Cara Menghilangkan Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat – Jerawat sebagai salah satu gangguan biasanya menyerang daerah kulit tertentu dan dapat dialami oleh semua jenis kelamin, baik laki-laki maupun perempuan. Munculnya jerawat di area wajah terkadang menimbulkan rasa sakit dan mengurangi tingkat kepercayaan diri. Oleh karena itu dibutuhkan cara yang ampuh untuk mengatasi jerawat agar dapat mengembalikan tingkat kepercayaan diri.

Jerawat tidak muncul secara tiba-tiba namun juga terdapat faktor penyebabnya. Mulai dari makanan yang dikonsumsi hingga pola hidup dapat mempengaruhi munculnya jerawat. Artikel ini akan membahas tuntas mengenai jerawat beserta cara menghilangkan jerawat dengan lengkap. Tidak perlu khawatir karena cara yang dijabarkan ini aman untuk dipraktikkan dirumah.

Apa Itu Jerawat?

cara menghilangkan jerawat terbaik
cara menghilangkan jerawat | pixabay.com

Jerawat adalah produksi minyak atau sebum berlebih pada kulit sehingga tempat bertumbuhnya rambut dalam kulit tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak. Hal inilah yang akan menimbulkan penyumbatan dan pori-pori kulit dan muncul benjolan baik kecil maupun besar yang terkadang terdapat nanah di bagian atasnya.

Jerawat biasanya muncul di beberapa bagian tubuh, yaitu wajah, atas dada, leher, dan punggung yang merupakan bagian tubuh yang memiliki kelenjar minyak terbanyak. Jerawat ini juga tidak hanya dialami oleh jenis kelamin tertentu, namun keduanya dapat mengalaminya. Oleh karena itu dibutuhkan cara yang tepat untuk menanganinya.

Gejala Jerawat

cara menghilangkan jerawat alami
cara menghilangkan jerawat | pexels.com

Seperti sakit, jerawat juga memiliki gejala yang mungkin dapat Anda rasakan sebagai seseorang yang memiliki jerawat. Gejala umum ini biasanya dirasakan bagi Anda yang muncul jerawat di bagian kulitnya. Biasanya gejala jerawat ini dirasakan jika muncul di bagian wajah saja, sedangkan di bagian lain biasanya tiba-tiba muncul jerawat tanpa diiringi dengan rasa sakit yang muncul sebelumnya.

Biasanya gejala umum yang terjadi jika akan muncul jerawat adalah adanya bakal benjolan yang berwarna kemerahan atau kuning yang meradang. Anda sudah merasakan sakit ketika benjolan tersebut mulai muncul. Kemudian gejala selanjutnya benjolan tersebut mulai muncul di atas kulit dan mulai terdapat sensasi terbakar dan gatal karena adanya peradangan.

Penyebab Jerawat

cara menghilangkan jerawat terbaik
cara menghilangkan jerawat | unsplash.com

Jerawat tidak hanya disebabkan oleh faktor internal, namun juga faktor eksternal. Adapun beberapa kondisi yang dapat menyebabkan jerawat dapat diprediksi melalui beberapa situasi. Mulai dari segi hormon, setiap manusia pasti memiliki hormon dan perubahannya dapat mengakibatkan jerawat. Adanya aktivitas hormone endrogen berlebih dapat menyebabkan munculnya jerawat.

Selain itu penggunaan bahan kimia yang ditempelkan pada kulit yang sensitif dapat mengakibatkan jerawat juga. Contohnya penggunaan kosmetik yang tidak diiringi dengan kebersihan alat dan produknya. Penyebab lain dari jerawat adalah psikologis individu, semakin tinggi tingkat stress maka akan memicu jerawat.

Kondisi penyebab jerawat juga muncul akibat produksi sebum atau minyak berlebih pada kulit yang menyebabkan sumbatan pada folikel rambut oleh campuran minyak dan sel kulit mati. Selain itu penyebab jerawat lainnya yaitu karena adanya bakteri jenis propionibacterium acnes yang berkembang, menyebabkan peradangan dan menyumbat folikel rambut.

  Cara Menghilangkan Bekas Luka

Tidak hanya itu, penyebab jerawat juga muncul akibat adanya keturunan jika salah satu orang tua mengalami jerawat yang berlebihan. Penyebab jerawat yang terakhir adalah adanya folikel yang tersumbat dan dapat membengkak serta membentuk komedo putih dan hitam jika terpapar udara yang kotor.

baca juga: cara menghilangkan bekas luka

Cara Menghilangkan Jerawat!

Setelah mengetahui informasi tentang jerawat di atas, kini Anda sudah tahu mengapa jerawat dapat muncul pada wajah, bukan? Berbagai penyebab jerawat yang disebutkan di atas dapat menjadi salah satu faktor munculnya jerawat pada area kulit kesayangan Anda. Namun tidak perlu khawatir karena jerawat dapat diatasi dengan beberapa cara di bawah ini.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami

cara menghilangkan jerawat yang aman
cara menghilangkan jerawat | pexels.com

Bahan alami dapat menjadi salah satu cara yang tepat untuk menangani jerawat. Selain aman untuk kulit, bahan alami ini juga dapat ditemukan secara mudah di lingkungan tempat tinggal Anda. Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami ini dapat menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang ingin mengatasi jerawat dengan hemat dan mudah.

Masker soda kue dan air

Apakah Anda mengetahui soda kue? Ya, salah satu bahan untuk membuat kue ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat. Bahan ini ampuh digunakan untuk mengatasi jerawat secara alami namun tetap memperoleh hasil yang maksimal. Soda kue berfungsi sebagai penyeimbang pH kulit yang dapat menjadi antiseptik alami untuk menghentikan jerawat.

Aplikasi adonan soda kue dan air ini dapat dibuat menjadi masker yang dapat dibuat secara mudah dirumah. Pertama yaitu campurkan 2 sendok makan soda kue dengan air hingga membentuk sebuah adonan yang kental. Adonan ini kemudian siap untuk diaplikasikan pada wajah. Sebelum menggunakannya, pastikan untuk mencuci wajah sampai bersih.

Setelah wajah sudah bersih, Anda dapat mulai meratakan adonan soda kue ke area wajah secara merata. Disini Anda menggunakan adonan ini sebagai masker, bukan obat tutul untuk jerawat. Jadi pastikan untuk mengoleskan adonan secara merata di area wajah Anda.

Setelah semua adonan sudah berada di wajah, kemudian tunggu hingga masker mulai mongering yaitu dengan estimasi maksimal 15 menit saja. Kemudian Anda dapat menggunakan air hangat untuk membersihkan adonan masker yang terbuat dari soda kue tersebut. Setelah penggunaan masker ini wajah Anda akan terasa kering sehingga dianjurkan untuk menggunakan pelembab setelahnya.

Alpukat dan madu

Alpukat sebagai salah satu jenis buah memiliki kandungan yang tidak hanya bagus bagi kesehatan tubuh namun juga bagus untuk kesehatan kulit. Alpukat mengandung vitamin E yang dapat menembus pori kulit sehingga dapat menjadi solusi bagi kulit yang sedang mengalami peradangan.

Sedangkan madu memiliki kandungan hydrogen peroksida yang memiliki sifat anti bakteri sehingga dapat mengatasi jerawat sebagai sarang perkembangan bakteri. Jika kedua bahan ini disatukan maka akan menjadi cara menghilangkan jerawat alami yang ampuh.

Cara pembuatan masker dengan 2 jenis bahan ini juga sangat mudah, Anda dapat mengambil setengah bagian alpukat kemudian haluskan. Setelah mulai halus masukkan 1 sendok makan madu kemudian ratakan adonan hingga membentuk masker dengan tekstur yang kental. Sebelum diaplikasikan pada wajah, pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu ya.

Setelah wajah sudah bersih dan kering, Anda sudah bisa mengaplikasikan masker alami ini ke seluruh area wajah secara merata. Masa tunggu hingga masker ini kering yaitu kurang lebih sekitar 15 menit. Setelah itu Anda dapat membersihkan masker ini dengan air hangat. Sangat mudah, bukan?

  Cara Memutihkan Gigi

Masker yogurt dan madu

Yogurt merupakan salah satu jenis makanan yang disukai oleh masyarakat karena identik dengan rasa segar dengan berbagai macam variasi. Namun tidak hanya dikonsumsi, yogurt juga dapat digunakan sebagai solusi untuk mengatasi jerawat. Kandungan asam alfa hidroksi, asam laktat, dan bakteri baik yang ada di dalamnya dapat mengatasi sel kulit mati.

Selain itu kandungan pada yogurt juga dapat menyumbat pori-pori sehingga dapat mencegah munculnya jerawat lanjutan pada kulit. Disini Anda dapat mengaplikasikan yogurt dan madu menjadi sebuah masker yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat secara alami.

Cara pembuatannya sangat mudah, yaitu Anda dapat mencampurkan 1 sendok makan madu dan 2 sendok makan yogurt kemudian aduk hingga merata. Setelah itu Anda dapat mengoleskan adonan ini pada wajah secara merata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit untuk memperoleh hasil yang maksimal. Kemudian bilas wajah Anda dengan air hangat sampai bersih.

Jeruk nipis

Tidak hanya dapat dikonsumsi untuk menjadi minuman yang segar, jeruk nipis juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat. Jeruk nipis ini memiliki khasiat yang hampir sama dengan jeruk nipis namun dapat diaplikasikan dengan cara yang berbeda. Anda dapat membuat masker dari jeruk nipis dengan campuran madu untuk memperoleh hasil maksimal.

Cara membuat masker dengan bahan ini sangat mudah, pertama Anda dapat memotong jeruk nipis menjadi 2 bagian kemudian peras. Kemudian campurkan 2 sendok makan madu ke dalam perasan jeruk nipis tersebut kemudian ratakan hingga membentuk adonan masker. Setelah itu Anda dapat mengaplikasikan ke seluruh area wajah dengan rata.

Sama seperti masker lainnya, Anda dapat mendiamkan masker ini kurang lebih selama 15 menit kemudian dapat dibilas menggunakan air hangat. Sensasi yang dapat Anda rasakan setelah menggunakan masker jeruk nipis ini menjadikan kulit wajah segar dan terasa dingin setelah penggunaannya.

Masker lemon

Lemon mengandung asam askorbat-L yang dapat membantu mengatasi peradangan pada kulit dan membersihkan pori-pori wajah yang mengalami penyumbatan. Tidak hanya itu, efek yang ditimbulkan apabila menggunakan masker berbahan dasar lemon akan membuat wajah Anda tampak cerah dan tentunya jerawat Anda akan hilang.

Cara membuat masker menggunakan lemon ini juga sangat mudah dan dapat dipraktikkan dirumah. Anda dapat menggunakan 1 buah lemon kemudian potong menjadi 2 bagian lalu peras. Perasan lemon ini dapat digunakan sebagai masker yang aman untuk kulit wajah Anda dan dapat memberikan hasil yang maksimal.

Jika ingin memperoleh hasil yang lebih baik, Anda juga dapat menambahkan madu dalam perasan lemon tersebut. Setelah adonan masker dari lemon ini sudah kering, Anda dapat membersihkannya menggunakan air hangat atau air yang mengalir agar semakin bersih. Sangat mudah bukan?

Masker pisang dan kunyit

Cara menghilangkan jerawat secara alami selanjutnya adalah menggunakan pisang dan kunyit. Pisang memiliki kandungan berupa potassium, vitamin E, dan antioksidan yang dapat memberikan efek cerah dan melembabkan pada kulit. Sedangkan kandungan lektin yang terdapat pada pisang juga dapat membantu untuk melawan bakteri yang ada pada jerawat.

Di sisi lain, kunyit memiliki kandungan kurkuminoid yang dapat mengatasi peradangan pada kulit akibat penyebab jerawat. Perpaduan antara pisang dan kunyit ini tentunya dapat membantu Anda dalam mengatasi jerawat yang muncul akibat berbagai macam faktor.

Cara membuat masker dengan bahan ini juga sangat mudah, pertama haluskan 1 buah pisang kemudian masukkan setengah sendok makan bubuk kunyit dan setengah sendok makan soda kue lalu aduk hingga merata. Adonan masker ini memiliki tekstur yang lembut dan menimbulkan sensasi dingin apabila digunakan.

Setelah diaplikasikan, diamkan hingga kurang lebih 15 menit kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih. Pastikan untuk menggunakan pelembab setelah penggunaan masker ini karena biasanya setelah penggunaannya wajah akan terasa lebih kering dibandingkan sebelumnya.

  Cara Memutihkan Kulit Wajah

baca juga: cara memutihkan gigi

Masker bawang putih

Kandungan yang ada di dalam bawang putih dapat mengatasi peradangan pada kulit yang berjerawat. Bawang putih dapat berfungsi sebagai anti virus, antiseptik, dan anti oksidan yang dapat membantu merawat kesehatan kulit. Kandungan zat sulfur yang ada pada bawang putih juga dapat mengatasi jerawat yang membandel.

Cara membuat masker dengan salah satu jenis bahan dapur ini sangat mudah, Anda dapat menyiapkan 1 siung bawang yang dapat diaplikasikan dengan 2 metode. Pertama yaitu membagi menjadi 2 kemudian gosok pada bagian jerawat. Kedua yaitu menghaluskan bawang putih ini kemudian mengoleskannya pada wajah yang sudah dibasuh bersih terlebih dahulu.

Setelah diaplikasikan pada wajah, Anda juga harus mendiamkannya selama 15 menit agar kandungan pada bawang putih tersebut meresap pada kulit wajah Anda. Setelah itu baru bilas hingga air hangat.

Masker tomat

Salah satu bahan alami lain yang dapat digunakan untuk masker adalah tomat. Kandungan vitamin C, A, dan lain sebagainya dalam tomat dapat mengatasi jerawat yang membandel. Masker tomat ini dapat diaplikasikan menjadi 2 cara, yaitu mengirisnya tipis-tipis kemudian menutupi wajah degan irisan tomat atau memblender menjadi sebuah adonan masker.

Keduanya memiliki cara yang berbeda namun tetap menghasilkan khasiat yang sama. Hal ini dapat disesuaikan dengan kondisi dan situasi yang paling mudah bagi Anda. Setelah mengaplikasikan pada wajah, pastikan untuk mendiamkannya selama 15 menit sampai kandungan tomat meresap pada wajah Anda kemudian basuh dengan air hangat.

Masker lidah buaya

Lidah buaya sebagai salah satu bahan yang terkenal dapat memberikan khasiat yang bagus untuk kecantikan, salah satunya merawat kulit yang mengalami jerawat. Kandungan senyawa aktif berupa polifenol pada lidah buaya dapat menjadi anti bakteri yang dapat mengatasi menghilangkan jerawat secara ampuh.

Cara pembuatannya juga sangat mudah, Anda dapat mengiris lidah buaya hingga memperoleh dagingnya saja. Kemudian haluskan daging lidah buaya hingga membentuk gel yang dapat digunakan sebagai masker. Oleskan masker lidah buaya ini ke seluruh bagian wajah Anda secara merata lalu diamkan maksimal 30 menit.

Anda dapat mendiamkan masker ini sambil menjalankan aktivitas seperti biasa. Setelah itu bilas masker menggunakan air hangat secara perlahan. Jika treatment ini dilakukan secara rutin maka jerawat akan hilang dalam waktu yang singkat.

Masker timun

Menyebut namanya saja sudah menimbulkan efek segar. Ya, timun juga memiliki manfaat untuk mengatasi jerawat pada kulit Anda. Kandungan timun yang terdiri dari vitamin A sampai C ini juga dilengkapi dengan mineral yang dapat menjadi pembersih alami bagi wajah. Selain itu, kandungan pada timun juga ampuh dalam mengatasi jerawat membendel lho.

Cara pengaplikasian timun untuk mengatasi jerawat ini sama dengan tomat. Anda dapat mengirisnya tipis-tipis atau menghaluskannya menjadi sebuah masker alami. Kedua cara ini dapat dilakukan sesuai dengan kondisi dan keinginan Anda. Karena kedua cara ini dapat menghasilkan efek yang sama yaitu menghilangkan jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Produk Skincare

cara menghilangkan jerawat terbukti
cara menghilangkan jerawat | freepik.com

Cara menghilangkan jerawat juga dapat menggunakan produk skincare rutin yang dapat diaplikasikan sehari-hari. Tentunya setiap kulit memiliki tipe yang berbeda sehingga dibutuhkan skincare yang tepat untuk mengatasinya. Adapun produk skincare yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat sekaligus aman untuk merawat kulit agar tetap bagus adalah sebagai berikut ini.

  Cara Menurunkan Berat Badan

Toner

Toner dapat digunakan sebagai alat pembersih sekaligus nutrisi bagi kulit agar tetap bersih dan sehat. Biasanya toner ini digunakan pertama kali pada saat penggunaan skincare. Adapun jenis dan merk toner terdiri dari berbagai macam jenis. Toner dapat menjadi salah satu skincare dasar yang dapat membersihkan jerawat yang ada pada kulit sehingga rentan tumbuh dan berkembang.

Serum

Merawat kulit juga dapat diiringi dengan serum yang biasanya digunakan pada malam hari. Kandungan yang terdapat pada serum dapat melembabkan, mengenyalkan, dan memberi perlindungan pada wajah terutama jerawat agar teratasi. Serum digunakan di malam hari agar dapat melindungi wajah dari berbagai paparan kulit di siang hari.

Sunscreen

Menjalankan aktivitas di luar ruangan tentu rentan akan terkenanya sinar matahari dan berbagai udara kotor. Namun dengan menggunakan sunscreen kulit Anda dapat terlindungi dan tentunya dapat mencegah dan mengatasi jerawat yang sudah muncul di permukaan. Adanya sunscreen ini harus digunakan secara rutin agar menghindari terjadinya kotor pada wajah.

Obat jerawat

Ketika memiliki jerawat, pastikan untuk merawatnya alih-alih membiarkannya. Jerawat memiliki sifat yang tentu dapat diatasi dengan berbagai cara. Jika tidak dapat diatasi dengan bahan alami, Anda juga dapat menggunakan produk yang sudah dapat dipercaya mengatasi jerawat paling ampuh hanya dengan olesan.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Mengubah Pola Hidup

Selain menggunakan bahan alami dan produk skincare, pola hidup juga dapat membantu Anda dalam mengatasi jerawat pada kulit. Hal ini dapat menjadi cara mengatasi jerawat paling akhir karena merupakan gaya hidup yang dapat dibiasakan. Adapun pola hidup yang tepat untuk mengatasi jerawat adalah sebagai berikut ini.

Istirahat cukup

Kurang waktu tidur dapat menurunkan stamina tubuh yang dapat menimbulkan produksi hormone glukokortikoid yang dapat menyebabkan permasalahan kulit, dalam hal ini adalah jerawat. Sengaja begadang juga tidak baik pada tubuh karena dapat meningkatkan inflamasi sitokin yang merupakan zat asing pada tubuh.

baca juga: cara memutihkan kulit wajah

Ketika tubuh mengalami kurang tidur, maka resistensi insulinnya akan meningkat dan menyebabkan peradangan serta produksi minyak berlebih. Hal ini yang akan mengakibatkan munculnya jerawat pada kulit wajah Anda.

Aktivitas tidur atau beristirahat dapat memberikan detoksifikasi pada wajah dan dapat memberikan suasana yang rileks dan nyaman bagi Anda. Pastikan untuk memiliki waktu yang lebih banyak untuk tidur karena akan berdampak pada kesehatan kulit.

Mengkonsumsi makanan sehat

Makanan adalah penambah stamina bagi tubuh, namun tidak boleh dikonsumsi secara sembarangan karena dapat berdampak pada kulit wajah Anda. Jika ingin memiliki wajah yang sehat, pastikan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat pula. Camilan dengan kandungan minyak dan gula berlebih akan memicu jerawat.

Sebaliknya, jika mengkonsumsi makanan yang sehat maka jerawat akan berangsur hilang dan tentunya menjadikan tubuh Anda lebih sehat pula. Adapun makanan sehat terdiri dari sayur, buah, karbohidrat seperti nasi putih, roti tawar, gandum, dan lain sebagainya yang dapat menyehatkan.

Olahraga rutin

Ketika beranjak dewasa, sudah berapa kali Anda olahraga? Jika tidak pernah, segeralah luangkan waktu untuk berolahraga karena dapat menghilangkan stress dan membantu mengatasi jerawat. Tidak hanya itu, melakukan olahraga juga dapat membantu membuat psikologi Anda lebih baik dibandingkan kurang olahraga.

Aktivitas fisik yang dilakukan ketika berolahraga dapat memicu produksi keringat yang keluar dari kelenjar pori sehingga dapat membasmi kotoran dan debu yang ada pada kulit. Pastikan untuk selalu berolahraga di sela aktivitas yang padat karena selain memberikan stamina yang bagus pada tubuh, olahraga juga dapat mengatasi jerawat pada kulit wajah.

  Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Rajin cuci muka sebelum dan setelah olahraga

Ketika melakukan olahraga, pastikan untuk memperhatikan kulit wajah lebih maksimal. Yaitu dengan mencuci sebelum dan setelah Anda melakukan olahraga. Aktivitas ini dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah sekaligus mengatasi jerawat muncul pada kulit wajah Anda. sehingga lakukan aktivitas ini sebelum dan sesudah berolahraga.

Perbanyak minum air

Air mineral dapat mempercepat proses detoksifikasi dan menjaga kelembapan kulit dari dalam tubuh. Meskipun belum ada keterhubungan antara racun pada jerawat dengan air mineral memiliki keterhubungan, namun penelitian mengungkapkan bahwa air putih dapat memperlancar peredaran darah yang dapat mengatasi jerawat.

Menggunakan skincare

Skincare atau yang disebut sebagai sunscreen dapat menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi wajah tetap terlindung dari sinar matahari dan udara yang kotor di luar ruangan. skincare ini dapat digunakan 30 menit sebelum Anda keluar rumah agar dapat membantu melindungi kulit wajah dari berbagai aktivitas di luar ruangan.

Matahari pagi dapat menyehatkan namun di siang hari matahari dapat memberikan efek kemerahan dan peradangan sehingga dapat memperburuk kualitas kulit wajah Anda. Oleh karena itu Anda harus menggunakan sunscreen untuk mengatasi kulit wajah agar tetap terjaga dan terhindar dari kuman.

Rajin mencuci muka

Mencuci muka disini tidak hanya dilakukan sebelum dan sesudah berolahraga saja, namun juga setiap waktu. Hal ini dapat mengatasi perkembangan bakteri yang ada pada wajah. Ketika beraktivitas di luar ruangan wajah akan terpapar sinar matahari dan berbagai jenis kotoran yang diperoleh dari luar. Hal ini dapat menyumbat pori-pori yang berujung pada jerawat.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan cuci muka secara rutin dan tentunya menggunakan sabun yang cocok untuk kulit wajah Anda. Pastikan untuk mencuci muka secara rutin untuk memperoleh wajah yang bersih dan terhindar dari kuman.

Mengkonsumsi omega 3

Omega 3 terdiri dari lemak yang dapat mengontrol leukotriene B4 yang merupakan salah satu senyawa kimia dalam tubuh dan dapat mengontrol produksi minyak pada tubuh. Asam lemak pada omega 3 berkhasiat dalam membantu kulit wajah Anda agar tetap teratasi dan mencegah adanya produksi minyak yang berlebih pada kulit wajah Anda.

Biasanya omega 3 dapat diperoleh pada suplemen vitamin atau makanan seperti salmon, flaxseed oil, alpukat, kacang walnut, dan lain sebagainya yang dapat dikonsumsi sehari-hari atau pada saat jerawat meradang.

Membersihkan barang yang dipakai setiap hari

Barang-barang yang Anda gunakan sehari-hari juga dapat berpengaruh terhadap tumbuhnya jerawat lho. Contohnya seperti handphone dan barang lain yang berinteraksi dengan kulit wajah. Benda yang kotor tersebut dapat berpengaruh terhadap peningkatan jerawat pada kulit wajah Anda.

Bakteri yang ada pada handphone dapat berpindah pada kulit wajah apabila tidak diiringi dengan kebersihan. Ribuan bakteri pada handphone akan berpindah pada tangan yang kemudian menyentuh wajah Anda.

***

Sekian penjelasan tentang jerawat beserta cara menghilangkan jerawat mulai dari bahan alami hingga perubahan pola hidup. Semoga artikel ini dapat membantu Anda mengatasi permasalahan jerawat ya! Semoga berhasil!

Leave a Comment