi antara pihak pemateri dengan peserta seminar yang datang. Seminar adalah forum yang dijalankan secara sistematis dan mengundang akademis atau ahli di bidangnya sesuai tema yang dibahas. Topik dari masalah tersebut akan disampaikan secara terbuka serta melibatkan interaksi dengan peserta yang hadir.

  1. Lokakarya

Pertemuan yang mengundang para ahli di bidang tertentu saja disebut dengan lokakarya. Hal yang didiskusikan melalui pertemuan ini ada kaitannya dengan masalah yang dihadapi oleh ahli di bidang tersebut. Jadi, bersama-sama saling menyampaikan pendapat untuk menghasilkan solusi alternatif.

  1. Simposium

Sebuah pidato atau ceramah singkat yang disampaikan di depan para hadirin disebut dengan simposium. Dalam penyampaiannya diwakilkan satu orang sebagai pemimpin agar dapat membuka sesi diskusi terbuka yang mana setiap hadirin boleh mengutarakan opininya sebebas mungkin.

  1. Brainstorming

Brainstorming merupakan pertemuan diskusi yang membahas tentang penciptaan suatu barang dan melibatkan inovasi serta kreativitas tinggi. Pembahasan yang didiskusikan berupa masalah yang dihadapi ketika proses pembuatan atau efek jangka waktu ke depannya. Contoh teks diskusi ialah gagasan pendapat dari setiap kelompok akan dikumpulkan menjadi satu.

  1. Kongres

Kongres adalah pertemuan yang digelar dalam skala besar dan biasanya melibatkan para tokoh masyarakat terkenal. Diskusi dijalankan oleh para wakil organisasi baik digolongkan secara profesi, politik, atau sosial.

  1. Sarasehan

Diskusi yang dilaksanakan melalui cara mengundang sekelompok individu tertentu sering terjadi di sarasehan. Jadi, Anda bisa mendengarkan argumen-argumen dari para ahli langsung terkait isu masalah yang sedang dibahas.

Contoh Teks Diskusi Terbaik

contoh teks diskusi terbaik
contoh teks diskusi | pexels.com

Untuk lebih memahami teks diskusi ini, silahkan simak beberapa contoh teks diskusi yang bisa dipelajari berikut ini:

Teks Diskusi tentang Teknologi

Contoh teks diskusi yang berisi permasalahan umum ialah tentang penggunaan handphone bagi pelajar di sekolah formal. Penasaran dengan isinya? Simak contohnya di bawah ini.

Penggunaan Handphone bagi Pelajar

Perkembangan teknologi yang semakin berkembang memungkinkan Anda melakukan aktivitas melalui virtual.

Kehadiran handphone juga termasuk hasil dari perkembangan IPTEK. Dengan menggunakan hp, Anda diberi kemudahan akses untuk melihat, mencari, atau mendengar sesuatu. Banyak sisi positif yang dapat diambil dari penggunaan hp untuk pelajar. Namun, bukan berarti tidak ada sisi negatifnya juga.

Sisi postifif dari penggunaan hp bagi pelajar di lingkungan sekolah yaitu mempermudah akses mencari data mengenai materi yang diajarkan. Karena tidak semuanya tercantum dalam buku fisik dan memerlukan informasi dari berbagai sumber termasuk internet. Selain itu, sudah tersedia beberapa aplikasi yang bertujuan menunjang kegiatan belajar siswa sehingga proses ajar-mengajar dapat berjalan lancar.

Akan tetapi, dibalik sisi positif yang tampak sangat baik tersebut juga menimbulkan efek negatif yang tidak bisa dihiraukan. Penyalahgunaan hp di sekolah mampu membuat para siswa menjadi tidak fokus ketika belajar dan cenderung memanfaatkan penggunaan hp untuk keperluan diluar konteks belajar.

Hp bisa menjadi godaan terbesar bagi siswa terutama bagi usia-usia remaja yang masih memerlukan dampingan dari orang tua. Oleh karena itu, penggunaan hp bagi pelajar masihlah harus dipertimbangkan lagi.

Jalan tengah yang bisa diambil dari perbedaan kedua pendapat tersebut ialah memperbolehkan pelajar menggunakan hp dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi. Misalnya, penggunaan hp hanya boleh ketika jam istirahat dan saat guru meminta siswanya mencari informasi di internet. Selain dari penggunaan tersebut, jika diketahui melanggar tata tertib akan dikenai sanksi sesuai peraturan yang berlaku.

baca juga: Contoh Teks Anekdot


Teks Diskusi tentang Pendidikan

Dari bidang pendidikan terdapat contoh teks diskusi yang bisa dibahas. Topiknya adalah mengenai sistem full day school yang pemerintah terapkan pada sekolah. Isi teksnya seperti di bawah ini.

Sistem Full Day School

Pemerintah menerapkan sistem full day school dan mendapat banyak tanggapan dari para orang tua siswa, terutama. Sistem ini membuat para siswa dalam seminggu hanya masuk selama 5 hari dan libur pada Sabtu dan Minggu. Akan tetapi, siswa harus menempuh belajar selama masuk dari pukul 7 pagi hingga 3 sore. Karena dianggap terlalu lama, beberapa masyarakat yang terlibat mempunyai pandangan berbeda-beda.

Sebagian menyetujui sistem full day ini karena dianggap membantu para siswa lebih aktif di sekolah. Selain itu, cakupan pembelajaran yang diberi akan cukup untuk menyiapkan diri setiap siswa di era modern. Apalagi, dengan adanya full day berarti siswa tidak akan mampir ke tempat lain setelah pulang sekolah. Karena sudah sore dan bisa langsung beristirahat di rumah.

Sedangkan sebagian yang lain menolak karena menganggap sistem full day ini menguras stamina siswa sehingga tidak mempunyai cukup waktu untuk beristirahat. Belum lagi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler tambahan yang berarti jam pulangnya semakin sore.

Oleh karena itu, keberhasilan dari sistem full day ini akan terlihat dari kebijakan yang ditentukan oleh sekolah. Jika memang ingin menerapkan sistem ini berarti harus siap dengan prasarana yang dibutuhkan.


Teks Diskusi tentang Narkoba

Mendengar kata narkoba pasti sudah merujuk ke konotasi negatif seperti penyalahgunaan, pecandu, maupun pengedar. Narkoba sendiri sudah menjadi hal umum di masyarakat. Sebab dampak buruknya bisa menggerogoti nyawa bila dikonsumsi terus-menerus.

Beberapa contoh yang ditimbulkan dari konsumsi narkoba ialah terganggunya konsentrasi, hilang kendali diri, sering mual, kerusakan otak, turunnya nafsu makan, tekanan darah meningkat, dan masih banyak efek buruk lainnya. Jadi, penggunaan narkoba sangatlah berbaya dan harus dihindari.

Akan tetapi, tidak semua narkoba menyebabkan dampak buruk. Buktinya, narkoba masih digunakan dalam dunia medis untuk mengobati pasien. Misalnya seperti obat bius namun dengan dosis ringan.

Kesimpulan yang dapat diambil ialah penggunaan narkoba bisa berakibat baik atau buruk tergantung orangnya. Jangan menggunakan narkoba untuk merusak diri, sejatinya narkoba adalah obat-obat psikotropika yang bisa bermanfaat untuk dunia medis.


Teks Diskusi tentang Internet

contoh teks diskusi tentang internet
contoh teks diskusi | pixabay.com

Contoh teks diskusi mengenai internet bisa Anda cari sumbernya yang melimpah di web penelusuran. Namun, berikut ini akan disajikan teks yang berisi diskusi pembahasan tentang penggunaan internet bagi remaja.

Kehadiran internet memungkinkan Anda mengakses apapun. Sudah banyak siswa yang menggunakan handphone dan terhubung ke jaringan internet. Masyarakat mengibaratkan internet sebagai kemajuan teknologi bagaikan mata pedang dua sisi. Artinya terdapat sisi positif dan negatifnya.

Sisi positif internet bagi remaja ialah kemudahan mencari informasi terkait materi belajar. Tugas sekolah yang tadinya sulit dapat teratasi mudah oleh internet. Selain itu, relasi anak dapat bertambah dengan melakukan komunikasi bersama teman sebayanya.

Namun demikian masih ada sisi negatif yang perlu diwanti-wanti. Tidak semua konten di internet menampilkan hal positif. Banyak iklan-iklan pornografi yang tidak pantas dilihat oleh remaja. Terlebih lagi, kejahatan di dunia maya telah banyak diberitakan dan beberapa korban berasal dari remaja.

Oleh karena itu, dari pihak orang tua harus mengambil tindakan tegas dengan cara mendampingi putra-putrinya ketika sedang bermain smartphone. Dengan begitu, pengendalian bisa dilakukan.

baca juga: Contoh Teks Tanggapan


Teks Diskusi tentang Game Online

Kini, telah tersedia banyak judul game online yang dapat diunduh dan dimainkan secara gratis. Anak-anak remaja hingga dewasa banyak yang menggandrungi game ini. Karena dianggap menyenangkan dan menghibur.

Dampak positif dari game online untuk diri anak yaitu menambah kecerdasan dalam menyusun strategi di game, menambah kosa kata bahasa asing, berinteraksi dengan orang lain melalui mabar atau main bareng, melatih konsentrasi, memicu perkembangan otak dalam berpikir, dan lain sebagainya. Di antara sekian manfaat yang ada, game online memberikan kesenangan hiburan bagi penggunanya.

Sedangkan dampak negatif yang bisa dirasakan akibat memainkan game tanpa henti ialah membuat kecanduan, merusak mata, efisien waktu yang terbuang, menimbulkan rasa malas, dan lain-lain. Beberapa kewajiban bahkan kadang dilupakan saat keasyikan bermain game online.

Kesimpulan yang dapat diambil dari contoh teks diskusi tersebut adalah memilah setiap game yang dimainkan dan bisa memanajemen waktu sehingga tidak menghambat aktivitas yang lain. Boleh-boleh saja bermain game online, namun dengan catatan tetap memperhatikan waktu dan tidak terus-menerus memainkannya sehingga lupa kewajiban yang seharusnya dilaksanakan.


Teks Diskusi Tentang Pelajar

Selanjutnya ada contoh dari teks diskusi tentang pelajar. Isu yang dibahas pada diskusi ini adalah dampak yang ditimbulkan dari penggunaan internet oleh kalangan pelajar. Memang jika dilihat sekilas internet punya lebih banyak sisi positif untuk para pelajar. Namun bukan tidak punya sama sekali dampak negatifnya. Simak uraian perdebatannya berikut ini :

Adanya internet memang sangat mendatangkan keuntungan terutama untuk kehidupan masyarakat saat ini. Kemudahan untuk memperoleh informasi apapun baik positif maupun negatif bisa diperoleh melalui teknologi internet. Semua bisa merasakan manfaat tersebut termasuk kalangan pelajar. Bagi pelajar internet juga punya dampak positif juga negatif.

Untuk dampak positifnya, dengan internet para pelajar dapat memperoleh banyak ilmu yang bisa dipelajari. Kebayakan tugas sekolah saat ini memang bisa dikerjakan dengan mengandalkan internet. Hal tersebut sudah tidak mampu dipungkiri lagi. Namun yang harus dilakukan agar pelajar menggunakannya secara lebih bijak.

Dibalik itu, internet juga bisa berdampak buruk untuk para pelajar misalnya konten pornografi. Situs-situs pornografi semakin mudah ditemukan di laman internet. Dampak dari situs ini tidak juga akan mempengaruhi pengguna internet dewasa, namun juga kalangan pelajar. Karena situs ini juga diduga banyak dikunjungi pelajar yang rata-rata masih di bawah umur.

Oleh karena itu adanya himbauan bagi semua pihak untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Khususnya bagi para orang tua maupun guru untuk bekerja sama mencegah dampak negatif yang bisa ditimbulkan oleh internet. Misalnya mengawasi anak-anak didik mereka untuk memilih konten internet yang berkualitas.


Teks Diskusi Tentang Anak-anak

contoh teks diskusi tentang anak
contoh teks diskusi | freepik.com

Selanjutnya ada contoh teks diskusi yang membahas tentang anak-anak. Topik yang menjadi isi untuk diskusi ini adalah pro kontra penggunaan smartphone bagi anak-anak. Memang ada sisi positif namun juga ada dampak yang kurang baik saat anak-anak bebas menggunakan smartphone. Untuk lebih jelasnya simak contoh penjelasannya berikut ini :

Keberadaan smartphone memang seakan sudah menjadi kebutuhan pada semua kalangan. Melalui alat ini setiap orang dapat berkomunikasi dengan sesamanya menjadi lebih mudah. Kini pengguna smartphone bahkan tidak cuma terbatas hanya orang dewasa saja, tapi juga anak-anak. Namun sebetulnya hal tersebut masih menjadi perdebatan di kalangan masyarakat.

Beberapa orang yang merasa kurang setuju dengan penggunaan smartphone untuk anak-anak menilai jika teknologi ini akan berdampak buruk. Salah satunya konten dan fitur smartphone yang kurang berkualitas dapat merenggut masa bermain anak-anak. Mereka akan cenderung pasif dan kurang mau bersosialisasi. Hingga saat dewasa akan timbul rasa ketergantungan pada smartphone.

Berbeda dengan yang justru menganggap smartphone punya dampak positif bagi perkembangan anak-anak. Misalnya mereka akan lebih terpacu untuk berkreasi. Selain itu, bagi orang tua juga dapat mengurangi rasa cemas. Karena anak-anak dapat sewaktu-waktu dihubungi kapan dan dimanapun. Fitur-fitur pada smartphone juga syarat akan metode pembelajaran yang mendukung kreativitas anak.

Jika melihat penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan jika penggunaan smartphone untuk anak-anak memang masih diperdebatkan. Tentunya oleh kalangan orang tua. Agar lebih aman, sebaiknya orang tua lebih pandai memilah-milah. Misalnya lebih ketat mengawasi anaknya ketika mempergunakan smartphone. Tuntun untuk memilih fitur dan konten hanya yang berkualitas.


Teks Diskusi Tentang Kesehatan

Ada lagi contoh teks diskusi yang membahas tentang topik kesehatan. Pada contoh kali ini dibahas tentang kebiasaan minum teh itu termasuk baik atau malah buruk. Argumen pro dan kontra tentang isi tersebut akan turut dijelaskan pada teks diskusi ini. Berikut ulasan teks diskusi tentang kesehatan selengkapnya :

Bagi banyak orang minum teh merupakan kebiasaan sehari-hari. Minuman teh umumnya disajikan saat sarapan atau ketika bersantai. Sejak diperkenalkan kira-kira 5000 tahun yang lalu, teh sudah dikenal punya beberapa manfaat. Salah satunya adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Namun, yang tidak banyak diketahui, ternyata minum teh berlebihan juga bisa berdampak buruk.

Kandungan teh diduga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Misalnya kandungan polyfenol yang dikenal ampuh sebagai antioksidan. Ada lagi kandungan vitamin C dan vitamin E dalam teh yang dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung. Selain itu kandungan betakaroten, kafein, serta fluornya dapat menjadi solusi untuk mencegah timbulnya karies pada gigi.

Walaupun banyak manfaatnya, namun jika dikonsumsi berlebihan sebetulnya teh juga dapat berdampak tidak baik untuk kesehatan. Kafein pada teh diduga dapat menghambat penyerapan makanan oleh tubuh. Zat tersebut juga sering dikaitkan dengan masalah ketergantungan, yaitu tubuh menjadi kurang berstamina jika tidak meminumnya.

Apalagi kafein juga tidak baik untuk ibu yang sedang menyusui. Diduga, zat tersebut berdampak pada menurunnya kualitas ASI. Ibu yang terlalu over mengkonsumsi kafein juga tidak baik untuk usus bayi yaitu bisa menjadi kejang. Banyak yang belum tahu juga bila kafein punya kandungan mineral yang bisa berpotensi mengakibatkan batu ginjal.

Oleh karena itu, mengkonsumsi teh memang perlu ada takarannya. Sehari sebaiknya minum maksimal 5 cangkir ukuran 200 ml. Untuk dapat merasakan manfaat dari teh, sebaiknya tidak diseduh dengan air yang terlalu banyak serta hindari penambahan gula. Usahakan jangan minum teh saat perut sedang kosong karena dapat memicu naiknya asam lambung.


Teks Diskusi Tentang Lingkungan

Pertama adalah contoh teks diskusi tentang lingkungan. Pokok permasalahan yang dibahas adalah tentang cara menanggulangi sampah dengan dibakar (isu). Nanti di dalam teks diskusi ini akan berisi 2 pendapat pro dan kontra seputar isu tersebut. Berikut ulasan selengkapnya :

Sudah sedari dulu semua beranggapan jika sampah memang sangat mengganggu. Hal tersebut karena sampah sendiri dapat mengakibatkan dampak buruk. Misalnya banjir atau menyebabkan timbulnya penyakit. Di beberapa daerah masalah cara penanggulangan sampah menjadi bahasan terpenting. Hal ini juga cukup banyak menjadi perdebatan sejak dulu.

Menurut banyak orang, sampah adalah sesuatu yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Oleh karena itu sudah sewajarnya jika sampah harus segera dimusnahkan dengan cara dibakar. Namun berbeda dengan mereka pecinta alam. Membakar sampah hanya akan menimbulkan masalah baru. Asap hasil pembakaran justru akan membuat polusi udara, bahkan menipiskan lapisan ozon.

Bagi para penggiat lingkungan, penanggulangan sampah lebih baik dilakukan dengan dekomposting atau bisa dengan sistem daur ulang. Caranya mungkin untuk sampah organic (daun, ranting, sisa buah, dan lain-lain) bisa dimanfaatkan ulang menjadi kompos. Kemudian pada sampah non organic seperti bungkus plastik, dapat dilakukan daur ulang misalnya disulap menjadi kerajinan.

Masalah penanggulangan sampah memang harus diambil jalan yang tepat. Maksudnya harus disesuaikan dengan permasalahan sampah itu sendiri. Namun yang harus diingat, sebenarnya beberapa jenis sampah bisa dimanfaatkan kembali. Hal ini bisa menjadi salah satu pilihan alternatif pemecahan masalah sampah.


Contoh Teks Diskusi Tentang Bencana Alam

contoh teks diskusi tentang sosial
contoh teks diskusi | shutterstock.com

Tanah Longsor

Longsor adalah sebuah peristiwa dimana terjadinya gerakan tanah atau biasa disebut geologi yang terjadi karena adanya pergerakan masa batuan / tanah dengan berbagai tipe dan jenis seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah. Tanah longsor atau amblas secara garis besar bisa terjadi karena dua faktor yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu. Faktor pendorong merupakan faktor yang mempengaruhi kondisi material sendiri, sedangkan faktor pemicu adalah faktor penyebab bergeraknya material tersebut.

Di Indonesia sendiri peristiwa ini hampir sering terjadi. Kebanyakan disebabkan oleh gempa sehingga menggerakkan lempeng bawah tanah sehingga mengakibatkan elemen atau lempeng bawah permukaan menjadi tergeser sehingga menimbulkan pecahan dan terjadinya longsor. Ada banyak hal lagi yang bisa memicu dan menyebabkan terjadinya kelongsoran. Baik itu diakibatkan oleh alam atau karena ulah manusia itu sendiri, diantaranya Tingginya curah hujan, jika musim penghujan dengan durasi lama maka akan terjadi penguapan air di permukaan tanah dalam jumlah besar.

Setelah penguapan maka akan muncul pori-pori atau rongga tanah, kemudian terjadi retakan di permukaan, saat hujan air akan menyusup ke bagian yang retak lalu air akan masuk sehingga terakumulasi di bagian dasar lereng, lalu menimbulkan gerakan lateral kemudian terjadilah longsor. Untuk pencegahan terjadinya longsor bisa dengan menggunakan pohon, karena akar pohon akan banyak membantu dengan cara menyerap air hujan sehingga bisa meminimalisir.

Poin diatas merupakan beberapa penyebab terjadinya kelongsoran. Akibat dari bencana ini tentu tidak sedikit kerugian paling parah adalah korban jiwa, selain itu kerugian materi seperti kehilangan rumah, tanah, harta benda yang harus direlakan karena tetimbun oleh longsoran. Sangat jarang orang dalam longsor bisa menyelamatkan dirinya karena karena kecepatan tanah longsor diperkirakan kecepatannya bisa mencapai 100 km/jam kecepatan yang mustahil untuk lari bagi manusia tanpa peralatan. Selain itu setelah kejadian pun korban selamat tidak sedikit akan mengalami trauma yang mendalam. Jika mendengar suara gemuruh besar di dekat anda maka segeralah lari menuju ketempat atau wilayah dataran stabil. Jangan pergi ke pinggir tebing atau jurang curam karena itu sama saja seperti bunuh diri.


Contoh Teks Diskusi Tentang Pergaulan Bebas

Di zaman sekarang, remaja amat mudah untuk bergaul di luar pemikiran kita. Kenakalan remaja semakin lama semakin menjadi. Banyak orang tua yang sudah melarang anaknya keluar malam sebab mereka takut mereka akan melakukan tindakan yang tidak wajar. Tetapi, ada juga orang tua yang telah membebaskan anaknya untuk keluar di waktu malam hari.

Pergaulan bebas pada remaja seperti ini ada sisi positifnya. Antara lain remaja akan memperoleh teman baru, hubungan antar teman akan semakin akrab serta mereka dapat berbagi pengalaman dan juga pengetahuannya.

Melihat banyaknya sisi positif, tetapi juga memiliki banyak sisi negatif dari adanya pergaulan bebas remaja ini.

Berbagai masalah pergaulan bebas remaja ini terjadi sebab kurangnya perhatian dari orang tua. Sehingga para remaja menjadi tidak terawat serta terjerumus ke dalam hal tidak baik seperti seks bebas, narkoba, dan yang lainnya.

Hingga pada akhirnya membuat prestasi siswa di sekolah menurun karena tidak bisa berkonsentrasi dengan baik ketika pembelajaran dimulai.

Untuk menghadapi pergaulan bebas remaja sekarang ini, maka para remaja juga harus pandai dalam menjaga diri. Mereka harus dapat membedakan mana pergaulan yang baik dengan yang buruk.

Tak hanya itu, dibutuhkan juga pengawasan dari orang tua. Mereka harus terus mengawasi anak – anak mereka supaya tidak terjerumus ke dalam pergaulan negatif.


Contoh Teks Diskusi Tentang Virus Corona

Dengan meningkatnya kasus coronavirus, perburuan obat perawatan coronavirus yang efektif masih berlangsung. Dari semua pilihan pengobatan yang sedang didekati saat ini, Hydroxychloroquine banyak digunakan di negara-negara yang terkena coronavirus.

HCQ muncul sebagai salah satu obat yang paling mudah tersedia. Sayangnya banyak sekali perdebatan besar mengenai kemampuan kerja dan kemanjuran dari Hydrochloroquine untuk pengobatan virus corona ini.

HCQ dipandang sebagai salah satu obat yang paling menjanjikan sejak kasus-kasus mulai meningkat. Sebagai obat anti-malaria, HCQ adalah obat oral anti-virus, yang telah digunakan selama bertahun-tahun untuk mengobati penyakit autoimun, termasuk rheumatoid arthritis juga.

Namun WHO menghentikan uji coba HCQ karena efek sampingnya pada pasien COVID-19 cukup tinggi. Terlihat bahwa pasien yang menerima obat HCQ mempunyai tingkat kematian yang lebih tinggi daripada yang tidak diberikan HCQ.

Terlepas dari ini, perdebatan kuat tentang penggunaan HCQ telah berpusat di sekitar dosis dan penggunaan yang tidak tepat. Selain komplikasi jantung, aritmia, dan masalah jantung, obat ini telah diketahui memicu efek samping seperti sakit kepala, pusing, kram perut, mual, pembengkakan, hingga gangguan penglihatan.

***

  Contoh Teks Eksposisi

Itu dia beberapa contoh teks diskusi dan ulasan materinya yang dapat Anda pelajari untuk menambah wawasan. Inti dari suatu diskusi ialah mempunyai topik masalah yang jelas dan argumen dari tiap kelompok. Baru setelahnya dituangkan dalam bentuk tulisan yang memuat hal-hal penting ketika proses diskusi berlangsung. Menyusun teks diskusi bisa dengan cara menentukan topik, mengumpulkan data, dan menarik kesimpulan akhir.

  Contoh Teks Eksplanasi