Contoh Teks Anekdot

Contoh Teks Anekdot– Jenis teks bahasa Indonesia memiliki banyak variasi. Perbedaan tipe bacaan juga berpengaruh dalam tujuan penulisan setiap penulis. Mungkin Anda sudah tahu jenis teks berupa deskriptif ataupun teks berita. Namun pernahkah Anda mendengar sebuah teks anekdot?. Jenis bacaan ini sangat menarik untuk di simak serta menghibur. Anda dapat membaca beberapa contoh teks anekdot baik di koran maupun pada internet.

Teks anekdot menarik untuk disimak sebab memiliki karakteristik lain dari pada yang lain. Setiap kisah yang di muat dalam anekdot selalu menimbulkan kesan lucu serta membawa keceriaan. Anda dapat melihat yang mana contoh teks anekdot banyak terkait dengan kondisi atau kejadian menyangkut masalah sosial. Bedanya pembawaan teks akan lebih di buat seru dan lucu.

Pengertian dari teks anekdot ini yaitu sebuah teks yang menampilkan cerita pendek dan lucu yang umumnya bertemakan kondisi sosial dan masyarakat. Dalam sebuah contoh teks anekdot tidak hanya menceritakan sebuah cerita melainkan pula ada pesan tersirat di dalamnya. Pesan yang ada dalam cerita mengandung sindiran atau kritik terhadap sesuatu.

Pembuatan teks anekdot bisa dibilang merupakan cara cerdas menyikapi permasalahan. Bagaimana tidak, setiap kritik dilakukan dengan bahasa sindiran yang halus serta lucu. Pemakaian bahasa yang demikian menunjukan bahwa kritik tidak harus dengan kata-kata kasar. Penggunaan cerita dengan temakan permasalahan sosial yang terjadi bisa di buat menjadi cara jitu untuk mengkritik.

Ciri-Ciri Teks Anekdot

Perlu diketahui bahwa pada teks anekdot ada perbedaan dari pada teks yang lain. Perbedaan bisa dilihat dari pemilihan dan penggunaan kata maupun tujuan dari penulisan. Bila Anda jeli dalam mengamati contoh teks anekdot yang telah ada setidaknya pembaca akan tahu beberapa ciri khas dari jenis teks anekdot seperti berikut ini.

  1. Menampilkan cerita yang humoris, lucu dan menggelitik

Seperti yang telah dijelaskan di atas, pada contoh teks anekdot memiliki ciri yang sangat khas yakni menampilkan kisah yang bersifat lucu dan humoris. Anda yang membaca akan merasa tergelitik sekaligus tahu maksud terselubung dalam penulisan. Maksud tersembunyi itu meliputi makna berupa kritikan atau sindiran terhadap suatu kondisi yang di angkat dalam tema cerita.

  1. Terselip kritikan atau sindiran

Sudah bukan rahasia lagi bahwa teks anekdot memang berkaitan dengan tujuan berupa kritikan maupun sindiran. Maka dari itu beberapa contoh teks anekdot bahkan terlihat jelas dalam mengkritik kondisi sosial yang menghampiri negara ini. Cara kritik yang lebih variatif serta menghibur ini membuat kebanyakan orang sangat menikmati ketika membaca cerita pendek berupa anekdot.

  1. Berupa teks yang seperti perumpamaan

Ada satu kemiripan contoh teks anekdot dengan dongeng. Keduanya kerap menampilkan perumpamaan layaknya menggambarkan keseluruhan cerita. Imajinasi dan perumpamaan dalam penulisan yang demikian justru membuat pembaca akan lebih terhibur serta paham mengenai pesan dalam teks. Pembaca pun akan lebih mengerti maupun paham akan kondisi layaknya benar nyata dalam kehidupan.

  1. Menampilkan tokoh penting atau tokoh masyarakat setempat

Ada satu hal menarik dalam penulisan teks jenis ini. Umumnya Anda dapat melihat bahwa di dalam contoh teks anekdot menampilkan beberapa tokoh masyarakat yang dekat dengan lingkungan pembaca. Bahkan tokoh penting pun kerap di munculkan dapat berupa presiden, menteri ataupun tokoh masyarakat lain. Tampilnya tokoh penting tersebut justru semakin membuat alur cerita yang di suguhkan makin menarik untuk di cermati.

Struktur Teks Anekdot

contoh teks anekdot
contoh teks anekdot | medium.com

Teks anekdot merupakan jenis teks yang tergolong menampilkan cerita singkat yang lucu dan mengandung kritik. Meski termasuk dalam kategori cerita singkat, dalam setiap pembuatan contoh teks anekdot memiliki beberapa struktur yang menjadi ciri khasnya. Struktur-struktur penulisan harus di ikuti agar menjadi suatu bacaan jenis teks ini menjadi lebih sempurna serta menarik untuk di baca. Berikut akan di tampilkan struktur pada teks anekdot.

  1. Abstraksi

Dalam setiap contoh teks anekdot terdapat struktur awal bayangan jalannya cerita. Artinya pada tahap ini bertujuan memberikan gambaran mengenai isi teks kepada pembaca. Jadi Anda yang baru membaca pada bagian awal dapat langsung membayangkan mengenai pengenalan cerita yang akan di suguhkan dalam penulisan.

  1. Orientasi

Setelah memberikan gambaran awal dalam cerita yang hendak di angkat, tahap struktur kedua yakni melibatkan latar belakang cerita. Orientasi akan menjelaskan detail mulai dari awal cerita pada teks jenis ini. Tak ayal pada setiap contoh teks anekdot pada tahap ini akan terlihat berupa pengenalan mulai dari latar tempat atau waktu, suasana, tokoh yang terlibat dan sebagainya.

  1. Krisis
  Contoh Teks Diskusi

Struktur berikutnya yaitu diberi nama krisis. Maksud dari kata krisis di sini ialah bahwa dalam cerita sudah terdapat puncak permasalahan yang di bahas. Menanggapi kejadian demikian maka umumnya pada contoh teks anekdot kemudian akan memunculkan sendirian kepada seseorang yang ada di dalam cerita. Sindiran itu sebetulnya juga merupakan kritik sosial secara terselubung. Perlu diketahui bahwa krisis pada sebuah anekdot dapat terjadi berulang kali.

  1. Reaksi

Pada tahap struktur sebelumnya telah mengemuka permasalahan yang ada dalam cerita. Nah adanya masalah yang muncul tentu akan juga memunculkan reaksi dari yang berhubungan. Oleh karena itu reaksi di sini memuat contoh teks anekdot yang memuat tanggapan yang diberikan terkait dengan permasalahan yang ada. Lebih lanjut, jumlah reaksi berkaitan dengan jumlah krisis pula dalam cerita singkat ini.

  1. Koda

Koda atau penutup merupakan bagian terakhir. dalam cerita anekdot. Pada tahap ini akan menampilkan keseluruhan situasi akhir dalam kisah yang disuguhkan. Mengingat begitu pentingnya untuk tahu akhir dari cerita maka penulisan koda pun jangan sampai terlewatkan. Bagian akhir membuat bayangan tentang situasi berakhirnya cerita yang di tulis.

Kaidah Penulisan Teks Anekdot

Penjelasan mengenai ciri-ciri dan struktur anekdot setidaknya sudah memberikan gambaran lebih kepada Anda terkait jenis teks ini. Namun untuk membuat penulisan teks anekdot yang lebih tepat tidak ada salahnya bila mengetahui kaidah penulisannya. Kaidah penulisan berhubungan dengan penggunaan bahasa teks yang bisa di jadikan pegangan ketika menulis anekdot.

  1. Pada penulisan teks anekdot lebih baik menggunakan kata keterangan waktu lampau.
  2. Penggunaan kata yang di pakai dengan bahasa kreatif dan efektif.
  3. Penulisan harus sesuai dengan struktur teks anekdot seperti yang telah disebutkan di atas.
  4. Penulisan juga harus kronologis atau berurutan.
  5. Pernyataan tentang peristiwa ada baiknya menggunakan konjungsi.
  6. Jangan lupa untuk menggunakan kata kerja atau predikat.
  7. Penggunaan bahasa yang humoris atau lucu.
  8. Memiliki unsur yang mengandung kebenaran tertentu.
  9. Memiliki pembahasan isi yang terkadang membuat pembaca jengkel atau kesal.

Kumpulan Contoh Teks Anekdot

Setelah membahas semua hal terkait dengan penjelasan tentang teks anekdot tentu hal itu sudah sedikit banyaknya membuat Anda paha dengan jenis teks ini. Namun belum lengkap rasanya bila hanya membaca dan memahami struktur dan ciri yang telah disebutkan di atas. Untuk itu simak beberapa contoh teks anekdot berikut ini agar Anda lebih dapat memahaminya lagi.

Contoh Teks Anekdot Hukum dan Strukturnya

Kasih Uang Habis Perkara

Abstraksi

Seorang dosen Fakultas Hukum sedang memberi kuliah Hukum Pidana.

Orientasi

Saat tiba sesi tanya-jawab ada seorang mahasiswa bertanya kepada si dosen.
Ali : “Maaf pak, apa kepanjangan daripada KUHP?.

Krisis

Lalu pak dosen tidak menjawab sendiri melainkan dilemparkannya pada si Ahmad. “Saudara Ahmad, coba saya dibantu untuk menjawab pertanyaan saudara Ali”,pinta pak dosen.

Lalu dengan tegas si Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara pak!”, tegasnya.
Mahasiswa lain tentu tertawa, sedang pak dosen geleng-geleng kepala, seraya menambahkan pertanyaan pada si Ahmad,

Dosen : “Saudara Ahmad, darimana saudara tahu jawaban itu?!”.
Dasar si Ahmad, pertanyaan pak dosen dijawabnya pula dengan tegas, ‘peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru yang terbaik pak!.

Reaksi

Semua mahasiswa di kelas itu tercengang, mereka saling berpandang-pandangan dan mulai tertawa keras.

Koda

Saat gelak tawa mulai mereda, kelas kembali berlangsung normal dan mata kuliah-pun dilanjutkan.


Contoh Teks Anekdot Pendidikan dan Strukturnya

contoh teks anekdot pendidikan
contoh teks anekdot pendidikan | madureh.com

Sekolah Bertaraf Internasional

Abstraksi

Pada suatu hari di sebuah sekolah bertaaf Internasional.

Orientasi

Ada seorang guru yang akan memberikan pengumuman kepada murid-muridnya.

  • Guru : “Anak-anak, ada kabar gembira untuk kita semua. Sekolah kita ini sebentar lagi akan menjadi Sekolah Bertaraf Internasional! Nah untuk menyambut hal bahagia ini, saya mau bertanya. Apa yang sudah kalian siapkan untuk menyambut SBI ini? Coba Satria, apa yang akan kamu lakukan untuk menyambut hal ini?”
  • Satria : “Saya akan belajar bahasa inggris supaya saya mahir”
  • Guru : “Wah bagus sekali Satria. Terus.. kalau kamu bagaimana Faqih?”
  • Faqih : “Harus siap uang bu!”

Krisis

Mendegar jawaban spontan tersebut, Ibu Guru mencoba bertanya kembali kepada Faqih

  • Guru : “Lho kenapa?”
  • Faqih : “Ya jelas. Soalnya kalau sekolah kita berstatus SBI pasti bayarnya lebih mahal. Masa iya si sama aja? Udah gitu pasti nanti diminta iuran untuk ini itu”
  • Guru : “Kamu kok jawabnya seperti itu? Begini lho, sekolah kita kan bertaraf internasional atinya sekolah kita itu setara dengan sekolah di luar negeri sana. ”
  • Faqih : “Tapi menurut saya ini bukan sekolah bertaraf Internasional. Tapi Sekolah Bertarif Internasional!”
  Contoh Teks Eksplanasi

Reaksi

Mendengar si Faqih berkata seperti itu, Ibu Guru hanya tersenyum dan tidak bisa membalas perkataan Faqih.

Koda

Akhirnya guru tersebut langsung membahas materi pelajaran supaya kelas kembali menjadi kondusif kembali.

baca juga: Contoh Teks Tanggapan


Contoh Teks Anekdot Sosial dan Strukturnya

Penjual Kue Yang Hebat

Abstraksi

Sheila membeli beberapa kue dari seorang nenek di pinggir jalan, namun setelahnya dia tidak bisa langsung melanjutkan perjalanan pulangnya.

Orientasi

sebab tiba-tiba hujan turun deras sekali, akhirnya Sheila dan si nenek penjual kue pun sama-sama berteduh.

Krisis

Agar tidak terlalu terasa canggung, Sheila pun memulai obrolan “Nek, sudah lama jualan kue?” “Sudah sekitar 35 tahun nak”, jawab nenek. Sheila kembali bertanya, “Memangnya tidak ada yang membantu nek?, anak-anak nenek, kemana?” “Anak-anak saya sibuk kerja, ada yang di Polda, rumah sakit dan juga sekolah”

Reaksi

Sheila pun kagum mendengar jawaban nenek itu, “Wow, hebat! Walau hanya berjualan kue, namun anak-anak nenek sukses semua ya?”

Koda

“Ya sama saja nak, kerjanya seperti saya, jualan kue.”


Contoh Teks Anekdot Alam dan Strukturnya

Merawat Alam Indonesia

Abtraksi

Hari ini, aku mengikuti seminar bertema “ Jaga alam Indonesiaku ”. Ada satu hal yang membuatku datang kemari, yaitu narasumbernya. Dia , pandai, serta pintar membawakan acara,serat asik dan kadang lucu. Dia berkata dengan lantang, seperti ini, kalau bicara tentang Indonesia, pasti tidak lepas dari keindahan alamnya.

Intinya bicara tentang indahnya pulau ini itu,keindahan laut itu, gunung ini itu, flora dan faunanya pasti tidak akan ada habisnya. Indonesia memang surga dunianya untuk para pecinta alam yang senang mengexsplorasi keindahan Indonesia yang spektakuler.

Orientasi

Tapi, akhir-akhir ini, sepertinya keindahan alam Indonesia mulai terancam. Tiba-tiba aku mendengar suara di belakangku, emangnya terancam karena apa ? mau dibom? mau diteror ?mau di jajah?mau di kalim lagi sama sebelah? atau mau disadab sama Australia ?. Aku berkata dalam hati, maklum deh masih suka bercanda, namanya juga anak SMA

Melihat berita di televisi akhir-akhir ini, tidak hanya berita tentang korupsi saja yang sering muncul, tapi juga banyak berita tentang tangan-tangan jahil manusia yang merusak alam Indonesia, . Mulai dari penebasan hutan hingga membuang sampah sembarangan..

Krisis

Kata si narasumber bahwa hutan itu paru-paru dunia, tapi kok masih banyak digunduli ?Kalau hutan hilang bagaimana menafasnya?. Lalu si narasumber melanjutkan, belum lagi masalah satwa-satwa di dalamnya, lihat saja orang utan yang ada di Kalimantan itu, mereka akhirnya harus pergi dari habitat aslinya. Coba kalau orang utan bisa ngomong, pasti dia akan lapor ke KOMNAS HAM, Hak Asasi Monyet, maksudnya.

Reaksi

Lalu terdengar suara riuh tawa penonton karena lelucon si narasumber. Nah, sekarang masalah sampah, di Indonesia tengok kanan-kiri nemu sampah. Iya nggak ??? kenapa ya, orang-orang itu, nggak mau buang sampah pada tempatnya,mungkin jauh?haha .

Merubah pola hidup masyarakat Indonesia yang tidak mau menjaga lingkungannya. Lalu si narasumberpun menjawab seperti ini,memang susah sekali ya? kalau kita mau merubahnya, kalau tidak dari kesadaran masing-masing. Mau dibikin peraturan larangan merusak lingkungan, toh hasilnya tetap saja dilanggar, lah kita saja kadang masih saja melanggar ya kan?haha. Yah… kita berharap saja semoga kita dan masyarakat Indonesia diberi kesadaran akan hal itu,. Entah kapan sadarnya?hehe

Koda

Kemudian kulihat seorang anak laki-laki di depanku mengacungkan jarinya. Kali ini dia mengemukakan pendapat bahwa janganlah pemerintah itu menyalahkan masyarakatnya saja, tapi lihat kinerja pemerintah dalam mengurusi lingkungan Indonesia khususnya sampah, misalnya saja pada Kebun Binatang yang tak terawat, satwa-satwanya banyak yang mati, karena apa ? karena kurangnya perhatian pemerintah akan hal itu.

Jadi saran saya agar pemerintah janganlah melulu mengatasi masalah korupsi pejabat sana-sini mungkin mereka juga terlibat korupsi dengan sengaja,tak sengaja bahkan pura pura tak sengaja yang seolah tidak ada habisnya, tapi perhatikan juga lingkungan Indonesia yang terancam ini.

Si narasumberpun setuju dengan apa yang diutarakan laki-laki itu. Lalu, dia berkata, yah… cukup sekian sesi tanya-jawab kali ini. padahal pertanyaanku ini kujamin bermutu lho.., kesalku dalam hati.. Bagiku lumayan sih, meskipun topik-topik yang dibahas tetap tentang problem-problem Indonesia yang kukira tidak akan ada habisnya.

baca juga: Contoh Teks Prosedur


Contoh Teks Anekdot Tentang Politik

contoh teks anekdot politik
contoh teks anekdot politik | obatrindu.com

Negara Maju

Rapat antara beberapa negara Asean tengah di adakan. Peserta yang datang ke rapat antara lain Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Indonesia. Pembahasan pada rapat dengan topik menjadi negara maju. Suasana rapat sudah mau berakhir dan tiap negara dipersilahkan untuk berdoa.

  • Malaysia: Tuhan, kapan negaraku berubah menjadi negara maju?
  • Tuhan : 5 tahun lagi
  • Malaysia: * menangis terharu.

 

  • Vietnam: Tuhan, kapan negaraku berubah menjadi negara maju?
  • Tuhan : 5 tahun lagi
  • Vietnam : * menangis terharu.

 

  • Thailand: Tuhan, kapan negaraku berubah menjadi negara maju?
  • Tuhan : 5 tahun lagi
  • Thailand: * menangis terharu.

 

  • Indonesia: Tuhan, kapan negaraku berubah menjadi negara maju?
  • Tuhan: *Menangis

Contoh Teks Anekdot Politik II

Membuat undang- undang

  Contoh Teks Prosedur Kompleks

Pada suatu hari Andi dan Ridwan pergi bersama menaiki sepeda motor. Jam sudah menunjukan pukul 06.55 WIB artinya waktu masuk kelas semakin mepet. Padahal jarak antara rumah keduanya dengan sekolah lumayan jauh.

Mengetahui itu Andi membawa motor dengan kebut-kebutan. Hingga di pertigaan Andi menerobos lampu merah. Meski jalannya waktu itu kosong, Ridwan tetap khawatir dan komplen namun temannya tersebut tak menghiraukan.

Andi dan Ridwan telah tiba di sekolah. Ridwan terus komplen tahu temannya menerobos lampu merah dengan berbahaya.

  • Ridwan : “ Kamu gila ya, kenapa menerobos lampu merah? itu bahaya loh. Lagian kalau ada polisi kita bisa kena tilang?”
  • Andi : “Tenang saja kawan, kita bisa kok membuat undang-undang sendiri sesuai kehendak kita?”
  • Ridwan : Ngaco deh kamu, yang buat undang-undang kan DPR.
  • Andi : Kita bisa kok, caranya begini *Andi menunjukan dompet.
  • Ridwan: Yaelah.

baca juga: Contoh Teks Diskusi


Contoh Teks Anekdot Sosial

Penyesalan maling sandal

Asep merupakan karyawan pabrik yang kerap pulang kerja pada waktu malam hari. Sebelum pulang dia memutuskan untuk memakan soto buatan pak Bambang. Setelah selesai mengisi perut, Asep pun memilih untuk berniat langsung pulang. Sayangnya di tengah perjalanan pulang, Asep yang berjalan kaki tiba-tiba terslempet sepeda motor. Untungnya ia tidak mengalami cedera. Namun, ada satu kekhawatiran di benaknya yang mana sandal yang ia pakai rusak akibat kecelakaan tersebut. Jika dia pulang tanpa menggunakan sandal, ia khawatir istrinya akan marah.

Pikiran jahat Asep muncul setelah melihat ada banyak sekali sandal di depan masjid yang dilewatinya. Tak mau melewatkan kesempatan demikian, Asep pun mengambil sandal yang mirip kepunyaannya. Sayang beribu sayang, ada beberapa warga yang melihat dan mengejar Asep. Hal itu membuat dia ditangkap dan di bawa ke kantor polisi.

Di kantor polisi, Asep harus bersiap menanggung hukum atas perbuatannya. Menariknya kasus pidana Asep bebarengan dengan kasus seorang koruptor. Pada saat itu sang koruptor di vonis penjara selama 5 hari walaupun telah korupsi sebesar 2 miliar Rupiah. Sedangkan Asep yang hanya mencuri sepasang sandal seharga 30 Ribu Rupiah di vonis penjara selama lima tahun. Mengetahui fakta demikian membuat Asep keheranan.

Bagaimana pun hakim memberi penjelasan bahwa hukuman itu sudah setimpal. Hal itu mengacu pada perhitungan bahwa Asep telah mencuri sandal seharga 30 ribu dan telah merugikan 1 orang. Sedangkan pelaku koruptor meski telah mengambil 2 miliar, dia telah merugikan lebih dari 200 juta rakyat. Jadi bila di kalkulasi maka setiap rakyat hanya dirugikan 10 ribu Rupiah. Mendengar penjelasan hakim membuat Asep menyesal telah mencuri sandal. Dia berpikir kenapa tidak menjadi koruptor saja.


Contoh Teks Anekdot Lingkungan

Muka Tong Sampah

Diceritakan ada seorang petugas kebersihan bernama Bejo. Bejo rutin membersihkan lingkungan sekitar trotoar jalan demi memenuhi tugasnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Tanggung jawabnya terbilang berat mengingat banyak warga masih kurang peduli akan kebersihan. Ketika dia sedang bersih-bersih tiba-tiba ada pengendara mobil yang membuang sampah tepat di muka Bejo.

Perilaku pengendara yang semena-mena tersebut membuat dia jengah setengah mati. Bejo bahkan nekat berteriak sambil mengejar agar pengendara mobil tersebut berhenti. Usaha Ia ternyata berhasil dan perdebatan pun di mulai. Dari situ Bejo meluapkan emosinya begitu keras. Dia bahkan marah dan merasa tidak terima dengan perlakuan pengendara.

Bejo memperingatkan pula kalau membuang sampah harusnya di tempat sampah bukan malah sembarangan. Apalagi tepat di muka seseorang. Mendengar kemarahan Bejo kemudian membuat sang pengendara memberikan penjelasan. Pengendara beralasan bahwa dia berpikir bahwa muka Bejo adalah sampah maka dari itu dia membuang sampah tepat ke arahnya.

Tidak terima dikatain sampah membuat Bejo tak terbendung lagi kemarahannya. Dia bahkan memukul habis sang pengendara. Sang pengendara mobil pun hanya bisa pasrah dan berjanji tidak akan membuang sampah sembarangan lagi.


Contoh Teks Anekdot Anak Sekolah

contoh teks anekdot sekolah
contoh teks anekdot sekolah | youtube.com

Kotak Pensil Mahal

Pada suatu hari, ada seorang siswa bernama Marimar. Marimar melihat banyak temannya menggunakan tempat pensil model baru. Hal itu membuat dia ingin ikut membelinya selepas sekolah. Marimar pun langsung bergegas ke pasar sepulang sekolah. Sesampainya di pasar, Ia langsung mencari penjual kotak pensil terdekat.

Tibalah dia ke penjual yang telah di carinya. Marimar langsung memilih tipe kotak pensil yang dianggapnya baru. Setelah bertanya tentang kotak bergambar pokemon kepada penjual akhirnya dia menemukan kotak pensil sesuai dengan apa yang dicari. Pada saat itu pula Ia langsung menanyakan harga kepada penjual.

“Pak harga kotak pensil ini berapa ya? Tanya Marimar penasaran.
“Pensil itu di hargai Rp 15.000 dek” begitu jawaban penjual.

Mengetahui harga kotak pensil yang mahal membuat wajah Marimar menjadi sedikit murung. Dia pun berniat untuk menawar agar dapat memperoleh dengan harga lebih murah.

“Tapi pak temanku membelinya dengan harga lebih murah kok. Boleh tidak kalau saya tawar?” kata Marimar memelas.
“Silahkan dek memangnya adek mau menawar harga berapa untuk kotak pensil itu?” jawab penjual dengan lirih.

Mendengar jawaban penjual membuat Marimar sangat senang dan kembali ceria. Dia langsung bilang bahwa “ Baik pak, saya bayar Rp 18.000 yah untuk kotak pensilnya”. Jawaban Marimar membuat penjual kotak pensil terdiam dan bingung keheranan.


Contoh Teks Anekdot Tentang Sekolah

Libur Panjang Sekolah

  Contoh Teks Eksposisi

Ketika pelajaran dimulai, terjadi dialog antar ibu guru dan muridnya.

  • Guru : Anak-anak, gimana perasaan kalian saat ini ?
  • Murid : Senang bu!
  • Guru : pertama-tama ibu akan menanyakan kata-kata bijak apa yang sering dikatakan bapamu?
  • Murid 1 : Hidup ini harus kita “LANJUTKAN”!
  • Guru : oooh,bapak kamu pasti anggota partai demokrat ya ?
  • Murid 1 : betul bu
  • Guru : Oh pantes, sekarang kamu!
  • Murid 2 : Kata bapak saya hidup ini harus kuat seperti “BANTENG”!
  • Guru : Ohhh,pasti bapak kamu anggota partai PDIP
  • Murid 2 : betul bu.
  • Guru : pantes,sekarang lanjutkan lagi
  • Murid 3 : kata bapak saya “Lebih baik memberi dari pada diberi”
  • Guru : Wow,itu baru betul,bapak kamu pasti ustat / pendeta atau semacamnya ya ?
  • Murid 3 : ukan bu.
  • Guru : ohhh pasti bapak kamu seorang yang taat ibadahnya kan ?
  • Murid 3 : bukan bu.
  • Guru : pasti bapak kamu seorang yang baik dan suka bersosialisasi ya ?
  • Murid 3 : Bukan juga bu
  • Guru (kesal) : terus apa dong!
  • Murid 3 : petinju bu.

Contoh Teks Anekdot Tentang Kesehatan

Merokok Membunuhmu

Rokok, merupakan salah satu sembako yang selalu mutlak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Baik kaya maupun mlarat, rokok selalu menjadi kebutuhan pokok. Orang-orang merasa ngeh dengan peringatan tentang bahaya rokok di belakang bungkus rokok. Di sana tertera rokok berbahaya bagi jantung, bikin kamu kehilangan kejantanan (impotensi), bahkan sampai nyawamu terkapar.

Suatu hari, seorang anak kecil sedang menonton berita di televisi bersama ibunya. “Selamat pagi, jumpa lagi dengan saya Jeremy Tetanus, di berita topik peteng. Berita dibuka dengan kabar duka, artis kita, yak-yak telah tutup usia setelah bertarung melawan penyakit kanker yang dihadapinya.”, Tegas sang reporter. Anak kecil tersebut bertanya pada ibunya, “Kanker itu membunuh banyak orang ya… apa kanker itu bahaya, bu?” Tanya anak itu. “Yak.” Sahut ibunya. “Tapi bu, lebih bahaya mana, kanker sama hachim-hachim.” Tanya anak itu dengan polosnya. “Lebih bahaya kanker, lah. Coba, kanker merupakan penyakit yang paling banyak membunuh warga dunia ke 3 (bohong).” Jawab ibunya.

Suatu sore, anak kecil tersebut sempat membuat geger warga kampung. Anak tersebut lari-lari sambil meminta tolong. “Tolooooooong, toloooooong!!” Teriak anak itu. “Ada apa?” Tanya warga sekitar. “Ayahku, ayahku mau bunuh diri!” Sahutnya. “Innalillahi. Ayo cepat kita kesana, sebelum semuanya terlambat!” Ajak salah satu warga. Mereka berlari seperti sedang lomba maraton didekat gunung yang mau meletus.

Mereka kemudian tiba di rumah anak itu, tanpa bilang permisi, mereka langsung menerjang pagar. Karena terlalu terburu-buru, mereka tidak tahu bagaimana cara menggunakan pagar. Jadi, mereka menerjang pagar tersebut dengan memanjatnya selayaknya sebuah tangga. Bruak!! Pintu langsung di dobrak, “Pak, tolong apapun kondisi yang sedang bapak hadapi, jangan memilih jalan singkat yang gak… bunuh diri, pak?” Kata salah seorang warga.

Ternyata ayah anak itu sedang membaca koran dan menghisap rokok. “Sia… pa.. yang mau bunuh diri?” Tanya ayah anak itu dengan nada ketakutan. Suasanapun dirumah itupun menjadi hening, namun ramai karena dipenuhi warga satu kampung. Tiba-tiba terdengar suara bocah, “Yah, udah, tolong hentikan”. Warga-warga menengok ke bocah tersebut dan bertanya, “Apanya?”. Bocah itu menjawab, “Merokok”. Wargapun naik pitam, dengan geram salah seorang warga bertanya kepada bocah tersebut, “nak, katamu, ayahmu hendak bunuh diri? Terus apa hubungannya dengan merokok.”

Anak polos tersebut pergi ke arah ayahnya, kemudian mengambil bungkus rokok di tangan ayahnya, dan menunjukkan bagian belakang bungkus rokok tersebut. “Lihat pak, di sini ada gambar kanker sama tulisan merokok membunuhmu.”


Contoh Teks Anekdot Tentang Layanan Publik

Obat Penurun Panas

Dokter RS jiwa melihat pasiennya buat kopi lalu memasukkan sebutir obat ke dalamnya.

  • Dokter: “obat apa yang dimasukkan ke kopimu?”
  • pasien: “obat penurun panas biar kopi cepet dingin!”
  • Dokter : ” Pahit aduh Panas kopinya kok enggak dinginya?”
  • Pasien : ” dasar dokter setres.”
  • pasien : ” tolong buatkan jugak kopi untuk saya juga!”
  • Dokter : ” Kopinya sudah habis”
  • pasien : ” koq bisa habis? tadi saya lihat masih banyak”
  • Dokter : ” Tadi saya Masukin semua.”
  • pasien : ” buatin Teh aja dh!
  • Dokter :” oke”
  Contoh Teks Tanggapan

dokter sudah membuat teh dan mengasikkan ke pasien.

  • pasien :” kok tehnya dingin, Dok?”
  • Dokter :” kan tadi air panasnya tak pakek semua untuk buat kopi.Mangkanya tadi saya pakek obat penurun panas.”

Pasien lalu pergi dan menaruh tehnya dimeja, karena kecewa dengan perlakuan dokter yang tidak sesuai dengan harapan.


Contoh Teks Anekdot Tentang Budaya

contoh teks anekdot budaya
contoh teks anekdot | youtube.com

Budaya Bahasa Indonesia

Pada suatu hari, terdapat 3 orang anak yang berasal dari daerah yang berbeda-beda. Udin dari Jawa Barat, Azis dari Jakarta, dan Aden dari Jawa Tengah. Ketika sedang asik bermain di perumahan yang sedang dibangun, Udin tiba-tiba terperosok jatuh kedalam lubang yang rencananya akan dijadikan sumur.

  • Azis : “Eh Din, ngapain lo?”
  • Udin : “Tulung..Tulung!!!”
  • Azis : “Eh den, Ape katanye?”
  • Aden : “Ndak tau, Keknya minta bantuan”
  • Azis : “Ape Din? Kagak kedengeran.”

Azis dan Aden kebingungan apa yang dikatakan oleh Udin, karena suara Udin tidak terdengar, akhirnya mereka berpikir kalau Udin meminta bantuan.

  • Udin : “Tulungan atuh euy”
  • Azis : “Hah? coba cari tali yang panjang sana Den!”
  • Aden : “Njeh zis, tunggu ye Din”
  • Udin : “Atuh euy.. Tulung!!! Taraje mana taraje??”
  • Azis : “Hah, ape Din? Ntar aje?”
  • Aden : “Iki talinya Zis” (Sambil memberikan tali)
  • Azis : “Kagak jadi Den, katanye ntar aje”
  • Aden : “Oh.. Rapopo? Yuk main lagi.”

Azis dan Aden pun bermain kembali, Udin mengira mereka sedang mencari bantuan. Keesokan harinya… terdengar berita bahwa ditemukan “seorang anak ditemukan tewas terbaring didalam sumur.”


Contoh Teks Anekdot Tentang Covid 19

Corona

Pada suatu hari yang terik, sebuah Virus Corona melewati padang tandus untuk berjalan ke negeri Musang. Di tengah perjalan Virus Corona itu harus bersusah payah melewati cuaca panas dan rintangan hujan dengan suhu kurang lebih hingga 25 derajat selsius. Ketika Virus Corona memasuki sebuah desa di suatu lembah, Virus Corona tadi melihat ada seorang lelaki tua yang sedang menjemur kayu bakar di depan rumahnya.Virus Corona tadi menghampiri pak tua tadi. “ Assalamualiakum sedang apa pak?” kemudian pak tua tadi menjawab, “Waalaikum salam, ohh ini baru menjemur kayu untuk kayu bakar. Maaf anda siapa dan dari mana?”. “Saya Virus Corona, saya dari negeri Tirai Bambu”, Jawabnya. Kemudian lelaki tua tadi bertanya, “ anda mau kemana?”. Virus Corona tadi menjawab “ Saya mau ke negeri Musang”. Lelaki tua tadi melanjutkan pertanyaanya. “Anda mau apa ke negeri itu? Negeri itu terkenal tidak takut dengan apapun dan menyuruh rakyatnya untuk selalu bekerja, karena dengan bekerja semua penyakit akan pergi”.

“Saya di utus petinggi saya untuk ke negeri Musang menyebarkan virus saya dan akan membunuh 100 orang saja” jawab Virus Corona tadi. “Saya melanjutkan perjalanan dulu pak,” sambung Virus Corona tadi. “Baiklah, silahlan lanjutkan perjalan anda, hati hati di jalan semoga selamat sampai tujuan”, jawab lelaki tua tadi.

Setelah beberapa waktu, Virus Corona kembali lagi ke asalnya dan melewati pedesaan yang pernah dilalui. Virus Corona tadi menghampiri pak tua yang sedang memilah kayu untuk kayu bakar. “Apa kabar pak tua?” Ucapnya. Pak tua pun kaget karena baru beberapa hari saja ternyata Virus Corona sudah kembali. “Alhamdulillah, kabar baik, jawab pak tua”. “Kamu sudah selesai melaksanakan tugasmu? Bagaimana hasilnya?” Virus Corona menjawab dengan santai, “Hasilnya luar biasa, melebihi ekspektasi”. “Maksud kamu?” Tanya pak tua tadi.

“Iya, petinggi saya dan misi saya membunuh 100 orang saja, akan tetapi yang meninggal ternyata hingga 5500 orang.” Jawab Virus Corona

“Lho, bagaimana bisa terjadi?” Tanya pak tua sambil penasaran.

“Iya, saya memang menyebarkan virus di negeri Musang membunh 100 orang saja, akan tetapi 5400 orang lainnya juga ikut mati karena ketakutan.” Ucap Virus Corona sambil terkekeh.

***

Itu dia beberapa informasi menarik mengenai teks anekdot. Penjelasan di atas sudah sangat lengkap sehingga Anda sekarang akan lebih tahu mengenai jenis teks ini. Apalagi ada banyak pula contoh teks anekdot yang ditampilkan sebagai referensi agar Anda lebih paham. Intinya teks anekdot terbilang unik dan menarik mengingat cerita singkat yang ditampilkan bisa begitu menghibur pembaca. Cerita pun tak hanya lucu melainkan memiliki kritik dan sindiran terselubung di dalamnya.