Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat – Salah satu masalah wajah yang sering menganggu terutama bagi wanita ialah Jerawat. Jerawat seringkali membuat banyak orang tidak percaya diri dan melakukan berbagai cara menghilangkan jerawat yang muncul di wajah. Namun sayangnya, setelah jerawat berhasil dihilangkan masih ada masalah lagi yang menganggu dan membuat tidak percaya diri.

Jerawat bisa hilang dan kempes dalam waktu yang cukup cepat, namun sayangnya tidak dengan bekas yang dihasilkan. Banyak orang yang mengalami kesulitan untuk menghilangkan bekas jerawat hingga berbulan bulan. Bekas jerawat yang tidak menghilang ini bisa membuat kulit wajah menjadi menghitam dan tidak mulus.

Alhasil, banyak orang yang memilih untuk menggunakan make up untuk menutupi bekas jerawat. Namun, cara ini juga hanya berlangsung sementara dan bekas jerawat masih terus ada di wajah. Oleh karena itu, Anda harus mencari tahu bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat yang benar.

Penyebab Timbulnya Bekas Jerawat

penyebab dan cara menghilangkan bekas jerawat
cara menghilangkan bekas jerawat | pixabay.com

Sebelum mencari cara menghilangkan bekas jerawat, Anda harus mencari tahu mengapa bekas jerawat sulit dihilangkan. Berikut ini beberapa penyebab munculnya bekas jerawat yang harus Anda ketahui:

Memencet Jerawat dengan Tangan

Anda pasti sudah sering mendengar jika memencet jerawat bisa membuatnya menjadi lebih parah dan meninggalkan bekas. Tetapi, Anda masih melakukannya? Selain bakteri yang ada ditangan tangan yang bisa memperburuk keadaan jerawat, memencet jerawat juga bisa menyebabkan kulit dan pembuluh darah menjadi terbuka, sehingga sulit untuk kembali ke keadaan normal. Sering memegang wajah bisa mengubah tekstur dan warna kulit wajah menjadi menghitam akibat bekas jerawat.

Tidak Menggunakan Sunblock

Tinggal di daerah tropis membuat Anda harus berhati hati dengan sinar matahari. Ternyata sinar UV dari matahari bisa membuat noda-noda kehitaman di kulit jadi makin terlihat, termasuk salah satunya ialah menimbulkan jerawat dan bekas jerawat. Jangan lupa untuk selalu mengenakan sunblock sebelum beraktivitas di pagi maupun siang hari. Bagi kulit yang berjerawat, pilih produk yang tidak menyumbat pori-pori dan aman digunakan bagi kulit.

Menggunakan Makeup Berlebihan

Salah satu langkah yang sering dilakukan oleh para wanita ialah menutup bekas jerawat menggunakan makeup. Namun, menggunakan makeup tebal seperti foundation dan pressed powder bisa menyebabkan pori-pori kulit menjadi tersumbat. Hal ini menyebabkan Jerawat pun jadi semakin parah dan sulit untuk melakukan proses penyembuhan.

Anda tidak dilarang untuk menggunakan make up, tetapi pastikan sebelum menggunakan make up gunakan skincare yang cocok untuk kulit berjerawat. Hindari juga penggunaan make up yang terlalu tebal saat mengalami masalah jerawat.

Malas Membersihkan Wajah

Salah satu hal yang seringkali diabaikan oleh kebanyakan orang ialah malas membersihkan wajah. Ternyata, kebiasaan buruk ini bisa menyebabka bekas jerawat semakin menjadi. . Hal ini mengakibatkan jerawat diwajah selalu muncul dan bahkan bekas jerawat juga tetap ada. Oleh karena itu, jangan pernah malas untuk selalu membersihkan wajah terlebih sehabis beraktivitas di luar rumah. Membersihkan kulit wajah sebelum tidur adalah hal yang harus dilakukan.

  Cara Memutihkan Gigi

Terlalu Sering Melakukan Scrub Wajah

Salah satu cara mempercepat penyembuhan jerawat ialah dengan exfloitating, namun Anda jangan melakukan terlalu sering. Melakukan scrub wajah bukan opsi yang sebaiknya dipilih. Jika kulit berjerawat, lakukan mild exfoliation yang tidak membuat jerawat semakin meradang. Jika menggunakan scrub wajah, apalagi yang memiliki partikel kasar, akan membuat wajah semakin parah. Pilihlah exfoliating toner yang mengandung Glycolic Acid yang mampu mempercepat proses regenerasi kulit.

Mengonsumsi Banyak Susu Dan Gula

Yes, ladies. Menurut para dermatologist, susu dan gula adalah dua hal dari beberapa sebab munculnya jerawat dan juga membuatnya lebih sulit untuk sembuh. Seperti diketahui, kandungan insulin pada gula yang terlalu tinggi bisa menyebabkan munculnya jerawat. . Sedangkan susu dan olahannya bisa meningkatkan hormon penyebab jerawat bertambah dan juga menyebabkan pigmentasi. Jadi, coba hindari kedua kandungan tersebut dan perbanyak minum air putih!

Itulah berbagai penyebab munculnya bekas jerawat menganggu pada wajah Anda. Meskipun jerawat itu sendiri sudah membaik dan bahkan hilang namun jika Anda melakukan kesalahan maka bekas jerawat akan tetap muncul dan menganggu penampilan.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

cara menghilangkan bekas jerawat dengan alami
cara menghilangkan bekas jerawat | unsplash.com

Bagi Anda yang pusing bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat, Anda tidak perlu khawatir. Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kembali wajah mulus bebas bekas jerawat. Salah satunya ialah dengan menggunakan bahan bahan alami yang mudah ditemukan di rumah.

Berikut ini beberapa cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang bisa dijadikan bahan untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah dengan aman dan tentunya ampuh.

Madu

Bahan alami pertama yang ampuh menghilangkan bekas jerawat ialah madu. Dalam madu terdapat lemampuan anti inflamasi pada madu yang bisa mengurangi kemerahan dan penampakan pembengkakan pada area bekas jerawat. Selain itu, madu juga mampu melawan dan melindungi kulit dari bakteri yang menjadi pemicu munculnya jerawat. Cara menggunakannya juga cukup mudah, totolkan madu asli ke area bekas jerawat dan diamkan hingga 15 menit lalu bilas dengan air.

Kentang

Selain sebagai sumber karbohidrat dan bisa menggantikan nasi, kentang ternyata memiliki manfaat untuk kecantikan. Diantaranya ialah untuk membantu Anda mengatasi masalah bekas jerawat yang menganggu. Kentang adalah sumber vitamin C yang bisa meningkatkan produksi kolagen dan melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan karena wajah sering terpapar sinar matahari. Kentang juga mengandung vitamin B dalam kentang yang bisa meredakan kemerahan pada kulit wajah.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan kentang ialah dengan memarut kentang ini. Lalu kemudia peras kandungan air dalam kentang. Simpan air perasan dalam kulkas sampai sekitar 15 menit. Oleskan air perasan ini pada wajah dengan menggunakan kapas ke seluruh wajah terutama yang memiliki bekas jerawat. Setelah itu, diamkan hingga 20 menit lalu bilas dengan air dingin yang bersih

Putih Telur

Putih telur tidak hanya bagus untuk kesehatan tetapi juga mampu mengatasi masalah bekas jerawat yang menganggu. Hal ini dikarenakan putih telur memiliki kandungan protein yang tinggi yang mampu secara perlahan bisa memudarkan noda bekas jerawat yang ada pada wajah. Disamping menghilangkan bekas jerawat, putih telur juga bisa mengecilkan pori-pori dan membuat wajah semakin mulus.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan putih telur sangatlah mudah. Oleskan putih telur dengan menggunakan kuas ke area wajah yang memiliki bekas jerawat. Setelah itu diamkan hingga setengah jam dan bilas menggunakan air bersih.

Lidah buaya

Lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang ternyata memiliki sejuta manfaat untuk kecantikan kulit. Tidak hanya mampu membuat rambut lebih kuat dan berkilau, lidah buaya juga bagus untuk kecantikan wajah. Bagi Anda yang memiliki masalah bekas jerawat yang menganggu, lidah buaya dapat membantu anda. Cukup Oleskan lidah buaya pada wajah secara rutin setiap hari. Untuk hasil yang maksimal gunakan lidah buaya secara rutin selama 3 minggu.

baca juga: Cara Memutihkan Kulit Wajah

Cuka Apel

Kandungan asam asetat, laktat, sitrat, dan suksinat, cuka apel dipercaya mampu mengurangi tampilan bekas luka, begitu juga dengan bekas luka akibat jerawat. Namun, Anda tidak bisa langsung menggunakan cuka apel langsung ke wajah anda. Sebelumnya campur terlebih dahulu cuka apel

  Cara Menurunkan Berat Badan

Tomat

Tomat mengandung antioksidan yang tinggi yang bagus untuk ketahanan tubuh. Selain itu, sayur dengan warna merah ini mengandung enzim lycopene yang mampu menyamarkan noda bekas jerawat yang menganggu. Untuk menggunakan tomat sebagai penghilang bekas jerawat, cukup potong potong tomat lalu gosokan pada wajah. Gunakan secara rutin untuk hasil terbaik.

Bengkoang

Umbi umbian tidak hanya memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi namun juga mampu dijadikan bahan alami untuk kecantikan. Salah satu yang sering dijadikan sebagai bahan alami kecantikan wanita Indonesia ialah bengkoang.

Seperti yang Anda ketahui selama ini, bengkuang dipercaya dapat membuat wajah menjadi segar, putih dan bercahaya selama alami. Selain itu, bengkoang juga dipercaya mampu mengatasi masalah bekas jerawat yang membandel. Dengan kandungan vitamin C yang terdapat pada bengkuang, bekas bekas jerawat yang menganggu di wajah akan menghilang. Cara menggunakan cukup haluskan bengkoang lalu diamkan sekitar 15 menit di kulit wajah. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan wajah yang lebih mulus.

Jeruk Nipis

Salah satu bahan dapur yang ampuh mengatasi masalah jerawat ialah jeruk nipis. Kandungan asam dalam jeruk nipis mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu jeruk nipis juga mengandung vitamin C yang mampu melakukan regenarasi kulit sehingga mampu menghilangkan bekas jerawat. Gunakan air perasan jeruk nipis lalu oleskan pada wajah yang mengalami masalah bekas jerawat.

Kayu Manis

Indonesia terkenal akan berbagai rempah yang bermanfaat untuk membuat berbagi masakan menjadi lezat. Selain dapat digunakan untuk memasak, beberapa rempah ternyata mampu dijadikan bahan alami untuk merawat kecantikan kulit wajah. Salah satunya ialah kayu manis yang bisa dengan mudah ditemukan di pasar pasar Indonesia.

Kayu manis ternyata merupakan obat penghilang bekas jerawat yang tergolong sangat ampuh. Bekas jerawat yang menganggu selama ini bisa hilang dengan cepat dengan menggunakan kayu manis. Hal ini dikarenakan kandungan antimikroba yang ada pada kayu manis mampu mengatasi bakteri penyebab jerawat.

Bagi Anda yang ingin merawat kulit wajah dengan kayu manis, langkah yang dibutuhkan sangatlah mudah. Pertama Anda harus menyiapkan 1 sdt kayu manis dan madu. Lalu, Campurkan dan aduk hingga menyerupai pasta. Kemudian Oleskan pada bekas jerawat sebelum tidur. Terakhir Bilas wajah menggunakan air hangat saat bangun tidur

Gula Pasir

Di setiap rumah pasti terdapat gula pasir yang sering digunakan untuk membuat berbagai makanan dan minuman. Tidak hanya membuat makanan menjadi lebih manis, ternyata gula pasir juga mampu mengatasi masalah jerawat. Diantaranya ialah dengan membersihkan wajah dengan membuat scrub alami dari gula. Campurkan gula pasir dengan minyak zaitun lalu gosokkan ke seluruh wajah. Namun, Anda tidak boleh terlalu sering melakukan scrub pada wajah ya. Maksimal seminggu dua kali untuk hasil yang maksimal dan aman dilakukan.

  Cara Menghilangkan Bekas Luka

Baking Soda

Bahan pembuat kue, baking soda dapat digunakan sebagai eksfoliator kulit dan dapat mengurangi bekas jerawat yang menganggu penampilan dan membuat tidak percaya diri. Cara menggunakan bahan ini untuk mengatasi masalah bekas jerawat cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan baking soda dengan air hingga terbentuk pasta. Kemudian gosokkan pasta ini secara perlahan pada kulit dan diamkan sebentar kemudian bilas.

Namun Anda harus berhati hati jika ingin menggunakan baking soda. Karena tidak semua tipe kulit wajah cocok menggunakan baking soda untuk menghilangkan bekas jerawat. Hal ini dikarenakan Baking soda memiliki pH 7 dimana angka terlampau jauh dengan pH kulit yang umumnya 4,7-5,5. Penggunaan pH yang terlalu tinggi justru dapat membuat bakteri penyebab jerawat dapat bertahan lebih lama dan menyebabkan lebih banyak peradangan. Jika Anda merasa bahwa cara ini tidak efektif maka stop penggunaan.

Minyak kelapa

Salah satu minyak yang sering dimanfaatkan untuk kecantikan ialah minyak kelapa. Minyak satu ini dikenal memiliki banyak manfaat untuk kulit termasuk dalam menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Minyak kelapa memiliki kandungan vitamin E yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Selain itu, terdapat kandungan anti inflamasi yang mampu mencegah tumbuhnya bakteri penyebab jerawat.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk mengatasi masalah bekas jerawat cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan minyak kelapa di wajah dan diamkan hingga semalaman. Saat pagi setelah bangun tidur jangan lupa untuk membersihkan wajah sampai benar benar bersih. Jika rutin melakukan hal ini maka bekas jerawat bisa hilang dan wajah menjadi lebih bercahaya.

Bawang putih

Bawang putih termasuk salah satu bumbu dapur yang sangat mudah ditemui. Selain membuat berbagai makanan menjadi lebih lezat dan wangi, bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah bekas jerawat yang membandel. Bawang putih mengandung anti inflamasi yang tinggi sehingga mampu mengatasi bakteri yang menyebabkan jerawat.

Cukup hancurkan bawang putih lalu parut sampai halus. Kemudian parutan ini diletakan di kulit wajah terutama yang memiliki bekas jerawat. Diamkan hingga 15 menit lalu bersihkan dengan air dingin dan keringkan dengan handuk wajah.

Menghilangkan bekas jerawat dengan bahan bahan alami memang cukup aman dan memiliki harga yang terjangkau. Namun bagi Anda yang tidak memiliki waktu banyak tentu akan sulit untuk membuat berbagai bahan bahan tersebut untuk menghilangkan bekas jerawat.

Tidak perlu khawatir, saat ini banyak produk skincare yang memang digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Jika Anda rutin menggunakan berbagai skincare yang ada bekas jerawat akan hilang secara perlahan.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Skincare

cara menghilangkan bekas jerawat dengan skincare
cara menghilangkan bekas jerawat | shutterstock.com

Berikut ini ialah daftar skincare yang penggunannya tidak boleh Anda lewatkan untuk mendapatkan kulit wajah bersih tanpa ada bekas jerawat.

Cleansing Oil

Langkah pertama yang Anda harus lakukan untuk mengatasi masalah bekas jerawat jerawat adalah mengendalikan berbagai jerawat yang masih ada dan bisa saja muncul kembali. Cara mengatasinya ialah dengan memastikan bahwa kulit wajah sudah dibersihkan dengan benar tanpa adanya sisa sisa kotoran. Pastikan bahwa kulit wajah sudah bebas dari berbagai minyak, kotoran dan sisa sisa makeup.

Jangan lupa untukselalu lakukan double cleansing di malam hari untuk memastikan kulit wajah kamu tetap bersih. Untuk hasil yang maksimal, gunakan cleansing oil sehingga kotoran terangkat. Bagi kulit rentan jerawat, pilihlah cleansing oil yang berbasis air. Cleansing oil berbasis air ini juga cocok digunakan bagi Anda yang memiliki kulit sensitive.

  Cara Menghilangkan Jerawat

Facial Wash

Jika Anda memiliki aktivitas padat di luar ruangan pastikan Anda telah membersihkan wajah dengan bersih. Lakukan tahap kedua double cleansing dengan membersihkan kulit wajah dengan menggunakan facial wash. Bagi pemilik kulit berjerawat, pilihlah facial foam yang punya formula ringan dan melembapkan agar tidak membuat kulit kering dan iritasi. Untuk menyeimbangkan kondisi kulit pilihlah PH yang rendah. Kondisi kulit yang seimbang akan membuat Anda lebih mudah untuk melakukan perawatan pada wajah untuk menghilangkan berbagai bekas jerawat yang menganggu.

baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat

Exfoliating Toner

Penggunaan toner adalah salah satu rangkaian perawatan yang tidak boleh dilewatkan. Dengan penggunaan toner yang teratur wajah akan menjadi lebih bersih dan pori pori juga menjadi lebih bersih kembali. Salah satu jenis toner yang harus digunakan bagi Anda yang ingin menghilangkan bekas jerawat ialah exfoliating toner.

Tahap exfoliating sangat penting untuk proses meredakan bekas jerawat karena dapat mengangkat kumpulan sel-sel kulit mati pada bekas jerawat dan menampilkan lapisan kulit yang lebih terang, lebih segar dan lebih muda dan tentunya bebas dari bekas jerawat. Anda bisa menggunakan toner dengan kandungan AHA (glycolic acid) atau pun BHA (salicylic acid) sekali sehari untuk memudarkan bekas jerawat lebih cepat.

Hydrating Toner

Seperti diketahui, toner sendiri terdiri dari dua jenis yakni exfoliating dan hydrating toner. Kali ini, kita akan membahas penggunaan hydrating toner yang mampu membuat kulit wajah lebih bersih dan juga bercahaya. Menghilangkan bekas jerawat berarti membuat sel sel kulit diwajah mengalami pertumbuhan yang lebih cepat. Jangan pernah lewatkan penggunaan hydrating toner untuk membuat kulit wajah menjadi lebih lembap.

Kelembapan merupakan kunci untuk mempercepat proses pertumbuhan sel kulit yang baru yang pada akhirnya akan mempercepat proses memudarnya bekas jerawat. Penggunaan hydrating toner ini dilakukan setelah Anda menggunakan exfoliating toner. Dengan penggunaan yang rutin, noda bekas jerawat membandel di wajah akan hilang dengan cepat.

Serum

Anda pasti tahu bukan jika wajah para wanita Korea mulus dan seperti tidak ada bekas jerawat menganggu yang ada di wajah mereka. Hal ini dikarenakan mereka selalu rajin menggunakan berbagai skincare yang akhirnya membuat kulit wajah menjadi lebih bersih dan cerah.

Salah satu produk yang selalu digunakan ialah serum. Anda tidak boleh menganggap remeh penggunaan serum ini. Serum memiliki fungsi yang penting untuk melakukan perawatan hingga lapisan terdalam kulit wajah. Terdapat jenis serum yang bisa melakukan regenasi kulit dengan cepat sehingga proses penghilangan bekas jerawat bisa lebih mudah.

Anda bisa memilih serum yang kaya akan vitamin C dan bisa memproduksi kolagen yang bermanfaat bagi kulit. Serum ini juga mampu memecah pigmen gelap yang ada dalam kulit wajah sehingga noda bekas jerawat bisa hilang dan Anda bisa lebih percaya diri.

Treatment Serum

Jika Anda ingin melakukan proses penghilangan bekas jerawat yang lebih cepat maka gunakan treatments serum. Saat ini sudah banyak serum yang memang berfokus pada penghilangan jerawat maupun bekas jerawat. Konsetrasi yang dimiliki oleh serum ini cukup tinggi sehingga mampu menghilangkan bekas jerawat dengan lebih mudah. Memang serum ini difokuskan penggunanya dibagian bekas jerawat namun bukan berarti Anda tidak bisa mengaplikasikannya ke seluruh wajah. Anda tetap bisa menggunakan ke seluruh wajah sehingga wajah terlihat lebih bersih dan bersinar.

Pelembab

Apapun produk yang Anda gunakan akan menguap lebih cepat jika Anda tidak menggunakan pelembab setiap harinya. Pelembab ini wajib digunakan oleh seluruh orang dengan berbagai tipe kulit. Tidak hanya orang yang memiliki tipe kulit kering yang harus menggunakan pelembab, namun kulit berminyak juga harus menggunakannya. Bagi Anda yang memiliki tipe kulit jerawat gunakanlah pelembab yang mengandung bahan dasar air sehingga tidak menyebabkan penyumbatan pada pori-pori yang menganggu. Gunakan setiap hari sebelum bangun tidur dan pagi hari sebelum beraktivitas.

  Cara Memutihkan Kulit Wajah

Sleeping Mask

Setelah seharian beraktivitas di luar ruangan dan menggunakan make up, saat ini waktunya kulit Anda beristirahat. Manjakan diri Anda dengan melakukan perawatan masker sehingga muka lebih halus, cerah dan bersinar. Sebelum tidur gunakan sleeping mask yang bisa membuat kulit menjadi lebih lembab dan juga ternutrisi.

Tidak hanya membuat kulit menjadi lebih lembab, sleeping mask juga mampu mengatasi masalah bekas jerawat yang membandel. Kulit wajah juga dapat terhidrasi dengan baik jika rutin menggunakan sleeping mask. Hal ini membuat kulit wajah terlihat lebih cerah dan bekas jerawat menghilang secara perlahan. Pilihlah sleeping mask yang mengandung kojic acid untuk mempercepat proses penyembuhan kulit berjerawat.

Sunscreen

Indonesia merupakan negara tropis yang disinari oleh matahari setiap tahunnya. Karena kondisi ini, setiap orang dapat terpapar sinar matahari sepanjang waktu jika berkativitas di luar ruangan. Sinar matahari memang bagus untuk kesehatan tulang, namun jika berlebihan justru akan membuat kanker kulit.

Oleh karena itu Anda harus menggunakan sunscreen secara rutin untuk melindungi kulit wajah dari bahaya sinar UVB dan UVA. Gunakan setiap hari meskipun Anda bekerja dalam ruangan. Hal ini karena sinar matahari tetap bisa masuk ruangan melalui jendela dan celah yang ada.

Jika Anda tidak menggunakan sunscreen secara rutin, maka bekas jerawat akan terus berkembang dan menetap di wajah. Hal ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri.

Clay Mask

Exfoliating merupakan salah satu treatment yang digunakan untuk membuat bekas jerawat di wajah menghilang. Setidaknya, Anda harus melakukan eksfoliasi pada kulit wajah seminggu dua kali. Bahan yang bisa digunakan untuk melakukan eksfoliasi ini ialah clay mask.

Clay mask mampu mengangkat sel sel kulit mati di wajah dan juga menyamarkan noda hitam. Masker ini juga mampu mempercepat regenaris kulit dan menghilangkan minyak berlebih pada wajah. Produksi minyak berlebih pada wajah bisa menyebabkan timbulnya masalah jerawat dan juga kesulitan untuk menghilangkan bekas jerawat.

Sheet Mask

Siapa sih yang tidak suka menggunakan sheet mask? Sheet mask terutama yang berasal dari Korea sering digunakan untuk mengatasi kulit berjerawat. Pilihlah sheet mask dengan varian green tea untuk mengatasi bakteri yang membuat timbulnya jerawat. Gunakan setidaknya 3 kali dalam seminggu untuk membuat kulit mulus bebas masalah bekas jerawat.

Bagaimana, Anda sekarang sudah tidak bingung lagi bukan mengatasi masalah bekas jerawat yang menganggu. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda sekarang bisa mulai berhati hati sehingga bekas jerawat tidak muncul lagi.

Jika masih muncul, gunakan berbagai cara menghilangkan bekas jerawat. Penggunaan skincare yang tepat juga mampu membuat Anda memiliki kulit mulus bebas bekas jerawat.

***

Sekarang tidak perlu khawatir lagi masalah bekas jerawat dapat Anda atasi dengan mudah menggunakan beberapa cara menghilangkan bekas jerawat yang sudah kami jelaskan diatas. Semoga artikel in bermanfaat dan selamat mencoba ya!