Contoh Teks Deskripsi

Contoh Teks Deskripsi – Dalam penggunaan bahasa Indonesia dan teknik menulis kalimat yang baik, tentu Anda sudah mengenal teks deskripsi. Dari segi bahasa dan pengertiannya, teks ini merupakan teks yang memiliki tujuan untuk memberikan gambaran terkait suatu objek dengan rinci dan jelas kepada pembaca. Agar lebih mudah memahami teks ini, berikut merupakan contoh teks deskripsi sekaligus jenis dan cirinya.

Ciri Teks Deskripsi

Penggunaan teks deskripsi memiliki beberapa ciri yang bisa Anda temukan ketika sedang membacanya. Agar tidak salah mengenali teks ini dan menyamakannya dengan jenis teks yang lain, berikut merupakan beberapa ciri dari teks deskripsi yang sebaiknya Anda ketahui:

  • Isi dari teks deskripsi adalah melukiskan atau menggambarkan sesuatu kepada pembaca.
  • Topik yang diangkat atau objek yang dijelaskan digambarkan dengan jelas dan rinci, biasanya menggunakan kesan indera ketika menangkap objek, diantaranya adalah pendengaran, penglihatan maupun penciuman dan indera lainnya sesuai dengan objek.
  • Memberikan kesan kepada pembaca bahwa mereka seolah-olah telah mengalami sendiri atau berhadapan langsung dengan objek tersebut. sehingga pengalaman membaca menjadi lebih nyata dan pembaca bisa terbawa suasana.
  • Di dalamnya Anda akan sering menemukan kata-kata sifat, hal tersebut lumrah ditemui sebab contoh teks deskripsi memang menggunakan kata-kata tersebut guna menjelaskan suatu objek. Bahasa yang digunakan juga variatif, namun umumnya merupakan bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Frasa yang digunakan ketika menulis adalah frasa yang mengandung kata benda.
  • Mengandung kata keterangan tambahan, yang fungsinya untuk memberikan informasi atau pengetahuan tambahan terkait dengan suatu objek, baik tempat, orang, maupun objek lainnya.
  • Sering ditemukan menggunakan kata-kata kiasan yang bersifat metafora maupun yang perumpamaan.
  • Dalam penjelasannya terdapat sifat objek yang berupa ciri fisik tertentu, ciri bentuk, warna objek hingga ukurannya. Kadang juga dijelaskan mengenai kepribadian objek maupun subjek secara terperinci untuk menghidupkan cerita.

Struktur Teks Deskripsi

Selain tentang ciri, penggunaan struktur teks deskripsi juga berbeda dengan jenis teks lain pada umumnya. Sebab jika tidak memperhatikan struktur tersebut maka teks yang dibuat tidak termasuk dalam teks deskripsi. Dalam penulisan teks jenis deskripsi yang baik, umumnya terdapat tiga jenis struktur yang harus digunakan.

Tiga jenis struktur tersebut adalah identifikasi, klasifikasi, dan terakhir adalah deskripsi. Ketiganya harus ada di dalam satu contoh teks deskripsi, dan jika tidak ada salah satu dalam bagian tersebut maka teks tersebut tidak bisa disebut sebagai teks deskripsi. Berikut merupakan penjelasan masing-masing struktur dalam penulisan teks tersebut, yakni:

  1. Identifikasi. Pada bagian pertama ini, penulis akan menentukan elemen apa yang hendak dicantumkan ke dalam teks deskripsi. Elemen tersebut harus sesuai dengan topik yang hendak digunakan. Penulis nantinya akan mendeskripsikan identitas subjek maupun objek yang hendak diceritakan, baik peristiwa, benda, maupun aspek lainnya.
  2. Klasifikasi. Jika identifikasi telah selesai dilakukan, langkah selanjutnya adalah melakukan klasifikasi terhadap susunan kalimat yang hendak digunakan. susunan kalimat tersebut akan dibentuk dalam sebuah kelompok yang memiliki aturan dan kaidah yang juga telah disesuaikan dengan standar penulisan yang benar. Contoh teks deskripsi yang dibuat dengan sistem yang sistematis ini memiliki maksud agar penulis lebih mudah dalam menentukan dan menuliskan gagasan yang dimiliki. Sehingga teks deskripsi menjadi lebih mudah dibaca dan dipahami oleh orang lain.
  3. Deskripsi. Terakhir adalah membuat dan menuliskan gambaran terkait isi dan penjelasan mengenai teks tersebut. penulisan dan pemaparan mengenai suatu objek di dalam topik sebaiknya menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca, sehingga tidak menimbulkan makna ganda yang ada di dalamnya.

Jenis Teks Deskripsi

Penjelasan mengenai contoh teks deskripsi tidak akan lengkap jika tidak membahas jenis-jenis teks deskripsi yang biasanya digunakan dalam penulisan berstruktur kaidah bahasa Indonesia. Terdapat beberapa jenis teks deskripsi yang umumnya sering digunakan, antara lain:

  • Subjektif

Jenis ini merupakan contoh mengenai teks deskripsi yang penggambarannya menggunakan kesan yang dimiliki oleh penulis, sehingga kesan yang diberikan sedikit berpihak tergantung sudut pandang yang digunakan.

  • Spatial

Jenis kedua adalah teks objek yang memberikan gambaran terkait dengan benda, ruang, dan objek lainnya. jenis teks ini cukup sering ditemui dalam berbagai metode kepenulisan, dan masih umum ditemui di novel maupun teks deskripsi biasanya.

  • Objektif

Contoh tek deskripsi yang menggambarkan apa adanya terkait dengan keterangan suatu objek maupun subjek ini merupakan jenis ketiga dari teks deskripsi. Kesan yang digambarkan terlihat apa adanya tanpa memberikan tambahan opini dari penulis. Sehingga pembaca bisa mengembangkan sendiri deskripsi suatu objek dengan lebih luas.

  • Sugestif
  Contoh Teks Ceramah

Untuk teks yang satu ini berarti sebuah karangan yang di dalamnya diciptakan suatu keadaan yang menghanyutkan pembaca. Objek maupun subjek yang digunakan digambarkan melalui imajinasi yang dimiliki oleh pembaca dan memberikan pengalaman berupa interpretasi pembaca, sehingga imajinasi diperlukan untuk mendapatkan gambaran yang lebih detail.

Kalimat yang digunakan dalam contoh teks deskripsi tersebut umumnya merupakan kata sifat, watak suatu subjek, hingga ciri dari objek yang hendak dijelaskan. Sehingga pembaca akan mendapatkan gambaran beserta menciptakan sugesti tertentu sebagai sebuah bentuk penghayatan.

  • Ekspositoris

Jenis terakhir dari teks deskripsi adalah jenis ekspostoris memiliki tujuan untuk membuat pembaca melihat dan merasakan secara langsung objek yang ada di dalam suatu deskripsi. Unsur yang digunakan dalam objek tersebut akan dijelaskan sedemikian rupa, sehingga bisa menambah wawasan pembaca. Agar mudah dipahami, biasanya penjelasan dilakukan dengan menjelaskan secara bertahap bagian dari objek.


Contoh Teks Deskripsi Lengkap

Guna memudahkan Anda untuk lebih memahami teks deskripsi, berikut ini merupakan beberapa contoh yang bisa Anda gunakan untuk belajar. Masing-masing memiliki penjelasan deskriptifnya sendiri, sehingga masing-masing penjelasan memiliki ciri yang sesuai dengan kaidah penulisan yang benar.

contoh teks deskripsi lengkap
contoh teks deskripsi | vecteezy.com

Berikut merupakan beberapa contoh teks deskripsi yang bisa Anda gunakan untuk membuat pemahaman terkait dengan penggunaan dan maksud dari teks deskripsi semakin jelas, antara lain:

Pantun di Indonesia

Secara pengertian bahasa pantun merupakan sebuah puisi lama yang cukup dikenal dengan luas di nusantara, sekarang adalah Indonesia. Jika ditilik dari arti bahasa, pantun berasal dari bahasa Minangkabau dan memiliki makna sebagai ‘penuntun’. Masing-masing daerah memiliki namanya sendiri untuk menyebut pantun.

Contoh teks deskripsi juga tidak terbatas dengan pengertian saja. Di daerah Jawa, pantun disebut dengan parikan, sedangkan di Sunda disebut dengan paparikan. Berbeda dengan daerah Batak, pantun biasanya disebut sebagai umpasa, namun dibaca sebagai uppasa. Terdapat ketentuan yang harus ada di setiap pantun, yakni lariknya harus berjumlah empat buah dan menuliskannya secara empat baris.

Terdapat 8 sampai 12 suku kata dalam satu baris dan harus memiliki sajak jika dibaca. Sajak yang digunakan boleh memiliki irama a-b-a-b ataupun a-a-a-a, tidak boleh selain dua irama tersebut. Dulunya, pantun merupakan sastra lama yang diturunkan dengan model lisan, namun sekarang sudah umum ditemui dalam media tulis.

Tari Saman

Tari Saman adalah tarian tradisional khas yang berasal dari Aceh. Asal dari tarian ini adalah dataran tinggi Gayo, dengan penggunaan bahasa campuran dari Arab dan Aceh. Di masa lalu tarian ini digunakan untuk menyambut berbagai hari besar dan penting dalam Islam.

Jika ditilik dari bahasa, tarian ini berasal dari salah satu ulama Aceh yang bernama Syech Saman. Ketika menarikan tarian ini, alat musik dimainkan untuk mengiringi setiap gerakan penari. Umumnya alat musik yang digunakan adalah alat musik gendang dengan kombinasi suara dari penari ketika mereka memukulkan tangan ke dada dan pangkal paha.

Secara perlahan, irama tarian yang sebelumnya lambat berubah menjadi makin cepat. Suara yang ditampilkan penari juga harus sinkron agar tidak merusak melodi yang diciptakan oleh penari lainnya. Tarian ini dipandu oleh seorang pemimpin yang disebut sebagai syekh.

Danau Toba

Danau Toba merupakan danau yang paling besar yang ada di Indonesia. Danau ini juga dipastikan sebagai danau paling besar di wilayah Asia Tenggara dengan panjang mencapai 100 kilometer dan lebar hingga 30 kilometer.

Danau yang terletak di Sumatera Utara ini memiliki kedalaman hingga 400 meter dan di tengahnya terdapat pulau kecil dengan gunung api vulkanik. Pulau tersebut diberi nama sebagai Pulau Samosir dengan ketinggian puncak tertinggi adalah seribu meter dari permukaan air laut.

Di tengah Pulau Samosir terdapat gunung berapi besar yang masih aktif hingga saat ini dan pernah meletus dengan dahsyat pada 75 ribu tahun yang lalu. Karena ledakan tersebut Danau Toba kemudian terbentuk dan masih ada hingga saat ini. diperkirakan karena letusan tersebut, banyak spesies hewan dan tumbuhan yang akhirnya mati karena tidak mendapatkan sinar matahari.

Pantai Suwuk

Sebagai sebuah tempat wisata, Pantai Suwuk merupakan pantai yang menarik dan memiliki kelebihannya sendiri sebagai pantai wisata. Lokasinya berada di Jawa Tengah, tepatnya di daerah Kebumen, Puring. Nama Suwuk merupakan nama yang diambil dari nama desa tempat pantai tersebut berada.

Contoh teks deskripsi Pantai Suwuk bisa menjelaskan terkait dengan keindahan alam yang ada di sekitarnya. Misalnya dengan mengatakan bahwa ombak yang ada disana berwarna putih berbuih, lahan yang bersih, dan nelayan yang masih aktif untuk mengambil ikan di daerah laut.

baca juga: Contoh Teks Eksposisi

Pengunjung yang biasanya datang untuk berwisata ke pantai ini bisa melakukan berbagai kegiatan yang menarik, mulai dari bermain di bibir pantai, berjemur, hingga bermain dengan keluarga menyusuri pinggiran pantai. Pemandangan pegunungan kapur merupakan pemandangan yang membuat pantai ini terlihat menarik untuk dikunjungi.

  Contoh Teks Drama

Kota Surabaya

Kota Surabaya adalah ibu kota ibu kota jawa timur sekaligus menjadi kota metropolitan terbesar di provinsi tersebut. Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah jakarta. Kota Surabaya juga merupakan pusat bisnis, perdagangan, industri, dan pendidikan di kawasan Indonesia bagian timur. Kota ini terletak 789 km sebelah timur Jakarta, atau 426 km sebelah barat laut Denpasar, Bali. Surabaya terletak di tepi pantai utara pulau Jawa dan berhadapan dengan Selat Madura serta Laut Jawa.

Surabaya memiliki luas sekitar 333,063 km² dengan penduduknya berjumlah 2.813.847 jiwa (2014). Daerah metropolitan Surabaya yaitu Gerbangkertosusil yang berpenduduk sekitar 10 juta jiwa, adalah metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah jabodetabek. Surabaya dilayani oleh Bandara internasional juanda, pelabuhan tanjung perak, dan Pelabuhan ujung.

Surabaya terkenal dengan sebutan Kota Pahlawan karena sejarahnya yang sangat diperhitungkan dalam perjuangan merebut kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajah. Kata Surabaya konon berasal dari cerita mitos pertempuran antara sura (ikan hiu) dan baya (buaya) dan akhirnya menjadi kota Surabaya.

Surabaya terletak di tepi pantai utara provinsi Jawa Timur. Wilayahnya berbatasan dengan selat madura di Utara dan Timur, kabupaten sidoarjo di Selatan, serta kabupaten gresik di Barat. Surabaya berada pada dataran rendah, ketinggian antara 3 – 6 m di atas permukaan laut kecuali di bagian Selatan terdapat 2 bukit landai yaitu di daerah Lidah dan Gayungan ketinggiannya antara 25 – 50 m di atas permukaan laut dan di bagian barat sedikit bergelombang. Surabaya terdapat muara Kali mas, yakni satu dari dua pecahan Sungai berantas.

Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah sebuah gunung dan pemandangan di sekitar yang sangat indah , sebuah gunung yang terletak di daerah probolinggo. di sekitar gunung terdapat asap tebal membubung tinggi yang menyelimuti ujung gunung tersebut, burung burung beterbangan di sekitaran gunung tersebut. hamparan pohon hijau di lereng gunung, dan tampak dari kejauhan sungai yang mengalir dengan deras.

suara suara gemericik air menetes dari daun, cuaca di sekitaran gunung sangat dingin sekali. melihat semua orang sedang beraktivitas dengan pekerjaannya masing masing. tampak ada yang sedang bercocok tanam, menanam sayur buah buah dan lain lain.

Terlihat di sebelah timur matahari terbit, sungguh indahnya melihat matahari terbit . hamparan savana rumput yang sangat hijau , banyak juga orang yang sedang berkuda. menawarkan makanan ringan dan minuman . banyak juga orang yang sedang bermain offroad dengan sepada motor trill nya.

Angin yang berhembus kencang menerbangkan pasir pasir di sekitar gunung. Terdapat tangga menuju puncak gunung , di puncak gunung muncul asap dari dalam gunung . setelah berwisata di gunung kami pun berkemas kemas untuk meninggalkan gunung bromo yang sangat indah.


Contoh Teks Deskripsi Tentang Binantang

Selain mengenai lokasi suatu wilayah, Anda juga bisa menggunakan contoh teks deskripsi untuk melakukan penjelasan mengenai keadaan subjek berupa makhluk hidup. Berikut ini merupakan contoh untuk melakukan deskripsi mengenai hewan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Harimau

Sebagai salah satu keluarga mamalia, harimau merupakan binatang yang sering diasosiasikan tinggal di daerah hutan yang dalam. Hewan tersebut masih satu familia dengan kucing dan memiliki tinggi hingga 1,5 meter dengan panjang mencapai 3,3 meter bagi harimau yang telah dewasa.

Untuk seekor harimau yang sehat, beratnya bisa mencapai 300 kilogram dan berukuran cukup besar untuk menyerang manusia. Bulunya berwarna putih lembut dengan corak coklat keemasan. Beberapa jenis harimau telah dinyatakan punah, namun yang lain masih bisa ditemukan di berbagai tempat reservasi hewan hutan.

Harimau memiliki empat buah kaki, dengan ujung kuku yang tajam. Kuku tersebut digunakan untuk mencakar dan menerkam mangsanya. Di Indonesia, harimau bisa ditemukan di hutan yang masih asli, padang rumput yang tidak berpenghuni, hingga daerah payau dan tembakau.

Kucing

Contoh teks deskripsi lainnya adalah kucing, yang merupakan hewan berkaki empat dan masih menyusui. Terdapat berbagai jenis kucing yang ada di dunia, mulai dari kucing peliharaan dengan varietas yang beraneka ragam, hingga kucing liar dan kucing hutan. Warna bulu kucing beragam, dari putih, hitam, abu-abu, oranye, hingga campuran dari warna-warna tersebut.

Makanan kucing merupakan daging, sebab ia merupakan hewan karnivora. Di habitat aslinya kucing memakan tikus dan hewan kecil lainnya. Namun jika dipelihara kucing bisa diberi makan nasi dengan tambahan daging atau ikan. Jika Anda memelihara kucing, maka jagalah kebersihan kandang dan kucing tersebut.

baca juga: Contoh Teks Eksplanasi

Sebagai hewan peliharaan, kucing merupakan hewan yang cukup jinak, apalagi jika sebelumnya sudah dipelihara sejak kecil. Di musim kawin, kucing akan mengeluarkan suara khas untuk menarik kucing lain yang berlawanan jenis. Setiap mengandung jumlah anak yang ada di dalamnya bervariasi, dari 1 sampai 5 ekor kucing.

Nyamuk

Nyamuk merupakan hewan yang tidak disukai oleh manusia, bentuknya kecil dan terbang kesana-kemari untuk menghisap darah. Darah yang sudah diambil digunakan untuk mematangkan sel telur yang ada di dalam tubuhnya. Jika manusia atau hewan tergigit nyamuk, kulit akan mengeluarkan reaksi alergi dan membuat permukaan kulit bentol-bentol.

Contoh teks deskripsi mengenai nyamuk juga bisa menjelaskan mengenai proses pertumbuhan dan bentuk dari nyamuk itu sendiri. Nyamuk berkembang biak dengan cara bertelur di air yang menggenang, jika sudah menetas telur tersebut akan menjadi larva. Larva akan berubah menjadi pupa, sebelum kemudian menjadi nyamuk muda.

Nyamuk akan terbang ke tempat tinggal manusia dengan melakukan pendeteksian suhu. Suhu yang tinggi cenderung menarik nyamuk, karena itu warna hitam yang memberikan nuansa panas di kulit membuat nyamuk lebih mudah membaca suhu tubuh manusia. Untuk menghindari gigitan nyamuk, Anda bisa menggunakan lotion khusus atau menggunakan obat nyamuk.

Cacing

Selanjutnya adalah contoh teks deskripsi mengenai cacing, seekor hewan yang memiliki fungsi penting dalam proses dekomposi. Cacing berbentuk kecil memanjang berwarna pink atau merah muda, dengan gurat yang halus sebagai bantuan untuk bergerak di dalam tanah. Cacing hidup di bawah permukaan tanah untuk membantu menyuburkan tanah dan memberikan udara di dalamnya.

  Contoh Teks Eksplanasi

Cacing memakan tanaman yang telah membusuk, terutama daun dan bagian akar. Karena itu ia sering disebut sebagai penyubur tanah. Kotoran yang dikeluarkannya menjadi pupuk alami yang baik untuk kesehatan dan kelangsungan hidup tanaman yang ada di sekitarnya.

Cacing tidak hidup secara berkoloni, setelah cacing bertelur, mereka akan menetas dengan sendirinya dan mencari makan secara mandiri. selain dapat menyuburkan tanah, cacing belakangan juga sering digunakan sebagai media pengobatan alternatif. Bentuknya yang menjijikkan bagi sebagian orang dimasak dan diolah sedemikian rupa, sehingga ia bisa dikonsumsi dengan aman oleh manusia.


Contoh Teks Deskripsi Tentang Bangunan

Selain deskripsi mengenai hewan, contoh teks deskripsi juga bisa Anda temukan di berbagai bacaan yang menjelaskan tentang bangunan. Untuk mendeskripsikan bangunan, umumnya digunakan kata sifat. Terdapat berbagai jenis bangunan yang ada di sekitar Anda, dari bangunan ibadah, tempat wisata, hingga tempat tinggal.

Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu objek wisata dan bangunan ibadah agama Budha yang terbesar di Indonesia, bahkan terbesar di Asia. Sebagai sebuah candi, ia dibangun pada abah ke-19 dari dinasti Sailendra, yang merupakan dinasti kerajaan dari masa Mataram Kuno. Konstruksinya cukup besar dan mendapatkan pengaruh dari arsitektur yang berasal dari India.

Candi tersebut dibangun diatas bukit dengan ketinggian mencapai 46 meter dengan delapan tangga. Lima tangga pertama merupakan tangga berbentuk kotak dengan tembok yang mengelilinginya. Sedangkan tiga diatasnya merupakan tangga dengan bentuk melingkar bulat.

Pada tiap tangga terdapat tangga yang melingkar, bentuknya stupa dengan konsep seperti lonceng. Jalan untuk menuju Candi Borobudur sekarang mudah untuk diakses, dengan gang yang membentang sejauh 5 kilometer. Struktur gaya pembuatan candi Borobudur kemudian menjadi inspirasi dari candi yang terdapat di Angkor Wat Kamboja.

Masjid

Masjid merupakan contoh teks deskripsi selanjutnya yang akan dijelaskan dalam bentuk naratif. Masjid merupakan tempat untuk melangsungkan ibadah bagi umat Islam, sehingga bisa disebut sebagai bangunan ibadah. Ukuran masjid cukup bervariasi, tergantung dengan besaran tanah tempat dibangunnya masjid tersebut.

Terdapat bagian tertentu yang harus ada di masjid, biasanya berupa tempat untuk shalat imam dan ruangan yang luas di bagian dalam untuk melaksanakan shalat jamaah. Beberapa masjid dengan bagian yang lebih kompleks memiliki ruangan khusus untuk jamaah putri, jamaah putra, serambi masjid dan tempat untuk melakukan pertemuan khusus.

Masjid biasanya digunakan untuk melaksanakan shalat, baik shalat jamaah maupun shalat dengan kondisi tertentu, seperti shalat Idain atau shalat gerhana. Masjid juga kerap digunakan untuk melangsungkan ceramah dan pengajian, baik untuk ibu-ibu maupun anak-anak. Masjid bisa ditemui dimana saja, dengan jumlah mayoritas pemeluk Islam yang besar.

Sekolah

Sekolah menjadi bangunan selanjutnya yang akan dijelaskan deskripsinya secara naratif. Sekolah merupakan tempat untuk belajar dan menuntut ilmu, sekaligus ruang untuk melakukan praktik sosial dalam lingkup kecil oleh anak-anak. Formalnya tiap sekolah memiliki murid, guru, bangunan, dan kurikulum.

Fasilitas yang terdapat di sekolah beraneka ragam, namun umumnya disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki oleh pihak sekolah. Sekolah dengan status negeri biasanya akan mendapatkan bantuan dana dari pemerintah, sehingga fasilitas dan sarananya lebih merata. Itulah contoh deskripsi sekolah mengenai fasilitas dan isinya.

Di sekolah siswa dan siswi akan belajar untuk mendengarkan pelajaran yang diberikan oleh guru. Pada waktu tertentu, ujian akan dilaksanakan untuk melakukan tes pelajaran yang sudah diajarkan. Di sekolah terdapat tambahan ruang selain ruang untuk belajar, yakni ruang kesehatan, lapangan, kamar mandi, hingga perpustakaan dan kantor guru.

Pasar

Pasar merupakan tempat dilangsungkannya jual beli antara penjual dengan pengunjung yang datang ke tempat tersebut. Pasar dibedakan menjadi pasar permanen dengan gedung, dan pasar non permanen tanpa bangunan. Jika pasar tidak permanen, biasanya penjual hanya membuka lapak dan membereskannya ketika hari sudah siang.

  Contoh Teks Prosedur Kompleks

Pasar memiliki peranan yang penting untuk menggerakkan roda perekonomian. Pasar bisa menjual berbagai kebutuhan masyarakat, baik untuk umum maupun khusus. Anda bisa menemukan pasar di berbagi tempat, baik di kota maupun di wilayah desa. Barang yang dijual pun bervariasi harganya, sesuai dengan standar jual beli di wilayah tersebut.

Di pasar penjual biasanya telah memiliki tempat khusus untuk berjualan, sehingga tidak perlu ribut dengan pedagang lain ketika hendak melakukan proses jual beli atau menata dagangan. Tersedia pula tempat parkir dan kamar mandi umum sebagai bentuk fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola pasar.


Contoh Teks Deskripsi Tentang Makanan

Contoh teks deskripsi lain yang juga sering digunakan adalah deskripsi mengenai makanan. Deskripsi makanan biasanya menjelaskan tentang tampilan masakan, bahan yang digunakan untuk memasak, dan juga rasa dari masakan tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut:

Nasi Goreng

Di Indonesia nasi goreng sering ditemukan di berbagai tempat, baik acara formal maupun acara yang non-formal. Ia memilik variasi makanan yang berbeda, tergantung dengan wilayah dimana masakan tersebut dibuat. Rempah yang digunakan untuk membuat nasi goreng juga bisa disesuaikan dengan selera yang dimiliki oleh pembuatnya.

Bahan utama dari nasi goreng adalah nasi yang sudah matang, kemudian dicampurkan dengan berbagi bumbu hingga berwarna kecoklatan. Sering kali nasi goreng ditambahkan kecap atau saus untuk membuat warnanya menjadi lebih menarik. Dimasukkan pula sayur dan daging agar cita rasa yang di dapatkan semakin enak.

Anda bisa membuat sendiri nasi goreng di rumah ataupun membelinya secara langsung ke penjual nasi goreng. Harganya cukup terjangkau dan sesuai dengan porsi makan yang dimiliki. Umumnya nasi goreng sering dikonsumsi di pagi hari sebagai sarapan, sehingga Anda bisa mendapatkan semangat untuk beraktifitas seharian.

Ayam Goreng

Daging ayam bisa diolah dengan berbagai masakan, contoh teks deskripsi mengenai olahan ayam adalah ayam goreng. Ayam yang sudah dibersihkan akan diberi bumbu sedemikian rupa sehingga ketika digoreng memiliki rasa yang lebih gurih. Beberapa orang lebih senang makan ayam goreng tanpa kulit tepung, yang lain menyukai sebaliknya.

Anda bisa menggoreng ayam kapan saja tanpa perlu menunggu momen khusus. Selain enak, ayam goreng juga cukup terjangkau harganya dan tidak sulit untuk membuatnya. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah, atau jika malas bisa membelinya di luar dengan harga yang tidak begitu mahal.

Karena mengandung banyak kalori, Anda yang sedang melakukan program penurunan berat badan ada baiknya menghindari makanan yang satu ini. selain tinggi kalori, ia juga bisa menyebabkan diabetes atau kolesterol jika dikonsumsi secara berlebihan. Anda bisa mengimbanginya dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan sebagai pelengkap makanan.

baca juga: Contoh Teks Prosedur

Masih ada banyak contoh terkait teks deskripsi yang bisa Anda coba untuk pelajari. Agar semakin mudah, Anda bisa banyak membaca buku untuk melihat bagaimana pola yang benar untuk menuliskan kalimat deskripsi dengan baik. Anda yang hendak menjadi penulis juga memerlukan banyak latihan agar bisa menulis kalimat deskripsi yang tidak monoton.


Contoh Teks Deskripsi Tentang Tanaman

Bunga Melati

Hampir semua orang mengenal bunga ini. Bunga melati merupakan jenis tanaman bunga yang banyak orang kenal karena harumnya. Bunga melati juga sering dijadikan aksesoris pengantin wanita pada adat orang Jawa.

Bahkan karena harumnya yang sangat khas, ada minuman teh yang memiliki aroma melati. Bunga melati juga sering digunakan sebagai bahan dan aroma saat melakukan terapi kecantikan.

Bunga melati berwarna putih, bentuk mahkotanya sedikit lonjong dan kecil mungil. Mahkota bunga melati sangat lembut dan halus serta wangi. Bagi seseorang yang menciumnya maka timbul perasaan ingin menciumnya lagi. Mahkota bunga melati ada tujuh dan berlapis, susunannya datar dan menyirip saling berhadapan menjadikan bunga
ini sangat indah.

Daun bunga melati berbentuk ovate atau bundar telur, pangkal daunnya berbentuk lingkaran yang indah dan semakin ke ujung bentuknya semakin runcing. Pada bagian pinggir daun melati sedikit bergelombang dan permukaannya sedikit berkerut semakin indah ketika tertiup angin. Tak hanya bunganya, daun bunga melati juga sering dijadikan sebagai terapi kesehatan.

Semangka

Semangka adalah salah satu jenis buah yang mengandung banyak air. Buah semangka memiliki biji di dalamnya. Biasanya ada semangka yang memiliki biji warna putih atau hitam kecokelatan. Buah semangka sendiri berwarna merah merona.

Buah ini sangat cocok dinikmati ketika musim panas. Kesegaran buah ini sangat cocok untuk menghilangkan rasa haus. Sensasi buah semangka ketika dimakan pada saat digigit akan terasa renyah dan menumpahkan air dari dagingnya ke dalam mulut. Sensasi ini yang menjadi favorit banyak orang.

Kulit buah semangka berwarna hijau belang-belang putih, hijau tua dan kuning keputihan. Meskipun kulitnya hijau tapi buah semangka tetap berwarna merah dan rasanya manis. Buah semangka memiliki berbagai ukuran sesuai beratnya. Semakin besar buah semangka maka semakin besar pula ukurannya.

  Contoh Teks Eksposisi

Bobot buah semangka bervariasi, mulai dari 4 kg sampai 20 kg. Semangka yang berukuran kecil pada umumnya mencapai 4 sampai 5 kg. Sementara buah semangka yang berukuran sedang beratnya mencapai 6 sampai 10 kg. Jika beratnya sudah lebih dari itu, berarti sudah termasuk buah semangka berukuran besar.

Kentang

Kentang termasuk ke dalam sayur-sayuran meskipun kentang tidak memiliki warna hijau seperti sayuran pada umumnya. Meskipun kentang merupakan jenis sayuran yang tidak berwarna hijau, namun kandungan nutrisi pada kentang juga penting bagi tubuh. Kentang merupakan sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh selain nasi.

Kulit kentang berwarna kecokelatan. Biasanya pada permukaan kulit kentang terdapat bintik-bintik kecil. Sementara kentang itu sendiri berwarna kuning kecokelatan. Jika diiris atau dipotong, permukaan kentang keras tapi lembut atau masir.

Banyak makanan yang terbuat dari kentang. Kentang yang diolah dengan telur lalu digoreng disebut perkedel kentang, kentang yang diiris kemudian digoreng disebut kentang goring, kentang yang di iris lembut kemudian dimasak dengan cabai merah dan gula disebut balado kentang.

Kentang juga digunakan sebagai sayuran di sop. Ada banyak makanan yang diolah dari kentang. Jika memakannya, selain kenyang juga memberikan rasa yang lezat di lidah.


Contoh Teks Deskripsi Tentang Kejadian

Kebakaran

Peristiwa menyedihkan ini terjadi di sebuah rumah kos yang berada di pusat kota Tarakan. Wilayah ini memang sangat terkenal keramaiannya karena menjadi pusat rumah kos yang ada di Tarakan.

Saat itu adalah weekend, beberapa teman kos sudah pulang ke rumah masing-masing. Hanya ada aku dan beberapa orang saja. Bahkan pemilik kos juga sedang berlibur ke luar kota.

Kejadian ini terjadi pada sore hari. Saat itu aku baru selesai menyuji baju dan ingin tidur. Sebelum tidur aku terlebih dahulu mengecas handphone. Kemudian aku tidur agar ketika bangun baterai handphone sudah penuh.

Namun yang terjadi di luar dugaan. Stop kontak yang digunakan untuk mengecas handphoneku mengalami konsleting listrik. Aku terbangun karena terdengar suara gemercik listrik.

Ketika aku bangun api telah menyala dan menyambar sofa di dekat meja tempat aku mengecas handphone. Kobaran api semakin besar dan aku semakin panik. Aku keluar dan meminta bantuan. Namun saying, bantuan yang datang cukup lama karena keadaan saat itu tidak ada orang di kosan.

Aku keluar dan meminta bantuan warga. Seorang warga telah memanggil pemadam kebakaran lalu api dapat dipadamkan. Meskipun begitu hampir seisi kamarku terbakar, semua berkas kuliah, baju dan peralatan lain juga ikut terbakar habis.

Bencana Banjir

Pada bulan ini adalah musim penghujan. Dimana setiap hari selalu diwarnai dengan hujan. Hal itu membuatku harus selalu membawa payung.

Apalagi hujan sering kali datang secara tiba – tiba. Bahkan di saat cuaca cerah sekalipun tidak menuntut kemungkinan untuk turun hujan.

Namun khusus untuk hujan kali ini sangat berbeda. Hujan telah turun sejak dari 2 hari lalu, tepatnya di hari senin. Bahkan hingga hari rabu pun hujan juga tidak kunjung berhenti. Apalagi curah hujan kali ini sangat deras.

Hujan memang membawa suatu berkah dan juga rahmat. Namun dapat pula membawa suatu bencana yiatu banjir. Hal inilah yang sangat aku takuti semenjak hujan turun terus menerus tanpa henti. Walaupun belum ada kemungkinan banjir, namun harus selalu waspada karena banjir dapat datang secara tiba – tiba.

Pada pukul 16.00 kondisi halaman masih stabil dan belum dipenuhi air. Rerumputan pun juga masih terlihat dengan sangat jelas.

Namun saat pukul 20.00, volume air tiba – tiba saja naik sekitar 10 cm. Hingga membuat rumput tidak nampak. Lalu pada pukul 21.00, volume air tidak menunjukkan peningkatan apapun. Hal ini dapat dijadikan suatu pertanda tidak akan terjadi banjir.

Kemudian saat tengah malam, aku terbangun dan tidak mendengar suara hujan. Itu berarti, hujan telah berhenti.

Sayangnya aku melihat air telah masuk di dalam rumah. Beberapa benda yang aku letakan di atas lantai pun mengambang. Volume air yang masuk di dalam rumah begitu tinggi dan hanya sebatang pangkal laki.

Lalu aku pun mulai mengemasi barang dan memindahkannya di tempat yang jauh lebih tinggi. Saat aku sibuk mengemasi barang, aku seorang tersentak dengan volume air yang mencapai lutut laki. Lalu aku pun menyadari bahwa daerah tempat tinggalku telah banjir. Volume air pun semakin lama semakin meningkat hingga ±1 meter.

*******

Demikianlah ciri, struktur dan contoh teks deskripsi yang bisa Anda pelajari, semoga tambahan informasi singkat tersebut bisa membantu Anda memahami teknis terkait penulisan naratif dan menambah wawasan Anda terkait dengan penulisan teks deskripsi yang baik dan benar.

Leave a Comment