Cara Beli Token Listrik Lewat Internet Banking

Cara Beli Token Listrik PLN Lewat Internet Banking BRI BCA Mandiri BNI – Saat ini, Perusahan Listrik Negara (PLN) memang sedang gencar-gencarnya memberikan imbauan kepada seluruh pelanggannya untuk menggunakan listrik prabayar.

Semua pelanggan tanpa terkecuali, entah pelanggan baru ataupun pelanggan lama. Mereka berharap pelanggan yang masih menggunakan listrik pasca bayar, mau beralih ke listrik prabayar.

Jika Anda cermati, ada banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh jika Anda menggunakan listrik prabayar.

Listrik prabayar ini, mengajari Anda untuk lebih berhemat menggunakan listrik, karena kontrol penggunakan listrik ada di pihak Anda sepenuhnya, maka mau tidak mau Anda pasti akan berusaha untuk tidak boros menggunakan aliran listrik.

Cara Beli Token Lewat Internet Banking

Tidak hanya itu, Anda diberi keuntungan lagi yakni kebebasan untuk mengisi token listrik Anda. Lebih menguntungkannya lagi, Anda bisa mengisi pulsa listrik Anda dengan nominal paling sedikit 20 ribu rupiah.

cara beli token listrik lewat internet banking
freepik.com

Satu lagi keuntungan bagi Anda jika menggunakan listrik prabayar yakni, kemudahan membeli token atau isi ulang pulsa listriknya. Anda bisa membelinya di agen pulsa, ATM, Mobile banking, atau Internet Banking.

Nah, dalam artikel ini akan dibahas cara beli token lewat internet banking dari berbagai bank seperti BNI BRI BCA dan Mandiri. Salah satu metode pembelian token yang tentunya akan memudahkan Anda untuk mengisi pulsa listrik prabayar Anda. Simak baik-baik ya!

  Cara Bayar Tagihan Listrik Lewat Mobile Banking

1. Cara Beli Token Lewat Internet Banking BCA

cara beli token listrik lewat klikbca
klikbca.com

Pertama yakni cara beli token lewat internet banking BCA. Sebelum menggunakan internet banking BCA, pastikan Anda sudah memiliki akun BCA agar Anda bisa login. Berikut caranya, simak baik-baik:

  1. Langkah pertama, silakan buka terlebih dahulu halaman klikBCA Internet Banking di browser Anda. Jika sudah, silakan masukan user id dan pin.
  2. Kemudian, Anda klik menu Pembelian.
  3. Pilih opsi PLN Prabayar.
  4. Selanjutnya, pada kolom NO METER/IDPEL, Anda masukkan nomor meteran atau id pelanggan PLN milik Anda. Jika Anda tidak tahu, silakan lihat pada meteran listrik rumah Anda dan lihat deretan angka yang terdapat barcode juga di sana.
  5. Kemudian, Anda harus mengaktifkan KeyBCA dengan cara tekan tombol merah lalu silakan masukan PIN Anda.
  6. Klik APPLI 2
  7. Ketikan 8 digit angka yang terdapat di halaman klikBCA ke alat keyBCA.
  8. Sesudah itu, masukkan angka-angka yang muncul pada keyBCA ke kolom RESPON KEYBCA APPLI 2, dan tekan Lanjutkan.
  9. Langkah selanjutnya, plih opsi nominal token listrik. Jika sudah, silakan klik tombol kirim.
  10. Setelah itu, aktifkan lagi keyBCA kemudian pilih APPLI 1 dengan cara klik angka 1.
  11. Akan muncul angka pada keyBCA, nah masukkan angka itu pada kolom RESPON KEYBCA APPLI 1, lalu klik Kirim.
  12. Jika proses transaksi Anda berhasil, maka akan muncul sebuah halaman pemberitahuan bahwa transaksi pembelian PLN prabayar di klikBCA telah selesai diproses. Untuk cek kode tokennya silakan Anda cek pada bagian STROOM/TOKEN.
  13. Setelah kode token muncul, segerakan untuk mencatatnya. Jika terlewat atau tidak sempat, Anda bisa melihatnya kembali di menu History Transaksi, kemudian pilih transaksi pembelian token PLN terakhir. Di sana nanti akan terlihat lagi kode tokennya pada bagian stroom/token.

Sebagai pengingat, pembelian token pln melalui internet banking BCA akan dikenakan biaya adminsebesar 2.500 rupiah jadi pastikan saldo tabungan Anda mencukupi.

  Cara Beli Token Listrik Lewat ATM

2. Cara Beli Token Listrik Lewat Internet Banking BRI

cara beli token listrik lewat bri
ib.bri.co.id

Cara beli token listrik lewat Internet banking yang kedua yakni internet banking BRI. Berikut cara-caranya:

  1. Pertama pastikan kamu memiliki akun internet bank BRI. Jika kamu sudah memiliki, silakan buka situs https://ib.bri.co.id.
  2. Kemudian masukan akun internet banking BRI milik kamu. Ketikan user ID dan password, pastikan password benar, jikapun salah, jangan sampai sebanyak 3 kali, karena akun Anda akan terblokir.
  3. Lalu, pilih opsi menu pembelian, kemudian klik sub menu Voucer Listrik.
  4. Langkah selanjutnya, silakan Anda pilih Dari Rekening.
  5. Tersedia sebuah kolom, masukkan Id pelanggan PLN atau nomor meteran listrik yang ingin Anda isi. Jika suatu saat kamu ingin kembali mengisi listrik dengan nomor token yang sama menggunakan akun I banking BRI Anda yang ini, Anda tidak perlu lagi mengetik ulang, karena nomor listrik sudah akan tersimpan otomatis di akun I banking BRI Anda.
  6. Jika sudah, klik opsi Kirim.
  7. Setelah itu, akan ditampilkan beberapa data, di sana Anda diminta untuk memeriksa sudah benar atau belum data yang Anda masukkan tadi.
  8. Jika sudah benar, Anda tinggal pilih berapa nominal yang ingin Anda isikan pada token listrik Anda. Di internet banking BRI hanya tersedia 20 ribu, 50 ribu, 100 ribu sampai 10 juta. Jika sudah, Anda tinggal klik Kirim.
  9. Anda akan dibawa ke halaman konfirmasi data
  10. Setelah itu, Anda cek kembali, apakah sudah benar data-data yang Anda masukkan seperti nomor meteran, nominal yang harus dibayarkan, dan sebagainya.
  11. Jika sudah tidak ada kesalahan, silakan masukan Password Internet Banking BRI (bukan password kartu atm).
  12. Selanjutnya, pilih opsi Permintaan mToken.
  13. Tunggu sebentar, nanti akan ada sms masuk ke nomor yang Anda sambungkan ke akun Internet Banking BRI Anda. Di sana akan ada 5 digit kode konfirmasi.
  14. Masukkan kode konfirmasi tersebut di kolom mToken yang ada di bawah password.
  15. Jika sudah, klik Kirim.
  Cara Bayar Listrik Pascabayar Lewat ATM

Selesai. Anda tinggal cetak token listriknya dan catat baik-baik.


3. Cara Beli Token Listrik Lewat Internet Banking BNI

cara beli token lewat bni internet
ibank.bni.co.id

Cara beli token listrik lewat Internet Banking selanjutnya yakni cara beli melalui I Banking BNI. Berikut caranya:

  1. Seperti dua internet banking sebelumnya, jika Anda ingin menggunakan internet banking BNI, Anda terlebih dahulu harus memiliki akun Internet Banking BNI. Jika Anda sudah punya silakan login di https://ibank.bni.co.id
  2. Kemudian masukkan user ID Anda dan password Anda. Juga masukkan 4 digit angka kode login yang terdapat di halaman login.
  3. Selanjutnya, pilih opsi menu Transaksi.
  4. Pilih menu Pembelian/Pembayaran. Setelah itu, klik opsi Pembelian.
  5. Sesudah itu pada bagian ‘Opsi’ silakan Anda pilih opsi PLN Prabayar
  6. Langkah selanjutnya Anda akan dimintai menuliskan detail pembayaran. Di sini Anda diminta untuk memasukkan Nomor meteran listrik atau ID Pelanggan PLN yang ingin Anda isi token pulsanya. Jika Anda tidak tahu, silakan cek nomor meteran itu di meteran listrik rumah Anda.
  7. Jika sudah, langkah selanjutnya pilih opsi rekening debet. Klik Lanjutkan.
  8. Setelah itu akan tertera tampilan untuk konfirmasi pembayaran PLN prabayar yang barusan Anda lakukan.
  9. Di sana akan ditampilkan menu Stroom / Token Unsold untuk memberikan Anda opsi berapa nominal yang ingin Anda isikan ke token listrik yang Anda punya. Nominalnya sebagai berikut: 20.000, 50.000, 100.000, 200.000, 500.000, 1.000.000, 5.000.000, dan 10.000.000.
  10. Selanjutnya, masukkan kode BNI e-Secure Response yang terdiri atas 8 digit angka.
  11. Lalu klik Bayar
  12. Setelah transaksi Anda dikonfirmasi dan berhasil, silakan ambil kode stroom/token (struk) yang tediri atas 20 digit angka sebagai kode token
  Cara Beli Token Listrik Lewat Mobile Banking

Sebagai pengingat, pembelian token pln melalui internet banking BNI akan dikenakan biaya admin sebesar 3.000 rupiah jadi pastikan saldo tabungan Anda mencukupi.


4. Cara Beli Token Listrik Lewat Internet Banking Mandiri

cara beli token pln lewat mandiri
ibank.bankmandiri.co.id

Cara beli token listrik lewat Internet Banking selanjutnya yakni cara beli melalui I Banking Mandiri. Simak baik-baik cara-caranya:

  1. Pastikan dulu, Anda mempunyai akun Internet Banking Mandiri.
  2. Jika Anda sudah punya, silakan akses laman https://ibank.bankmandiri.co.id. Di browser Anda. Saat sudah terbuka, masukan Username dan password milik Anda.
  3. Kemudian pilih opsi Bayar pada menu yang tertampil.
  4. Selanjutnya Anda pilih menu Listrik/Gas
  5. Jika sudah, akan tertampil beberapa menu di sana. Klik opsi Pembayaran dengan memberikan tanta tick
  6. Selanjutnya pilihlah penyedia layanan dengan PLN Prabayar.
  7. Sesudahnya akan terbuka halaman yang akan meminta Anda untuk memasukkan IDPel/Nomor Meter yang ingin Anda isi. Anda bisa cek ID Pelanggan atau nomer meteran di meteran yang terpasang di rumah Anda. Biasanya terletak di bagian barcode. Pastikan Nada memasukkannya dengan benar.
  8. Jika sudah Anda masukkan, silakan klik Lanjutkan.
  9. Setelah itu, akan ditampilkan beberapa data, di sana Anda diminta untuk memeriksa sudah benar atau belum data yang Anda masukkan tadi.
  10. Selanjutnya Anda bias ikuti petunjuk yang diberikan hingga selesai.
  11. Setelah itu, catat kode token listrik yang barusan Anda beli, biasanya terdiri atas 20 digit angka.
  12. Perlu Anda ketahui, pembelian token pulsa listrik melalui internet banking Mandiri dikenai biaya administrasi bank sebesar Rp.3.500. Jadi pastikan saldo rekening Anda mencukupi.
  Cara Beli Token Listrik di Alfamart dan Indomaret

Nah, itu beberapa Cara beli token listrik lewat Internet Banking yang dapat disampaikan. Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memasukkan 20 digit kode token listrik itu ke meteran rumah Anda. Sudah paham caranya? Jika belum, akan diulas sedikit mengenai cara memasukkan kode token listrik ke meteran. Simak baik-baik.


Cara Memasukan Token PLN Listrik Prabayar

cara memasukkan token pln
tokopedia.com

Setelah Anda membeli token listrik melalui internet banking dan menerima 20 angka kode. Langkah selanjutnya adalah memasukkan kode tersebut ke meteran listrik prabayar Anda. Begini caranya:

  • Pastikan kode yang Anda terima itu berjumlah 20, jika tidak coba cek lagi, barangkali Anda salah tulis atau salah baca.
  • Selanjutnya silakan masukan 20 digit kode token tersebut. Caranya tekan tombol angka yang tesedia di meteran Anda, perhatian angka yang terinput di sana. Jika sudah, tekan enter.
  • Tunggu beberapa saat, jika layar menampilkan tulisan ACCEPT maka daya listrik kWh Anda sudah bertambah sesuai dengan jumlah listrik yang tadi Anda beli. Namun jika layar menampilkan tulisan REJEC, itu artinya kode yang Anda masukkan salah.
  • Jika mengalami kesalahan memasukkan kode, Anda cukup menekan tombol BACKSPACE atau spasi yang ada di sana untuk menghapus kode token yang salah tadi. Kemudian masukkan kembali kodenya. Cek lagi sebelum Anda tekan enter.

Oke, sekian artikel tentang cara beli token listrik PLN lewat internet banking BRI BNI MAndiri BCA. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Terimakasih.

Leave a Comment