Contoh Surat Pernyataan

Contoh Surat Pernyataan – Surat pernyataan berisi penjelasan tertulis tentang keadaan seseorang (pembuat surat) dalam kondisi formal/semi formal. Lazimnya, surat pernyataan ditulis seseorang jika dirinya berhalangan menyelesaikan suatu tugas atau terkendala menghadiri sebuah kegiatan. Dalam kehidupan sehari-hari, sering dijumpai beragam contoh surat pernyataan yang dipergunakan untuk berbagai kepentingan.

Surat pernyataan dibuat sebagai bukti bahwa pihak pembuat surat perlu mendapat pengakuan secara resmi dari pihak yang dituju. Hal ini dibuktikan dengan adanya tambahan materai beserta tanda tangan dan nama terang pembuat surat. Secara teknis, dokumen yang memiliki materai sudah bisa mendapatkan nilai hukum.

Fungsi surat pernyataan pun beraneka ragam. Pertama, untuk menyatakan suatu kondisi yang perlu diberitahukan pihak pembuat surat kepada pihak penerima. Kedua, sebagai penguat keadaan jika ada pihak yang bersangkutan dengan situasi sesuai terlampir dalam surat. Misalnya, sebuah situasi sengketa surat pernyataan ini berguna untuk menguatkan dalil dari pihak pembuat surat secara sah.

Mengingat perannya yang urgent dari aspek formalitas, masyarakat sering diharuskan membuat surat pernyataan dengan jenis bermacam-macam. Agar bisa membuat surat pernyataan yang baik dan benar, terlebih dahulu harus memahami seluk-beluknya, termasuk struktur dan jenis. Berikut penjelasan selengkapnya terkait surat pernyataan beserta ragam contoh surat pernyataan.

Struktur Surat Pernyataan

contoh surat pernyataan dan strukturnya

Dengan melihat secara langsung contoh surat pernyataan, dapat diketahui bagaimana struktur teknis dan kaidah kebahasaan yang digunakan. Memahami struktur surat penting dipahami sebelum mulai menulis surat, agar surat yang dibuat nantinya tidak melanggar tata persuratan. Secara umum, struktur surat pernyataan terbagi menjadi beberapa bagian sebagai berikut.

  1. Kepala Surat

Kepala surat terdiri atas judul surat beserta tulisan yang menyertakan jenis surat. Mengingat ada lebih dari satu jenis surat pernyataan, maka pada bagian kepala surat harus dituliskan secara eksplisit jenisnya. Apakah tergolong surat pernyataan belum menikah, surat kesanggupan, surat pernyataan bekerja, dan sebagainya. Judul dan tulisan jenis surat tersebut dibuat dengan huruf kapital.

  1. Identitas Pembuat Surat

Bagian penting yang tak boleh ketinggalan adalah identitas pihak pembuat surat pernyataan. Identitas pembuat surat harus dituliskan secara ringkas tapi lengkap, umumnya meliputi nama terang, alamat/domisili, tanggal lahir, jenis kelamin, nomor identitas kependudukan, serta kontak yang dapat dihubungi. Semua data yang dicantumkan dalam surat pernyataan harus benar dan valid.

  1. Isi Surat Pernyataan

Isi merupakan bagian inti dari surat pernyataan yang menerangkan kondisi pihak pembuat surat dengan sebenar-benarnya. Misalnya, pada surat pernyataan belum menikah, maka bagian isi menyampaikan sesuai realita bahwa pihak pembuat surat benar-benar belum menikah. Surat pernyataan mempunyai nilai hukum, sehingga isinya harus dapat dipertanggungjawabkan.

  1. Penutup Surat

Bagian penutup pada contoh surat pernyataan lazimnya berisi ucapan terima kasih dan permohonan maaf apabila terdapat kekeliruan teknis dalam penulisan surat. Bagian ini tak perlu terlalu panjang. Hanya satu atau dua kalimat saja yang dituliskan to the point. Biasanya panjang maksimal tiga baris saja.

  1. Nama Terang Beserta Tempat dan Waktu

Sebagaimana surat resmi lainnya, pembuat surat perlu menuliskan namanya di bagian pojok kanan bawah. Namun sebelum itu, di satu baris atasnya harus ada tempat dan waktu pembuatan surat. Barulah di bawahnya diikuti dengan salam hormat beserta ruang untuk tanda tangan sekaligus nama terang pihak yang membuat surat.

  1. Tambahan Materai

Surat pernyataan terkategorikan sebagai surat resmi, maka dari itu perlu ditambahkan materi pada ruang tanda tangan. Hal ini untuk menunjukkan bahwa terdapat kesepakatan yang sah di mata hukum terkait isi surat pernyataan. Jadi apabila di kemudian hari ditemukan fakta tidak benar sehubungan isi surat, yang bersangkutan dapat dikenakan tindak pidana.

  1. Kaidah Kebahasaan Surat Pernyataan

Bahasa yang dipakai dalam surat pernyataan adalah formal dan baku. Penulisannya harus sesuai Ejaan Bahasa Indonesia. Kalimat yang digunakan hendaknya singkat, padat, serta memenuhi kaidah SPOK sehingga mudah dipahami. Hindari penggunaan kalimat bertele-tele, karena yang terpenting dalam surat adalah isinya tersampaikan dalam bahasa sepadat mungkin.

Struktur surat pernyataan di atas pada kenyataannya bisa berubah tergantung jenis surat yang dibuat. Terkadang ada bagian yang dihilangkan, dan bisa juga ditambahkan bagian tertentu seperlunya. Terdapat beragam jenis surat pernyataan yang sering dijumpai dalam aktivitas sehari-hari.

Jenis Surat Pernyataan

contoh surat pernyataan dan jenisnya

Berikut beberapa contoh surat pernyataan yang dikategorikan berdasarkan jenisnya.

  1. Surat Menyatakan Diri

Contoh surat pernyataan ini menjelaskan keadaan seseorang yang sifatnya pribadi. Biasanya surat ini berisikan pernyataan seputar informasi pembuat surat yang dianggap penting guna diberitahukan/disampaikan kepada pihak lain.

  1. Surat Menyatakan Kesanggupan

Contoh surat pernyataan ini dibuat oleh seseorang untuk menyatakan kesanggupan terhadap suatu ikhwal yang sudah disepakati bersama. Surat ini bersifat mengikat, jadi pihak yang telah membuatnya harus menyanggupi poin tertera dalam surat dengan penuh konsekuensi.

  1. Surat Menyatakan Kerja

Contoh surat pernyataan satu ini dipakai guna menjelaskan situasi suatu pihak yang sedang menjalankan pekerjaan/tanggung jawab tertentu. Surat ini juga dituliskan apabila suatu pihak menyanggupi atau menerima sebuah pekerjaan yang harus diselesaikan sesuai kesepakatan.

  1. Surat Menyatakan Urusan Hutang

Contoh surat pernyataan ini umumnya dipakai jika seseorang terindikasi memiliki hutang kepada suatu pihak. Fungsi surat ini adalah menunjukkan bahwa pembuat surat sedang dalam kondisi berhutang, sehingga yang bersangkutan bisa memahami dan memaklumi situasi keuangan pembuat surat.

Ragam Contoh Surat Pernyataan

Sangat mudah menemukan surat pernyataan dalam aktivitas sehari-hari. Dari yang paling sederhana saja, ada surat pernyataan kerja yang menunjukkan bahwa seseorang sedang menjalankan sebuah pekerjaan terlampir. Dan masih banyak lagi contoh lainnya yang digunakan dengan fungsi beragam. Berikut berbagai contoh surat pernyataan yang lazim ditemukan untuk bermacam-macam keperluan.

Contoh Surat Pernyataan Bayar UKT

contoh surat pernyataan ukt

Surat pernyataan ini biasannya dibuat oleh orang tua mahasiswa untuk diberikan kepada pihak perguruan tinggi. Umumnya sudah ada form dan hanya tinggal mengisi data saja. Berikut contoh surat pernyataan yang ditujukan untuk menerangkan perihal pembayaran UKT.

SURAT PERNYATAAN
KESANGGUPAN MEMBAYAR UKT

Dengan ini, saya yang bertanda tangan di bawah:

  • nama : Budi Pratomo, S.Pd.
  • alamat : Jalan Kemajuan Nomor 40, Bandung
  • telepon : 081234213167
  • pekerjaan : Wiraswasta

sebagai orang tua dari mahasiswa Universitas Persatuan sebagai berikut:

  • nama : Luvi Arifianto
  • program studi : Pendidikan Bahasa Inggris
  • NIM : 160218293920

menyatakan sanggup dan bersedia membayarkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebagaimana ditetapkan pihak perguruan tinggi sesuai ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pernyataan ini saya buat secara penuh kesadaran dan tanpa ada desakan dari pihak manapun.

Bandung, 20 Agustus 2020

Yang memberi pernyataan,

(tanda tangan dan materai 6000)

Budi Pratomo, S.Pd.

baca juga: Contoh Surat Keterangan


Contoh Surat Pernyataan Tidak Menikah

contoh surat pernyataan tidak menikah

Ketika seseorang diterima bekerja pada sebuah instansi atau perusahaan, biasanya diminta membuat surat pernyataan yang menyatakan kesanggupan tidak menikah selama jangka waktu tertentu (misalnya selama masa training, dll). Berikut contoh surat pernyataan yang menyatakan kesanggupan tidak menikah.

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

  • nama lengkap : Anindia Desi, S.E.
  • tempat, tanggal lahir : Surabaya, 17 Desember 1996
  • jenis kelamin : Perempuan
  • agama : Islam
  • status perkawinan : Belum Kawin
  • alamat : Jalan Diponegoro 9, Kota Surabaya
  • nomor telepon : 085123451233
  • pendidikan terakhir : Strata 1 (S-1)

bersama surat ini menyatakan tidak akan menikah selama jangka waktu satu tahun sejak diterima sebagai karyawan Bank Semesta Indonesia (BSI). Apabila di kemudian hari saya melanggar pernyataan ini, maka saya bersedia mendapatkan sanksi dari BSI, baik secara hukum maupun secara kelembagaan.

Demikian surat pernyataan saya buat dengan penuh kesadaran tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Surabaya, 30 Agustus 2020

Mengetahui,

Orang Tua/Wali Yang Menyatakan,

(tanda tangan beserta materai 6000)

Andi, S.Pd. Anindia Desi, S.E.


Contoh Surat Pernyataan Bayar Hutang

contoh surat pernyataan bayar hutang

Surat ini ditulis sebagai bentuk kesanggupan pihak pembuat untuk membayar hutang sebagaimana kesepakatan yang telah diputuskan. Dengan demikian, ada dokumen bernilai hukum yang akan mencatat kapan tanggal jatuh tempo beserta nominal pembayaran. Berikut contoh surat pernyataan terkait pembayaran hutang.

SURAT PERNYATAAN
KESANGGUPAN MEMBAYAR HUTANG

Saya yang bertanda tangan berikut ini,

  • nama : Kamil Santoso
  • nomor identitas : 3508012209880001
  • alamat : Jalan Kebon Mangga No. 87, Kota Surabaya

menyatakan sanggup melakukan pembayaran sejumlah hutang kepada Saudara Ratna Galih sebesar Rp50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) pada tanggal 11 Januari 2021.

Apabila pada tanggal jatuh tempo saya belum mampu mengembalikan pinjaman dalam nominal penuh, saya memohon kepada Saudara Ratna Galih agar berkenan memberikan kesempatan tambahan 30 hari untuk pelunasan.

Saya akan bertanggung jawab secara hukum jika selama jangka waktu tercantum belum bisa melunasi pembayaran.

Demikian surat ini saya buat secara sadar dan tidak mendapatkan desakan dari pihak manapun.

Surabaya, 10 September 2020

Yang membuat pernyataan,

(tanda tangan dan materai)

Kamil Santoso

baca juga: Contoh Surat Perjanjian


Contoh Surat Pernyataan Bayar Ganti Rugi

contoh surat pernyataan ganti rugi

Surat ini dibuat biasanya saat akan bekerja. Sebagai contoh, Anda melamar pada sebuah perusahaan maka akan diminta membuat surat yang menyatakan tidak akan mengundurkan diri jika sudah diterima. Apabila melanggar, maka diharuskan membayar sejumlah ganti rugi. Berikut contoh surat pernyataan bayar ganti rugi.

SURAT PERNYATAAN
KESEDIAAN MEMBAYAR GANTI RUGI

Sehubungan dengan persyaratan penerimaan karyawan baru yang telah ditetapkan PT Angkasa Nusantara Tahun 2019, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini,

  • nama lengkap : Putri Rahayu, S.E.
  • nomor identitas : 3508012209950001
  • jenis kelamin : Perempuan
  • pendidikan terakhir : Strata 1 (S-1)
  • alamat : Perum. Indah Pertiwi No. 5, Kota Surabaya

menyatakan bersedia membayar sejumlah ganti rugi sebesar Rp6.000.000 (enam juta rupiah) jika di kemudian hari saya mengundurkan diri dari posisi karyawan PT Angkasa Nusantara selama jangka waktu dua tahun.

Demikian surat pernyataan ini saya buat agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Surabaya, 10 Juli 2020

Yang menyatakan,

(tanda tangan dan materai)

Putri Rahayu, S.E.


Contoh Surat Pernyataan Transaksi Tanah

contoh surat pernyataan transaksi tanah

Surat pernyataan ini menjelaskan bahwa kepemilikan tanah telah berpindah, sehingga jika suatu saat dilakukan transaksi lagi tidak akan menimbulkan sengketa. Berikut contoh surat pernyataan yang digunakan saat melakukan jual/beli tanah.

SURAT PERNYATAAN
JUAL BELI TANAH

Kami yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama : William S.
  • Tempat, tanggal lahir : Magelang, 10 Oktober 1995
  • Pekerjaan : Wiraswasta
  • Agama : Islam
  • Alamat : Jalan Panglima Sudirman 88, Semarang

Selanjutnya akan disebut sebagai PIHAK PERTAMA,

  • Nama : Antaresa Akbar
  • Tempat, tanggal lahir : Semarang, 19 Januari 1994
  • Pekerjaan : Wiraswasta
  • Agama : Islam
  • Alamat : Jalan Ahmad Yani Nomor 45, Semarang
  • Selanjutnya akan disebut sebagai PIHAK KEDUA.

Menyatakan bahwa:

  1. PIHAK PERTAMA telah menjual sebidang tanah kepada PIHAK KEDUA beserta segala komponen yang ada di atasnya seharga Rp900.000.000,00 (sembilan ratus juta rupiah) tanpa melalui perantara.
  2. Tanah yang tertera dalam surat pernyataan ini mempunyai luas 1.890 meter persegi dan berlokasi di Perumahan Griya Asri Blok A3, Kota Semarang.
  3. Dengan ditandatangani surat ini, membuktikan secara sah bahwa pembayaran transaksi jual-beli selesai dilaksanakan. Maka tanah sudah sah atas kepemilikan PIHAK KEDUA.
  4. Surat pernyataan ini dibuat sesuai kesepatakan dan ditandatangani di atas materai beserta disaksikan para saksi.

Demikian surat pertanyaan dibuat atas dasar sebenarnya tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Semarang, 9 Oktober 2020

PIHAK PERTAMA PIHAK KEDUA

William S. Antaresa Akbar


Contoh Surat Pernyataan Ahli Waris

contoh surat pernyataan ahli waris

Surat ini dibuat guna menerangkan hubungan kekerabatan di dalam sebuah keluarga, biasanya bermanfaat untuk pembagian warisan apabila orang tua sudah meninggal dunia. Surat ini dikeluarkan oleh instansi berwenang seperti pemerintahan kelurahan/desa. Berikut contoh surat pernyataan yang menjelaskan tentang ahli waris.

PEMERINTAH KECAMATAN SUKOLILO
KELURAHAN PRAWOTO

SURAT PERNYATAAN AHLI WARIS
Nomor: 12.11.45/X/2020

Yang bertanda tangan di bawah ini, menyatakan bahwa:

  • nama : Rahmat Hidayat
  • tempat, tanggal lahir : 12 Mei 1994
  • jenis kelamin : Laki-laki
  • alamat : Jalan Raya Hayam Wuruk No. 14, Sukolilo, Pati

adalah ahli waris yang sah dari:

  • nama : Ahmad
  • usia : 65 tahun
  • jenis kelamin : Laki-laki
  • alamat : Jalan Raya Hayam wuruk No. 14, Sukolilo, Pati
  • tanggal meninggal : 15 Juli 2020.

Demikian surat pernyataan dibuat sesuai kondisi yang sebenarnya agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Pati, 20 September 2020

Kepala Kelurahan Prawoto

Bagus Heriyawan, S.Hum.

NIP. 19800982909


Contoh Surat Pernyataan Bebas Narkoba

contoh surat pernyataan bebas narkoba

Surat ini sering diminta pada saat akan melakukan pendaftaran pendidikan atau melamar pekerjaan. Ketika akan membuat surat ini, sebelumnya harus sudah melakukan tes bersama instansi yang berwenang. Berikut contoh surat pernyataan yang menerangkan bebas narkoba.

SURAT PERNYATAAN BEBAS NARKOBA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

  • nama : Wawan Setianto
  • tempat, tanggal lahir : Jakarta, 11 November 1998
  • agama : Islam
  • alamat : Jalan Harapan Indah 19, Jakarta Pusat

bersama surat ini menyatakan bahwa saya tidak pernah terlibat dengan kasus narkoba serta tidak pernah mengonsumsi narkoba dalam jenis dan model apapun.

Demikian surat ini saya buat berdasarkan keadaan sebenar-benarnya. Apabila di kemudian hari saya terbuktir menggunakan, melakukan, atau terlibat dengan narkoba, saya bersedia menerima konsekuensinya.

Jakarta Pusat, 1 Februari 2020

Yang Membuat Pernyataan,

(tanda tangan beserta materai)

Wawan Setianto


Contoh Surat Pernyataan Berbadan Sehat

contoh surat pernyataan berbadan sehat

Surat pernyataan ini biasanya dibuat sebagai salah satu syarat dokumen yang harus dimasukkan jika kita ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Surat pernyataan yang dikeluarkan oleh dokter atau rumah sakit ini menerangkan yang bersangkutan berbadan sehat dan sangat penting karena aplikasinya luas dan sering digunakan dalam aktifitas formal.

RS. SUDI WARAS
Jl. Kalimaya No.21, Kec. Bumiayu, Brebes
Telp : (0283) 6239298, Faks : (0283) 8752007
SURAT KETERANGAN SEHAT
No : 32/RS-SW/XI/2017

Yang bertanda tangan dibawah ini, Dokter Rumah Sakit Sudi Waras menerangkan dengan sesungguhnya, bahwa:

  • Nama: Nurul Fitria
  • Jenis Kelamin: Perempuan
  • Umur: 19
  • Alamat: Kp. Mejasem, RT.2 RW.1 Salem, Brebes
  • Pekerjaan: Mahasiswa

Hasil Pemeriksaan :

  • Tinggi/Berat Badan: 165 cm / 59 kg
  • Tekanan Darah: 110/80 mmHg
  • Golongan Darah: O
  • Buta Warna: Tidak

Benar telah diperiksa dengan teliti dan dinyatakan dalam keadaan sehat.

Surat Keterangan Sehat ini dibuat guna keperluan perpanjangan SIM C.

Brebes, 11 Nov 2017

Dokter Pemeriksa,

dr. Lidya Sawita


Contoh Surat Pernyataan Berkelakuan Baik

contoh surat pernyataan berkelakuan baik

Sama dengan surat pernyataan berbadan sehat, surat pernyataan berkelakuan baik juga sangat penting karena selalu digunakan dalam berbagai aktifitas. Surat pernyataan ini menegaskan jika pihak yang disebutkan selalu berkelakuan baik dan bebas dari tindakan kriminal menurut hukum.

SURAT PERNYATAAN

Yang bertandatangan di bawah ini ,

  • Nama : …
  • Tempat dan tanggal lahir : …
  • Agama : …
  • Alamat : …

dengan ini menyatakan:

  1. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
  2. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil/Anggota Tentara Nasional Indonesia/Anggota Kepolisian Negara, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
  3. Tidak berkedudukan sebagai Calon/Pegawai Negeri Sipil dan Calon/Anggota Tentara Nasional Indonesia atau Calon/Anggota Kepolisian Negara;
  4. Tidak menjadi anggota dan atau pengurus partai politik;
  5. Bersedia ditempatkan di wilayah tempat mendaftar;
  6. Sanggup mengganti biaya pelaksanaan penerimaan sebesar Rp. 25.000.000,- (dua puluh lima juta) rupiah, apabila :

a. dinyatakan lulus ujian tahap akhir dan telah mendaftar ulang tetapi mengundurkan diri dengan alasan apapun, atau
b. mengundurkan diri setelah bekerja di BPS, dengan masa kerja kurang dari 5 (lima) tahun.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, dan saya bersedia dituntut di muka pengadilan serta bersedia menerima segala tindakan yang diambil oleh pemerintah, apabila dikemudian hari terbukti pernyataaan ini tidak benar.

……………………, ………………………………
Yang membuat pernyataan,

MATERAI
Rp. 6.000,-
………………………………….


Contoh Surat Pernyataan Kehilangan Dokumen

contoh surat pernyataan kehilangan

Surat pernyataan kehilangan dokumen adalah sebuah keterangan yang menyatakan bahwa pihak yang membuat surat telah kehilangan dokumen yang disebutkan. Surat ini dibutuhkan sebagai sebuah pernyataan resmi yang akan ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian atau instansi terkait.

SURAT PERNYATAAN

Dengan ini saya yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama : Steve Chan
  • Jabatan : Direktur
  • Perusahaan : PT. Maju Terus

Menyatakan bahwa:

  • Dokumen : SIM
  • Nomor : 0900809377 – 0009289
  • Tanggal : 12 Maret 2020
  • Dikirim ke : Jl. Alamat Rumah Saya
  • Dengan rincian sbb: (kuantitas, nama barang, dll):

Bersama ini kami lampirkan juga fotocopy dokumen tersebut.

Dokumen tersebut di atas tidak dapat diketemukan, dan bahwa surat pernyataan ini berlaku sebagai dokumen asli pengganti dokumen tersebut di atas.

Bilamana dokumen asli yang tersebut di atas diketemukan di kemudian hari maka dianggap tidak berlaku lagi.

Bandung, 20 November 2020

Pemberi pernyataan,

Steve Chan

Tanda tangan dan cap perusahaan


Contoh Surat Pernyataan Kepemilikan Harta

contoh surat pernyataan kepemilikan harta

Jika ingin menyelesaikan segala sangkut paut yang berhubungan dengan dunia perpajakan, kita biasanya membutuhkan surat pernyataan kepemilikan harta atau aset agar perhitungan pajak bisa lebih mudah diprediksi oleh pihak yang berwajib.

Pernyataan Kepemilikan Harta

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

  • Nama : Rudy
  • NPWP : 11.222.33346786449
  • NIK : 3333344444444

Alamat : Jalan Gatot No 64 Semarang

Dengan ini menyatakan bahwa :

Atas Tanah dan Bangunan seluas 1000 m2 (seribu meter persegi) dari sebidang tanah Hak Milik/Hak Guna Bangunan Nomor 88 yang terletak di Jl. Surabaya No. 34, Jakarta adalah benar milik saya.

Demikian Surat ini saya buat dengan sebenarnya. Dan digunakan untuk kelengkapan dalam Pengajuan Surat Pernyataan Harta untuk Pengampunan Pajak.

Semarang, 3 Desember 2017

Yang menyatakan,

Materai 6000,-
Rudy

NPWP: 11.222.33346786449


Contoh Surat Pernyataan Belum Bekerja

contoh surat pernyataan belum kerja

Surat pernyataan belum bekerja ataupun tidak sedang terikat kontrak dengan institusi kerja apapun biasanya dipakai untuk menerangkan status pekerjaan seseorang jika ia ingin melamar kerja untuk memastikan bahwa yang bersangkutan tidak memiliki hubungan kerja dengan institusi atau perusahaan lain.

SURAT PERNYATAAN BELUM BEKERJA

Saya, yang bertandatangan dibawah ini :

  • Nama : …………………………………………………………….
  • Jenis Kelamin : …………………………………………………………….
  • Tempat, Tanggal Lahir : …………………………………………………………….
  • Warga Negara : …………………………………………………………….
  • Agama : …………………………………………………………….
  • Pekerjaan : …………………………………………………………….
  • No. KTP : …………………………………………………………….
  • Alamat : …………………………………………………………….

………………………………………………………………

Dengan ini menyatakan dengan sebenarnya bahwa saya hingga saat ini belum bekerja.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dan saya tanda tangani dengan sebenar-benarnya dalam keadaan sehat jasmani dan rohani serta tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Apabila dikemudian hari surat pernyataan ini tidak benar atau keterangan yang saya berikan palsu, maka saya bersedia dituntut sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku tanpa melibatkan pihak Kelurahan ……………….. atau Pihak Kecamatan ………………

………….,……………………………….

Yang Mengetahui, Yang Menyatakan,

Saksi I : ………………….. [materai 6000]

Saksi II : ………………….. …………………………………..


Contoh Surat Pernyataan Tidak Mengulangi Kesalahan

contoh surat pernyataan tidak melakukan kesalahan

Sebagai seorang siswa di sekolah atau karyawan perusahaan, surat pernyataan tidak mengulangi kesahalan dipakai sebagai acuan untuk memberikan sanksi bagi yang bertandatangan dalam surat tersebut, apabila yang bersangkutan melakukan kesalahan atau pelanggaran yang sama di kemudian hari.

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini saya :

  • Nama : ……………………………………………….
  • Tempat, Tanggal Lahir : ……………………………………………….
  • Jenis Kelamin : Laki-Laki / Perempuan
  • Alamat : ……………………………………………….

Nama Orang Tua/Wali : ……………………………………………….

Adalah benar saya telah melakukan tindakan mengambil barang milik orang lain berupa 1 buah Smartphone Android milik …………………………………, warga ………………………………….

Dengan ini menyatakan bahwa,

  1. Saya mengaku bersalah atas tindakan yang saya lakukan tersebut di atas.
  2. Saya tidak akan mengulangi lagi perbuatan mengambil barang milik orang lain yang bukan hak milik saya.

Apabila dikemudian hari saya mengulangi perbuatan tersebut, maka saya bersedia menerima sanksi hukum sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dalam keadaan sadar dan kondisi sehat serta tanpa ada paksaan dari pihak manapun.


Contoh Surat Pernyataan Cerai

contoh surat pernyataan cerai

Surat pernyataan cerai ini merupakan sebuah cacatan dan keterangan yang dibuat dan disepakati oleh kedua pihak suami dan istri yang memutuskan mengakhiri hubungan suami istri tentang berbagai poin yang memiliki kekuatan hukum.

SURAT PERNYATAAN CERAI

Yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan dengan sesungguhnya bahwa:

Pihak I

  • Nama: Andy Tanoto
  • Umur: 29 tahun
  • Agama: Katolik
  • Pekerjaan: Karyawan Swasta
  • Alamat: Jln. Adipati No.31, Bandung
  • Dalam hal ini disebut Pihak I yang meminta cerai.

Pihak II

  • Nama: Natasha Suherman
  • Umur: 25 tahun
  • Agama: Protestan
  • Pekerjaan: Karyawan Swasta
  • Alamat: Jln. Adipati No.31, Bandung
  • Dalam hal ini disebut Pihak II yang memberi cerai.

Pada hari ini Senin, 21 Januari 2020, kami menyatakan yang sebenar-benarnya, di hadapan para saksi-saksi bahwa kami telah bersepakat untuk berpisah dalam menjalani hidup berumah tangga, berdasarkan kemauan kami berdua tanpa ada unsur pemaksaan dari pihak manapun.

Demikian surat pernyataan ini kami buat dengan sebenar-benarnya secara sadar dan dalam keadaan sehat jasmani maupun rohani.

Bandung, 21 Januari 2020

Pihak I Pihak II

Materai Rp. 6000,-

Andy Tanono Natasha Suherman

Saksi-saksi:

  1. Indra Lee
  2. Susi Khadafi
  3. Alam Kartarahardja

Contoh Surat Pernyataan Bersedia Ditempatkan Dimana Saja

contoh surat pernyataan bersedia ditempatkan

Surat pernyataan ini dipakai oleh penyeleksi kerja untuk calon karyawan yang menerangkan bahwa pihat yang membuat pernyataan akan bersedia ditempatkan dimana saja jika lolos seleksi dalam proses penerimaan karyawan.

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

  • Nama : Alexander Suwiryo
  • Nomor KTP : 2889800001200
  • Tempat, Tanggal Lahir : Bandung, 16 Mei 1980
  • Alamat : Jalan Harimau Belang No. 13/ 40B Kota Bandung

dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya bahwa apabila saya diterima menjadi karyawan PT. Segar Alam Abad, saya bersedia ditempatkan dan bekerja dimana saja di seluruh wilayah Republik Indonesia pada Cabang atau Unit Bisnis PT. Segar Alam Abadi. Apabila saya tidak memenuhi pernyataan ini, saya bersedia diberhentikan dengan tidak hormat sebagai karyawan.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya dalam keadaan sadar dan atas kemauan sendiri serta tidak ada paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/ Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Bandung, 28 Oktober 2016

Yang membuat Pernyataan,

Materai Rp. 6000

Alexander Suwiryo

*****

Itulah uraian seputar struktur, jenis, serta contoh surat pernyataan yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Menulis surat tidak hanya bagi kalangan yang duduk di kursi perkantoran saja, karena dunia persuratan bersifat universal. Jadi hampir seluruh masyarakat hendaknya bisa membuat surat pernyataan yang tepat sesuai dengan fungsi surat dan kaidah struktural.