Cara Memutihkan Kulit Wajah

Cara Memutihkan Kulit Wajah – Setiap orang tentu memikirkan penampilan agar selalu dapat tampil mempesona setiap waktu. Terutama kaum wanita yang senang merawat diri dan menjaga kondisi kulit selalu dalam keadaan yang baik. Salah satu perawatan yang sering dilakukan oleh kaum wanita ialah perawatan wajah. Wajah yang bersih akan meningkatkan rasa percaya diri setiap orang. Tak heran jika banyak orang yang mencari tahu cara memutihkan kulit wajah.

Salah satu tipe kulit yang diidamkan oleh banyak wanita ialah kulit yang putih dan sehat. Kulit yang putih membuat tampilan menjadi lebih segar dan lebih mudah menggunakan berbagai kosmetik. Namun, tidak semua orang berkesempatan memiliki kulit wajah yang putih dan bersinar.

Oleh karena itu, banyak produk kecantikan yang menawarkan tampilan kulit wajah yang putih dalam sekejap. Anda juga bisa menggunakan make up, namun tentu hasilnya tidak akan semaksimal jika Anda merawat kulit wajah Anda sehingga putih alami.

Penyebab Kulit Wajah Kusam dan Gelap

penyebab dan cara memutihkan wajah
cara memutihkan kulit wajah | pixabay.com

Anda sebenarnya memiliki warna kulit yang putih dan sehat? Namun, tiba tiba kulit wajah Anda berubah menjadi hitam dan kusam? Ternyata ada banyak loh hal yang menyebabkan kulit wajah menjadi kusam dan penampilan menjadi kurang segar. Berikut ini ialah beberapa penyebab yang membuat kulit wajah Anda menjadi kusam dan juga hitam.

Memilih Produk Skincare yang Salah

Demi memiliki wajah yang cerah dan terlihat sehat, salah satu yang dibutuhkan adalah produk skincare yang tepat sesuai dengan kulit. Jika Anda menggunakan produk yang tidak tepat dengan kondisi kulit wajah tidakhanya jerawat bisa muncul di wajah. Namun juga kulit pun akan terkesan kusam dan berminyak sehingga warna kulit terlihat lebih gelap.

Kurang Tidur

Jangan pernah meremahkan kualitas tidur yang buruk pada kesehatan maupun kecantikan kulit. Aktivitas yang padat terkadang membuat waktu tidur jadi berkurang. Waktu tidur sebenarnya memiliki dampak yang besar terhadap kesehatan dan kecantikan lho. Tubuh yang kurang tidur menyebabkan kulit lebih sulit untuk melakukan regenerasi sehingga tampak lebih kusam dan gelap.

Sering Terpapar Sinar Matahari

Salah satu masalah utama bagi warga perkotaan dalam menjaga kondisi kulit ialah adanya sinar matahari dan polusi yang tersebar di jalanan. Sinar matahari dan polusi menjadi salah satu penyebab mengapa kulit wajah terlihat lebih kusam. Terlebih, jika Anda tidak pernah menggunakan sunscreen. Dijamin kulit wajahm Anda akan semakin terlihat tidak cerah karena sinar UVA langsung menebus kulit. Untuk itu, pastikan Anda selalu memulai hari Anda dengan menggunakan sunscreen untuk menangkar pengaruh buruk sinar matahari.

Stress

Banyaknya pekerjaan dan tekanan dari berbagai masalah membuat seseorang mengalami stress. Stress tidak hanya buruk bagi kesehatan jiwa namun juka dapat berdampak pada penampilan. Jika Anda telah melakukan berbagai perawatan dengan menggunakan berbagai macam produk, mungkin masalahnya bukan dari luar atau dalam tubuh, tetapi datang dari pikiran yang selalu stress. Stres yang dialami dapat meningkatkan kortisol yang memengaruhi aliran darah ke kulit dan menghambat proses regenerasi kulit. Oleh karena itu jauhkan pikiran stress untuk kulit yang lebih sehat.

  Cara Memutihkan Gigi

Tidak Membersihkan Wajah Sebelum Tidur

Jika Anda adalah salah satu orang yang tidur dengan makeup yang masih menempel di kulit wajah, jangan kaget jika Anda bangun dengan kondisi wajah yang tidak segar esok harinya. Tidur dengan makeup dan kotoran yang menempel di wajah tidak hanya akan membuat wajah terlihat kusam, namun juga menyebabkan jerawat dan menimbulkan penuaan dini.Oleh karena itu sesibuk dan seletih apapaun Anda setelah beraktivitas, jangan pernah lupa atau malas membersihkan wajah dari segala make up dan kotoran sebelum tidur.

Makanan yang Dikonsumsi

Anda pasti sudah mengetahui istilah ‘you are what you eat’ yang memang benar adanya. Saat tubuh tidak ternutrisi dengan baik, kulit wajah pun akan terlihat lebih kusam dan tidak sehat. Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki kulit wajah yang cerah dan bersinar, kurangi konsumsi garam dan makanan yang digoreng. Sebaliknya, perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran yang mengandung banyak zat antioksidan.

Tidak pernah melakukan eksfoliasi

Salah satu rahasia kulit wanita Korea yang selalu Nampak putih dan bebas kusam ialah mereka sering melakukan eksfoliasi. Terdapatnya sel kulit mati yang menumpuk di wajah dapat menjadi penyebab kulit wajah menjadi kusam dan terasa kasar dan tidak halus. Eksfoliasi ini berguna untuk menyingkirkan berbagai sel-sel kulit mati. Jika Anda tidak pernah melakukan eksfoliasi pada wajah, maka sel sel kulit mati yang ada di wajah pun akan semakin banyak dan wajahpun akan terlihat kusam.

Wanita Hamil

Salah satu kondisi alami yang tidak bisa dihindari ialah kehamilan. Ternyata, kehamilan juga bisa membuat kulit wajah menjadi lebih kusam dan juga gelap. Hal ini dikarenakan hormone yang dihasilkan pada wanita hamil dapat merangsang munculnya pigmen yang berbeda. Pigmen dengan intensitas berbeda ini kemudian membuat kulit menjadi tampak gelap dan juga munculnya bintik coklat.

Kulit Iritasi

Bagi Anda yang memiliki kulit iritasi, kemungkinan kulit wajah menjadi gelap sangat memungkinkan. Hal ini disebabkan karena kulit berupaya untuk memproteksi diri dari zat zat yang berbahaya.

Kurang Minum Air Putih

Minum air putih secara teratur dengan jumlah yang cukup, adalah kebiasaan yang sangat baik.  Air putih ialah salah satu zat penting yang memiliki segudang manfaat untuk tubuh termasuk kecantikan kulit. Dengan mengonsumsi air putih yang cukup setiap hari, segala proses dalam tubuh dipastikan berjalan dengan lancar. Nah, apa yang akan terjadi jika Anda sering melewatkan kebiasaan baik ini? Pastinya tubuh akan mengalami gangguan kesehatan, dan juga dapat mengurangi kelembapan kulit dan menghambat penyebaran nutrisi ke sel-sel kulit.

baca juga: cara menghilangkan jerawat

Hal ini tentu akan berpengaruh pada kulitmu, yaitu membuat tampilan kulit menjadi kusam. Cara memutihkan wajah secara sederhana agar terhindar dari kulit wajah yang kusam ialah dengan rajin mengonsumsi air putih.

Itulah beberapa penyebab kulit wajah menjadi kusam dan tampak gelap. Apakah Anda sering melakukan hal hal buruk tersebut? Menjaga kesehatan kulit wajah tidak hanya dilakukan dengan melakukan berbagai perawatan yang ada. Namun, semuanya harus diimbangi dengan melakukan berbagai cara memutihkan wajah secara alami dan rutin.

Cara Memutihkan Kulit Wajah secara Alami

tips cara memutihkan kulit wajah kusam
cara memutihkan kulit wajah | pexels.com

Perawatan wajah memang perlu dilakukan, namun ternyata masih banyak cara sederhana yang jika Anda lakukan secara rutin akan membuat kulit wajah menjadi lebih sehat. Dengan kebiasaan baik ini, segala masalah kulit wajah seperti kusam dan tidak bercahaya akan hilang dengan sendirinya.

Berikut ini ialah beberapa langkah sederhana yang jika rutin dilakukan setiap hari akan membuat kulit wajah menjadi lebih putih dan bebas dari kusam. Langsung saja simak beberapa cara memutihkan wajah.

Membersihkan Wajah dengan Air Hangat

Jika selama ini Anda terbiasa untuk membersihkan wajah dengan menggunakan air dingin, coba mulai ganti air dingin menggunakan air hangat. Air hangat ini akan lebih efektif untuk membersihkan wajah dibandingkan dengan air dingin. Air hangat mampu memudahkan proses pengangkatan berbagai kotoran dan mengurangi minyak berlebih pada kulit wajah. Selain itu, menggunakan air hangat mempiliki efek yakni mampu melemaskan otot dan juga memperlancar peredaran darah, Hal ini membuat berbagai permasalah kulit wajah bisa diatasi.

Anda hanya perlu membasuh wajah dengan air hangat tanpa menggunakan sabun pencuci muka. Untuk melindungi kulit wajah, pastikan temperatur airnya hangat-hangat kuku, tidak terlalu dingin maupun terlalu panas. Setidaknya Anda harus membasuh wajahmu tiga kali dalam sehari, yakni pada saat saat bangun tidur, setelah bepergian dan sebelum tidur.

Konsumsi Jus Lemon

Siapa sih yang tidak suka minuman manis maupun soda? Namun ternyata kebiasaan mengonsumsi minuman manis dan bersoda ini tidak baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan kulit wajah. Oleh karena itu Anda hars memulai untuk meninggalkan kebiasaan minum soda dan minum-minuman instan lainnya. Sebagai gantinya, jadikan minuman jus buah sebagai minuman favorit yang baru dan dikonsumsi lebih sering

  Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Salah satu minuman jus buah yang memiliki khasiat untuk mencerahkan wajah ialah jus lemon segar. Seperti diketahui, lemon terkenal memiliki kandungan vitamin C-nya yang sangat tinggi, sehingga lemon dapat menutrisi kulitmu dan membuatnya jadi lebih bersih dan cerah berseri.

Setidaknya minumlah jus lemon dua kali sehari untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan bebas dari kusam.

Mencuci Wajah Dua Kali Sehari

Membasuh wajah dengan air hangat saja tidak cukup untuk mengangkat kotoran yang menempel pada kulit wajah dan pori-pori. Anda harus menyempurnakannya dengan membersihkan kulit menggunakan sabun. Penggunaan sabun akan mengangkat dan membersihkan kotoran beserta kuman dan bakteri yang menempel di permukaan kulit wajah.

Gunakan produk sabun wajah  yang memiliki manfaat untuk mengontrol minyak di kulit wajah serta mampu mengangkat sel sel kulit mati. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya cuci wajah sebanyak dua kali sehari, pada pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

Perbanyak Konsumsi Sayuran

Menjaga kulit tidak hanya dilakukan dari luar saja, namun juga harus dilakukan dari dalam. Salah satunya ialah Anda harus rutin mengonsumsi makanan makanan sehat seperti sayuran hijau. Sayuran mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang tidak hanya baik untuk kesehatan namun juga mampu menjaga kecantikan kulit.

Dengan berbagai manfaat ini, mulailah untuk meningkatkan konsumsi sayuran segar setiap hari. Mengonsumsi sayuran yang yang masih segar akan menyuplai nutrisi dan vitamin yang penting bagi tubuh, sehingga kulit akan terjaga kesegarannya dan jauh dari kata kusam.

Sayuan sayuran tersebut bisa Anda kombinasikan menjadi menu salad yang merupakan bekombinasi sayuran sehat yang baik untuk kulit seperti selada, tomat, kentang, wortel, mentimun, lobak dan sayuran segar lainnya. Konsumsi makanan sehat ini juga akan menjaga berat badan Anda sehingga dapat tampil ideal setiap harinya.

Kurangi Begadang

Bagi Anda yang memiliki kualitas tidur yang buruk dan sering melakukan begadang, jangan harap tubuh Anda akan sehat dan jauh dari kata kusam. Sebenarnya tidur juga turut menyumbang kesehatan kulit hal ini dikarenakan saat seseorang tidur, organ organ dalam tubuh mulai melakukan tugasnya untuk membuang racun-racun, melakukan regenerasi kulit dan juga hal lainnya.

Oleh karena itu, usahakan Anda selalu mendapatkan jatah tidur yang cukup, minimal 7-8 jam dalam sehari. Pola tidur yang baik dan teratur dapat berdampak baik bagi kesehatan kulitmu. Kulit Wajah akan senantiasa terlihat segar dan lebih bersih karena adanya proses regenerasi kulit ketika tidur di malam hari nggak terganggu. Terlalu sering begadang akan membuat kulit menjadi lebih keriput, kusam dan tidak sehat.

Berolahraga

Kata siapa olahraga hanya diperlukan bagi orang orang yang ingin melakukan diet? Ternyata olahraga juga dapat membuat kulit wajah menjadi lebih bersih, putih dan tidak kusam. Meskipun sibuk, setidaknya Anda harus menyempatkan diri melakukan olahraga 30 menit setiap harinya.

  Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Dengan melakukan olahraga, tubuh akan menjadi lebih sehat dan pikiran stress menghilang. Hal ini tentu akan mempermudah Anda untuk menciptakan kulit wajah yang putih dan cerah.

Nenggunakan Masker

Ingin kulit wajah tampak lebih bening dan cerah? Jangan lupa untuk menggunakan masker yang mampu membuat kulit kusam hilang. Selain itu, menggunakan masker juga bisa membuat kulit wajah tampak lebih kencang. Penggunaan masker yang rutin juga mampu mengecilkan pori pori, menghilangkan flek pada wajah hingga mencegah munculnya jerawat pada kulit wajah.
Saat ini sudah banyak jenis masker yang bisa Anda temui di pasaran, setidaknya Anda harus menggunakan masker 3 kali dalam seminggu untuk membuat kulit tampak lebih bercahaya.

baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Luka

Itulah beberapa hal mudah dan sederhana yang memiliki dampak yang baik untuk kecantikan kulit. Dengan rutin melakukan hal hal yang positif, maka kulit wajah yang tampak lebih putih dan cerah bisa Anda dapatkan. Hal ini bisa membuat Anda lebih percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas.

Cara Memutihkan Wajah dengan Menggunakan Masker Alami

cara memutihkan kulit wajah dengan masker
cara memutihkan kulit wajah | pexels.com

Seperti telah disinggung sebelumnya, salah satu cara memutihkan wajah yang bisa dilakukan secara rutin adalah menggunakan masker. Ternyata terdapat berbagai masker alami yang bisa Anda buat sendiri yang tentunya lebih murah dan juga ampuh memutihkan kulit wajah.

Bagi Anda yang ingin menggunakan berbagai masker alami, berikut ini ialah berbagai masker alami yang bisa Anda coba cara memutihkan wajah sendiri dirumah dan gunakan secara rutin.

Masker Lidah Buaya

Bahan pertama yang dapat digunakan untuk membuat masker alami ialah lidah buaya. Sebagian orang mungkin hanya mengira bahwa lidah buaya hanya bermanfaat untuk kesehatan rambut. Namun ternyata, lidah buaya juga bisa digunakan untuk membuat kulit wajah tampak cerah.

Hal ini disebabkan karena lidah buaya mengandung zat aloesin yang dapat membantu memutihkan kulit wajah. Zat ini berfungsi memutihkan kulit dengan cara melakukan penghambatan pembentukan melanin, zat melamin ini dapat menyebabkan kulit menjadi gelap.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 1 sdm gel lidah buaya
  • 2 sdm krim susu
  • Sejumput kunyit

Cara Membuat Masker Lidah buaya :

  1. Campur semua bahan bahan yang disebutkan tadi sehingga membentuk adonan seperti pasta
  2. Aplikasikan masker lidah buaa secara merata ke area wajah dan leher, hindari penggunaan dibawah mata
  3. Diamkan kira kira 20 – 30 menit, lalu bilas wajah sampai bersih memakai air hangat.
  4. Keringkan kulit wajah dengan menggunakan kain yang bersih dan halus.

Masker Putih Telur

Bahan alami selanjutnya yang mudah dietmukan ialah putih telur. Seperti diketahui, telur memiliki kandungan protein yang tinggi, selain sangat bagus untuk memberi nutrisi pada tubuh, telur juga ternyata dapat membuat kulit wajah menjadi lebih cerah dan sehat. Selain itu, efek lengket pada putih telur memiliki khasiat untuk mengencangkan dan menghilangkan minyak-minyak pada kulit. Kulit wajah akan lebih cerah, kencang dan juga bersinar

  Cara Menghilangkan Jerawat

Untuk membuat masker wajah alami dari putih telur ini, berikut ini bahan bahan yang Anda butuhkan:

  • 1 butir telur ayam.
  • 5 – 6 tetes minyak almond.

Cara Membuat Masker Telur

  1. Ambil putih telur dan pisahkan dengan kuning telur, kocok putih telur hingga berbusa.
  2. Gunakan masker ke wajah serta leher secara menyeluruh dan rata
  3. Diamkan selama 12-15 menit dan rasakan perbedannnya
  4. Bilas wajah dengan air hangat dan air dingin.
  5. Keringkan menggunakan handuk khusus wajah yang memiliki permukaan yang lembut

Masker Tomat

Salah satu bahan alami andalan yang sering digunakan banyak orang untuk memutihkan kulit wajah ialah tomat. Buah sayur ini memang sudah terbukti untuk membuat kulit menjadi lebih cerah. Hal ini dikarenakan adanya zat Lycopene yang merupakan senyawa antioksidan yang banyak terkandung dalam tomat. Zat ini dapat menangkal radikal bebas dan juga melindungi kulit dari sinar matahari yang dapat merusak kulit wajah.

Tidak sulit membuat masker wajah ini, berikut ialah bahan bahan yang Anda butuhkan untuk membuat masker tomat.

  • 2 sendok teh air tomat
  • 3 sendok teh buttermilk
  • Cotton ball

Cara Membuat Masker Tomat

  1. Potong lalu peras tomat sehingga keluar airnya.
  2. Masukkan buttermilk ke dalam 2 sendok makan air tomat tadi, lalu campurkan hingga keduanya menyatu
  3. Gunakan cotton ball untuk menggunakan masker ke wajah dan gunakan secara merata.
  4. Bilas hingga bersih setelah 30 menit berlalu.

Masker Kunyit

Wanita Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan kunyit, selain sebagai bumbu masak kunyit juga sudah dipercaya sejak dulu sebagai bahan alami untuk kecantikan. Kunyit merupakan ramuan yang menakjubkan dengan khasiat obat dan memiliki kemampuan untuk memutihkan kulit wajah karena membalikkan efek hiperpigmentasi. Selain itu kunyit juga memiliki sifat anti inflamasi yang mampu membuat kulit wajah bebas dari radiasi berbahaya sinar matahari.

baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Berikut ini ialah bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat masker kunyit:

  • ½ sendok teh bubuk kunyit
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 – 2 sdt air mawar

Cara Membuat Masker Kunyit

  1. Campurkan kunyit dan baking powder
  2. Untuk hasil maksimal tambahkan air mawar lalu aduk hingga terbentuk adonan berupa pasta.
  3. Gunakann ke wajah serta leher dan diamkan selama 5 menit saja.
  4. Pijat kulit wajah dengan tangan yang bersih selama 20 menit
  5. Bilas wajah dengan air hangat, lalu diikuti air dingin.
  6. Terakhir, tepuk-tepuk wajah perlahan saat mengeringkannya.

Masker Bengkoang

Wanita Indonesia sejak dulu sudah memerhatikan kecantikan kulit wajah dengan memanfaatkan berbagai bahan alami yang mudah ditemukan. Salah satunya ialah bengkoang yang dipercaya dapat memutihkan wajah secara alami.

Oleh karena itu banyak orang yang memilih bengkoang untuk mencerahkan kulit wajah ketika dengan menggunakannya sebagai masker. Tidak heran jika bahan alami ini sering digunakan oleh berbagai produk kecantikan bahan utama produk pemutih wajah. Hal ini dikarenakan bengkoang kaya akan vitamin C dan B1 yang terbukti baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Cara Membuat Masker Bengkoang

Berikut ialah cara mudah untuk menggunakan masker bengkoang:

  • Bersihkan bengkoang, lalu kupas kulitnya.
  • Hancurkan bengkoang dengan cara diblender hingga halus
  • Ambil airnya dengan melakukan perasan.
  • Diamkan hingga beberapa jam hingga terbentuk endapan
  • Gunakan endapan ini untuk dijadikan sebagai masker wajah alami.
  • Gunakan pada kulit wajah dan leher secara menyeluruh.
  • Diamkan selama 15 menit.
  • Bilas dengan air dingin
  • Untuk hasil maksimal, lakukan dua kali seminggu.
  Cara Menghilangkan Bekas Luka

Masker Yogurt

Yogur tidak hanya mampu untu menyehatkan saluran cerna, tetapi yogurt juga bisa menyehatkan kulit sekaligus mencerahkan kulit wajah. Manfaat ini dikarenakan yogurt mengandung vitamin B5 yang mampu mencerahkan wajah. Selain mencerahkan wajah, vitamin B5 dalam yogurt ini juga mampu menyamarkan bintik-bintik hitam akibat jerawat.

Selain mengandung vitamin B5, yogurt juga mengandung asam laktat dan kalsium  yang mampu melembabkan kulit wajah sehingga tampak segar.

Berikut ini ialah Bahan untuk membuat masker wajah alami dari yogurt

  • ½ cangkir yogurt asam
  • 1 sdt air perasan lemon atau jeruk.

Cara Membuat Masker Yoghurt

  1. Campurkan air lemon ke dalam yogurt tadi hingga rata.
  2. Gunakan campuran ini dan Oleskan ke wajah serta leher, dan diamkan selama 15 menit atau kulit terasa lebih kencang.
  3. Untuk hasil lebih maksimal bilas dengan menggunakan air hangat lalu air dingin untuk menutup pori pori
  4. Keringkan dengan handuk khusus wajah

Masker Timun

Tidak memiliki banyak bahan alami di rumah?  Tenang, Anda masih bisa merawat kulit wajah Anda dengan bahan alami yang sangat sederhana. Anda bisa membuat masker dari timun untuk mencerahkan wajah Anda.

Timun mengandung banyak air dan mineral yang tinggi dan berfungsi untuk melembabkan dan mengatasi kulit kusam. Selain melembabkan timun juga dapat mencerahkan wajah dengan cara menghambat pigmentasi. Bagi Anda yang juga memiliki masalah jerawat, Anda bisa menggunakan masker timun untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat.

Cara Membuat Masker Timun

  • Berikut ini ialah cara mudah untuk membuat masker timun.
  • Bahan yang Anda butuhkan hanyalah timun segar yang sudah dibersihkan
  • Parut timunnya, lalu blender sehingga berubah menjadi pasta.
  • Gunakan pada wajah dan leher dan diamkan masker hingga 15 menit
  • Bersihkan menggunakan air bersih dan keringkan dengan menggunakan handuk wajah bersih.

Masker Pepaya

Pepaya adalah salah satu buah yang baik dikonsumsi untuk menjaga pencernaan. Selain itu, ternyata buah ini juga mampu membuat kulit wajah menjadi lebih cerah. Hal ini karena pepaya memiliki kandungan enzim papain, kaitannya dengan memutihkan wajah zat ini dapat membantu regenerasi kulit. Kandungan vitamin dalam buah ini juga mampu membuat kulit menjadi lebih lembab dan lembut.

Bahan bahan yang dibutuhkan

  • Buah pepaya yang sudah dipotong kecil kecil
  • 1 sdm madu murni

Cara Membuat Masker Pepaya

  1. Lumat buah pepaya hingga hancur, lalu tambahkan madu
  2. Gunakan ke seluruh wajah dan leher dan diamkan hingga 15 menit dan bersihkan dengan air.

Bagaimana, tidak sulit bukan membuat kulit wajah menjadi lebih bersih, segar dan tetntunya tampak lebih putih. Untuk mendapatkan kulit wajah putih Anda harus rutin membersihkan wajah. Terutama jika Anda sering melakukan aktivitas di luar ruangan dan terkena sinar matahari.

Dengan melindungi kulit wajah dari berbagai hal tersebut maka kulit wajah akan jauh dari kata kusam sehingga kulit wajah menjadi lebih cerah dan terang. Sekarang kulit putih tidak hanya menjadi idaman dan angan angan, namun telah menjadi kenyataan.

***

Itu dia beberapa cara memutihkan wajah secara alami dan menggunakan masker alami yang bisa Anda coba lakukan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Comment