Contoh Penutup Makalah

Contoh Penutup Makalah – Dalam sebuah makalah terdapat tiga bagian paling penting, yaitu bagian pembuka, isi, serta penutup. Pembuka berisi perkenalan topik secara ringkas, sedangkan isi menjabarkan topik berdasarkan perspektif analisis yang dipilih. Adapun penutup makalah berisi simpulan serta saran terkait topik yang telah dibahas. Agar dapat ‘mengakhiri’ makalah dengan baik, perlu memahami ciri dan struktur yang biasanya tampak melalui contoh penutup makalah.

Penutup makalah hendaknya ditulis ringkas, tidak bertele-tele, dan fokus menyimpulkan topik bahasan yang telah diuraikan pada bagian isi. Sementara itu dalam membuat saran tidak boleh keluar substansi (out of topics). Saran yang diberikan harus berhubungan dengan permasalahan yang dibahas dalam makalah, sehingga saling berkorelasi dengan bagian pembuka dan isi.

Lazimnya penutup makalah hanya ditulis maksimal dua halaman. Dengan demikian, perlu efisiensi dan efektivitas tata bahasa agar tidak terlalu banyak kalimat. Salah satu indikator penutup makalah dikatakan baik adalah dapat mewakili inti topik yang dijabarkan. Jadi, dengan melihat bagian ini, pembaca bisa memahami secara substansial pokok bahasan dalam makalah.

Membuat penutup makalah yang baik harus memperhatikan kaidah kepenulisan. Mulai dari strukturnya, kebahasaannya, hingga penyusunan kalimatnya. Cara paling mudah untuk memahami itu semua bisa dengan menganalisis contoh penutup makalah. Dari contoh yang dijabarkan nantinya akan lebih terlihat bagaimana model penutup makalah yang sesuai aturan.

Ciri Penutup Makalah

contoh penutup makalah dan cirinya
pngio.com

Ada beberapa ciri yang menandai suatu teks dapat dikatakan sebagai penutup makalah.

  • Pertama, dari segi isi harus memuat penjelasan singkat seputar topik yang dibahas. Penjabaran lebih lengkap sudah ada di bagian isi, sehingga pada penutup makalah tidak perlu mengulang penjelasan. Hanya perlu dirangkum dan diberi kesimpulan (closing statement) yang relevan.
  • Kedua, penutup makalah harus memiliki fokus untuk merangkum garis besar isi makalah. Pada hakikatnya, merangkum merupakan menyatukan pokok-pokok uraian sehingga menjadi beberapa paragraf yang telah mewakili keseluruhan isi makalah. Lebih baik lagi jika diberikan statement penegas guna menggarisbawahi poin penting dari topik yang dibahas.
  • Ketiga, contoh penutup makalah yang baik harus disertai saran berkorelasi. Saran ini bertujuan untuk perbaikan, agar ketika pihak lain yang menulis makalah serupa bisa terhindar dari kesalahan. Selain itu, saran juga bersifat membangun. Tidak perlu mencantumkan saran panjang yang bertele-tele, karena itu kurang efektif. Cukup dengan beberapa kalimat saja asalkan relevan dengan topik.

Struktur Penutup Makalah

contoh penutup makalah dan strukturnya
vecteezy.com

Dalam membuat penutup makalah juga perlu memahami strukturnya. Terdapat dua struktur utama yang menyusun sebuah teks penutup makalah, yaitu kesimpulan dan saran. Meskipun hanya dua, kedua struktur ini cukup menyita pikiran saat membuatnya. Berikut penjelasan lebih lengkap seputar struktur dalam sebuah penutup makalah.

Kesimpulan

Pada sebuah contoh penutup makalah akan didapati subbab yang bertuliskan KESIMPULAN. Apa sebenarnya isi subbab ini? Secara umum, terdapat lima jenis kesimpulan yang paling sering dipakai untuk penutup makalah. Penggunaannya bisa berbeda-beda tergantung topik makalah yang dibahas. Berikut uraiannya lebih lanjut.

  1. Penilaian

Penilaian atau assesment merupakan atribut subjektif yang diberikan seseorang (disebut sebagai arguer) terhadap suatu permasalahan. Penilaian berupa nilai justifikasi yang dipakai untuk menanggapi sebuah topik, dan tidak mengandung fakta ilmiah karena sifat penilaian adalah subjektif, bukan objektif.

  1. Perbandingan

Untuk membuat penutup makalah bisa juga dengan membandingkan dua hal yang dianggap relevan. Misalnya, pada contoh penutup makalah yang bertemakan pemilu, bagian kesimpulan diisi dengan membuat perbandingan dari sisi kapabilitas antara kandidat caleg tahun ini dengan kandidat caleg di tahun-tahun sebelumnya.

  1. Sebab Akibat

Sebab akibat disebut juga kausalitas, yaitu sebuah hubungan kausal yang saling mempengaruhi dalam sebuah fenomena. Hampir setiap kejadian di dunia nyata selalu bersinggung dengan sebab akibat, karena sesuai peribahasa ‘tak ada asap tanpa api’. Maka pada penutup makalah pun konsep kausalitas ini juga bisa dijadikan landasan.

  1. Prediksi

Prediksi dapat berupa argumen atau kajian analitis terhadap suatu fenomena yang disinyalir akan terjadi dalam beberapa waktu mendatang. Untuk contoh penutup makalah yang menggunakan model kesimpulan prediksi, misalnya menyatakan bahwa beberapa tahun mendatang beberapa pulau Indonesia akan tenggelam akibat naiknya permukaan laut.

  1. Rekomendasi

Kesimpulan juga bisa berupa rekomendasi. Namun, isinya berbeda dengan bagian saran, karena dalam kesimpulan lebih difokuskan untuk membahas rekomendasi inti persoalan yang dijabarkan pada makalah. Sementara itu bagian saran berisi masukan ke arah teknis dan substansi.

Saran

Pada sebuah contoh penutup makalah akan didapati subbab yang bertuliskan SARAN, biasanya berada tepat di bawah kesimpulan. Sesuai namanya, bab ini berisi saran, rekomendasi, atau masukan yang berkaitan dengan penulisan makalah secara umum. Saran dapat ditujukan kepada pembaca, ahli, atau untuk peneliti lanjutan.

Ketika membuat saran tidak perlu terlalu panjang, karena yang terpenting adalah kepadatan isi. Maksud kepadatan isi yaitu apakah saran yang dibuat relevan dengan topik bahasan dalam makalah, dari sudut pandang mana saran tersebut diberikan, serta bagaimana menyusun redaksional saran yang baik dan benar.

Contoh Penutup Makalah Yang Benar

Dalam dunia akademik, makalah termasuk salah satu karya tulis yang paling sering dibuat. Bahkan ketika berada di jenjang pendidikan tinggi, setiap mata kuliah pasti pernah diminta membuat makalah berdasarkan topik tertentu. Penutup makalah sering disepelekan karena dianggap tidak terlalu penting. Padahal bagian ini sama pentingnya dengan pembuka atau isi. Berikut contoh penutup makalah yang dapat dijadikan referensi saat menulis ilmiah.

Contoh Penutup Makalah Kewarganegaraan

contoh penutup makalah kewarganegaraan

Topik kewarganegaraan sangat luas cakupannya, sehingga apabila hendak diangkat menjadi makalah harus ada fokus yang jelas. Berikut contoh penutup makalah pada tulisan yang bertemakan penerapan ideologi di kalangan siswa. Penutup makalah ini menggunakan model penulisan per poin, bukan paragraf.

Bab IV Penutup

Kesimpulan

Berdasarkan paparan topik yang telah disampaikan di atas, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut.

  1. Penanaman nilai-nilai ideologi negara mempunyai pengaruh positif dalam membentuk perilaku dan kepribadian siswa.
  2. Nilai yang terkandung dalam ideologi negara merupakan hasil rumusan para founding fathers dengan kandungan falsafah tinggi untuk diaplikasikan dalam kehidupan berbangsa serta bernegara.
  3. Penerapan nilai-nilai ideologi negara di sekolah dapat membantu pelatihan kesiapan mental para siswa agar lebih realistis dalam menjalani kehidupan pasca mengenyam pendidikan di bangku sekolah.

Saran

Sebagai bahan pertimbangan, penulis menyertakan saran agar dapat dicermati oleh pembaca maupun pihak lain yang menulis topik serupa.

  1. Guru hendaknya mengajak siswa agar lebih aktif mengamalkan nilai-nilai ideologi negara dalam kehidupan di sekolah.
  2. Guru hendaknya memberikan pemahaman seputar ideologi negara, sehingga siswa tidak hanya memiliki bayangan abstrak, tetapi mampu mengaplikasikan.
  3. Kepala sekolah, guru, dan siswa hendaknya saling bersinergi dalam menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif serta bernuansa ideologis.

Contoh Penutup Makalah Pendidikan Jasmani

contoh penutup makalah penjaskes

Makalah yang bertemakan pendidikan jasmani bisa membahas tentang hakikat kesehatan, seputar diet, dan lain-lain sesuai isu terkini. Ada yang membuat kesimpulan dalam bentuk paragraf, ada pula contoh penutup makalah tema pendidikan jasmani yang dibuat dalam model penomoran seperti berikut.

Penutup

Kesimpulan

Berdasarkan penjabaran yang telah disampaikan di atas, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut.

  1. Kesehatan merupakan poin penting dalam kehidupan manusia yang tidak boleh diabaikan.
  2. Kesehatan dapat mencakup aspek fisik maupun aspek psikis.
  3. Kondisi kesehatan manusia dapat dipengaruhi oleh pola hidup, seperti gaya makan dan jam tidur sehari-hari.
  4. Untuk menjaga kesehatan, bisa dimulai dari aktivitas sederhana yang penuh manfaat seperti work out serta menjaga asupan nutrisi harian.

Saran

Penulis mempunyai beberapa saran bagi pembaca makalah ini. Pertama, mengingat pentingnya fungsi kesehatan bagi manusia, hendaknya senantiasa memperhatikan pola hidup untuk investasi kesehatan jangka panjang. Kedua, kesehatan tidak boleh diabaikan karena berperan dalam menjalankan aktivitas keseharian manusia.


Contoh Penutup Makalah Bisnis Online

Topik seputar kemajuan bidang ekonomi di era digital memang selalu marak diperbincangkan. Baik dalam forum akademik yang sifatnya formal maupun dalam tulisan-tulisan ilmiah, bahasan bisnis online banyak diangkat. Berikut contoh penutup makalah yang mengambil tema perkembangan bisnis online di era mutakhir.

BAB 3 PENUTUP

Kesimpulan

Berdasarkan uraian yang telah dijelaskan dalam bab sebelumnya, dapat diambil kesimpulan bahwa perkembangan bisnis online saat ini sangat menjamur. Apalagi di era Revolusi Industri bertajuk 4,0 yang menuntut keaktifan dunia maya, keberadaan bisnis online adalah gebrakan baru. Kemudahan transaksi tanpa harus bertatap muka menjadikan bisnis online sebagai solusi praktis dan efektif. Maka tak heran jika bisnis online semakin banyak digeluti masyarakat.

Saran

Menjalankan bisnis di tengah pertarungan dunia digital yang pelik bukanlah perkara mudah. Harus dibarengi taktik mapan dan strategi jitu sehingga bisa menciptakan pangsa pasar sendiri. Jadi, jika sedang mempertimbangkan metode bisnis yang baru, bisa mencoba bisnis online dimulai dari modal seadanya.


Contoh Penutup Makalah Tema Ekonomi

contoh penutup makalah ekonomi

Bidang ekonomi mempunyai cakupan yang sangat luas, sehingga jika ingin membuat makalah dari bidang ini harus ada perspektif yang jelas. Salah satu yang paling banyak dibahas adalah persoalan ekonomi di pasar. Berikut contoh penutup makalah yang mengangkat tema kondisi perekonomian mikro di pasar.

BAB 3 PENUTUP

Kesimpulan

Terdapat perbedaan harga cukup signifikan antara sayur yang dijual di pasar tradisional dengan supermarket. Harga sayur di pasar tradisional relatif lebih murah daripada di supermarket. Meski demikian, orang-orang lebih memilih membeli sayur di supermarket, dengan pertimbangan kebersihan, kehigenisan, dan lain-lain.

Pada saat orang-orang berbelanja di pasar tradisional, layanan yang diberikan langsung melibatkan interaksi dengan penjualnya. Sedangkan pada supermarket layanannya berupa swa-layan atau melayani sendiri. Orang-orang pun lebih memilih model ini karena dianggap praktis. Selain itu, masih ada stigma yang beranggapan sayur di supermarket lebih bersih dan higienis, meskipun pada kenyataannya stigma ini belum pasti benar.

Saran

Melihat realitas ketimpangan antara pasar tradisional dan supermarket dalam menjual kebutuhan hidup, hendaknya dibarengi dengan pembenahan fasilitas pada pasar tradisional. Tidak harus pasar tradisional ditata seperti supermarket. Yang terpenting adalah menjaga kebersihan agar barang-barang yang dijual di pasar tradisional terjamin kehigienisannya.


Contoh Penutup Makalah Tentang Fotografi

Dunia fotografi juga menarik untuk dijadikan bahan makalah. Misalnya, mengupas tentang teknik-teknik dalam fotografi, dan lain-lain. Berikut contoh penutup makalah yang bertemakan fotografi secara umum.

BAB 3 PENUTUP

Kesimpulan

Setelah dijabarkan dalam pembahasan sebelumnya, diketahui bahwa fotografi merupakan seni yang mempunyai banyak teknik. Tidak sembarang orang bisa mengaplikasikan teknik tersebut secara real, karena perlu latihan dan faktor jam terbang. Namun untuk mengasahnya bisa juga dengan mempelajari buku seputar fotografi, serta memperbanyak waktu hunting.

Saran

Tak hanya mempelajari teknik fotografi secara konseptual saja, tetapi perlu juga eksplorasi mandiri agar dapat membidik gambar secara tepat. Bisa dimulai dengan teknik sederhana seperti flat-lay yang cocok digunakan untuk objek minimalis di sekitar rumah.


Contoh Penutup Makalah Keanekaragaman Hayati

contoh penutup makalah flora fauna

Keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia juga bisa diangkat menjadi topik makalah. Terdapat keberagaman flora dan fauna yang endemik hanya ada di Indonesia saja. Sebagian lainnya ada flora fauna terlindungi yang hampir punah. Itu semua bisa dijadikan sebagai bahan makalah. Berikut contoh penutup makalah yang bertemakan keanekaragaman hayati.

BAB III PENUTUP

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan yang telah dijabarkan sebelumnya, ada beberapa poin kesimpulan yang bisa diambil oleh penulis.

  1. Indonesia mempunyai keanekaragaman hayati yang sangat berlimpah. Agar eksistensinya tidak punah hingga bergenerasi mendatang, maka perlu dilestarikan secara optimal.
  2. Ada istilah pelestarian in situ dan ek situ, serta masih banyak lagi model konservasi yang dapat diterapkan sesuai kondisi di lapangan.
  3. Perlu ada payung hukum yang menaungi upaya konservasi agar tidak ada penjarah hutan.

Saran

Sesuai topik yang telah dibahas, penulis hendak menyampaikan saran dan masukan guna perbaikan ke depannya.

  1. Belum semua masyarakat mempunyai sikap peduli terhadap konservasi dan pelestarian keanekaragaman hayati di Nusantara. Maka perlu adanya sosialisasi dari pemerintah guna meningkatkan awareness masyarakat.
  2. Masih banyak terjadi pelanggaran hukum, seperti perburuan liar yang dapat mengancam eksistensi flora/fauna langka. Oleh karena itu, hendaknya pelaku perburuan liar bisa mendapatkan hukuman yang setara dengan perbuatannya.

Contoh Penutup Makalah Tema Bahasa dan Sastra

contoh penutup makalah bahasa indonesia

Makalah yang dibuat berdasarkan tema bahasa dan sastra lazimnya mengangkat fokus pada satu karya sastra, kemudian dikupas secara mendalam. Bisa dilihat dari sudut pandang unsur intrinsik atau komponen lain. Berikut contoh penutup makalah yang dibuat dengan tema bahasa dan sastra fokus unsur intrinsik tokoh dalam sebuah karya.

BAB 3 PENUTUP

Kesimpulan

Tokoh Fahri dalam novel berjudul Ayat-Ayat Cinta dikisahkan sebagai sosok yang berbudi pekerti luhur, senang membantu, serta mempunyai benteng agamis yang kokoh. Hal tersebut ditunjukkan dengan interaksi Fahri yang sering menolong sesama, tanpa memandang status atau kasta sosial. Namun jika berinteraksi dengan lawan jenis, Fahri selalu lebih jaga diri.

Ada beberapa tokoh sentral lain yang disorot dalam novel ini karena kepribadian agamis. Salah satunya adalah Aisya, yang kemudian menjadi istri Fahri. Aisya adalah gadis cerdas yang sangat menjaga diri, ia berpenampilan dengan mencerminkan sosok muslimah secara bangga, meskipun di tempatnya tinggal seringkali ada diskriminasi antara muslim dan non-muslim.

Saran

Menyikapi keberadaan tokoh Fahri yang notabene adalah tokoh fiksi, perlu dipahami bahwa karakternya terkadang cenderung ‘overpower’. Dalam hal ini Fahri digambarkan sebagai manusia yang seolah tanpa cacat, karena setiap bagian dirinya adalah kebaikan. Padahal dalam dunia nyata sosok seperti ini hanyalah klise. Jadi pada saat membaca novelnya, pembaca perlu berkaca dari dunia nyata agar tidak hanya dalam ‘kesempurnaan’ tokoh fiksi.


Contoh Penutup Makalah Sosiologi

BAB 3 PENUTUP

3.1 Kesimpulan

  1. Keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat terbentuk berdasarkan sukarela dan cinta yang asasi antara dua subyek manusia (suami-istri).
  2. Keluarga merupakan agen sosialisasi utama dalam pembentukan kepribadian idividu
  3. Karakter atau kepribadian seorang anak merupakan gambaran dari kedua orang tuanya
  4. Anak yang lahir dikalangan keluarga yang tidak harmonis akan bebeda dengan anak yang lahir dikeluarga harmonis
  5. Perceraian sangat besar pengaruhnya terhadap karakter seorang anak

3.2 Saran

  1. Orang tua dalam mengambil keputusan untuk becerai sebaiknya dipikir berulang-ulang karena dampak buruk dari perceraian ini ada di anak.
  2. Setiap anak yang ada dikalangan keluarga tidak harmonis hendaknya tidak ikut terjerumus kedalamnya malah menunjukkan bahwa kelak dia bisa lebih baik daripada kedua orang tuanya
  3. Jika ada kriti dan saran mohon diberitahu,untuk penyempurnaan makalah selanjutnya

Contoh Penutup Makalah Tentang Kewirausahaan

contoh penutup makalah kewirausahaan

BAB III PENUTUP

3.1 Kesimpulan

UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia telah terbukti mampu menjaga stabilitas ekonomi disaat krisis terjadi. Keberadaan UMKM di Indonesia yang jumlahnya mencapai 99,99% dari total usaha di Indonesia telah menyerap 97,30% tenaga kerja di Indonesia. Keberadaan UMKM juga memberikan kontribusi sebesar 57,12% terhadap produk domestik bruto (PDB).

Namun UMKM juga memiliki berbagai hambatan dalam hal pengelolaan usahanya. Masalah utama yang dihadapi oleh UMKM adalah permodalan. Menyusul masalah lain adalah pengelolaan yang kurang profesional, kesulitan dalam persaingan usaha yang pesat, rendahnya tingkat inovasi pelaku UMKM, kebijakan pemerintah yang kurang pro UMKM, bahan baku sukar diperoleh, pasar yang cepat berubah selera sehingga pemasaran menjadi sulit.

Untuk mengatasi hambatan tersebut, peran pemerintah sangat diharapkan. Undang-Undang telah memberi amanat kepada pemerintah untuk mengembangkan dan memberdayakan UMKM. Sinergi antra pemerintah pusat dan daerah juga harus diperhatikan guna menumbuhkembangkan iklim usaha yang kondusif bagi pelaku UMKM. Beberapa program telah dilakukan pemerintah untuk melaksanakan amanat Undang-Undang. Program GKN dan pemberian KUR mencadi contoh peran pemerintah dalam upaya untuk menghasilkan UMKM yang berdaya dan mampu bersaing dengan usaha lain.


Contoh Penutup Makalah Kenakalan Remaja

BAB III PENUTUP

A. Kesimpulan

Masalah kenakalan remaja mulai mendapat perhatian masyarakat secara khusus sejak terbentuknya peradilan untuk anak-anak nakal (juvenile court) pada 1899 di Illinois, Amerika Serikat. Kenakalan remaja meliputi semua perilaku yang menyimpang dari norma-norma hukum pidana yang dilakukan oleh remaja. Perilaku tersebut akan merugikan dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya.

Faktor yang melatar belakangi terjadinya kenakalan remaja dapat dikelompokkan menjadi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berupa krisis identitas dan kontrol diri yang lemah. Sedangkan faktor eksternal berupa kurangnya perhatian dari orang tua; minimnya pemahaman tentang keagamaan; pengaruh dari lingkungan sekitar dan pengaruh budaya barat serta pergaulan dengan teman sebaya; dan tempat pendidikan.

Akibat-akibat yang ditimbulkan oleh kenakalan remaja akan berdampak kepada diri remaja itu sendiri, keluarga, dan lingkungan masyarakat.Solusi dalam menanggulangi kenakalan remaja dapat dibagi ke dalam tindakan preventif, tindakan represif, dan tindakan kuratif dan rehabilitasi.Segala usaha pengendalian kenakalan remaja harus ditujukan ke arah tercapainya kepribadian remaja yang mantap, serasi dan dewasa. Remaja diharapkan akan menjadi orang dewasa yang berpribadi kuat, sehat jasmani dan rohani, teguh dalam kepercayaan (iman) sebagai anggota masyarakat, bangsa dan tanah air.

B. Saran

Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis menyarankan untuk lebih menaruh perhatian terhadap persoalan sosial, terutama kenakalan remaja. Hendaknya kita dapat mencegah dan mengendalikan perilaku remaja sehingga tidak menimbulkan masalah sosial yang terjadi akibat kenakalan-kenakalan remaja tersebut.


Contoh Penutup Makalah Budaya

contoh penutup makalah budaya

BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN

4.1 Kesimpulan

Dari kesimpulan diatas dapat dijelaskan bahwa, Sistem kekerabatan masyarakat Jawa berdasarkan prinsip keturunanbilateral. Semua kakak laki-laki atau wanita ayah dan ibu beserta istriatupun suami masing – masing diklasifikasikan menjadi satu dengan istilah siwaatauuwa. Adapun urutan dari pernikahan jawa yaitu Nakokake/Nembung/Nglamar.

Pasang Tarub, Midodareni,Akad Nikah, Panggih, Balangan suruh, Ngidak endhok, Wiji dadi, Timbangan, Kacar-kucur ,Dulangan ,Sungkeman ,Kirab ,Jenang Sumsuman, Boyongan/Ngunduh Manten, semua yang ada dalam tata cara pernikahan ini memiliki berbagai macam makna, seperti Sungkeman bermakna mohon doa restu kepada orangtua dan mertua agar dalam membangun rumah tangga mendapatkan keselamatan, dan terhindar dari bahaya.

4.2 Saran

Dengan beragamnya adat, suku dan budaya di Indonesia, semoga perbedaan adat istiadat dalam segi perkawinan tidak membuat adanya perpecahan di antara sesama warga negara indonesia dan kita dapat mengambil sisi positifnya yaitu dengan menjadikan perbedaan tersebut sebagai kekayaan yang dimiliki Indonesia.


Contoh Penutup Makalah Agama Islam

BAB III
PENUTUP

A. KESIMPULAN

  1. Lingkungan keluarga merupakan media pertama dan utama yang secara langsung berpengaruh terhadap perilaku dan perkembangan anak didik. Keluarga adalah wadah yang pertama dan utama dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam.
  2. Sekolah adalah lanjutan dari pendidikan keluarga yang mendidik lebih fokus,teratur dan terarah.
  3. Pendidikan masyarakat merupakan pendidikan anak yang ketiga setelah sekolah. Peran yang dapat dilakukan oleh masyarakat adalah bagaimana masyarakat bisa memberikan dan menciptakan suasana yang kondusif bagi anak, remaja dan pemuda untuk tumbuh secara baik.

B. SARAN

Penulis bersedia menerima kritik dan saran yang positif dari pembaca. Penulis akan menerima kritik dan saran tersebut sebagai bahan pertimbangan yang memperbaiki makalah ini di kemudian hari. Semoga makalah berikutnya dapat penulis selesaikan dengan hasil yang lebih baik lagi.


Contoh Penutup Makalah Sejarah

contoh penutup makalah sejarah

BAB III PENUTUP

A. Kesimpulan

  1. Dalam sejarah Indonesia terdapat dua kerajaan kuno yang besar dan megah yaitu Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Para ahli masih berbeda pendapat letak yang pasti kerajaan Sriwijaya
  2. Sejarah perjuangan dan berdirinya bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaannya berjalan sejak sekian abad yang lalu,dengan pelbagai cara dan bertahap. dengan itu sejarah perjuangan bangsa Indonesia mempunyai hubungannya dengan sejarah lahirnya pancasila. Karena sejarah perjuangan bangsa Indonesia sejak berabad-abad yang lalu itu panjang sekali, maka perlulah ditetapkan tonggak-tonggak sejarah tersebut, yakni peristiwa- peristiwa yang menonjol, terutama dalam hubungannya dengan pancasila.
  3. Dalam sejarah Indonesia terdapat dua kerajaan kuno yang besar dan megah yaitu Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Para ahli masih berbeda pendapat letak yang pasti kerajaan Sriwijaya.
  4. Penjajahan barat yang memusnahkan kemakmuran bangsa Indonesia itu tidak dibiarkan begitu saja oleh segenap bangsa Indonesia. Sejak semula imprealisme itu menjejakkan kakinya di Indonesia.
  5. Sejarah pembuatan Pancasila ini berawal dari pemberian janji kemerdekaan di kemudian hari kepada bangsa Indonesia oleh Perdana Menteri Jepang saat itu, Kuniaki Koiso pada tanggal 7 September 1944. pemerintah Jepang membentuk BPUPKI.

B. Saran

Sejarah perjuangan bangsa Indonesia harus kita pertahankan, sebagai generasi muda Indonesia selayaknya kita mempertahankan hasil perjuangan ini melalui cara yang sesuai dengan bidang yang kita geluti.

*****

Itulah informasi seputar ciri dan struktur beserta contoh penutup makalah yang sesuai kaidah kepenulisan. Untuk kepentingan akademik, biasanya setiap perguruan tinggi telah membuat pedoman penulisan karya ilmiah masing-masing.

Jadi meskipun uraian di atas menjabarkan penjelasan dan contoh penutup makalah secara umum, lebih baik tetap mengikuti panduan yang telah diresmikan dalam pedoman penulisan karya ilmiah pada setiap instansi pendidikan.