Contoh Surat Keterangan

Contoh Surat Keterangan – Surat keterangan, sesuatu namanya dapat didefinisikan sebagai salah satu jenis surat yang isinya menerangkan kondisi seseorang atau menjelaskan suatu hal. Surat keterangan sangat umum dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, karena berkaitan erat dengan aktivitas manusia.

Surat ini sifatnya resmi, sehingga hanya dapat dikeluarkan oleh instansi dan lembaga berwenang. Tujuan dibuatkannya surat ini pun bervariasi. Berikut penjelasan ringkas beserta contoh surat keterangan yang sering dijumpai.

Ciri Surat Keterangan

Sebagian orang tidak melihat adanya perbedaan antara surat keterangan dengan surat pernyataan. Padahal kedua jenis surat ini jelas berbeda meskipun sama-sama menjelaskan suatu hal. Surat keterangan dibuat oleh instansi resmi, sedangkan surat pernyataan dibuat oleh perseorangan. Ciri-Ciri surat keterangan berikut perlu Anda ketahui agar semakin paham bagaimana bentuk surat ini.

Objek dalam Surat Keterangan

Objek yang dimaksud dalam surat keterangan ialah seseorang sebagai pemohon. Misalnya begini. Pada sebuah contoh surat keterangan, Anda ingin meminta status kelulusan karena ijazah resmi belum diterbitkan sekolah. Maka Andalah objek yang diterangkan dalam surat keterangan. Nanti di dalam surat itu akan disampaikan perihal status kelulusan dan lain-lain.

Adapun instansi pembuat surat biasanya terlebih dahulu meminta sejumlah data pada Anda. Data ini yang akan dicantumkan pada surat keterangan. Seperti contoh pada kasus surat keterangan kelulusan tadi, Anda dimintai data berupa nama, kelas, berapa nilai akhir yang diperoleh, dan sebagainya. Setelah data ini lengkap barulah bisa diproses menjadi surat keterangan sesuai format resminya.

Sifat Surat Keterangan

Surat keterangan termasuk surat resmi. Pertama, karena dikeluarkan oleh lembaga atau instansi resmi yang berstempel. Kedua, sebagai sebuah surat resmi, kerahasiaan dalam surat keterangan sifatnya umum. Contoh surat keterangan yang Anda peroleh bisa dibaca, ditinjau, dan ditindaklanjuti oleh siapa saja bersangkutan.

Sudah selazimnya jika surat keterangan bukan lagi bersifat pribadi meskipun menjelaskan kondisi seseorang. Misalnya begini, Anda meminta surat keterangan lulus di SMA untuk mendaftar perguruan tinggi. Maka saat sudah jadi, surat keterangan yang Anda miliki boleh dilihat, ditinjau, serta dilakukan tindak lanjut dari pihak perguruan tinggi tempat mendaftar.

Isi Surat Keterangan

Dengan melihat pada contoh surat keterangan Anda bisa tahu bahwa isi surat ini hanya berisikan hal-hal umum yang sudah diketahui kebenarannya. Tidak ada bahasan yang menceritakan persoalan pribadi serupa kelebihan atau kekurangan seseorang. Apa yang ditulis di sana adalah fakta yang sudah terpampang nyata diketahui banyak orang.

Contoh kasusnya seperti ini. Anda baru saja kehilangan STNK motor karena mengalami musibah kecopetan. Agar bisa mengurus STNK baru, maka Anda perlu memiliki surat pernyataan dari kepolisian guna menerangkan bahwa benar-benar STNK tersebut hilang pada tanggal dan tempat tertentu. Maka hanya informasi itu saja yang dicantumkan dalam surat keterangan. Tidak akan ada informasi pribadi Anda yang dilampirkan.

Kaidah Kebahasaan Surat Keterangan

Kaidah kebahasaan dalam contoh surat keterangan menggunakan ragam bahasa formal, karena tergolong surat resmi. Kalimat yang dipakai singkat dan padat, biasanya berupa paragraf singkat di bagian pembuka, isi, serta penutup. Selebihnya langsung ditulis dalam model bullet untuk menerangkan poin per poin.

Ada beberapa surat keterangan yang menggunakan kata ganti objek berupa Anda atau Saudara/i. Namun, ada pula surat keterangan yang tidak menyebutkannya. Setiap instansi biasanya telah memiliki format surat keterangan sendiri, jadi boleh-boleh saja mengikuti kaidah yang mana. Selama ada legalitas dan tanda tangan pihak otoritas, maka surat dikatakan sah.

  Contoh CV

Struktur Surat Keterangan

Surat keterangan terdiri atas struktur tertentu yang membedakannya dengan jenis surat lainnya. Struktur ini wajib ada dan harus ditaati oleh pembuat surat, karena sifatnya baku. Instansi pembuat surat boleh mengubah redaksional, menambah atau mengurangi bagian tertentu, serta memodifikasi templatenya. Berikut struktur yang terdapat dalam surat keterangan.

  • Kepala Surat

Kepala surat merupakan struktur pertama dalam contoh surat keterangan yang berada di sebelah atas, sebelum menuju ke isi. Kepala surat terdiri atas beberapa bagian. Pertama adalah kop surat, yaitu bagian yang memuat logo instansi pembuat surat, nama instansi yang ditulis menggunakan huruf kapital, serta dilampirkan pula alamat beserta nomor teleponnya.

Kedua, bagian yang berupa tulisan SURAT KETERANGAN diketik secara kapital. Tulisan ini harus berada di tengah karena berperan penting untuk menunjukkan bahwa surat yang dibuat adalah surat keterangan. Ketiga, ialah nomor surat yang harus dicantumkan untuk memudahkan pendataan administrasi bagi instansi pembuat surat.

  • Isi Surat

Struktur selanjutnya yang wajib ada dalam contoh surat keterangan yaitu isi. Instansi mengeluarkan surat keterangan dengan tujuan tertentu, dan tujuan inilah yang dijelaskan dalam isi. Ditulis dengan menggunakan bahasa yang ringkas dan tidak bertele-tele. Adapun struktur isi terdiri atas beberapa bagian yang menerangkan kegunaan surat.

Pertama, pernyataan kesungguhan dari pihak instansi yang mengeluarkan surat. Biasanya berupa satu kalimat saja yang tidak terlalu panjang. Kedua, identitas pihak yang menjadi objek diterangkan dalam surat. Biasanya berupa nama, tempat tanggal lahir, alamat, dan data lain yang diperlukan sesuai kebutuhan.

Ketiga, pernyataan yang menerangkan kegunaan surat. Misalnya pada contoh surat keterangan kelulusan, maka bagian ini berisi pernyataan instansi sekolah yang menerangkan pihak diterangkan dalam surat telah lulus dengan nilai sekian. Jika pada contoh surat pekerjaan, maka bagian ini menerangkan pekerjaan pihak diterangkan beserta jabatannya.

  • Kaki Surat

Kaki surat merupakan bagian paling bawah yang berisikan penutup dan identitas penanda tangan dari pihak instansi. Penutup biasanya ditulis keterangan lanjutan yang perlu dicantumkan dalam surat. Setelah itu, diakhiri dengan harapan agar surat keterangan dapat dipergunakan dengan semestinya dan tidak dipakai untuk keperluan selain tujuan.

Pada bagian kaki surat juga ada tempat serta tanggal pembuatan surat. Barulah di bawahnya ada identitas penanda tangan yang bertanggung jawab atas surat tersebut. Bisa dari pimpinan instansi, bisa pula dari perwakilan yang memiliki kewenangan. Dalam contoh surat keterangan juga dibubuhkan tanda tangan beserta nama terang dan NIP atau nomor keanggotaan. Ada pula yang menambahkan stempel atau materai kalau diperlukan.

Jenis Surat Keterangan

Secara umum, ada dua jenis surat keterangan berdasarkan fungsinya, yaitu surat keterangan biasa dan surat keterangan penting. Untuk bisa mengenali perbedaan kedua surat itu, Anda bisa melihat dari segi isi. Apabila isinya berkaitan dengan kepentingan yang sifatnya resmi maka tergolong surat keterangan penting. Berikut lebih lengkap tentang surat keterangan biasa dan surat keterangan penting.

  • Surat Keterangan Biasa

Surat keterangan biasa merupakan jenis surat yang dibuat oleh instansi dan diperuntukkan bagi seseorang tanpa kepentingan dengan pejabat. Maksudnya adalah surat ini dibuat untuk keperluan biasa yang lazim dalam aktivitas sehari-hari. Contoh surat keterangan biasa misalnya surat dari kampus untuk mahasiswa yang menerangkan bahwa mahasiswa tersebut berstatus aktif. Surat keterangan biasa lazimnya tidak membutuhkan materai.

  • Surat Keterangan Penting

Surat keterangan penting adalah jenis surat yang sifatnya penting dan mendesak, karena memiliki dampak serius bagi seseorang. Misalnya surat catatan kepolisian yang dikeluarkan instansi untuk menunjukkan seseorang tidak pernah terlibat tindak kriminal. Surat semacam ini biasanya disertai materai dan dipakai untuk keperluan yang penting. Dalam surat ini dibubuhkan tanda tangan pejabat/petinggi dari instansi bersangkutan.

Aneka Contoh Surat Keterangan

contoh surat keterangan lengkap
contoh surat keterangan | cekaja.com

Terdapat banyak sekali ragam surat keterangan yang dibuat dari berbagai organisasi, instansi, atau korporasi. Surat ini pun dipergunakan dengan tujuan yang bervariasi, sebagian besar berhubungan dengan keperluan administrasi. Ada yang berupa surat keterangan biasa, ada pula yang berjenis surat keterangan penting. Berikut aneka contoh surat keterangan yang paling umum dijumpai.

  Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh Surat Keterangan Pekerjaan

Surat ini dikeluarkan oleh perusahaan atau instansi tertentu untuk diberikan pada karyawannya yang memiliki ikatan kerja. Surat ini dibuatkan oleh staff yang berguna sebagai pemberi informasi bahwa seseorang memang benar bekerja di tempat tersebut. Berikut contohnya.

PT ANGKASA JAYA
Jalan Sudirman No. 18, Kota Makassar
Telepon (0334) 4119087

SURAT KETERANGAN KERJA
Nomor: 112/092/12/2020

Yang bertanda tangan berikut ini,

  • nama : Ayudia Ratna
  • NIP/NIK : 01122113342213
  • jabatan : Direktur
  • alamat : Jalan Sudirman No. 18, Kota Makassar

Menerangkan bahwa,

  • nama : Nina Aninda
  • NIP/NIK : 02123113345665
  • tempat, tanggal lahir : Makassar, 12 Oktober 1990
  • alamat : Jalan Ilalak No. 20, Kota Makassar

telah bekerja tertanggal sejak 10 Januari 2015 hingga kini di PT Angkasa Jaya dengan memegang posisi sebagai administator. Selama menjadi karyawan di perusahaan kami, yang bersangkutan menunjukkan kinerja baik dalam menjalankan SOP. Tidak ada pelanggaran yang dapat menyebabkan perusahaan berada dalam kerugian.

Surat keterangan kerja ini dibuat agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Makassar, 21 September 2020

Hormat saya,

Direktur

Ayudia Ratna

Contoh Surat Keterangan Kehilangan

Surat keterangan kehilangan dibuat apabila Anda kehilangan suatu barang berharga, kemudian memohon kepada pihak berwenang agar berkenan diproses sesuai prosedur yang berlaku. Berikut contoh surat keterangan yang menyatakan kehilangan barang berharga.

baca juga: Contoh Surat Perjanjian

POLRI DAERAH JAWA BARAT
RESOR KOTA BESAR BANDUNG
SEKTOR SUKASARI
Jalan Gegerkalong Hilir No. 155, Kota Bandung

(LOGO)

SURAT TANDA BUKTI LAPOR KEHILANGAN BARANG/SURAT
Nomor: BK/800/VII/2016/JBR/RESTABER/SEKTOR SUKASARI

Yang bertanda tangan di bawah, dengan ini menerangkan bahwa telah ada perempuan sesuai identitas berikut,

  • nama : Yulita Sari
  • tempat, tanggal lahir : Jakarta, 8 Agustus 1990
  • agama : Islam
  • pekerjaan : Mahasiswa
  • kebangsaan : Indonesia
  • alamat : Perum Asabri No. 59, RT/RW 009/12, Kota Bandung

melaporkan kehilangan surat-surat berharga berupa satu buah KTM dari UPI atas nama pelapor. Diketahui hilang sekitar area Jalan Gegerkalong pada Kamis, 28 Juli 2016 berkisar pukul 15.00 WIB. Surat ini berlaku untuk keperluan pengurusan surat baru dan berlaku hingga empat belas hari.

Demikian surat ini dibuat sesuai kondisi sebenar-benarnya dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Bandung, 28 Juli 2016

Tanda tangan pelapor, BA SPKT II,

Yuliana Sari Nono Ruswono

AIPTU NRP 75060507

Contoh Surat Keterangan Domisili

Surat keterangan domisili ialah jenis surat yang menyatakan bahwa seseorang berdomisili di suatu wilayah secara resmi. Surat ini dikeluarkan oleh pemerintah kelurahan atau pemerintah desa sebagai pengganti KTP, bisa juga sebagai pelengkap administrasi. Berikut contoh surat keterangan yang menjelaskan domisili seseorang.

PEMERINTAH KELURAHAN SUMBEREJO
KECAMATAN CANDIPURO
KABUPATEN LUMAJANG
Jalan PB. Soedirman No. 129, Candipuro, Lumajang

SURAT KETERANGAN DOMISILI
Nomor: SD/13111/IV/8872/2020

Saya yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa:

  • nama : Larasati Purnamasari
  • tempat, tanggal lahir : Lumajang, 15 November 1996
  • jenis kelamin : Perempuan
  • status perkawinan : Belum kawin
  • pekerjaan : mahasiswa
  • alamat : Jalan Timor Timur No. 9, Candipuro, Lumajang

benar nama tersebut adalah penduduk yang berdomisili di Kelurahan Sumberejo, Candipuro, Kabupaten Lumajang sampai saat surat ini dibuat.

Demikian surat keterangan domisili dibuat sesuai keadaan sebenar-benarnya serta mohon diperuntukkan untuk tujuan sebagaimana mestinya.

Lumajang, 12 September 2020

Lurah Sumberejo

(tanda tangan beserta stempel resmi)

Ahmad Setiarjo

Contoh Surat Keterangan Pindah Sekolah

Sesuai namanya, surat ini diperuntukkan bagi siswa yang ingin meneruskan pendidikan di tempat lain. Sekolah lama akan membuatkan keterangan pindah untuk diberikan siswa kepada sekolah barunya sebagai pelengkap administrasi. Berikut contoh surat keterangan dalam hal keperluan pindah sekolah.

baca juga: Contoh CV

SDN Mancagahar 03
Jalan Raya Sudirman Desa Mancagahar, Kecamatan Tulungsari

SURAT KETERANGAN PINDAH SEKOLAH
Nomor: IX/12321/9900/2020

Yang bertanda tangan di bawah ini yaitu Kepala Sekolah SDN Mancagahar 03, Kecamatan Tulungsari, Kabupaten Garut, menerangkan bahwa:

  • nama : Diajeng Ayu
  • nomor induk/NISN : 0092850867
  • jenis kelamin : Perempuan
  • murid kelas/tingkat : V

sesuai dengan surat permohonan pindah sekolah dari wali murid/orang tua,

  • nama : Ahmad Wicaksana
  • pekerjaan : Wiraswasta

telah mengajukan pindah menuju salah satu sekolah yaitu SDN Garut 12 di Jalan Raya Garut No. 54, Kecamatan Tulungrejo, Kabupaten Garut dengan alasan mengikuti orang tua. Bersamaan dengan surat ini, kami lampirkan raport yang bersangkutan selama menjadi siswa SDN Mancagahar 03 beserta surat permohonan pindah dari orang tua.

Demikian surat ini kami buat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Garut, 8 Juli 2020

Kepala Sekolah SDN Mancagahar 3,

Anton Irawan

NIP. 19682023 19872123 2 0001

  Contoh Surat Perjanjian

Contoh Surat Keterangan Sehat

Surat keterangan sehat dibuat untuk keperluan pendaftaran kerja misalnya dan berbagai kepentingan lain. Surat ini dikeluarkan oleh tenaga kesehatan yang berwenang di suatu wilayah, bisa berupa rumah sakit atau puskesmas. Isinya menyatakan bahwa seseorang telah dinyatakan sehat setelah melalui beberapa tes. Berikut contoh surat keterangan sehat.

PEMERINTAH KABUPATEN MALANG
UPTD PUSKESMAS GADANG
KECAMATAN GADANG
Jalan Raya Gadang No. 17, Gadang, Kabupaten Malang

SURAT KETERANGAN SEHAT
Nomor: SD/13111/IV/8872/2020

Saya yang bertanda tangan di bawah ini selaku dokter pemeriksa, menyatakan bahwa:

  • nama : Sania Putri Asih
  • umur : 25 tahun
  • alamat : Jalan Teratai No. 28, Gadang, Kabupaten Malang

telah melalui serangkaian tes pemeriksaan yang dilakukan di UPTD Puskesmas Gadang. Hasilnya dinyatakan SEHAT serta bisa melanjutkan untuk melakukan pendaftaran kerja.

Demikian surat ini kami buat sesuai kondisi sesungguhnya dan agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Kabupaten Malang, 9 Maret 2020

Dokter Pemeriksa,

dr. Darmawan
NIP 1965 99876 198802 1 001

Contoh Surat Keterangan Berkelakuan Baik

Ada pula jenis surat keterangan yang dibutuhkan oleh seseorang untuk mendapatkan validitas tidak pernah terlibat dalam tindak kriminal apapun. Surat ini dinamakan surat keterangan berkelakuan baik yang dikeluarkan oleh pihak pemerintahan setempat. Adapun surat ini biasanya dipakai untuk melamar pekerjaan atau mendaftar sekolah ikatan dinas. Berikut contoh surat keterangan yang menyatakan seorang siswa berkelakuan baik.

DINAS PENDIDIKAN KOTA MALANG
SMA BINAAN MANDIRI MALANG
Jalan Veteran No. 87 Kelurahan Sumbermanis, Kecamatan Kalibata, Kota Malang

SURAT KETERANGAN BERKELAKUAN BAIK
Nomor: 1982/1029/10/2020

Yang bertanda tangan berikut dengan ini menyatakan bahwa:

  • nama : Elma Nisa Putri
  • tempat, tanggal lahir : Surabaya, 8 Mei 2009
  • nomor induk/ NISN : 200987655
  • jurusan : IPA

sepanjang menempuh pendidikan di SMA Binaan Mandiri Malang tercatat sebagai siswa yang berkelakuan baik dan tidak melanggar peraturan dalam bentuk apapun. Siswa juga mengikuti pembelajaran dengan baik sesuai kebijakan instansi.

Demikian surat ini dibuat sesuai keadaan sesungguhnya dan semoga dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Malang, 12 Maret 2020

Kepala Sekolah SMA Binaan Mandiri Malang,

Salahuddin Wibowo

NIP. 19701109 19802122 2 001

Contoh Surat Keterangan Lulus

Surat keterangan lulus biasanya dicetak oleh instansi pendidikan karena ijazah yang asli belum diterbitkan. Surat ini disebut juga dengan SKL, dan umumnya berbentuk seperti ijazah hanya saja versi singkat. Pada surat ini dicantumkan pendidikan seseorang beserta predikat kelulusannya. Berikut contoh surat keterangan lulus yang umum dijumpai.

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS HARAPAN NUSANTARA
FAKULTAS ILMU KEBUDAYAAN
Jalan Pattimura No. 6, Kota Medan
Telepon (0341) 5513244

SURAT KETERANGAN LULUS

Nomor: VII/123/121/34-I/2020

Berdasarkan Surat Yudisium dan Kelulusan Mahasiswa Tahun 2019/2020 yang diterbitkan oleh Dekan Fakultas Ilmu Kebudayaan, maka Dekan Fakultas Ilmu Kebudayaan Universitas Harapan Nusantara dengan ini menerangkan bahwa:

  • nama : Putri Lestari
  • NIM : 1602123212333
  • tempat, tanggal lahir : Surabaya, 12 Oktober 1999
  • NIK : 3508011210990001

telah memenuhi persyaratan program pendidikan sarjana dan lulus pada:

  • program studi : Sastra Inggris
  • akreditasi : A
  • fakultas : Fakultas Ilmu Kebudayaan
  • tanggal lulus : 30 Juli 2020
  • IPK : 3,5
  • Gelar akademik : S.S (Sarjana Sastra)

Surat keterangan ini dapat dipergunakan sebagaimana mestinya dan berlaku selama tiga bulan terhitung sejak tanggal penerbitan.

Medan, 7 September 2020

Dekan,

Prof. Dr. Nathalia, M.A., Ph.D.

NIP. 19751231 199034211 220001

  Contoh Surat Lamaran Kerja

Contoh Surat Keterangan Belum Menikah

Surat keterangan belum menikah dibuat sebagai pelampiran yang menyatakan seseorang belum pernah terikat pernikahan secara hukum dan administratif. Surat ini umumnya dipakai ketika akan melamar pekerjaan atau untuk kuliah. Berikut contohnya.

KANTOR URUSAN AGAMA
KECAMATAN CANDIPURO
KABUPATEN LUMAJANG
Jalan PB. Soedirman No. 129, Candipuro, Lumajang

SURAT KETERANGAN BELUM MENIKAH
Nomor: SD/13111/IV/8872/2020

Yang bertanda tangan di bawah ini selaku kepala KUA Kecamatan Candipuro, menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa:

  • nama : Mayang Indahsari
  • bin/binti : Suhardi
  • tempat, tanggal lahir : Lumajang, 21 Oktober 1995
  • kebangsaan : Indonesia
  • agama : Islam
  • pekerjaan : Wiraswasta
  • NIK : 35080321101020202
  • Alamat : Jalan Sutomo No. 76, Candipuro, Lumajang

belum pernah terikat pernikahan dengan siapapun, baik secara adat, hukum negara, maupun hukum agama.

Demikian surat ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya. Apabila di kemudian hari didapati pelanggaran, maka yang bersangkutan siap menerima konsekuensi sesuai peraturan yang berlaku.

Lumajang, 9 Agustus 2020

Kepala Kantor Urusan Agama,

Abdullah

Contoh Surat Keterangan Sakit

Biasanya ketika hendak mengambil cuti karena kondisi kesehatan terganggu, Anda diminta menyerahkan surat keterangan yang menunjukkan sedang sakit. Surat ini dibuat oleh dokter atau tenaga medis di rumah sakit/puskesmas setelah melalui beberapa tahapan pemeriksaan kesehatan. Berikut contoh surat keterangan sakit.

PEMERINTAH KABUPATEN MALANG
UPTD PUSKESMAS GADANG
KECAMATAN GADANG
Jalan Raya Gadang No. 17, Gadang, Kabupaten Malang

SURAT KETERANGAN SAKIT

Nomor: SD/13111/IV/8872/2020

Saya yang bertanda tangan di bawah ini selaku kepala puskesmas, menyatakan bahwa:

  • nama : Budi Utomo
  • umur : 30 tahun
  • pekerjaan : bagian operasional mesin
  • alamat : Jalan Bougenville No. 28, Gadang, Kabupaten Malang

benar adanya yang bersangkutan menderita sakit dengan hasil diagnosis anemia. Sehubungan hal ini, nama di atas membutuhkan waktu istirahat di rumah selama 3 hari tertanggal 5 Maret 2020 hingga 8 Maret 2020.

Demikian surat ini saya buat agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Kabupaten Malang, 9 Maret 2020

Kepala Puskesmas Gadang,

Ariyanto
NIP 1965 99876 198802 1

Contoh Surat Keterangan Anti Narkoba

Surat keterangan ini dibuat saat seseorang hendak melamar kerja atau kepentingan lain, kemudian perlu melakukan tes untuk menunjukkan ia bebas narkoba. Hasil tes tersebut salah satunya bisa berbentuk contoh surat keterangan anti narkoba sebagai berikut.

PEMERINTAH KABUPATEN MADIUN
RSUD MADIUN
KECAMATAN JATILUHUR
Jalan Raya Mawar No. 19, Jatiluhur, Kota Madiun

SURAT KETERANGAN SAKIT

Nomor: SD/13111/IV/8872/2020

Saya selaku pimpinan RSUD Madiun yang bertanda tangan di bawah ini, menyatakan bahwa:

  • nama : Arum Purnamasari
  • tempat, tanggal lahir : Madiun, 18 Oktober 1995
  • jenis kelamin : Perempuan
  • pekerjaan : mahasiswa
  • alamat : Jalan Casablanca No. 28, Jatiluhur, Kota Madiun

benar adanya yang bersangkutan telah mengikuti serangkaian tes urine guna pemeriksaan dan pengujian zak adiktif pada yang bersangkutan. Adapun hasilnya, nama di atas terbebas dari Morphine, Amphetamine, dan THC karena hasil pemeriksaannya negatif. Dengan demikian, yang bersangkutan terbukti anti narkoba.

Demikian surat ini saya buat sesuai keadaan sesungguhanya dan agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Madiun, 9 Maret 2020

Kepala RSUD Madiun,

Hermawan
NIP 1965 99876 198802 1

Contoh Surat Keterangan Penghasilan

Surat keterangan penghasilan menerangkan bahwa seseorang telah bekerja dan memiliki pendapatan rata-rata sebulan berjumlah tertentu. Yang bisa mengeluarkan surat ini biasanya dari pihak perusahaan atau lembaga tempat bekerja. Berikut contoh surat keterangan penghasilan yang paling umum dijumpai.

PT NELSON MALALAN INDONESIA
Jalan Terusan Surabaya No. 98, Jakarta

Perihal : Surat Keterangan Gaji
No : 205/Juli/HRD/2019

Jakarta, 1 Juli 2019

Saya yang bertanda tangan berikut,

  • nama : Wulansari
  • jabatan : Manajer Personalia

menerangkan dengan sebenarnya bahwa,

  • nama : Indra Ciptanugraha
  • jabatan : Staff Produksi

hingga pada saat surat ini dibuat masih terdaftar sebagai karyawan aktif PT Nelson Malalan Indonesia. Perusahaan akan merinci gaji resmi yang diperoleh karyawan bersangkutan dengan rincian sebagai berikut.

  1. gaji pokok : Rp 2.500.000
  2. tunjangan makan : Rp 500.000
  3. tunjangan transportasi : Rp 300.000
  4. tunjangan perumahan : Rp 400.000

sehingga apabila ditotal, keseluruhan gaji yang didapatkan setiap bulannya berjumlah Rp 3.700.000,- (tiga juta tujuh ratus ribu rupiah).

Demikian surat yang menerangkan penghasilan ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Hormat kami,

Wulansari.

  Contoh Surat Kuasa

Contoh Surat Keterangan Pengalaman Kerja

Surat keterangan pengalaman kerja di sebuah perusahaan berikut ini memberikan penjelasan yang menerangkan bahwa seseorang memang benar telah memiliki sebuah pengalaman kerja di sebuah institusi atau perusahaan yang selanjutnya bisa dijadikan rujukan dalam melajar kerja di perusahaan lainnya.

PT. SABAR JAYA
Jl. Anggrek No 21 Jakarta
Website : www.sabarjaya.com

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
Nomor : XX/HRD/X/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini :

  • Nama : Andriawan Hermanto
  • Alamat : Jl. Tanah Abang No. 43 Jakarta
  • Jabatan : Direktur PT. Sabar Jaya

Menerangkan bahwa :

  • Nama : Oscar Sanusubyo
  • Alamat : Jl. Mekarsari No. 56 Jakarta
  • Jabatan : Kepala Cabang

Benar telah bekerja pada perusahaan kami sejak 17 Februari 2012 sampai dengan 28 Mei 2019, dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Cabang.

Selama menjadi staff kami, Saudara Oscar Sanusubyo tidak pernah melakukan penyelewengan tugas dan menunjukkan loyalitas yang sangat baik terhadap perusahaan. Saat ini, Saudara Oscar Sanusubyo sudah mengundurkan diri dengan kehendaknya sendiri.

Perusahaan sangat berterima kasih atas dedikasi selama ini dan berharap agar yang bersangkutan dapat lebih sukses di masa mendatang.

Demikian surat keterangan ini kami buat dengan sebenar-benarnya untuk dipergunakan sebagaimana perlunya.

Jakarta, 29 Mei 2019

PT. Sabar Jaya

Contoh Surat Keterangan Tidak Mampu

Surat keterangan tidak mampu adalah sebuah surat yang menjelaskan bahwa individu yang bersangkutan tidak mampu secara finansial. Surat ini biasanya dibuat aparat pemerintah kelurahan atau desa dan biasanya dibuat jika seseorang akan mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah.

KOP Kelurahan Lengkap

Surat Keterangan Tidak Mampu
Nomor: …………………………………..

Yang bertanda tangan dibawah ini, Lurah Desa … Kecamatan … Kabupaten … Dengan ini menerangkan dengan sebenarnya bahwa :

  • Nama : …..
  • Tempat/Tanggal Lahir : …..
  • Jenis Kelamin : Laki-laki / Perempuan
  • Pekerjaan : …..
  • Alamat Lengkap : …..

Yang bersangkutan adalah benar-benar warga Desa … Kecamatan … Kabupaten …. dan berdasarkan pengamatan kami bahwa yang bersangkuran memang berasal dari keluarga kurang mampu. Surat keterangan ini dibuat untu keperluan ….

Demikian surat keterangan ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 03 Juni 2019

Lurah,

Nama Lengkap dan Tanda Tangan

Contoh Surat Keterangan Magang

Surat keterangan ini memberikan penjelasan tentang status seseorang yang sedang atau pernah menjalani masa magang kerja di sebuah institusi baik milik pemerintah atau swasta.

SURAT KETERANGAN

Nomor : 700/ 181 /BKDD/ IX – 2019

Yang bertanda tangan dibawah ini:

  • Nama : Dr. Mulyadi, M. Si.
  • NIP : 16970413 19330 2 044
  • Pangkat Gol. Ruang : Pembina Tkt. I/ IX a
  • Jabatan : sekretaris BKDD kab. Jombang

Dengan ini menerangkan dengan sebenar-benarnya bahwa:

  • Nama : Bambang Hermawan
  • NIM : 20182011321
  • Fakultas : Information Communication and Technology
  • Jurusan : Tekhnologi dan informasi

Bahwa nama tersebut atau yang bersangkutan merupakan mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara yang sedang melakukan magang di kantor BKDD Kab. Jombang pada bagian perencanaan dan pengembangan yang di mulaipada tanggal 5 Mei 2019 hingga saat ini.

Demikian surat keterangan ini dibuat untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Jombang, 15 Juni 2019

a.n. KEPALA BADAN KEPENGURUSAN dan DIKLAT

DAERAH

KABUPATEN JOMBANG

SEKRETARIS,

(Dr. Mulyadi, M. Si.)

Pembina Tkt. I

NIP : 16970413 19330 2 044

contoh surat keterangan
contoh surat keterangan | pixabay.com

Itulah hal seputar ciri, struktur, dan jenis beserta contoh surat keterangan yang perlu Anda ketahui. Surat keterangan bisa dipakai untuk beragam keperluan berbeda, mulai dari urusan pekerjaan, kehilangan surat berharga, hingga menerangkan status.

Dari contoh surat keteranganyang telah dipaparkan, Anda tak perlu lagi bingung jika ingin membuat surat keterangan. Pada dasarnya setiap instansi atau lembaga telah memiliki format surat keterangan masing-masing, jadi hanya perlu penyesuaian seperlunya saja.

Leave a Comment