Cara Mengobati Sariawan

Cara Mengobati Sariawan – Ketika ditanya penyakit apa yang paling menyebalkan setelah sakit gigi, pasti jawabannya adalah sariawan. Apa itu sariawan? Sariawan atau aphthous ulcer adalah sebuah luka kecil yang dangkal pada jaringan lunak mulut, bawah lidah, sepanjang rongga mulut, atau gusi. Sariawan ini mampu menimbulkan rasa nyeri yang berlebihan pada bagian mulut.

Sariawan merupakan penyakit yang cukup popular di Indonesia karena satu kali dalam seumur hidup seseorang pasti pernah mengalami penyakit yang satu ini. Biasanya sariawan akan muncul pada bagian pipi dalam, lidah, gusi, dll. Luka yang ditimbulkan pada saat sariawan akan membuat seluruh bagian mulut menjadi tidak nyaman terutama pada saat makan. Mengonsumsi makanan yang pedas atau asam adalah musuh besar bagi penderita penyakit sariawan karena sakit yang dialami akan bertambah dua kali lipat.

Nah, bagaimana Anda masih mau mengalami sakit sariawan? Atau Anda saat ini sedang mengalaminya? Berikut ini kami akan berikan ulasan lengkap mengenai penyebab dan cara mengobati sariawan secara alami yang paling ampuh. Simak ulasannya berikut ini ya!!!

Penyebab Penyakit Sariawan

Sebelum membahas tentang cara mengobati sariawan, lebih baik Anda ketahui terlebih dahulu penyebab penyakit sariawan berikut ini.

Kekurangan Vitamin C

Penyebab pertama seseorang mengalami sariawan yaitu karena kekurangan vitamin C. vitamin C merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit, sariawan misalnya. Bagaimana cara memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh? caranya yaitu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin C seperti tomat, jeruk, cabai, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa mendapatkan vitamin C tambahan melalui suplemen vitamin C yang kini telah banyak dijual di pasaran.

Meskipun demikian, penyakit sariawan dalam tubuh seseorang dapat diperparah dengan kurangnya kandungan vitamin B12 dan zat besi. Untuk itu usahakan perbanyak konsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin B12 dan zat besi seperti susu, keju, sayur bayam, dan masih banyak lagi.

Plak yang Mengendap dalam Mulut

cara mengobati sariawan
cara mengobati sariawan | pexels.com

Setelah selesai makan apa yang Anda lakukan, langsung sikat gigi atau kembali beraktivitas? Jika jawabannya adalah sikat gigi maka Anda termasuk ke dalam orang-orang yang menjaga kebersihan gigi dan mulut. Jika sebaliknya, maka kemungkinan besar gigi dan mulut Anda menjadi sarang yang sangat nyaman bagi bakteri dan kuman.

Sisa makanan yang mengendap pada sela gigi menjadi tempat yang nyaman bagi bakteri dan kuman untuk berkembang biak. Akumulasi dari sisa makanan yang tertinggal di sela gigi akan berubah menjadi plak dan karang gigi. Kuman yang bersarang di plak gigi tersebut mampu menyerang dan menginfeksi gigi dan mulut Anda dan menyebabka berbagai penyakit seperti sakit gigi, sariawan, gigi kuning, bau mulut, dan masih banyak lagi.

Untuk itu, usahakan Anda rutin dalam menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur. Gunakan sikat dan past gigi yang tepat serta teknik menyikat gigi yang baik.

  Cara Menghilangkan Bau Mulut

Penggunaan Behel atau Kawat Gigi

Anda punya masalah struktur gigi tidak rata? Pasti solusi andalannya adalah pemasangan behel atau kawat gigi. Behel atau kawat gigi berfungsi untuk meratakan struktur gigi tidak rata atau tidak sesuai dengan tempatnya. Pada awal pemasangan, behel atau kawat gigi akan menekan bagian tertentu seperti gusi dan gigi. Tekanan yang terjadi setiap hari tentunya akan menyebabkan infeksi.

Apabila Anda kurang menjaga kebersihan gigi selama menggunakan behel atau kawat gigi, maka dapat dipastikan mulut Anda menjadi sarang bagi bakteri dan kuman. Nah, luka dari tekanan behel atau kawat gigi yang terinfeksi dengan bakteri inilah yang menjadi penyebab munculnya sariawan.

Meskipun demikian jangan khawatir untuk menggunakan behel karena seiring dengan berjalannya waktu behel akan menyesuaikan dengan rongga mulut.

Tergigit Ketika Mengunyah

Kejadian yang satu ini pasti pernah dialami oleh semua orang ketika sedang asyik makan. Apa itu? Ya, rongga mulut atau lidah yang tergigit. Luka dari gigitan inilah yang menjadi asal muasal dari sariawan yang terdapat di rongga mulut atau lidah.

Waktu penyembuhan dari sariawan yang disebabkan karena luka gigitan ini memiliki waktu yang berbeda-beda untuk setiap orang. Untuk orang yang asupan vitamin C nya cukup, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan adalah 1-2 hari. Sedangkan bagi Anda yang malas mengonsumsi makanan tinggi vitamin C, waktu penyembuhan yang dibutuhkan adalah 4-7 hari.

Tak perlu membeli suplemen vitamin C dengan harga yang mahal di apotik, karena makanan di sekitar kita memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi. Apa itu? Contohnya saja jeruk, tomat, jeruk nipis, dan masih banyak lagi.

Stress atau Tekanan Psikologis

Sudah menjaga kebersihan gigi dengan baik dan rutin mengonsumsi makanan tinggi vitamin C, tetapi masih mengalami sariawan? Tunggu dulu, apakah ada hal yang dipikirkan sehingga membuat Anda stress, tertekan, atau bahkan depresi? Tahukah Anda bahwa ternyata stress atau banyak pikiran juga menjadi pemicu munculnya sariawan.

Lalu bagaimana kaitannya stress dengan sariawan? Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, tekanan psikologis atau stress dapat memicu munculnya efek psikosomatis. Dengan efek psikonomatis tersebut, tubuh akan mengalami gejala fisiologis yang salah satunya adalah sariawan. Jadi, tenangkan pikiran Anda agar tubuh tetap bugar dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Lalu bagaimana cara untuk mencegah stress atau depresi? Caranya cukup mudah yaitu sebagai berikut:

  1. Ketika masalah datang menggangu, segera carilah media untuk melepaskan beban dan pikiran seperti jalan-jalan, berlibur, bertemu teman, istirahat, dan lainnya
  2. Buatlah skala prioritas, tentukan beban atau masalah mana yang memerlukan penyelesaian paling awal. Hal tersebut memudahkan Anda untuk menyelesaikan masalah dan menghindarkan dari risiko masalah yang menumpuk
  3. Jangan mudah panik, ketika masalah datang hadapi dengan tenang namun dengan langkah yang matang

Kanker Mulut atau Kanker Rongga Mulut

Selain sebagai pertanda tubuh kekurangan asupan vitamin C, sariawan juga dapat menjadi pertanda bagi masalah penyakit serius. Munculnya sariawan dalam jumlah banyak yang memerlukan waktu penyembuhan cukup lama dapat menjadi pertanda bagi bersarangnya penyakit kanker mulut atau kanker rongga mulut.

Selain jumlahnya dan waktu penyembuhan yang tidak normal, sariawan yang menjadi pertanda kemunculan penyakit kanker juga memiliki ukuran yang tidak biasa. Apabila sariawan pada umumnya memiliki diameter sekitar 1-2 cm, sariawan ini berdiameter hingga 5-6 cm.

Apabila Anda mengalami sariawan yang tidak wajar seperti di atas, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

  Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

cara mengobati sariawan
cara mengobati sariawan | unspalsh.com

Sebelum mencoba berbagai obat untuk menyembuhkan sariawan, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu penyebab dari sariawan tersebut. Apabila tergigit atau tubuh kekurangan asupan vitamin C, segera kunjungi toko buah untuk membeli aneka buah bervitamin C. Namun ketika penyebab sariawan adalah penyakit berbahaya seperti kanker, segerlah lakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Nah, sebelum itu kami akan memberikan beberapa tips bagi Anda yang ingin sembuh dari sariawan dengan bahan-bahan yang alami dan aman. Berikut ini kami akan berikan daftar rekomendasi bahan alami yang ampuh dan bisa Anda gunakan sebagai cara mengobati sariawan.

Cara Mengobati Sariawan dengan Kantong Teh Bekas

Menyeduh the di sore hari ditemani dengan fortune cookies adalah hal yang paling menyenangkan. Namun akan menjadi kenangan buruk apabila mulut terserang oleh sariawan. Tak perlu langsung terburu-buru ke dokter, carilah bahan alami di sekitar Anda yang mungkin lebih ampuh sebagai cara mengobati sariawan, kantong teh bekas misalnya.

cara mengobati sariawan
cara mengobati sariawan | pixabay.com

Pasti untuk beberapa orang informasi mengenai manfaat kantong the bekas untuk menyembuhkan sariawan adalah hal fiktif belaka. Namun jangan terburu-buru untuk bernegatif thinking dahulu. Kantong the bekas memiliki kandungan asam tannin dan anti virus yang mampu menyembuhkan luka sariawan yang terinfeksi oleh bakteri. Tak hanya manjur, selama proses pengobatan kantong the bekas ini tidak akan menimbulkan rasa perih sedikitpun.

Sifat asam basa pada teh juga mampu menetralkan rasa asam pada mulut akibat munculnya sariawan. Cara mengobati sariawan dengan kantong the bekas cukup mudah yaitu dengan menempelkannya pada bagian mulut dan gusi yang menderita sariawan. Cukup tempelkan selama 5 menit saja.

Cara Mengobati Sariawan dengan Buah Kelapa

Membahas mengenai manfaat buah kelapa pasti tak akan ada habisnya. Buah yang tumbuh di daerah tropis ini menyimpan sejuta manfaat untuk kehidupan manusia. untuk keperluan sehari-hari, buah kelapa biasanya digunakan sebagai bumbu masak untuk menambah rasa gurih dan sedap pada makanan.

Buah kelapa juga dapat diolah menjadi minyak yang sangat bermanfaat dalam bidang kesehatan. Minyak kelapa memiliki banyak manfaat seperti menghilangkan bekas luka, mengobati sakit gigi, menghilangkan bau mulut, dan tentunya mengobati sariawan.

Cara mengobati sariawan dengan bantuan minyak kelapa cukup muda yaitu dengan menuangkan beberapa tetes minyak kelapa pada segelas air hangat yang telah dicampur dengan madu. Gunakan air minyak kelapa dan madu tersebut sebagai obat kumur. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda langsung dapat mengoleskan minyak kelapa ke bagian mulut yang mengalami sariawan.

Cara Mengobati Sariawan dengan Susu

cara mengobati sariawan
cara mengobati sariawan | pixabay.com

Siapa yang tak suka dengan susu? Cairan putih yang berasal dari sapi ini memiliki rasa yang enak dan gurih. Selain rasanya yang enak, susu juga menyimpan sejuta manfaat untuk kehidupan manusia. untuk kecantikan, masker menggunakan susu murni dapat membuat kulit wajah menjadi lebih bersih, glowing, dan putih.

Sedangkan untuk bidang kesehatan, susu menyimpan sejuta manfaat yang tersembunyi. Bahkan susu menjadi minuman wajib bagi balita untuk dikonsumsi setiap hari. Kandungan kalsium yang cukup tinggi mampu meningkatkan kesehatan dan kepadatan tulang dan gigi. Susu juga mengandung lemak dan magnesium yang sangat baik untuk meyembuhkan luka, termasuk luka akibat sariawan.

Mengonsumsi susu setiap hari akan meredakan sakit akibat peradangan sariawandan menutup lukanya dalam jangka waktu 2-3 hari. Jadi, usahakan Anda mengonsumsi susu segar sebanyak dua gelas dalam sehari.

Cara Mengobati Sariawan dengan Tomat

Apabila membahas mengenai obat alami yang ampuh untuk meredakan sariawan, pasti tomat menempati urutan pertama dalam daftar rekomendasi. Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu penyebab sariawan adalah tubuh kekurangan asupan vitamin C. Untuk menutupi kekurangan tersebut, tomat menyimpan zat vitamin C yang cukup tinggi di dalam buahnya.

Sebagai cara mengobati sariawan Anda dapat mengonsumsi tomat segar sebanyak 3 buah dalam sehari. Untuk rasa yang lebih nikmat Anda dapat mengolah tomat menjadi jus atau wedang tomat.

Cara Mengobati Sariawan dengan Daun Kemangi

Ketika melihat daun kemangi apa yang terlintas di benak anda? Pasti ayam goreng sambal tomat dengan lalapan timun dan daun kemangi. Ya, ayam penyet adalah salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia karena rasanya yang nikmat. Tunggu dulu, kami di sini tidak akan membahas mengenai kelezatan dari ayam penyet, melainkan khasiat lain dari daun kemangi yaitu obat sariawan.

  Cara Mengobati Sakit Gigi

Ya, daun kemangi yang memiliki aroma dan rasa yang segar mampu menenangkan luka sariawan yang meradang. Untuk mengobati sariawan dengan daun kemangi caranya cukup mudah yaitu sebagai berikut:

  • Siapkan 15 helai daun kemangi yang masih segar
  • Cuci hingga bersih, kemudian tumbuk menggunakan sendok atau garpu hingga layu
  • Campurkan daun kemangi yang telah dihaluskan tersebut dengan beberapa tetes minyak kelapa
  • Gunakan campuran daun kemangi dan minyak kelapa tersebut sebagai obat sariawan dengan cara ditempelkan pada luka sariawan
  • Lakukan perawatan dengan daun kemangi ini sebanyak dua kali dalam sehari, niscaya sariawan akan segera sembuh

Cara Mengobati Sariawan dengan Yoghurt Murni

cara mengobati sariawan dengan yoghurt
cara mengobati sariawan | freepik.com

Selain susu murni, ternyata terdapat olahan lain dari susu yang memiliki khasiat serupa dalam menyembuhkan sariawan. Ya, yoghurt adalah susu murni yang difermentasi sehingga memiliki rasa yang asam dengan tekstur sedikit kental. Karena termasuk ke dalam olahan fermentasi, yoghurt memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan atau diet.

Tak sampai di situ, yoghurt juga menyimpan khasiat lain dalam bidang kesehatan yaitu menyembuhkan sariawan. Zat asam pada yoghurt mampu membunuh dan menetralkan bakteri penyebab peradangan pada sariawan.

Untuk mengobati sariawan dengan yoghurt caranya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan yoghurt murni atau rasa plain ke area mulut yang terkena sariawan. Lakukan cara ini sebanyak dua kali dalam sehari untuk menyembuhkan sariawan lebih cepat.

Cara Mengobati Sariawan dengan Pisang

Siapa yang tak suka dengan buah pisang? Buah khas daerah tropis dengan rasa yang manis dan lembut ini menjadi favorit semua orang karena cukup mudah ditemukan. Selain itu, para wanita yang ingin mendapatkan tubuh ideal yang ramping juga menjadikan pisang ini sebagai pelancar pencernaan karena kandungan seratnya yang cukup tinggi.

Selain sebagai pelancar pencernaan, pisang juga dapat dijadikan obat untuk menyembuhkan sariawan. Serupa dengan tomat, pisang juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi untuk menutupi kekurangan vitamin C dalam tubuh. konsumsi buah pisang ini setiap hari untuk menyembuhakn sariawan dan memenuhi kebutuhan vitamin C harian tubuh. untuk hasil yang lebih maksimal, Anda dapat menerapkan langkah-langkah di bawah ini:

  • Ambil satu buah pisang segar yang berukuran sedang
  • Kupas kulitnya dan tumbuk daging pisang sampai lembut
  • Campurkan sedikit madu pada pasta pisang tersebut
  • Oleskan pasta pisang dan madu tersebut ke daerah mulut yang mengalami sariawan
  • Diamkan selama 10 menit, setelah itu berkumurlah denganair bersih

Cara Mengobati Sariawan dengan Madu

Bahan alami selanjutnya yang sangat ampuh dan bisa digunakan sebagai cara mengobati sariawan adalah madu. Berbeda dengan bahan lainnya yang dapat menimbulkan rasa perih dan pedas ketika dioleskan ke luka sariawan, madu ini memiliki sifat anti bakteri yang mampu menenangkan luka.

Untuk menyembuhkan sariawan dengan madu caranya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan madu langsung ke bagian mulut yang terkena sariawan. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsinya langsung baik madu murni atau yang telah dicampur dengan olahan lain baik itu makanan dan minuman. mengonsumsi madu setiap hari dipercaya mampu meningkatkan vitalitas dan daya tahan tubuh.

Cara Mengobati Sariawan dengan Air Kelapa

Satu lagi bagian pohon kelapa yang memiliki khasiat untuk bidang kesehatan yaitu air kelapa. Air kelapa yang memiliki rasa sejuk mampu menenangkan luka yang meradang akibat sariawan. Air kelapa juga sangat ampuh dalam melawan gejala keracunan makanan atau minuman. racun tersebut akan dikeluarkan melalui urin atau keringat.

  Cara Menurunkan Berat Badan

Kembali ke fungsi air kelapa untuk meredakan sariawan, Anda dapat menggunakan air kelapa sebagai obat kumur. Apabila dilakukan secara rutin, niscaya sariawan membandel akan segera sembuh hanya dalam waktu 2 hari saja.

Cara Mengobati Sariawan dengan Air Garam

Salah satu penyebab sariawan membandel yang susah sembuh adalah luka yang terinfeksi dengan bakteri yang bersarang di dalam mulut. Maka obat yang paling ampuh adalah bahan alami yang memiliki sifat anti bakteri. Lalu apa bahan alami yang memiliki sifat anti bakteri? Jawabannya adalah garam.

Sifat anti bakteri pada garam mampu menyerap cairan nanah pada sariawan sehingga lama kelamaan luka sariawan akan segera kering. Untuk cara mengobati sariawan dengan garam caranya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan beberapa butir garam dapur pada segelas air hangat.

Gunakan air garam tersebut sebagai obat kumur agar bakteri penyebab peradangan pada sariawan segera mati.

Cara Mengobati Sariawan dengan Bawang Putih

cara mengobati sariawan dengan bawang putih
cara mengobati sariawan | pexels.com

Selain garam, bahan alami lain yang ampuh untuk menyembuhkan dan mengobati sariawan adalah bawang putih. Serupa dengan garam, bawang putih juga memiliki sifat anti bakteri yang mampu meredakan luka sariawan yang meradang.

Untuk mengobati sariawan dengan bantuan bawang putih caranya cukup mudah yaitu dengan menumpuk dua siung bawang putih sampai halus. Campurkan dua tetes madu pada pasta bawang putih tersebut, kemudian oleskan pada luka sariawan. Diamkan selama 10 menit, kemudian berkumurlah dengan air garam agar bau bawang putih yang menempel akan segera hilang. Apabila dilakukan rutin setiap hari, dipercaya sariawan akan segera sembuh hanya dalam waktu 2 hari saja.

Cara Mengobati Sariawan dengan Kunyit

Tak hanya dari golongan buah-buahan saja yang berkhasiat dalam meyembuhkan sariawan, tetapi kunyit yang tergolong tanaman palawija dikenal cukup ampuh dalam menyembuhkan luka yang meradang akibat bakteri, sariawan contohnya. Hal tersebut karena kandungan kurkuminoid, desmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, dan minyak atsiri yang ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Untuk mengobati sariawan dengan bantuan kunyit caranya cukup mudah yaitu sebagai berikut:

  • Siapkan dua ruas kunyit berukuran sedang yang masih segar
  • Kupas kulit kunyit dan cuci hingga bersih
  • Peras parutan kunyit tersebut untuk mendapatkan sari kunyit
  • Campurkan sedikit gliserin dan madu pada sari kunyit tersebut, lalu aduk hingga mengental
  • Oleskan pasta kunyit tersebut pada daerah mulut yang terkena sariawan
  • Lakukan pengobatan ini sebanyak dua kali dalam sehari agar sariawan dapat segera sembuh

Cara Mengobati Sariawan dengan Baking Soda

Bahan alami selanjutnya yang dikenal ampuh untuk menyembuhkan sariawan adalah baking soda. Pada umumnya baking soda digunakan sebagai campuran roti dan kue agar lebih mengembang. Tetapi berdasarkan beberapa pakar baking soda juga dapat bermanfaat dalam bidang lain seperti kesehatan dan kecantikan. Baking soda mampu menyembuhkan sariawan dalam waktu yang cepat karena kandungan sodium bikarbonat dan natrium hydrogen bikarbonat. Dua kandungan tersebut sangat ampuh untuk membasmi kuman penyebab peradangan.

Untuk menyembuhkan sariawan dengan bantuan baking soda caranya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan beberapa sendok teh baking soda dengan air hangat. Gunakan air baking soda tersebut sebagai obat kumur. Lakukan perawatan dengan baking soda ini setiap hari agar mulut menjadi bersih dari bakteri dan luka sariawan dapat segera mereda.

Cara Mengobati Sariawan dengan Daun Jambu Biji

Ketika ditanya mengenai manfaat dari daun jambu biji, pasti jawaban utamanya adalah obat malaria atau panas tinggi. Namun belum banyak orang yang tahu bahwa ternyata daun jambu biji juga sangat ampuh dalam menyembuhkan sariawan. Hal tersebut dikarenakan kandungan yang terdapat dalam daun jambu biji seperti flavonoid, saponin, alkolid, polifenol, anti oksidan, minyak atsiri, dan masih banyak lagi.

  Cara Menghilangkan Bau Mulut

Kandungan di atas mampu menenangkan luka yang meradang. Akibatnya lama kelamaan luka yang meradang akibat sariawan dapat sembuh dengan sendirinya. Untuk menyembuhkan sariawan dengan daun jambu biji caranya cukup mudah yaitu sebagai berikut:

  • Ambil 5 lembar daun jambu biji yang masih segar, kemudian cuci sampai bersih
  • Tumbuh daun jambu biji sampai layu
  • Panaskan 200 ml air, setelah mendidih masukan daun jambu biji tersebut
  • Setelah dingin, angkat kemudian saring untuk mendapatkan sari daun jambu biji
  • Gunakan air jambu biji tersebut sebagai obat kumur

Cara Mengobati Sariawan dengan Asam Jawa

Sebagai penduduk Indonesia seharusnya kita bersyukur karena tanah yang subur ini mampu menghidupkan banyak sekali tanaman yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit secara alami. Salah satu tanaman yang hanya dapat hidup di daerah tropis adalah asam jawa. Buah yang satu ini terkenal akan khasiatnya dalam bidang kesehatan, salah satunya sebagai obat sariawan.

Hal tersebut dikarenakan buah asam jawa yang tinggi akan zat bermanfaat seerti kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B, lemak, dan masih banyak lagi. Cara menyembuhkan sariawan dengan asam jawa cukup mudah yaitu sebagai berikut:

  • Siapkan buah asam jawa secukupnya dan satu ruas kunyit segar
  • Kupas kunyit dan parut sampai halus, peras untuk mengambil sari kunyit
  • Panaskan 100 ml air, setelah mendidih masukan sari kunyit dan buah asam jawa
  • Setelah dingin, tuangkan minuman dari buah asam jawa dan kunyit tersebut ke dalam gelas dan tambahkan satu sendok makan gula pasir sebagai penambah rasa manis
  • Minum wedang dari asam jawa dan kunyit tersebut dua kali sehari, selain sariawan segera sembuh, tubuh akan kembali fit dan sehat.

Cara Mengobati Sariawan dengan Daun Sirih

cara mengobati sariawan
cara mengobati sariawan | 500px.com

Ketika membahas mengenai bahan alami yang mampu membunuh bakteri karena sifat antiseptiknya, pasti yang terlintas di benak Anda adalah daun sirih. Daun yang satu ini memang terkenal mampu membersihkan berbagai area tubuh mulai dari area kewanitaan, mulut, hingga bau badan tidak sedap. Zat asam nikotinat pada daun sirih mampu membunuh bakteri penyebab peradangan pada luka sariawan.

Cara mengobati sariawan dengan daun sirih caranya cukup mudah yaitu dengan :

  • Siapkan tiga lembar daun sirih berukuran sedang yang masih segar
  • Cuci bersih daun sirih, kemudian tumbuk kasar agar daun sirih sedikit layu
  • Panaskan 200 ml air, setelah mendidih masukan daun sirih dan masak selama 2 menit
  • Setelah dingin, angkat dan saring untuk mendapatkan air daun sirih
  • Gunakan air daun sirih tersebut sebagai obat kumur untuk menyembuhkan sariawan

***

Demikian ulasan lengkap mengenai cara mengobati sariawan dengan bahan-bahan alami yang terkenal manjur dan aman. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Leave a Comment