Contoh Teks Berita

Contoh Teks Berita – Mendengar kata berita pasti sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan dari Anda. Sebab sebuah berita sudah seperti santapan setiap hari yang mudah ditemui. Apalagi kemajuan teknologi kian tak terbendung. Jika sebelumnya sebuah berita hanya ditemui di televisi maupun koran, di masa saat ini contoh teks berita dengan mudah di akses di internet.

Akses dalam mendapatkan atau menemukan sebuah berita memang kini semakin beragam. Anda bahkan dapat menjumpai melalui internet seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Melalui media sosial, contoh teks berita banyak sekali bertebaran. Baik sebuah berita itu berupa video maupun teks seperti yang ada pada koran.

Anda mungkin memang kerap menjumpai sebuah berita. Namun sebenarnya apa sih pengertian berita itu sendiri? Jawaban dari pertanyaan demikian sebetulnya sangat simpel. Teks berita merupakan sebuah sebuah teks yang menampilkan atau memberitakan suatu kondisi tertentu yang terjadi di seluruh dunia ini yang mana di siarkan melalui radio, di tulis pada koran atau blog serta dapat pula di tayangkan di televisi.

Jadi apa yang ditampilkan pada sebuah berita merupakan kondisi suatu hal yang dianggap menarik dan patut untuk disebarkan. Lebih jauh, Anda harus tahu bahwa sebuah berita yang ditampilkan haruslah berdasarkan fakta. Bilamana ada sebuah contoh teks berita yang menampilkan sebuah opini atau bukan fakta maka itu bukan lagi dikatakan sebagai teks berita.

Struktur Teks Pada Berita

contoh teks berita dan strukturnya

Tidak berbeda jauh dari jenis teks lainnya, sebuah teks berita juga mempunyai struktur yang harus di ikuti. Penulisan berita dengan mengikuti pedoman struktur yang ada akan membuat gaya penulisan lebih nyaman untuk di baca. Jadi apabila contoh teks berita mengikuti setiap kaidah yang ada maka akan memudahkan bagi setiap pembaca. Berikut merupakan beberapa struktur penulisan berita:

  1. Orientasi Berita

Kata orientasi di sini bisa di ibaratkan memiliki artian yakni awalan pada berita. Tidak mungkin pada sebuah penulisan ataupun penayangan berita langsung ditujukan pada inti permasalahan Maka dari itu sangat penting untuk memberikan pengenalan berupa pembuka teks apa saja yang harus ditambahkan terkait dengan hal yang akan diberitakan.

  1. Peristiwa

Dari poinnya saja sudah jelas bahwa pada tahapan ini penjelasan akan berkutat pada peristiwa yang diberitakan. Oleh karena itu, penulisan akan lebih fokus terhadap apa saja yang terjadi. Semua bentuk kronologi peristiwa dinarasikan agar nantinya pembaca ataupun penonton tahu urutan peristiwa yang terjadi. Perlu diketahui bahwa pada contoh teks berita yang di kemukakan tersebut harus menyajikan sebuah fakta.

  1. Sumber berita

Sebuah contoh teks berita memang harus menyajikan setiap fakta yang ada. Dengan begitu apa yang disiarkan atau di baca oleh masyarakat merupakan sesuatu hal yang benar-benar terjadi atau bukan bohongan. Nah untuk menunjang nilai fakta pada sebuah berita maka dibutuhkan sumber yang jelas. Maka dari itu, sumber berita haruslah dicantumkan dalam penulisan agar menguatkan fakta kejadian. Posisi sumber berita fleksibel dan bisa ditempatkan di dalam berita yang di tulis pula.

Unsur Teks Berita

contoh teks berita dan unsur 5w1h

Sebuah teks berita dapat disebut layak apabila memenuhi empat hal yaitu nyata, cepat, penting dan yang terakhir menarik untuk dilaporkan. Oleh sebab itu, sebuah teks berita yang baik harus memiliki unsur-unsur yang biasa disebut 5W+1H. Simak penjelasan mengenai 5W+1H berikut ini.

  1. What (Apa). Nama atau identitas dari suatu kejadian atau peristiwa. Apakah menyangkut hidup seseorang, atau kejadian tanah longsor? banjir? kerusuhan? apa yang diberitakan.
  2. Who (Siapa). Siapa saja yang terlibat dalam suatu kejadian atau peristiwa? atau siapa tokoh utama yang menjadi sorotan berita?
  3. Where (Di mana). Unsur ini menyatakan lokasi atau daerah tempat terjadinya peristiwa. Di mana kejadian itu di mana? dalam kriminal istilahnya biasa disebut dengan TKP atau tempat kejadian perkara.
  4. When (Kapan). Unsur yang merupakan waktu dari suatu kejadian atau peristiwa yang dilaporkan. Bisa mencakup tanggal, hari, jam, menit, atau umum seperti pagi, siang, dan sore.
  5. Why (Mengapa). Alasan mengapa peristiwa atau kejadian yang dilaporkan dapat terjadi. Unsur ini juga mencakup untuk mengetahui secara detail penyebab dari suatu peristiwa yang telah terjadi.
  6. How (Bagaimana). Bagaimana keadaan atau proses terjadinya suatu kejadian atau peristiwa, termasuk akibat yang ditimbulkan atau justru yang diharapkan dari peristiwa tersebut jika peristiwa adalah acara yang sengaja dibuat (konser amal, pentas seni, dsb).

Ciri-Ciri Teks Berita

contoh teks berita dan ciri-cirinya

Pembahasan kali ini lebih mengarah ke ciri-ciri sebuah berita. Contoh teks berita tentu memiliki karakteristik tersendiri di banding jenis teks bahasa Indonesia lain. Nah, pada pembahasan ciri berikut akan memberikan gambaran kepada Anda agar lebih paham mengenai materi sebuah berita.

  1. Terkini / aktual

Sebuah berita yang baik harus mengandung ciri aktual. Aktual dapat diartikan bahwa berita tersebut masih hangat terjadi. Jadi bukan sesuatu atau peristiwa lama yang yang kembali di angkat. Lagi pula berita terkini jauh lebih dibutuhkan oleh masyarakat agar tahu dan mengerti mengenai entah itu permasalahan ataupun informasi terbaru. Misalnya contoh teks berita banjir di DKI Jakarta baru-baru ini maka isu itu patut di bahas dalam penulisannya.

  1. Dapat dipercaya / faktual
  Contoh Teks Eksplanasi

Selain harus bersifat aktual atau terkini, sebuah berita juga harus merupakan peristiwa yang dapat dipercaya. Bukan sembarang hal lalu di tulis serta di sebar luaskan pada masyarakat. Bila Anda menemukan penulisan semacam begitu maka itu bukanlah contoh teks berita yang benar. Lazimnya sebuah berita menyajikan peristiwa atau informasi yang faktual dan dapat dipercaya. Untuk dapat menambah nilai tersebut dengan cara menambahkan sumber ataupun foto kejadian.

  1. Kalimat sederhana

Sebuah berita tidak menampilkan kalimat yang bertele-tele. Penggunaan diksi dan kalimat yang tersaji dibuat dengan singkat, lugas dan sederhana. Meskipun memiliki ciri yang demikian akan tetapi maksud dari peristiwa yang hendak di sebarkan di tengah khalayak mudah di pahami. Mengingat berita di isi dengan peristiwa fakta maka tambahan unsur berlebihan malah justru tidak membuatnya sesuai.

  1. Menarik

Anda pasti menemui berita apapun setiap harinya. Sebuah peristiwa yang diberitakan memang tidak ada matinya. Namun walaupun begitu, pastikan bahwa berita yang disuguhkan menarik. Berita yang menarik maka cenderung akan lebih disukai masyarakat. Bila dari topik pembahasan saja tidak mengundang atensi publik tentu hal itu membuat masyarakat tidak akan menyukainya Contoh teks berita yang menarik meliputi traveling, bencana, politik dan lain-lain.

  1. Di terima di masyarakat.

Tujuan dari penulisan berita ialah menyiarkan atau menampilkan segala sesuatu yang terjadi kepada masyarakat. Untuk itu dalam pemilihan topik berita yang hendak ditayangkan pun ada baiknya disesuaikan dengan kaidah yang ada di masyarakat. Artinya setiap peristiwa yang sekiranya dibutuhkan oleh orang lain serta hangat terjadi. Tidak mungkin Anda tiba-tiba memberitakan sebuah berita lama atau menampilkan isu yang lain yang dirasa tidak pantas.

Syarat Teks Berita

contoh teks berita dan syarat pembuatannya

Setelah Anda memahami beberapa contoh teks berita beserta struktur yang dijelaskan. Pada poin ini penjelasan akan mengarah terhadap syarat sebuah teks berita. Syarat yang dimaksud yakni agar berita dapat membuat dan memastikan bahwa berita yang ditampilkan merupakan sesuatu yang benar ataupun layak. Berikut ini merupakan beberapa syarat dari berita yang harus diperhatikan.

  1. Teks yang lengkap

Maksud dari kata lengkap di sini ialah sebuah berita menampilkan gaya penulisan yang mampu menjelaskan semua kronologi peristiwa. Misalnya contoh teks berita pada banjir di DKI Jakarta. Maka penulis harus membuat tulisan yang mencakup penjelasan seputar apa yang terjadi, kapan peristiwa itu berlangsung, dimana, mengapa serta bagaimana. Untuk memudahkan penulisan yang demikian maka lebih mudah dengan menggunakan 5W+1H.

  1. Sistematis

Penulisan teks berita selain harus lengkap juga harus memenuhi persyaratan yang lain. Syarat ini masih berkaitan dengan penulisan yakni dengan urutan berita yang akan di sajikan. Perlu Anda tahu bahwa sebuah contoh teks berita yang baik haruslah menampilkan berita dengan gaya penulisan yang sistematis. Penyajian yang demikian juga memudahkan siapa pun ketika membacanya.

  1. Aktual dan Faktual

Sama dengan ciri sebuah berita yang ditampilkan sebelumnya, berita memang harus terjamin akan aktual dan faktual. Peristiwa yang diberitakan harus sesuai dengan fakta yang ada sekaligus baru terjadi atau masih hangat. Hal seperti itu akan lebih di butuhkan masyarakat sebagai sumber informasi dibanding info lama yang tentunya sudah tak menarik lagi.

  1. Seimbang

Syarat penulisan atau penyajian berita yang terakhir yakni harus seimbang. Makna dari kata seimbang itu sendiri yakni berita yang ditampilkan tidak memihak salah satu pun dari peristiwa yang di beritakan. Penyajian akan lebih mengutamakan peristiwa yang terjadi namun tetap berusaha netral tanpa memihak pihak manapun.

Kumpulan Contoh Teks Berita

Setelah memahami beberapa penjelasan terkait dengan teks berita tentu memberikan sedikit gambaran. Lebih dari itu demi membuat Anda jauh lebih paham maka di bawah ini akan ditampilkan beberapa contoh teks berita seperti berikut.

Contoh Teks Berita Tentang Politik

contoh teks berita politik

Keputusan pemerintah dalam pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja menuai kontroversi. Pengesahan yang tiba-tiba dilakukan membuat serikat buruh dan mahasiswa melakukan demo besar-besaran di berbagai kota. Terhitung aksi demo kembali di gelar oleh buruh dan mahasiswa pada Senin (12/10).

Aksi penolakan terhadap Omnibus Law Cipta Kerja itu sendiri sudah berlangsung selama beberapa hari. Dari mulai tanggal 6 sampai dengan 8 Oktober terus di mulai. Bahkan gelombang unjuk rasa tak pernah padam di berbagai daerah dan kota besar di Indonesia.

Beberapa kota yang melakukan demo besar-besaran antara lain DKI Jakarta, Bandung, Semarang, Ambon dan masih banyak lagi. Bahkan demo di Semarang dapat tanggapan langsung dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Ganjar mengaku paham aspirasi rakyat meski begitu ia belum bisa bertindak mengingat draf final dari RUU Cipta Kerja masih belum di dapatkan.

Unsur berita 5W1H dari teks berita diatas:

  • What (Apa) : Demonstrasi penolakan Omnibus Law
  • Where (Dimana) : Beberapa kota besar seperti DKI Jakarta, Bandung, Semarang, Ambon.
  • Who (Siapa) : Serikat Buruh dan Mahasiswa
  • When (Kapan) : Senin 12 Oktober 2020
  • Why (Mengapa) : Keputusan pemerintah dalam pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja (Omnibus Law) yang menuai kontroversi
  • How (Bagaimana) : Penolakan omnibus law membuat gelombang unjuk rasa semakin membesar di berbagai kota besar indonesia.

Contoh Teks Berita Tentang Acara Kegiatan

Purworejo – berbagai macam agenda disiapkan oleh karang taruna desa Purworejo untuk peringatan acara kemerdekaan Indonesia yang ke 74 (1/8). Karang taruna menyusun berbagai macam acara menarik untuk masyarakat Desa Purworejo. Acara-acara tersebut diantaranya lomba sepak bola, panjat pinang, serta senam massal. Acara ini nantinya digelar di Lapangan Desa untuk memudahkan mobilisasi masyarakat yang antusias mengikuti.

  Contoh Teks Deskripsi

Lomba sepak bola digelar antar RW, dan diikuti oleh bapak-bapak yang antusias dalam acara ini. Lomba sepak bola adalah salah satu agenda yang digelar setiap minggu. Lomba ini sudah dimulai sejak pertengahan bulan tujuh, dan babak akhir akan diadakan pada dua belas Agustus. Hadiah yang diperoleh juga tidak main-main. Seekor kambing menjadi hadiah utama dalam lomba sepak bola ini.

Acara final adalah senam massal dan panjat pinang. Senam masal bebas diikuti oleh semua masyarakat. Senam massal akan digelar pada 20 Agustus dan diikuti lomba panjat pinang. Senam massal akan digelar pada pagi hari, lalu sore hari akan baru lomba panjat pinang.

Senam masal mengundang salah satu instruktur senam handal dari Kabupaten. Selain olahraga bersama, acara senam masal juga dihibur dengan musik electone yang dipimpin oleh salah satu anggota karang taruna. Ratusan doorprize juga disiapkan guna menarik perhatian ibu-ibu yang mengikuti acara.

Lomba panjat pinang merupakan permintaan dari pemuda-pemuda desa Purworejo. Lomba ini seperti menjadi kebiasaan yang harus ada disetiap perayaan HUT RI. Pohon pinang yang digunakan didatangkan langsung dari kabupaten Kediri. Hadiah yang digantung nantinya juga bermacam-macam. Mulai dari uang, peralatan sekolah, peralatan dapur, serta beberapa kaos.

Persiapan dilakukan sejak jauh-jauh hari. Ini adalah kali ketiga karang taruna ikut andil dalam merayakan peringatan HUT RI. Sebagian besar adalah acara olahraga. Karang Taruna berharap dengan adanya acara ini, masyarakat terpacu untuk sadar tentang kesehatan mereka.
Contoh Puisi

Unsur berita 5W1H dari teks berita diatas:

  • What (Apa) : peringatan HUT RI
  • Where (Dimana) : Desa Purworejo
  • Who (Siapa) : Karang Taruna Desa Purworejo
  • When (Kapan) : Berita dimuat pada 1 Agustus
  • Why (Mengapa) : Berbagai macam acara disiapkan untuk merayakan HUT RI yang ke 74
  • How (Bagaimana) : Acara peringatan dimulai dengan lomba sepak bola antar RW lalu senam massal dan lomba panjat pinang.

baca juga: Contoh Teks Diskusi


Contoh Teks Berita tentang Kecelakaan Lalin

contoh teks berita kecelakaan lalu lintas

Sebuah kecelakaan tragis terjadi di Jalan Jenderal Sudirman, Purwokerto, Jawa Tengah. Peristiwa mengenaskan itu terjadi pada Minggu (18/09/20).

Seperti di lansir saksi mata di lokasi kejadian, kecelakaan berlangsung pada siang hari sekitar pukul 13.00 WIB. Kejadian mengenaskan itu melibatkan dua sepeda motor dan satu unit truk yang kebetulan lewat di jalan yang sama.

“Kejadian berlangsung pada siang hari, cuaca lagi panas-panasnya dan belum terlalu lama dari waktu dhuhur” kata seorang saksi mata bernama Ridwan.

Saat ini sudah terkonfirmasi bahwa ada satu orang korban jiwa yang meninggal seketika di lokasi kejadian. Korban di duga mengendarai sepeda motor dan bertabrakan dengan kendaraan lain lalu tertabrak truk yang sedang melintas.

Saat ini pihak kepolisian masih mengusut tuntas kecelakaan tersebut. Evakuasi di TKP diharapkan menemui titik terang mengenai penyebab utama kejadian mengerikan ini terjadi.


Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan

Diketahui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tengah mengadakan beasiswa unggulan. Seleksi kini tengah memasuki tahap kedua yang mana merupakan tahap wawancara. Tes wawancara yang direncanakan menggunakan sistem daring tersebut akan dilangsungkan pada tanggal 18 sampai dengan 21 Oktober. Hal itu di pertegas dengan pernyataan Abdul Kahar selaku Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan dari Kemendikbud.

Kahar juga menjelaskan bahwa sistem wawancara daring ini bukan hanya tentang kemampuan akademis peserta melainkan juga untuk mengetes kepribadian, niat, serta mental dari tiap pendaftar. Kahar sekali lagi berharap bahwa setiap peserta harus tetap semangat dalam mengejar impian ini. Perlu diketahui bahwa ada persyaratan wajib yang harus diikuti para peserta misalnya membuat esai dengan bertemakan Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia.

baca juga: Contoh Teks Anekdot


Contoh Teks Berita Tentang Olahraga

contoh teks berita olahraga

Khabib Nurmagomedov merupakan salah satu petarung UFC yang disegani saat ini. Kemampuannya dalam bertarung membuat setiap lawan akan merasa kewalahan. Pria berkebangsaan Rusia ini bahkan mempunyai rekor cemerlang yakni tanpa terkalahkan dengan statistik 28-0. Hal itu membuat salah satu petarung terbaik UFC ini mempunyai julukan The Eagle.

Pertarungan mempertahankan gelar juara sabuk ringan Khabib akan kembali di uji dengan berhadapan dengan Justin Gaethje di Fight Island, Abu Dhabi. Ditanyai seputar rahasia kesuksesan selama berkarir di UFC, Khabib menjawab bahwa ia tidak akan pernah menjadi seorang bos.

“Saya tidak akan pernah menjadi bos. Filosofi yang saya dapatkan dari ayah saya ialah entah berapa kali pun menang, saya bukanlah bos. Bos saya ialah pelatih” ungkap Khabib. Diketahui untuk saat ini Khabib hanya dilatih oleh Javier Mendez. Mendiang ayahnya yang juga melatihnya telah tiada setelah meninggal karena penyakit jantung pada awal bulan Juli.


Contoh Teks Berita Pandemi Covid 19

Covid-19 telah menjadi ancaman yang nyata di Indonesia. Kondisi yang tak kunjung membaik membuat satgas penanganan covid-19 terus meminta masyarakat mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Apalagi penularan virus tidak hanya dapat membahayakan keluarga terdekat tapi juga para tenaga medis.

Letjen Doni Monardo memberikan keterangan bahwa telah banyak dokter umum gugur karena mengatasi kasus virus corona. Bahkan data mencatat sudah 60% dokter meninggal karena ikut terpapar. “Dokter tidak memberikan pengangan langsung tapi memiliki kemungkinan tertular yang bisa berdampak fatal.

Melihat kejadian itu terus berkembang membuat Doni terus meminta masyarakat menjaga protokol kesehatan. Dia juga menyinggung fenomena demo UU Cipta Kerja yang mana membuat kerumunan yang tentu membahayakan kesehatan. Setiap dari peserta demo bisa saja menularkan covid-19 ke peserta lain. Sedangkan keluarga di rumah pun bisa terdampak. Apalagi untuk usia lanjut yang kemungkinan lebih rentan sangat tinggi.

  Contoh Teks Biografi

Doni pun memberikan tips supaya masyarakat terus menjaga kesehatan, menjaga jarak, hindari kerumunan serta rajin beribadah agar selalu dalam lindungan Tuhan. “Tingkatkan kesehatan dengan cara makan teratur, tidak stres, minum vitamin dan jaga pola tidur” ujarnya.


Contoh Teks Berita Tentang Bencana Alam

contoh teks berita bencana alam

Terjangan banjir membuat sejumlah ruas jalan di Kabupaten Bangli mengalami kerusakan. Total ada dua ruas jalan ambrol setelah terkena banjir. Padahal ruas jalan merupakan penghubung arus penting menghubungkan dua wilayah yakni Banjar Tambahan dengan Tegalalangan. Demikian pula pada ruas jalan Banjar Tegal yang juga rusak akibat terjangan banjir.

Sejumlah warga memberikan keterangan bahwa ruas air terlalu besar sehingga merusak bangunan pada jembatan. “Dampak air yang besar tak terbendung dengan kecuraman hingga 20 meter membuatnya rusak” ujar warga yang melihat pada Selasa (13/10/2020).

Saat ini pihak kepolisian telah memasang garis polisi untuk penanda. Sebetulnya kondisi jalan masih bisa untuk di lewati namun pengendara di harap untuk berhati-hati supaya tida tergelincir ketika melintasinya. Apalagi penyangga jembatan pun ikut rusak akibat terjangan banjir yang belum lama ini datang.

baca juga: Contoh Teks Editorial


Contoh Teks Berita Tentang Kesehatan

Baru-baru ini Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah telah menetapkan kasus Chikunguya sebagai kejadian luar biasa. Berdasarkan data penyakit yang juga disebabkan oleh nyamuk Aides Albopictus telah menyentuh angka 2.801 kasus. Jumlah ini jelas melonjak sangat tajam mengingat pada tahun 2006 silam kasus Chikunguya hanya terdapat 86.

Selain Chikunguya, penyakit demam berdarah juga mengalami peningkatan signifikan. Pada tahun 2006 jumlah kasusnya 10.924 dengan angka kematian sebesar 220. Sementara itu pada tahun ini jumlah kasusnya mencapai 18.845 dengan angka kematian 301. Penyakit yang disebabkan nyamuk Aedes Aegepty ini diperkirakan akan meningkat pada Desember nanti.

Melonjaknya kasus dari kedua penyakit ini disebabkan oleh perubahan iklim. Akibat pemanasan global, suhu udara bumi terus meningkat semenjak tahun 1990. Kemudian, curah hujan lebat juga meningkat sebanyak 3% per tahun. Beberapa ahli memperkirakan bahwa peningkatan suhu udara sebesar 3 derajat celcius akan meningkatkan resiko penularan penyakit ini sebanyak 2 kali lipat.

Area penularan penyakit ini, baik DBD maupun chikunguya relatif luas. Namun, sebagian masyarakat belum memiliki pengetahuan akan hal ini. Padahal penyakit DBD maupun chikunguya ini dapat dicegah dengan menjaga kebersihan lingkungan. Salah satu caranya adalah dengan membersihkan tempat yang berpotensi dijadikan sarang nyamuk.

Selain DBD dan Chikungunya, pemanasan global juga menjadi media munculnya flu burung. Berdasarkan data pada tahun 2007, rata-rata korban meninggal akibat flu burung adalah sebanyak 8 orang. Jika masalah kebersihan lingkungan selalu diabaikan oleh masyarakat bukan tidak mungkin di tahun ini jumlah korban akan meningkat.

Menjaga kebersihan lingkungan juga berarti mensterilkannya dari berbagai bahan kimia berbahaya. Baru-baru ini Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dikejutkan dengan penyakit misterius. Penyakit tersebut menewaskan 10 orang warga desa Kanigoro, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Setelah diselidiki, kematian warga ternyata disebabkan oleh keracunan pestisida.

Upaya pencegahan penyakit harus dilakukan dengan serius oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Hal ini dikarenakan sebagian besar belum mengetahui cara preventif untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit. Oleh karena itu, rencana Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk membuat Peraturan Daerah mengenai pengendalian penyakit tentu akan disambut baik.


Contoh Teks Berita Tantang Budaya

contoh teks berita budaya

Pekalongan -Dewan Kesenian menggelar pameran lukisan, foto, dan keris di Gedung Gor Jetayu dan Taman Patiunus, Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Berbagai lukisan, foto, dan keris yang dipamerkan ini diantaranya berasal dari Cirebon, Jawa Barat; dan Tuban, Jawa Timur.

“Ada 57 lukisan, 46 foto, 32 lukisan anak, dan 86 keris dari komunitas ‘Tojan Aji’,” kata Ketua Dewan Kesenian Kota Pekalongan Harsana Ragil. Pameran akan berlangsung selama lima hari hingga 3 Desember 2017 mendatang.

Penggemar dan penikmat seni dan budaya di Kota Pekalongan bisa ikut serta dalam berbagai lomba dan kegiatan yang diadakan oleh panitia. Ada lomba menggambar, lomba dayung, arak-arakan perahu hias, bedah keris suratman ruwatan kali loji, wayang golek dan lokakarya.

Harsana menjelaskan, pameran diharapkan bisa mengangkat karya seni budaya seniman daerah. “Pameran seni rupa ini akan memberikan ruang bagi seniman dan budayawan untuk terus berkarya dan melestarikan budaya lokal yang semakin terancam dengan masuknya budaya asing,” kata dia.

Wali Kota Pekalongan M. Saelany Machfudz mengatakan pameran seni rupa menunjukkan eksistensi Dewan Kesenian Kota Pekalongan yang serius terhadap seni dan budaya.

“Kami berharap kegiatan semacam ini terus dilakukan dan dikembangkan agar kesenian Kota Pekalongan semakin berkembang,” katanya.

Ia mengatakan Kota Pekalongan memiliki potensi yang luar biasa pada bidang kesenian dan kebudayaan yang mampu dan memiliki peluang cukup besar untuk menarik wisatawan berkunjung ke daerah.

“Sebetulnya banyak kesenian dan kebudayan daerah yang dapat menarik wisatawan seperti ‘event’ Syawalan (lopis raksasa), sedekah laut, dan pekchun. Oleh karena, untuk mengembangkan dan melestarikan tradisi kebudayaan daerah perlu dukungan dari semua pihak,” kata dia.

****

Itulah beberapa informasi lengkap mengenai contoh teks berita dan penjelasan mengenai ciri, struktur dan syaratnya. Penjelasan di atas sangat jelas sehingga Anda tak perlu bingung lagi untuk membedakan jenis teks ini dengan teks bahasa Indonesia lain.