Contoh Teks Ceramah

Contoh Teks Ceramah – Apakah Anda sedang mempersiapkan ceramah yang akan dibawakan dihadapan banyak orang? Sebelum Anda membuat ceramah alangkah baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu tentang ceramah. Ceramah sebenarnya sama seperti pidato dimana Anda menyampaikan sesuatu di depan banyak orang.

Namun, ceramah memiliki kaitan yang erat dengan agama sehingga isi dari ceramah ialah tentang kebaikan yang harus dilakukan dalam kehidupan. Ceramah juga seringkali membahas tentang kehidupan di akhirat dan membahas tentang kawajiban dalam setiap agama.

Namun, bukan berarti membuat ceramah adalah satu hal yang mudah,untuk dapat menyampaikan ceramah dengan baik Anda harus mempersiapkan dengan baik pula. Saat Anda telah menguasai materi ceramah tentu Anda akan lebih leluasa menyampaikan ceramah kepada orang lain.

Stuktur Penulisan Teks Ceramah

Sama seperti pidato, dalam ceramah juga terdapat struktur yang harus diperhatikan. Berikut ini ialah struktur ceramah yang harus Anda perhatikan.

  • Pendahuluan, pada bagian pertama Anda harus membuat pendahuluan yang merupakan ucapan pujian dan gambaran isi ceramah secara keseluruhan
  • Isi, materi dari ceramah terfokus pada bagian isi. Anda bisa memilih tema ceramah sesuai dengan event yang dilakukan
  • Penutup, pada bagian penutup ini Anda bisa menyampaikan kesimpulan mengenai ceramah yang telah disampaikan.

Langkah-langkah Membuat Teks Ceramah

Berikut ini ialah langkah membuat teks ceramah yang baik dan benar.

  • Mengenali audiens, Anda harus tahu pada siapa ceramah Anda akan dibawakan. Dengan mengenal audience maka Anda bisa lebih mudah membuat ceramah.
  • Tema yang menarik, pemilihan tema akan menentukan apakah audience akan tertarik untuk mendengarkan ceramah Anda atau tidak. Pilihlah tema yang actual dan terkait dengan audience
  • Menyusun outline, Anda harus membuat kerangka sehingga penyusunan ceramah tetap dalam batasnya.
  • Melakukan riset, Anda juga harus melakukan riset terutama mengenai ayat ayat yang akan digunakan. Pastikan kebenaran Anda dalam menyampaikan ceramah kepada orang banyak.
  • Mulai menulis, selanjutnya Anda sudah bisa mulai menulis teks ceramah yang baik dan benar.

Contoh Ceramah Paling Lengkap

contoh teks ceramah
contoh teks ceramah | unsplash.com

Anda sudah mengetahui tentang ceramah beserta dengan struktur penulisannya. Untuk memudahkan anda, berikut ialah contoh teks ceramah yang bisa Anda jadikan contoh dan referensi pembelajaran.


Contoh Teks Ceramah Agama Islam

Assalammualaikum WR RB

Alhamdullillah alhamdullillahhirrabbi allamin. Assolatu wasalamu ala asrofil ambi ai warmussalim syaidina muhammadin wa’ala alihi wasabbihi aje ma’in ama ba’du.

Kepada Yth. Kepala Sekolah dan guru guru yang saya hormati serta teman teman yang saya sayangi.

Pertama-tama mari kita bersyukur untuk selalu berada dalam lindungan Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan juga kesehatan sehingga kita dapat berkumpul Di tempat ini selama seminggu bertujuan untuk membahas tentang Islam

Pada kesempatan yang sangat membahagiakan ini, saya ingin berbicara tentang Islam yang menyelamatkan hidup kita. Seperti kita ketahui bahwa hidup kita di dunia ini sangat singkat dan sementara. Tetapi kehidupan di sini setelahnya sangat panjang dan abadi.

Allah berfirman dalam Al Qur’an Suci QS: Ali-Imran19:

INADINA INDALLOHIL ISLAM

Sebenarnya agama yang diterima oleh Allah hanya Islam.

Teman-temanku ..

Allah swt telah mengirim lebih dari seratus dua pulu ribu nabi untuk mengingatkan orang-orang tentang kehidupan masa depan mereka dalam dirinya setelah termasuk Allah swt telah mengirim nabi Muhammad melihat sebagai nabi terakhir, sehingga tidak ada nabi yang akan muncul setelahnya . Tidak ada jalan menuju sukses kecuali mengikuti jalan hidup yang dilihat nabi Muhammad berkata:

Man Ahya sunati fazada ahabbani waman ahabbani. kunna manjilihi fil jannati

Siapa pun yang menghidupkan kembali cara hidup saya benar-benar mencintai saya dan siapa pun yang mencintai saya akan bersama saya di surga.
Jika kita ingin memiliki agama yang sempurna dalam hidup kita, kita harus mengikuti empat langkah dari orang-orang sukses itu dengan melakukan upaya untuk mendapatkan enam karakter mulia ke dalam hidup kita.

  • Karakter pertama memiliki makna dari kalimat Lailahaillalah muhammadarosulillah
  • Yang kedua melakukan solat dengan konsentrasi penuh dan dengan rendah hati
  • Pengetahuan ketiga dan ingatan akan Allah
  • Saudara laki-laki muslim penghormatan
  • Kelima niat tulus
  • Keenam mengerahkan dan membawa orang oleh Allah

Jadi sebagai seorang muslim kita harus mengikuti jalan hidup yang dilihat nabi Muhammad. Kita harus sholat lima kali dengan jamaah di masjid, karena dalam mafum hadist seseorang yang melakukan sholat tepat waktu bersama jamaah akan diberikan lima jaminan :

  1. Dia akan dianugerahi mata pencaharian mudah
  2. Hukuman kuburan akan dihapus darinya
  3. Dia akan menerima buku Amal dengan tangan kanannya
  4. Dia akan melewati jembatan Shirot dengan kecepatan pencahayaan
  5. Dia akan memasuki surga tanpa perhitungan
  Contoh Teks Drama

Teman-temanku ..

Dengan hal ini dapat diambil kesimpulan bahwa kita harus melakukan dan mengikuti jalan hidup yang dilihat nabi Muhammad. Terima kasih atas perhatian Anda, jika saya memiliki kesalahan mohon maafkan.

Wassalamualaikum WR WB.

baca juga: Contoh Teks Pidato


Contoh Teks Ceramah tentang Kesabaran

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillah, Puji Kehadiran Allah SWT karena telah membagikan kenikmatan yang lezat. Sampai hari ini kita semua dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat. Pada kesempatan yang membahagiakan ini saya akan memberi sedikit ceramah tentang perlunya kesabaran.

Saudaraku, pertama saya akan membahas apa yang sabar? Pada dasarnya kesabaran berasal dari kata sobaro yasbiru yang artinya memegang. Yang menahan di sini memiliki arti luas. Misalnya saat puasa, kita menanggung semua gairah untuk banyak hal.

Seperti menahan lapar dari panggilan fajar hingga shalat malam tiba untuk berbuka puasa. Selain itu kita juga harus sabar dalam menangani perilaku buruk seseorang kepada kita. Tetapi harus juga diketahui, bahwa tidak semua orang bisa menikmati kesabaran. Karena pada intinya, tidak semua orang bisa bersabar.

Untuk itu, saudara dan saudari sekalian, kita harus selalu berdoa dan mendekat kepada Allah SWT agar diberi kesabaran yang berlimpah dan tanpa batas. Sehingga kita semua mendapat pahala dari-Nya seluas mungkin. Allah SWT mengatakan dalam Surat Al-Baqoroh ayat 153 yang berarti:

“Hai kamu yang percaya, menjadikan kesabaran dan doa sebagai bantuanmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” Merenungkan ayat ini kita dapat menyimpulkan bahwa Allah SWT akan selalu memberikan bantuan untuk setiap hamba-Nya yang ingin melaksanakan semua perintahnya dan menjauhkan diri dari semua larangan-Nya.

Dalam ayat Surah Al Baqoroh disebutkan keuntungan bagi orang yang ingin melakukan shalat wajib 5 kali. Dan mereka yang mampu menegakkan kesabaran mereka. Yaitu Allah SWT akan menjanjikan bantuan ketika Anda memiliki masalah.

Meski begitu saudaraku, kesabaran memang tidak mudah itu adalah ujian. Tetapi justru karena harapan ini bahwa bersabar adalah sarana Allah SWT untuk menguji hambanya apakah ia dapat lulus atau tidak dalam ujian-Nya. Kita harus selalu mencari pengampunan dan pemikiran positif untuk lulus ujian kesabaran yang diberikan oleh Allah SWT.

Demikian sedikit tentang kesabaran yang bisa saya bagikan dengan Anda semua. Semoga setelah mendengar ceramah ini kita semua dapat lebih memahami pentingnya kesabaran. Dan untuk kemudian berlatih dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk alasan ini, saya mengakhiri ceramah hari ini dan meminta maaf jika ada kata-kata selama pengiriman. Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Wabillahi taufiq walhidayyah Wassalamu’alaikum.


Contoh Teks Ceramah Tentang Anak Muda

Assalamualaikum Wr.Wb.

Semua nikmat yang kita miliki merupakan berkat Allah SWT, yang telah melimpahkan berkah, berkah, dan hadiah-Nya kepada kita. Semoga Allah senantiasa memberikan tuntunan-Nya, sehingga kita bisa bersyukur atas semua berkah yang diberikan Allah kepada kita setiap hari.

Jangan lupa kami juga mengucapkan doa dan salam kami, kepada Nabi Muhammad yang membimbing kami. Dari zaman kegelapan hingga hari-hari cerah, yaitu agama Islam rahmatan lil alamin.

Saudara dan saudari yang saya cintai.

Pada kesempatan yang membahagiakan ini, saya akan memberikan ceramah singkat yakni mengenai pergaulan bebas. Yang sekarang bahkan telah menjadi momok yang menakutkan bagi setiap masyarakat, terutama di kalangan remaja. Setiap orang tua harus mengawasi anak-anak mereka 100%, karena sayangnya kebanyakan orang tua hanya mengawasi anak-anak mereka ketika anak-anak di rumah atau ketika anak-anak masih kecil. Tetapi kita sebagai orang tua harus mengerti, bahwa semakin besar mereka, pengaruh dari lingkungan luar akan semakin besar.

Apalagi jika anak-anak ini sudah mulai tertarik dengan lawan jenis, maka perhatian orang tua sangat dibutuhkan di sini. Jangan biarkan anak-anaknya jatuh dalam pergaulan bebas. Dari perasaan tertarik pada lawan jenis, maka muncullah perasaan cinta. Dari situlah terus nafsu seksual.

Meski sebenarnya hasrat seksual ini tidak akan menjadi masalah, pada orang dewasa yang halal. Tetapi itu akan menjadi masalah, jika itu terjadi pada remaja yang baru mengenal dunia luar. Yang menyedihkan adalah bahwa kehidupan remaja sekarang terbiasa dengan hasrat seksual mereka, bahkan jika mereka tidak melakukannya, itu bisa disebut ketinggalan zaman. Naudzubillah.

Karena itu, sebagai orang tua yang baik, Anda harus selalu lebih memperhatikan anak remaja Anda. Dan mengarahkan mereka ke hubungan positif, dengan memilih teman baik. Untuk semua hadirin yang hadir di sini, semoga mereka selalu dapat melindungi anak-anak mereka dari pergaulan bebas.

Demikian sedikit penjelasan tentang pergaulan bebas ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamualaikum WR WB.

baca juga: Contoh Teks Prosedur Kompleks


Contoh Teks Ceramah Tentang Menuntut Ilmu

Kami memuji dan berterima kasih kepada Allah SWT, yang telah melimpahkan berkah dan hadiah-Nya kepada kita semua. Semoga kita selalu diberi tuntunan oleh Allah SWT, sehingga kita selalu bersyukur atas rahmat dan kebaikan yang diberikan oleh-Nya. Selain itu, doa dan salam juga ditawarkan kepada Nabi Muhammad, beserta keluarga dan teman-temannya.

Apa yang selalu membawa kita ke agama kebenaran adalah Islam.

Hadirin sekalian, Hadirin sekalian,

Saya akan menyampaikan sedikit pengetahuan saya tentang belajar. Seperti yang tertulis dalam firman Tuhan dalam Surat Al-Mujadalah ayat 11, yang berarti “Allah akan menaikkan derajat orang-orang yang beriman, dan mereka yang memiliki pengetahuan sampai tingkat tertentu.”

Dalam ayat itu dijelaskan bahwa, mereka yang mempelajari dunia dan akhirat sangat diprioritaskan. Karena jika seseorang memiliki pengetahuan, maka kita bisa melihat semuanya dari berbagai sudut pandang. Pikiran akan selalu jernih, dan juga selalu bijaksana ketika membuat keputusan apa pun.

Contoh kecil belajar adalah bahwa kita telah diajari membaca, menulis, menghitung, menganalisis, dan seterusnya sejak kita muda. Selain itu kami juga mempelajari berbagai ilmu akademik dan terapan seperti matematika, biologi, sosiologi, akuntansi dan sebagainya. Dengan memiliki banyak pengetahuan, wawasan kita akan meningkat.

Jika dalam hidup ini kita hanya diam saja tanpa ingin berpengetahuan, atau tanpa ingin mendapatkan pengetahuan maka hidup kita akan sia-sia. Kita akan menjadi buta tanpa pengetahuan. Mendapatkan pengetahuan bisa dari mana saja, tidak hanya dari sekolah. Kita juga bisa mendapatkan pengetahuan dengan membaca banyak buku, atau dari kehidupan sehari-hari.

Misalnya, ketika kita melakukan hal-hal baik dalam membantu orang, dalam amal, ketika melakukan amal, dan kegiatan positif lainnya. Jadi di situlah kita datang untuk belajar, pengetahuan juga meningkat, dan kita juga mendapatkan hadiahnya. Karena tidak ada yang sia-sia dalam belajar.

Selain itu, ilmu agama juga sangat penting untuk kepentingan kehidupan kita di akhirat. Mendapatkan ilmu agama ini bisa didapat dari berbagai hal. Misalnya dalam pendidikan agama di sekolah, atau dalam studi seperti ini. Sekian penjelasan saya tentang belajar, semoga bermanfaat bagi Anda sekalian.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.


Contoh Teks Ceramah Di Hari Ibu

Assalamualaikum WR WB

  Contoh Teks Eksposisi

Alhamdulilahirobbilamin, kami ucapkan semua pujian kepada Allah SWT. Siapa yang telah menganugerahkan bantuan dan hadiah-Nya bagi kita semua. Semua berkat mulai dari bantuan yang sehat hingga bantuan lain yang telah Dia berikan kepada kita. Semoga kita selalu bersyukur atas berkat yang Tuhan berikan kepada kita.

Jangan lupa doa dan salam dicurahkan ke Nabi Muhammad, bersama keluarga dan teman-temannya.

Saudara dan saudari yang bahagia,

Bertepatan dengan Hari Ibu hari ini, saya ingin menjelaskan sedikit tentang Ibu. Dalam Al Qur’an juga dijelaskan, bahwa seorang ibu sangat mulia dan kita tidak boleh menyakitinya. Kita juga tidak bisa mengatakan Ah padanya, apalagi meneriakinya. Karena keridhoan Allah terletak pada kesenangan seorang ibu. Maka hormati ibumu, dan selalu perlakukan dia dengan baik kapan saja.

Dalam Al-Qur’an, Surat Al-Isra menjelaskan bahwa seorang anak harus selalu memperlakukan ibunya dengan baik. Ibu adalah orang yang telah hamil dengan kita selama 9 bulan dengan kesulitan. Serta melahirkan kita dengan rasa sakit yang luar biasa. Tidak heran dikatakan bahwa cinta ibu selalu ada, dan tidak mengharapkan imbalan apa pun.

Cinta setiap orang tua, terutama ibu, memang tak terbatas dan tanpa ikatan sedikit pun. Bahkan dinyatakan bahwa surga berada di telapak kaki ibu, jadi kita sebagai anak-anak harus berbuat baik sampai akhir hidup kita. Demikian ceramah singkat saya tentang ibu, semoga apa yang saya katakan dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.

baca juga: Contoh Teks Drama


Contoh Teks Ceramah Tentang Kematian

Assalamualaikum Wr. WB

Alhamdulillah kita diberi kesempatan siang ini untuk bertemu di masjid besar ini. Alhamdulillah kita diberi bantuan sehat yang tak tertandingi sehingga kita bisa berkumpul bersama untuk berteman.

Baiklah saudara-saudari sekalian, di sini saya akan menjelaskan sedikit tentang ” kematian ”. Sebagaimana firman Tuhan berarti:

“Setiap jiwa akan merasa mati. Dan hanya pada hari kiamat kau akan dibayar upahmu. Siapa pun yang dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke surga, sungguh dia beruntung. Sesunggunya kehidupan dan kenikmatan di dunia sangat menipu. (Surah Ali Imran 3: 185).

Dari ayat itu dijelaskan bahwa kematian pasti akan datang kepada kita, hanya kita yang menunggu untuk mati. Kita sekarang berada dalam kehidupan fana dan palsu yang tidak kekal. Hanya kehidupan setelah kematian atau kehidupan setelah kematian adalah kehidupan abadi.

Jika beban perbuatan baik kita akan dimasukkan ke surga tetapi jika timbangan amal yang lebih buruk berarti kita akan masuk neraka. Jadi sangat beruntung ketika di dunia ini kita lebih berat dalam melakukan perbuatan baik. Tidak ada keberuntungan yang lebih besar dari surga.

Tetapi kadang-kadang itu tidak disadari karena kita terlalu terhipnotis oleh kesenangan dunia seperti harta, tahta dan wanita, meskipun semua itu tidak akan kita bunuh. Semua itu hanya kesenangan palsu. Hanya praktik kami yang akan membantu kami di hari pertimbangan amal nanti.

Sekian kata-kata dari saya, semoga dapat memberikan segudang manfaat bagi Anda semua.

Wasalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh.


Contoh Teks Ceramah Singkat Tentang Wanita

contoh teks ceramah
contoh teks ceramah | pixabay.com

Assalamualaikum wr.wb

Puji dan syukur marilah kita berdoa kehadiran ilahi Rabi, untuk karunia-Nya kita dapat bersama-sama berkumpul dalam kerangka thalabulilmi, mencari pengetahuan.

  Contoh Teks Deskripsi

Dan kita dapat tetap berhubungan, secara langsung dalam majelis mulia ini dengan cara yang aman, aman, sehat dan sehat. Semoga setiap langkah bisa menjadi hadiah bagi kita semua, bisa menjadi penghapus dosa dan meninggikan di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.

Kami berharap bahwa berkah dan salam akan selalu dikhususkan untuk tuan kami, Nabi Muhammad, untuk keluarganya, teman-teman, tabi’in, tabi’ut tabiahum, untuk kita semua, dan untuk semua rakyatnya sampai waktu yang membuatnya menjadi uswatun hasanah, panutan yang baik.

Hadirin sekalian, diberkati oleh Allah, Sungguh, agama Islam memuliakan dan memuliakan posisi perempuan, dengan menyamakan mereka dengan laki-laki dalam mayoritas hukum Syariah, dalam kewajiban tauhid kepada Allah, menyempurnakan iman, sebagai hadiah dan siksaan, dan umumnya rekomendasi dan larangan dalam Islam.

Allah SWT berfirman dalam QS QS. an-Nisa: 124 yang artinya:

“Siapapun yang melakukan amal saleh, baik seorang pria maupun wanita sementara ia adalah orang beriman, maka mereka akan masuk surga dan mereka tidak akan dianiaya bahkan jika sama sekali (QS an-Nisa; 124)

Dalam ayat lain Allah berfirman itu berarti:

“Barangsiapa yang melakukan amal saleh, baik mereka adalah pria maupun wanita dalam keadaan beriman, kami benar-benar akan memberinya kehidupan yang baik saat ini (di dunia), dan memang kami akan menghadiahi mereka (di akhirat) dengan hadiah yang lebih baik daripada apa mereka telah melakukan (QS an-Nahl: 97).

Karena Islam juga sangat memperhatikan hak-hak perempuan, dan menetapkan hukum-hukum besar untuk melindungi dan melindungi mereka.

Syekh Shaleh al-Fauzan mengatakan: “Wanita Muslim memiliki posisi (hebat) dalam Islam, sehingga mereka mengandalkan banyak tugas (mulia dalam Islam). Oleh karena itu, Nabi selalu memberikan nasihat khusus untuk wanita, bahkan ia melihat disampaikan kehendak khusus tentang wanita dalam khotbahnya di Arafat (ketika ziarah adalah ‘).

Tugas dan peran penting wanita.
Besarnya tanggung jawab dan peran seorang wanita ini jelas terlihat dalam posisinya sebagai pendidik pertama dan terpenting dari generasi muda Islam, yang dengan memberikan bimbingan yang baik bagi mereka, berarti bahwa ia telah mencari perbaikan besar bagi masyarakat dan Muslim. Syekh Muhammad bin Shaleh al-Utsaimin mengatakan, “Sungguh perempuan memiliki peran yang sangatbesar dan penting dalam upaya meningkatkan (kondisi) masyarakat, ini karena (upaya) meningkatkan (kondisi) masyarakat dikejar dari dua sisi:

  1. Yang pertama: perbaikan (kondisi) di luar (rumah), yang dilakukan di pasar, masjid dan tempat-tempat lain di luar (rumah). Peningkatan didominasi oleh pria, karena mereka adalah orang yang bekerja di luar (rumah).
  2. Yang kedua: perbaikan di belakang dinding (di dalam rumah), ini dilakukan di dalam rumah. Tugas ini (mulia) umumnya bergantung pada wanita, karena mereka adalah pemimpin / pendidik di rumah, sebagai firman Allah SWT kepada para istri Nabi SAW.

“Dan seorangwanita harus tinggal di rumahmu, dan tidak menghiasi dan berperilaku seperti orang-orang yang sebelumnya tidak tahu, dan mendirikan doa, membayar sedekah dan mematuhi Allah dan para rasul-Nya. Tentunya Allah berniat untuk menghapus dosa darimu, hai Umpan Ahlul, dan bersihkan doa Anda sebersih mungkin (QS.Al-Ahzaab: 33).

Karena itu, tidak salah jika kita mengatakan; Bahwa sebenarnya setengah atau bahkan lebih dari (jumlah) masyarakat bergantung pada perempuan.

Begitulah ceramah singkat ini. Semoga ceramah Islami tentang kemuliaan wanita ini akan bermanfaat, dan jika ada kesalahan, itu karena kesalahan dan ketidaktahuan pengetahuan saya. mohon maaf atas segala kekurangannya.

Wasslamaulaikum Wr. Wb


Contoh Teks Ceramah Tentang Pendidikan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Ibu guru wali kelas yang saya hormati dan teman-teman sekalian yang saya cintai dan saya banggakan.

Puji syukur Alhamdulillah mari kita ucapkan kepada Allah SWT. yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat walafiat. Tak lupa pula shalawat serta salam kita ucapkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw yang telah memberikan tuntunan kepada kita sehingga kita semua berada pada jalan yang benar.

Pada kesempatan kali ini saya akan berpidato mengenai pendidikan di Indonesia saat ini. Keadaan pendidikan saat ini masih menghadapi persoalan dan tantangan yang kompleks dan mendasar. Kegamangan pendidikan salah satunya disebabkan oleh keraguan menetapkan komitmen terhadap konsep pendidikan yang berkarakter Indonesia.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa selama ini, walaupun telah mengalami berbagai fase perubahan kurikulum yang bersamaan dengan berbagai macam peraturan perundangan, masih saja kualitas pendidikan belum seperti yang diharapkan, terutama jika dilihat dari prestasi yang dibandingkan dengan prestasi pendidikan bangsa-bangsa lain.

Berbicara mengenai hal itu, belum lama ini Indonesia melakukan perombakan kurikulum yang dikenal dengan Kurikulum 2013 atau K13. Apa sebenarnya K13 itu?

Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang merupakan lanjutan pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang telah dikembangkan pada tahun 2004 lalu, yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan secara terpadu.

Perubahan kurikulum ini tentu saja menimbulkan pro dan kontra. Beberapa diantaranya yaitu pendapat bahwa para guru di Indonesia masih belum siap menerapkan kurikulum baru tersebut, distribusi buku dengan kurikulum baru juga mengalami kendala, dan yang paling merasakan dampak kurikulum baru ini tentu saja para siswa.

Teknik belajar mereka diubah, tugas yang diberikan semakin banyak, dan kegiatan lain yang melelahkan siswa juga bertambah.

Pendidikan di Indonesia ini memang sesuatu yang kompleks untuk dibicarakan dan pada akhirnya menimbulkan banyak pertanyaan menggantung. Seperti, “Lantas apa yang dapat kita lakukan?”, “Bagaimana jalan keluarnya?”, dan masih banyak lagi.

Namun pada akhirnya hal itu kembali pada pribadi masing-masing. Seperti yang sudah saya baca dalam berita mengenai pernyataan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, yang menyatakan bahwa peningkatan mutu pendidikan didorong dari pelaku bukan dari aturan.

Maka dari itu, mulai dari sekarang marilah kita melihat diri kita sendiri, mari berusaha untuk memperbaiki perilaku, pandangan, dan pola pikir kita. Sehingga kita bisa lebih menerima apa yang terjadi sekarang maupun yang akan datang, dalam hal ini mengenai pendidikan itu sendiri.

Jika hal itu telah dilaksanakan, meskipun tidak menyelesaikan permasalahan pendidikan seutuhnya, setidaknya kita menjadi pribadi yang lebih baik dan pendidikan di Indonesia pun semakin lama terjalani dengan lebih baik pula.

Sekian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Untuk kata-kata yang kurang berkenan dan kesalahan saya yang lainnya saya mohon maaf sebesar-besarnya. Terimakasih atas perhatian para hadirin semua.

Wassalamualaikum Wr. Wb.


Contoh Teks Ceramah Tentang Covid 19

contoh teks ceramah
contoh teks ceramah | freepik.com

Assalammualaikum wr. wb.

  Contoh Teks Anekdot

Semoga kedamaian, keberkahan, dan rahmat Tuhan Yang Maha Esa senantiasa menyertai kita semua.

Para warga Yogyakarta, juga anak-anakku yang sedang belajar di rumah, Saudara-saudaraku semuanya.

SAYA, Hamengku Buwono, pada hari-hari ini yang sarat akan ketidakpastian, yang digambarkan oleh Pujangga Wekasan, Ranggawarsito, dalam Serat Kalatidha, suasana tidha-tidha yang sulit diramal, penuh rasa was-was, saya mohon para warga agar bersama-sama memanjatkan doa ke haribaan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, agar kita diberi petunjuk di jalan lurus-Nya, kembali pada ketenteraman lahir dan batin.

Di masa tanggap darurat bencana virus corona ini, kita harus menghadapinya dengan sikap sabar-tawakal, tulus-ikhlas, pasrah lahir-batin, disertai ikhtiar yang berkelanjutan. Sama seperti juga bagi saya, yang berkewajiban menjadi pamong praja beserta pamomong rakyat Yogyakarta, harus berpegang teguh pada ajaran Jawa: “Wong sabar rejekine jembar, Ngalah urip luwih berkah”.

Suasana dualistis ini ibarat mata uang logam, di balik “bahaya” ada “peluang”, bagaikan pedang bermata dua, bisa untuk “membunuh musibah” atau “bertahan hidup”. Islam mengajarkan, di balik cobaan hari ini selalu ada berkah yang datang kemudian.

Kemudahan memang tampak enak, dan bisa membuat orang terlena. Di mana seorang pengemudi mobil mengantuk? Bukan di jalan sulit dan sempit, tetapi di jalan raya yang mulus. Pepatah Jawa mengatakan: “kêsandhung ing râtâ, kêbêntus ing tawang”.

Saudara-saudaraku Warga Yogya semuanya,

BERBEDA dengan bencana gempa tahun 2006 yang kasat-mata. Sekarang ini, virus corona itu jika memasuki badan, tidak bisa kita rasakan, dan menyerangnya pun tak terduga- duga. Menghadapi hal itu, kita selayaknya bisa menjaga kesehatan, laku prihatin, dan juga wajib menjalankan aturan baku dari sumber resmi yang terpercaya.

Saya yakin, karena rakyat Yogyakarta memiliki kadar literasi yang tinggi, tentu bisa membedakan mana yang berita hoax serta mana-mana yang benar dan nalar. Pepatah Jawa kembali mengatakan: “Gusti paring dalan kanggo uwong sing gelem ndalan”.

Karena itu, strategi mitigasi bencana non-alam ini, DIY belum menerapkan “lock- down”. Melainkan “calm-down” untuk menenangkan batin dan menguatkan kepercayaan diri, agar eling lan waspada. Eling atas Sang Maha Pencipta dengan laku spiritual: “lampah” ratri, zikir malam, mohon pengampunan dan pengayoman-Nya.

Waspada, melalui kebijakan “slow-down”, sedapat mungkin memperlambat merebaknya pandemi penyakit corona, dengan cara reresik diri dan lingkungannya sendiri- sendiri. Kalau merasa kurang sehat harus memiliki kesadaran dan menerima kalau wajib “mengisolasi diri” pribadi selama 14 hari sama dengan masa inkubasi penyakitnya. Jaga diri. Jaga keluarga. Jaga persaudaraan.

Jaga masyarakat, dengan memberi jarak aman, dan sedapat mungkin menghindari keramaian jika memang tidak mendesak betul. Bisa jadi kita merasa sehat, tapi sesungguhnya tidak ada seorang pun yang bisa memastikan bahwa kita benar-benar sehat.

Malah bisa jadi kita yang membawa bibit penyakit. Karena itu saya mengingatkan pada pepatah Jawa lagi: “Datan serik lamun ketaman, datan susah lamun kelangan”. Pesan saya singkat: ”Waspadalah dan berhati-hatilah Saudara-saudaraku!”

Doaku buat seluruh warga: “Sehat, sehat, sehat!”. Semoga Gusti Allah berkenan meridhai-Nya. Aamiin.

Terima kasih. Wassalamualaikum wr. wb.

KARATON NGAYOGYAKARTA HADININGRAT, Senin Pon, 23 Maret 2020, 28 Rejeb taun Wawu 1953

HAMENGKU BUWONO X


Contoh Teks Ceramah Tentang Kebersihan Lingkungan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Segala puji kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala nikmatnya yang telah diberikan kepada kita semua. Nikmat sehat, nikmat taufik hidayah inayah, dan nikmat yang paling besar adalah nikmat Iman & Islam. Shalawat serta salam tak lupa kita sanjungkan keharibaan nabi besar Muhammad SAW

Teman-teman yang saya kasihi, kita ketahui bahwa lingkungan merupakan tempat hidup bagi semua makhluk hidup. Oleh karena itu kita harus menjaga kelestarian lingkungan kita agar kita dapat hidup dengan nyaman.

Salah satu cara menjaga kelestarian lingkungan adalah menjaga kebersihannya. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari hal-hal yang kecil, tetapi terkadang sangat sulit dilakukan oleh kita.

Contohnya adalah membuang sampah pada tempatnya. Agar kita bisa menjaga kebersihan lingkungan kita, terlebih dahulu kita harus mengetahui definisi dari kebersihan lingkungan. Kebersihan lingkungan adalah suatu keadaan dimana lingkungan tersebut layak untuk ditinggali manusia, dimana keadaan kesehatan manusia secara fisik dapat terjaga.

Saat ini kesadaran untuk menjaga kebersihan di kalangan kita sebagai seorang murid sangatlah kurang. Dilihat dari lingkungan sekolah kita yang masih terdapat sampah yang berserakan, entah sampah plastik makanan-minuman, atau kertas.

Padahal tempat sampah yang disediakan sekolah sudah memadai. Di setiap sudut sekolah terdapat tempat sampah, di dalam kelas pun terdapat tempat sampah. Namun tidak adanya kesadaran dari kita untuk membuang sampah pada tempatnya sebagai wujud menjaga kebersiahan lingkungan sekolah kita.

Selain membuang sampah pada tempatnya, kita juga dapat menjalankan piket kelas sebagai aksi menjaga kebersihan lingkungan di lingkup sekolahan. Dan biasakan memilah sampah sesuai dengan kelompoknya sebelum dimasukkan ke tempat sampah.

Jenis sampah dibedakan menjadi 3, yaitu:

  1. Sampah Basah yaitu sampah yang mudah terurai dan membusuk,
    contoh; sisa makanan, sayur dan buah2an, sampah kebuh dan sampah dapur.
  2. Sampah Kering yaitu sampah yang tidak bisa membusuk dan terurai secara alamiah,
    contoh: kertas, kardus, plastik, tekstil, karet, kaca, kaleng, dll
  3. Sampah B3 (Bahan Berbahaya & Beracun) yaitu sampah beracun dan reaktif yang sangat membahayakan kesehatan dan kehidupan organisme antara lain, baterai, cat, pestisida, sampah rumah sakit, dll.

Tetapi tempat sampah yang biasa disediakan hanya 2 jenis, yaitu sampah basah dan sampah kering.

Saat ini kita harus disadarkan untuk menjaga kebersihan lingkungan kita, karena akibat dari kurangnya menjaga kebersihan lingkungan dapat membuat bencana bagi kita, seperti banjir dan wabah penyakit. Dan masalah utama kita saat ini adalah Global Warming atau pemanasan global.

Oleh karena itu harus timbul kesadaran dari setiap pribadi kita untuk menjaga kebersihan lingkungan kita. Agar kelak, tidak ada bencana yang menimpa kehidupan kita akibat dari kurangnya kesadaran menjaga kebersihan lingkungan.

Sebagai penutup, saya hanya ingin menyampaikan pesan dari pidato saya dengan menyampaikan sebuah pepatah. Kebersihan adalah sebagian dari iman. Dengan ini saya berharap teman-teman peduli dan sadar dengan pentingnya menjaga kebersiahan

Terima kasih atas perhatiannya, ada salah kata mohon dimaafkan.

Wassalamu’alikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Contoh Teks Ceramah Dalam Bahasa Inggris

Assalamuaaikum WR WB

  Contoh Teks Prosedur Kompleks

Let us all give thanks to Allah SWT. Thanks to His permission, we can all be in this hopefully glorified place. Our blessings and greetings, we say to bestow upon His Majesty the great Prophet Muhammad, his family and friends.

In this brief cult, we will discuss the matter of love from an Islamic perspective. Whoever the person has felt love, we are sure that everyone is familiar with the name “love” or falling in love.

In Islam, love is forbidden! How do you mean? Of course, illicit love we mean is love that draws itself close between two humans to the pit of adultery, for example dating. That is one side.

On the other hand, there is also love that is given a mandatory law! What is love like? Namely, love for Allah and His Messenger, and the Koran. That is compulsory love and has the highest degree. These things will make a person to continue istiqomah in performing worship to Him.

Praying on time, studying and studying the Koran and the Hadith, seeking knowledge, calling for kindness to others are forms of servant’s love for his Lord.

We will be considered a lie if we confess our love for Allah, but do not carry out His commands. In his book Doctor A’id mentions two things about love, namely:
Worldly love is love related to worldly matters. This is monkey love, cheap love, and just joking love.

Divine love is a related love known as celestial love. Because, we love with a higher level that serves for worship.
Thus the short lecture material about love that I can convey. More lack, we apologize and thank you.

Wabillahi taufiq wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh.

***

contoh teks ceramah
contoh teks ceramah | 500px.com

Bagaimana, Anda sudah tidak khawatir lagi bukan untuk memberikan ceramah? Dengan mengikuti langkah yang diberikan dan memperhatikan contoh teks ceramah yang ada, Anda pasti dapat membuat ceramah yang baik dan juga dapat menyampaikan pesan yang tulus. Selamat mencoba menulis ceramah terbaik anda.

Leave a Comment