Cara Mengobati Sakit Gigi

Cara Mengobati Sakit Gigi Paling Ampuh dan Alami – Sakit gigi adalah hal yang paling menjengkelkan dibandingkan dengan penyakit lainnya. Mengapa? Karena gigi memiliki saraf yang tersambung dengan banyak organ lainnya, sehingga apabila gigi mengalami gangguan, maka akan sangat berpengaruh pada seluruh tubuh. Selain itu, sakit gigi juga membuat segala aktivitas menjadi tidak nyaman, bahkan tidur sekalipun. Tidur yang menjadi obat paling ampuh dalam menyembuhkan berbagai penyakit, tak akan berfungsi dalam sakit gigi.

Karena terlalu sakit, banyak orang yang menjadi mudah emosi dan marah apabila pada hal-hal yang tidak mereka sukai, keributan misalnya. Namun apakah Anda tahu apa penyebab dari sakit gigi? Kebanyakan orang hanya menyalahkan gigi, tanpa instropeksi diri apa yang telah mereka lakukan. Tak jarang pula, mereka juga sering mengambil tindakan ekstrim dengan mencabut seluruh gigi dan menggantinya dengan gigi palsu.

Faktor Penyebab Sakit Gigi

Nah, untuk itu kami akan berikan informasi dan wawasan kepada Anda mengenai penyebab dari sakit gigi dan cara alami nan ampuh untuk mengobatinya. Penasaran? Simak ulasan berikut ya!!!

Pembengkakan Gusi Akibat Gigi Tumbuh

Tahukah Anda bahwa orang dewasa juga dapat mengalami gigi tumbuh? Gigi ini biasanya tumbuh pada bagian gusi paling belakang. Adanya pembengkakan gusi akibat gigi tumbuh membuat tubuh menjadi tidak nyaman. Selain sakit gigi, suhu tubuh dapat naik disertai dengan gejala pusing.

Infeksi Akar Gigi

Bagi Anda yang tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut sejak kecil, dapat dipastikan terdapat salah satu gigi Anda berlubang atau keropos yang menyisakan akarnya saja. Meskipun hanya tinggal akar, tetapi bagian struktur gigi ini dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa apabila terjadi peradangan atau infeksi

Gigi Berlubang

Cara Mengobati Sakit Gigi
Cara Mengobati Sakit Gigi | unsplash.com

Apabila membahas mengenai penyebab sakit gigi, pasti tidak dapat jauh-jauh dari gigi berlubang. Gigi yang berlubang biasanya disebabkan oleh sisa makanan setelah mengonsumsi sesuatu tidak segera dibersihkan sehingga mengendap di sela-sela gigi. Tumpukan sisa makanan inilah yang menjadi sarang bagi ulat untuk menggerogoti bagian gigi Anda.

Patah Gigi

Siapa yang pernah mengalami gigi patah tanpa alasan? Tenang saja, hal ini wajar terjadi. Biasanya patah gigi disebabkan oleh benturan dengan benda keras atau gigi yang kurang kalsium sehingga keropos dan tidak kuat. Biasanya gigi yang patah akan menimbulkan rasa nyeri yang cukup parah.

Sering Mengonsumsi makanan yang Mengandung Banyak Gula

Ketika Anda masih kecil pasti sering mendengar ibu berkata ‘’jangan banyak makan permen, nanti giginya sakit’’. Mungkin Anda kira hal itu adalah tipuan agar Anda tidak banyak jajan, namun ternyata hal tersebut bukan kebohongan semata. Terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula membuat kepadatan gigi menjadi berkurang. Selain itu, sisa makanan manis tersebut akan mengendap di permukaan gigi, yang menjadi tempat ternyaman bagi ulat untuk berkembang biak.

  Cara Mengobati Sariawan

Sering Merokok

Tak hanya berpotensi menyebabkan penyakit jantung, ternyata kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan sakit gigi. Apa alasannya? Seperti yang kita tahu bahwa rokok mengandung banyak zat nikotin yang tidak baik untuk kesehatan tubuh termasuk gigi. Meskipun sudah sikat gigi secara teratur, tetapi zat nikotin ini sulit untuk dibersihkan dan akan terus menempel. Maka tak heran, pasti orang yang merokok memiliki gigi yang kuning.

Gejala Sakit Gigi

Sesuai dengan namanya bagian tubuh yang mengalami gangguan dalam penyakit ini adalah gigi.biasanya gigi yang mengalami gangguan akan mengalami kebengkakan dan nyeri yang luar biasa. Meskipun demikian masih terdapat gejala lain dari sakit gigi yaitu suhu tubuh tinggi atau demam, kepala pusing yang cukup hebat, gigi membengkak bahkan hingga bagian pipi, dan bau busuk dari dalam mulut.

Cara Mengobati Sakit Gigi
Cara Mengobati Sakit Gigi | pexels.com

Nah, Anda pastinya tidak mau bukan mengalami gejala penyakit di atas. Selain tidak nyaman, sakit gigi juga menyebabkan kepercayaan diri menurun karena dianggap kurang menjaga kebersihan diri. Maka dari itu, tingkatkan kebersihan diri khususnya bagian gigi dan mulut.

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Bagi Anda yang terlanjur mengalami sakit gigi, ikuti tips cara mengobati sakit gigi yang akan kami jabarkan di bawah ini.

Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Air Garam

Apabila membahas mengenai obat sakit gigi secara alami namun sangat ampuh, pasti air garam menempati urutan pertama dalam daftar rekomendasi. Bukan hanya ahli kesehatan yang praktek beberapa tahun belakang ini, tetapi air garam telah dipercaya ahli kesehatan sejak jaman dahulu.

Tak hanya ampuh untuk mengobati sakit gigi, tetapi campuran dari air dan garam tersebut juga terkenal untuk mengurangi peradangan akibat sariawan. Selain itu, berkumur secara rutin dengan air garam mampu menghilangkan bau mulut yang tidak sedap.

Kira-kira apa penyebab air garam dapat ampuh mengatasi masalah gigi dan mulut? Alasannya adalah garam memiliki sifat disenfektan alami yang mampu membunuh sejumlah kuman yang bersarang dalam gigi dan mulut. Apabila digunakan untuk berkumur, air garam dapat melonggarkan sisa makanan yang menyangkut pada sela-sela gigi. Tak berhenti sampai disitu, air garam juga dapat meredakan peradangan dan luka penyebab sariawan dan sakit gigi.

Cara mengobati sakit gigi menggunakan air garam caranya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan 1 sendok makan garam ke dalam satu gelas air hangat. Gunakan untuk berkumur, sehingga kandungan baik di dalam air garam dapat merata ke seluruh bagian mulut.

Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Bawang Putih

Bagi ibu rumah tangga pasti bahan yang satu ini sudah tidak asing lagi. Ya, bawang putih, biasanya digunakan oleh ibu rumah tangga sebagai bumbu agar masakannya menjadi lebih sedap dan gurih. Namun, selain berfungsi sebagai bumbu masak, bawang putih juga berkhasiat dalam meredakan gejala sakit gigi.

Serupa dengan air garam, bawang putih juga sangat ampuh dalam meredakan sakit gigi dan sariawan karena dzat di dalamnya mampu membunuh bakteri dan kuman penyebab gigi sakit, gusi meradang, dan sariawam. Selain itu, rutin merawat gigi dengan bawang putih akan membuat plak gigi penyebab gigi kuning dan karang gigi, lama kelamaan akan melunak dan menghilang.

Lalu bagaimana cara mengolah bawang putih sebagai obat sakit gigi? Caranya sangat mudah sekali, Anda tinggal menghaluskan bawang putih dengan bantuan ulek-ulek dan cobek. Tak perlu menambahkan air, karena pada dasarnya bawang putih sudah mengandung air alami di dalamnya.

  Cara Menghilangkan Bau Mulut

Setelah halus dan menjadi pasta, oleskan ramuan dari bawang putih tersebut pada bagian gigi yang sakit, gusi yang membengkak, atau sariawan. Diamkan selama beberapa saat, kemudian berkumurlah dengan air garam.

Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Kantong Teh Peppermint

Lanjut untuk bahan ketiga yang ampuh dalam mengobati sakit gigi yaitu kantong the peppermint. Biasanya untuk menemani waktu sore, banyak orang yang menyeduh teh peppermint dengan semangkuk cookies. Setelah selesai menyeduh teh tersebut, jangan terburu-buru untuk membuang kantong teh nya. Mengapa?

Tahukah Anda bahwa ternyata kantong teh juga dapat digunakan sebagai obat sakit gigi yang ampuh? Ya, kantong teh peppermint bekas ternyata mampu menengakan gigi ataupun gusi yang meradang. Untuk itu, jangan terburu-buru untuk membuang bungkusnya. Simpan kantong bekas peppermint tersebut ke dalam freezer selama 10 menit. Setelah kantong teh bekas dirasa cukup dingin, segera ambil dan kompreskan ke bagian gigi atau gusi yang membengkak.

Sensasi dingin dan kandungan zat aktif di dalam the mampu mengurangi rasa nyeri akibat sakit gigi. Nah, tunggu apalagi segera lakukan tips ini agar sakit gigi Anda segera sembuh.

Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Minyak Cengkeh

Cara Mengobati Sakit Gigi
Cara Mengobati Sakit Gigi | freepik.com

Berbeda dengan bawang putih yang hanya diketahui oleh para ibu rumah tangga, kini giliran cengkeh yang cukup terkenal di kalangan kaum adam. Cengkeh termasuk ke dalam jenis rempah dan digunakan sebagai salah satu pembuat rokok untuk menambah rasa sedap dan gurih.

Selain berfungsi dalam bidang industri dan konsumsi, ternyata cengkeh juga dapat dimanfaatkan dalam bidang kesehatan. Tak hanya berkhasiat untuk memutihkan gigi yang kuning, ternyata minyak cengkeh juga dapat digunakan untuk meredakan sakit gigi dan sariawan.

Kira-kira apakah Anda tahu apa alasan minyak cengkeh sangat manjur dalam mengobati sakit gigi? Hal ini disebabkan karena minyak cengkeh mengandung zat eugenol yang berfungsi sebagai zat antiseptic alami yang mampu meredakan dan mengurangi peradangan.

Untuk menyembuhkan sakit gigi caranya tuangkan beberapa tetes minyak cengkeh pada kapas yang dibulatkan, setelah cukup basah tempelkan pada bagian gigi dan gusi yang sakit.

Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Ekstrak Vanila

Siapa yang suka membuat kue dan roti di sini? Bagi Anda yang hobi dalam bidang kuliner pasti sudah tidak asing lagi dengan ekstrak vanilla. Sesuai dengan namanya, bahan ini biasanya digunakan sebagai penambah rasa vanilla pada kue atau masakan lainnya.

Namun selain berguna dalam bidang kuliner, ternyata ekstrak vanilla ini juga memiliki khasiat dalam bidang kesehatan yaitu mengobati sakit gigi. Bagaimana bisa ekstrak vanilla menyembuhkan sakit gigi? Ekstrak vanilla dapat menyembuhkan sakit gigi karena kandungan alcohol di dalamnya mampu membunuh bakteri atau kuman yang bersarang di dalam mulut dan gigi. Zat antioksidan yang cukup tinggi pada ekstrak vanilla mampu meredakan rasa sakit akibat peradangan dan pembengkakan gusi atau gigi.

Untuk menyembuhkan sakit gigi menggunakan esktrak vanilla caranya cukup mudah yaitu dengan menuangkan beberapa tetes ekstrak vanilla pada kapas yang telah dibulatkan. Setelah dirasa cukup basah segera tempelkan kapas tersebut pada bagian gigi atau gusi yang sakit. apabila dilakukan secara rutin, dalam waktu 2 hari saja sakit gigi akan segera sembuh.

Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Rumput Gandum

Pernah dengan mengenai rumput gandum? Mungkin bagi Anda orang Indonesia rumput gandum ini belum terlalu familiar. Rumput gandum adalah sejenis rerumputan dengan bentuk daun yang kecil, halus, dan panjang. Seperti yang kita tahu bahwa setiap tanaman hijau memiliki klorofil. Nah, klorofil inilah yang mampu menyembuhkan sakit gigi Anda. Klorofil atau zat hijau pada daun berfungsi sebagai zat disenfektan alami yang mampu membunuh bakter dan kuman di dalam gigi dan mulut.

  Cara Menurunkan Berat Badan

Untuk menyembuhkan sakit gigi dengan rumput gandum caranya cukup mudah yaitu:

  • Siapkan beberapa helai rumput gandum yang telah dicuci bersih
  • Haluskan rumput gandum tersebut dengan garpu atau ulek-ulek
  • Masak 250 air bersih, setelah mendidih masukan tumbukan rumput gandum tersebut
  • Setelah dimasak selama beberapa waktu, angkat panci dan saring untuk mendapatkan sarinya
  • Gunakan air sari rumput gandum tersebu sebagai obat kumur untuk meredakan sakit gigi

Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Daun Jambu Biji

Selain buahnya, ternyata daun jambu biji juga dapat dimanfaatkan dalam bidang kesehatan. Kira-kira selain menyembuhkan penyakit malaria, apa lagi khasiat daun jambu biji dalam bidang kesehatan yang Anda tahu? Ya, obat sakit gigi.

Daun jambu biji mampu menyembuhkan luka dan peradangan karena sifatnya yang anti inflamasi. Selain itu, daun ini juga mampu membunuh bakteri dan kuman penyebab sariawan dan sakit gigi denga kandungan antimikroba di dalamnya. Jadi, daun jambu biji dapat digunakan sebagai bahan antibiotic alami.

Untuk menyembuhkan sakit gigi dengan bantuan daun jambu biji caranya cukup mudah yaitu dengan menyiapkan beberapa lembar daun jambu biji yang telah dibersihkan. Tumbuk daun jambu biji tersebut, kemudian masukan ke dalam 250 ml air mendidih. Setelah dimasak beberapa lama, angkat dan saring untuk mendapatkan air daun jambu biji. Gunakan air daun jambu biji ini sebagai obat kumur untuk menghilangkan rasa nyeri akibat pembengkakan.

Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Minyak Thyme

Cara mengobati sait gigi paling ampuh dan alami selanjutnya adalah menggunakan minyak thyme. Minyak yang diolah dari rempah ini dapat dijadikan obat sakit gigi yang cukup aman apabila digunakan dalam jangka panjang. Minyak thyme ini bekerja dengan membunuh dan membasmi seluruh bakteri penyebab sakit gigi dan sariawan dengan fungsi antibakterinya. Sedangkan kandungan antioksidan berkhasiat dalam meredaka peradangan dan pembengkakan gusi dan gigi.

Untuk menyembuhkan sakit gigi dengan minyak thyme caranya cukup mudah yaitu dengan menuangkan beberapa tetes minyak thyme pada segelas air matang. Kemudian gunakan air tersebut sebagai obat kumur. Lakukan perawatan dengan minyak thyme ini setiap hari, niscaya sakit gigi Anda akan segera reda.

Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Asam Jawa

Mendengar kata asam jawa apa yang Anda bayangkan? Apakah es asam jawa atau penambah rasa asam pada masakan? Eits, ternyata asam jawa tak hanya enak untuk dikonsumsi lohh. Asam jawa ini dapat digunakan sebagai obat untuk meredakan sakit gigi.

Sakit gigi yang disebabkan oleh kuman dan bekteri yang menggerogoti dan menyebarkan kotoran pada mulut dan gigi, akan dibasmi oleh asam jawa ini. hal ini karena kandungan asam pada asam jawa yang berkhasiat sebagai anteseptik alami.

Untuk menyembuhkan sakit gigi dengan bantuan asam jawa caranya cukup mudah yaitu:

  • Siapkan asam jawa dan ambil bijinya
  • Cuci bersih, kemudian keringkan menggunakan oven atau dipanaskan dengan bantuan sinar matahari
  • Setelah dirasa cukup kering, ambil biji asam jawa tersebut kemudian sangria sebentar
  • Segera tumbuk sampai halus dan tempelkan bubuk biji asam jawa tersebut pada bagian gigi dan mulut yang sakit.

Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Merica

Satu lagi rempah yang berkhasiat dalam mengobati sakit gigi yaitu merica. Merica biasanya digunakan sebagai penambah rasa pedas pada masakan. Namun berkat beberapa penelitian, rempah merica ini juga dapat digunakan sebagai bahan untuk mengobati sakit gigi.

merica mampu mengobati sakit gigi karena memiliki kandungan antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab gigi kotor dan sakit. selain itu, merica juga bersifat anti inflamasi yang mampu meredakan peradangan dan peradangan. Sedangkan kandungan analgesic membuat gigi segera pulih kembali ke sedia kala.

  Cara Menurunkan Berat Badan

Untuk menyembuhkan sakit gigi dengan merica caranya cukup mudah yaitu dengan menumbuk merica sampai halus, kemudian tambahkan air garam dan air jeruk nipis. Gunakan air tersebut sebagai obat kumur untuk menyembuhkan sakit gigi.

Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Jahe

Apa yang Anda bayangkan ketika sore hari mendung dan tiba-tiba turun hujan sehingga cuaca sedang dingin? Pasti semangkuk indomie kuah dan segelas wedang jahe. Ya, jahe termasuk ke dalam tanaman palawija yang biasanya digunakan untuk keperluan konsumsi. Selain wedang, jahe biasanya juga digunakan sebagai bumbu masak untuk menghilangkan bau amis dari daging terutama seafood.

Namun tahukah kamu, ternyata jahe dapat digunakan sebagai obat sakit gigi? Bukan sekedari mitos, ternyata jahe dapat digunakan sebagai obat pereda sakit gigi. Hal ini dikarenakan rasa pedas pada jahe membuat seluruh bakteri dan kuman yang bersarang pada gigi dan gusi dapat dibasmi dengan mudah.

Untuk menyembuhkan sakit gigi denga jahe caranya cukup mudah yaitu dengan menyiapkan dua ruas jahe segar berukuran sedang. Setelah dikupas dan dicuci bersih, parut jahe kemudian peras untuk mengambil sarinya. Gunakan sair jahe tersebut untuk disiram ke bagian gigi yang sakit.

Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Jeruk Nipis dan Lemon

Ketika diperintah untuk membayangkan makanan yang bercita rasa asam pasti yang terlintas di benak Anda adalah jeruk nipis dan lemon. Kedua buah yang termasuk ke dalam keluarga jeruk tersebut memang terkenal dengan kandungan airnya yang bercita rasa sangat asam. Meskipun asam, jeruk nipis dan lemon tetap memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat sebagai obat kesehatan, produk kecantikan, bahan masakah, dll.

Rasa asam pada jeruk nipis dan lemon ini juga dilirik oleh masyarakat sebagai obat penghilang bakteri penyebab sakit gigi. Selain itu, dengan jeruk nipis bau mulut yang mengganggu dapat hilang karena mulut dalam keadaan bersih dan kesat.

Cara menyembuhkan sakit gigi dengan jeruk nipis dan lemin cukup mudah yaitu dengan menyiapkan satu buah jeruk nipis atau lemon, kemudian belah menjadi dua bagian. Peras jeruk nipis atau lemon untuk mengambil airnya. Campurkan air jeruk nipis atau lemon tersebut dengan segelas air. Gunakan air tersebut sebagai obat kumur setelah menyikat gigi sebagai langkah kedua untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Belimbing Wuluh

Cara Mengobati Sakit Gigi
Cara Mengobati Sakit Gigi | pixabay.com

Selain jeruk nipis dan lemon, pasti belimbing wuluh juga termasuk ke dalam bahan makanan yang bercita rasa asam. Karena rasa asam tersebut, biasanya belimbing wuluh digunakan sebagai bahan masakan utnuk menambah rasa segar. Sup ikan yang berkuah pedas adalah salah satu kuliner yang menggunakan belimbing wuluh ini untuk menyeimbangkan rasa pedas dan amis dari ikan.

Selain bermanfaat dalam bidang kuliner, belimbing wuluh ini juga berkhasiat untuk menyembuhkan sakit gigi karena rasanya yang asam. Serupa dengan jeruk nipis dengan cita rasa asamnya, belimbing wuluh ini ampuh dalam membunuh bakteri penyebab gigi bengkak.

Cara mengobati sakit gigi dengan belimbing wuluh cukup muda yaitu dengan menyiapkan dua buah belimbing wuluh segar yang berukuran sedang. Cuci bersih, kemudian tumbuk atau blender tanpa menggunakan air. Tempelkan belimbing wuluh yang telah dihaluskan tersebut pada bagian gigi yang sakit.

Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Serai

Satu lagi bahan masakan yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit gigi yaitu serai. Karena berasal dari bahan alami, jadi cara ini cukup aman meskipun dilakukan setiap hari. Sifat anti inflamasi pada serai mampu meredakan pembengkakan pada gigi dan gusi.

Untuk mengobati sakit gigi dengan serai caranya cukup mudah yaitu dengan merebus dua tangkai serai. Kemudian gunakan air rebusan serai tersebut untuk berkumur. Lakukan perawatan ini setiap hari agar sakit gigi segera sembuh.

  Cara Menghilangkan Bau Mulut

Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Cuka Apel

Sesuai dengan namanya, cuka apel adalah bahan yang terbuat dari apel yang telah difermentasi. Rasa asam pada cuka apel banyak digunakan oleh masyarakat untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri seperti sariawan, jerawat, dan sakit gigi.

Dengan senyawa antibakteri dan anti mikrobanya, cuka apel ini dapat djadikan obat yang cukup ampuh dalam menyembuhkan sakit gigi. Berkumurlah dengan cuka apel yang telah dicampur air setelah selesai sikat gigi. Atau tuangkan beberapa tetes cuka apel pada kapas, lalu tempelkan pada gigi atau gusi yang bengkak. Lakukan pengobatan dengan cuka apel ini dua kali dalam seminggu agar gigi dan mulut tetap dalam keadaan bersih dan sehat.

Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Es Batu

Apabila bahan-bahan di atas harus didapatkan dengan cara membelinya, bahan yang satu ini dapat Anda temukan secara Cuma-Cuma. Apa itu? Ya, es batu. Sebagai langkah awal untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri, Anda dapat menggunakan es batu untuk mengompres.

Namun demikian, meskipun dapat meredakan tetapi efek dari es batu ini tidak akan bertahan lama. Cara kerja dari es batu ini akan mematikan saraf yang berada di gigi agar sakit yang diderita sedikit reda.

Letakan es batu pada waslap atau kain, kemudian kompreskan ke bagian gigi yang terasa sakit. lakukan pengobatan dengan es batu ini dibarengi dengan upaya lain seperti obat dari dokter atau obat alami seperti di atas.

Cara Mencegah Sakit Gigi

Cara Mengobati Sakit Gigi
Cara Mengobati Sakit Gigi | 500px.xom

Bagaimana dengan membaca ulasan panjang di atas, Anda tetap mau merasakan sakit gigi yang menyiksa? masih mau menyepelekan kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut?. Tentu saja tidak bukan. Untuk itu, kami akan berikan tips bagi Anda agar terhindar darisakit gigi dan mencegahnya datang kembali. Simak tips nya di bawah ini.

Sikat Gigi Malam Sebelum Tidur

Tahukah Anda bahwa sikat gigi pagi dan sore hari ketika mandi tidaklah cukup untuk menjaga gigi dan mulut tetap bersih? Sisa makanan dari dinner akan tetap menempel pada permukaan atau sela-sela gigi. Anda pasti sudah tahu bahwa sisa makanan inilah yang akan menarik perhatian bakteri dan kuman untuk menggerogoti gigi Anda yang masih sehat. Maka tak heran Anda pasti menjumpai orang yang tidak pernah sikat gigi malam giginya pasti akan berlubang.

Sikat Gigi dengan Cara yang Benar

Rutin menyikat gigi bukan jaminan bagi Anda tidak terhindar dari penyakit gigi. Bagaimana bisa? Menyikat gigi dengan cara yang salah belum bisa membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi. Sikat seluruh permukaan gigi baik dari arah belakang, samping, dan depan secara memutar. Selain itu, gunakan sikat gigi yang halus permukannya agar gusi tidak terluka.

Hindari Makanan yang Terlalu Panas atau Dingin

Sakit gigi terjadi karena banyak faktor, bahkan rutin menyikat gigi dengan cara yang benar bukan menjadi jaminan utama. Perhatikan masalah makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas atau dingin. Hal tersebut akan menyebabkan gigi keropos dan mudah patah. Selain itu, perbanyak makanan dan minuman yang mengandung banyak kalsium dan vitamin D untuk menjaga kekuatan gigi.

Demikian ulasan lengkap mengenai beberapa cara mengobati sakit gigi alami dan ampuh. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Leave a Comment