Cara Beli Token Listrik Lewat Mobile Banking

Cara Beli Token Listrik Lewat Mobile Banking BCA, BRI, BNI, Mandiri Syariah, BTN. Kemudahan teknologi, komunikasi dan informasi saat ini sangat bermanfaat bagi siapapun. Karena hanya dengan satu kali ketukan semua yang diinginkan sudah bisa didapatkan. Termasuk pengisian token listrik prabayar yang tidak ingin ribet keluar rumah dan mencari token. Nah pada kesempatan kali ini akan dijelaskan bagaimana cara beli token listrik lewat mobile banking terbaru dan lengkap.

Jangan lewatkan tutorial berguna berikut ini dan simak dari awal hingga akhir ya.

Cara beli token listrik lewat mobile banking berbagai bank

Cara Beli Token Listrik Melalui Mobile Banking
Cara Beli Token Listrik Melalui Mobile Banking

1. Cara Beli Token Listrik Melalui Mobile Banking BRI

Bank Rakyat Indonesia atau yang dikenal dengan BRI merupakan milik pemerintah yang sudah menjangkau hampir seluruh wilayah di Indonesia. Berdiri sejak tahu n 1895, dan bisa dibilang layanannya sudah lengkap dan memberikan kenyamanan bagi para nasabah. Mereka bebas bertransaksi dimanapun dan kapanpun.

Salah satu contoh dari layanannya adalah pembelian token listrik lewat mobile banking. Yaitu aplikasi buatan BRI yang bisa diinstall di play store ataupun app store dengan mendaftarkan dan validasi nomor handphone terlebih dahulu di kantor cabang terdekat.

cara beli token listrik lewat mobile banking bri
cara beli token listrik lewat mobile banking bri

Pada umumnya ada tiga layanan yaitu lewat ATM, SMS Banking dan Mobile Banking. Namun kali ini, akan dibahas lewat mobile banking saja. Layanan mobile banking sangat cocok bagi siapa saja yang sedang aktif bekerja dan tidak ingin meninggalkan pekerjaannya hanya untuk membel token listrik. Penasaran? yuk langsung saja intip bagiamana langkah-langkahnya.

  1. Install aplikasi mobile banking BRI di smartphone Anda
  2. Kemudian buka dan lakukan verifikasi ke CS
  3. Buka kembali aplikasi mobile banking
  4. Daftar menu akan muncul dan Anda harus memilih opsi “isi ulang
  5. Pilih “PLN
  6. Kemudian jenis transaksinya “PLN Prabayar
  7. Setelah itu, Anda harus memasukkan ID Pelanggan sesuai dengan yang ada di kartu atau nomor meteran prabayar.
  8. Pilih nominal listrik yang akan dibeli mulai dari Rp. 20.000 hingga Rp. 1.000.000
  9. Setelah itu, klik “Oke
  10. Masukkan PIN
  11. Klik “Send
  12. Setelah itu, aplikasi akan memberikan konfirmasi apakah Anda ingin transaksi menggunakan SMS atau tidak.
  13. Tekan saja “OK
  14. Setelah berhasil, Anda harus memeriksa pesan SMS di Hp
  15. Terdapat kode voucher sebanyak 20 digit yang dikirimkan lengkap dengan identitas rekening Anda.
  16. Masukkan ke meteran dan selesai, kWh Anda bertambah dan listrik akan terus menyala (kecuali jika ada pemadaman).
  Cara Beli Token Listrik Lewat Internet Banking

2. Cara Beli Token Listrik di Mobile Banking Mandiri

cara beli token listrik lewat mobile banking mandiri
cara beli token listrik lewat mobile banking mandiri

Nah, tak kalah dengan Bank BRI, Mandiri juga menyediakan layanan pembelian token listrik melalui m banking loh. Untuk penggunaan m banking caranya hampir sama. Yaitu Anda harus verifikasi di Costumer Service terlebih dahulu. Namun yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi Mandiri Online, maka langsung saja ikuti cara beli token listrik lewat mobile banking mandiri ini untuk mengisi listrik rumah Anda.

  1. Lakukan log in di aplikasi Mandiri Online. Pada tahap ini Anda diminta untuk memasukkan user ID dan Password Anda.
  2. Kemudian aplikasi akan menampilkan beberapa menu yang ditawarkannya. Seperti transfer, bayar, beli, e money, top up link aja dan masih banyak lagi yang lainnya.
  3. Anda harus mengklik menu “Beli
  4. Setelah itu masuk ke “Buat pembelian baru” dan pilihlah “PLN Prabayar
  5. Langkah selanjutnya Anda harus memilih sumber rekening.
  6. Lalu tap penyedia jasa
  7. Anda harus memiliih “PLN prabayar
  8. Mulai isikan nomer meter dan tentukan nominal yang akan diisi. Entah itu Rp. 20.000 atau Rp. 50.000. Sesuaikan dengan kebutuhan listrik rumah tangga Anda.
  9. Pilih “Lanjut” dan dianggap selesai ketika Anda menekan “Konfirmasi” dan memasukkan MPIN. Bagaimana cara beli token listrik lewat mobile banking mandiri sangat mudah bukan?

3. Cara Beli Token Listrik Via Mobile Banking BCA

Apabila Anda pertama kali menggunakan mobile banking BCA maka akan dirasa sangat sulit. Tapi sebenarnya sangat mudah sekali, asalkan mau teliti dan membaca semua informasi yang tertera pada aplikasi.

  Cara Bayar Listrik Pascabayar Lewat ATM
cara beli token listrik lewat mobile banking bri
cara beli token listrik lewat mobile banking bca

Nah, pada dasarnya untuk membeli token listrik Anda hanya perlu akses di menu m-Commerce. Dengan catatan minimal nominal yang bisa dibeli adalah Rp. 20.000 sama seperti membeli di konter, ATM atau yang lainnya. Saldo Anda akan dipotong Rp. 2.500 untuk biaya admin. Penasaran bagaimana langkahnya? Ini dia cara beli token listrik lewat mobile banking BCA.

  1. Bukalah aplikasi BCA Mobile
  2. Di situ akan tersedia banyak sekali menu seperti m-Transfer, m-Payment, m-Info, m-Commerce dan masih banyak lagi yang lainnya.
  3. Pilih m-Commerce
  4. Anda akan ditampilkan beberapa pilihan seperti voucher isi ulang, PLN prabayar, PLN Manual Advice dan lain-lain. Tentu saja, Anda harus memilih PLN Prabayar
  5. Setelah itu klik No meteran atau ID Pelanggan, masukkan sesuai yang ada di kartu dengan benar. Jangan sampai salah ya.
  6. Klik “OK
  7. Setelah itu klik menu “Send” yang ada di pojok kanan atas
  8. Lalu tap kolom nominal dan pilih jumlah pulsa yang akan dibeli.
  9. Jika sudah klik “OK
  10. Anda harus mengecek apakah semua data yang diinput ke dalam aplikasi tadi sudah benar. Terutama nomor ID Pelanggan jangan sampai salah dan nyasar di nomor orang lain ya.
  11. Klik “OK
  12. Masukkan PIN m-BCA dan OK
  13. Jika transaksi sukses, maka aplikasi akan memberitahukan kepada Anda kode voucher berjumlah 20 digit (lihat stroom/token)
  14. Masukkan ke dalam meteran dan selesai.

4. Cara Membeli Token Listrik Melalui Mobile Banking BNI

Sadarkah Anda bahwa token listrik sudah seperti internet yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Beberapa lebih memilih menggunakan listrik prabayar karena bisa mengontrol pengeluaran bulanan dan berhemat.

cara beli token listrik lewat mobile banking bni
cara beli token listrik lewat mobile banking bni

Salah satu cara yang ditempuh ketika kWh pada meteran sudah mulai habis adalah membeli token yang bisa dilakukan dari rumah. Yaitu menggunakan mobile banking, nah BNI yang notabene adalah bank besar juga menghadirkan layanan ini loh.

Namun sayang, untuk mobile banking BNI belum menyediakannya. Namun sebagai ganti, ada aplikasi SMS Banking berbasis android yang bisa diunduh di play store. Apabila Anda sudah memiliki aplikasinya, maka ikuti langkah cara beli token listrik lewat mobile banking BRI di bawah ini untuk membeli token listrik.

  1. Buka aplikasi SMS Banking BNI
  2. Pada layar utamanya maka akan muncul “Pembelian
  3. Selanjutnya Anda harus memilih “Token Listrik
  4. Jika sudah klik “Beli Token PLN Prepaid
  5. Masukkan nomor ID Pelanggan atau nomor meter
  6. Pilih nominal yang akan dibeli, minimal Rp. 20.000
  7. Aplikasi akan mengirimkan pertanyaan konfirmasi apakah ingin mengirim token ke nomor ID tersebut
  8. Pilih “YES” jika sudah yakiin
  9. Anda akan menerima SMS balasan dari 3346 berisikan perintah untuk memasukkan nominal token dan dua angka PIBN SMS Banking secara acak
  10. Apabila berhasil BNI akan mengirimkan SMS kode voucher yang bisa dimasukkan ke dalam meteran, selesai. Semoga berhasil mencobanya.
  Cara Beli Token Listrik Lewat ATM

5. Cara Membeli Token Listrik di Mobile Banking Mandiri Syari’ah

Jika sebelumnya sudah dijelaskan bagaimana membeli token listrik di Mobile Banking Bank Mandiri. Sekarang waktunya Anda mengetahui bagaimana jika di Bank Mandiri Syari’ah. Sebenarnya tidak jauh berbeda, namun Anda harus mengetahuinya agar tidak salah langkah.

cara beli token listrik lewat mobile banking mandiri syariah
cara beli token listrik lewat mobile banking mandiri syariah

Sama seperti yang lainnya, pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah mendaftarkan user BSM Mobile Banking di kantor cabang terdekat. Tidak perlu di tempat Anda membuat rekening dulu kok. Jika sudah Anda harus menginstallnya di smartphone, lalu ikuti langkah di bawah ini untuk membeli token:

  1. Masuklah ke menu “Pembelian
  2. Pilih menu “PLN Prepaid
  3. Masukkan nomor meteran atau ID pelanggan Anda
  4. Masukkan nominal token yang ingin dibeli. Entah itu Rp. 20.000 atau Rp. 100.000
  5. Masukkan PIN ATM BSM untuk mengakhiri transaksi
  6. Bukti pembelian akan muncul beserta kode token listrik. Sebaiknya segera masukkan ke meteran sebelum hilang atau terhapus. Jika hal itu terjadi, maka akan menyusahkan Anda karena harus akses kembali ke website PLN atau mendatangi kantor terdekat.

Satu lagi yang harus diingat, jaga selalu kerahasiaan PIN mobile banking atau ATM Anda. Tidak hanya berlaku untuk BSM saja tetapi juga yang lainnya. Tujuannya agar terhindar dari praktik scam yang saat ini sedang marak terjadi.


6. Cara Beli Token Listrik Lewat Mobile Banking BTN

Jika Anda tidak ingin listrik rumah mati atau dicabut oleh pihak PLN. Maka pembayaran harus segera dilakukan sebelum habis kWh nya. Hal ini sebenarnya tidak hanya berlaku untuk listrik prabayar saja tetapi pasca bayar juga. Jadi, harus rutin membayarnya. Salah satu kemudahan yang diberikan oleh BTN adalah Anda hanya di rumah saja, tidak perlu keluar sudah bisa membeli token listrik.

  Cara Bayar Tagihan Listrik Lewat Mobile Banking
cara beli token listrik lewat mobile banking btn
cara beli token listrik lewat mobile banking btn

Apalagi di masa pandemi ini, sangat rentan untuk keluar rumah bukan? Apalagi di tempat umum seperti ATM yang menjadi sarana penularan paling rentan. Lalu bagaimana langkahnya, yuk simak cara beli token listrik lewat mobile banking BTN berikut ini.

  1. Download terlebih dahulu aplikasi mobile banking BTN
  2. Lakukan aktivasi dan ligin
  3. Setelah itu Anda akan dihadapkan pada beberapa menu, pilih “Pembelian
  4. Kemudian pilih “listrik
  5. Setelah itu, aplikasi akan menampilkan beberapa pilihan klik saja “PLN Prepaid” jangan yang lainnya ya.
  6. Masukkan no ID Pelanggan atau nomor meteran
  7. Lalu tekan kirim
  8. Masukkan nominal yang akan dibeli
  9. Anda akan mendapatkan konfirmasi memasukkan PIN
  10. Tekan “OK
  11. Selesai, sekarang Anda sudah bisa memasukkan nomor token sebanyak 20 digit. Satu lagi, untuk mobile banking BTN ini minimal yang harus Anda beli adalah Rp. 20.000.

Kesimpulannya, beberapa kelebihan yang dimiliki jika membeli token listrik di mobile banking adalah tidak ribet, tidak perlu keluar rumah dan proses yang cepat asal terhubung dengan jaringan internet yang stabil. Namun kekurangannya yaitu apabila Anda baru pertama kali menginstall mobile banking maka harus melakukan aktivasi terlebih dahulu untuk bisa menggunakan layanannya.

Dari beberapa penjelasan di atas, sekarang Anda sudah paham kan bagaimana cara beli token listrik lewat mobile banking BCA, BRI, BNI, Mandiri, BTN dan berbagai macam bank di atas. Jika sudah, selamat mencoba ya, jangan sampai salah memasukkan ID Pelanggan karena seperti pulsa, bisa saja menyasar ke orang lain. Jika sudah seperti ini, maka tidak bisa ditarik kembali.

Leave a Comment