Cara Bayar Tagihan Listrik Lewat Mobile Banking

Cara Bayar Tagihan Listrik Pascabayar Lewat Mobile Banking (Mandiri, BRI, BNI, dan BCA) – Tak dipungkiri, bahwa listrik menjadi salah satu kebutuhan utama manusia. Dengan listrik, banyak pekerjaan manusia yang dapat dikerjakan dengan mudah, dan tentunya cepat. Sehingga, bisa saja hidup manusia akan sulit jika tak ada listrik. Di Indonesia, agar rumah Anda dapat dialiri oleh aliran listrik, maka Ada harus terdaftar terlebih dahulu menjadi pelanggan PLN.

Bagi pelanggan yang menggunakan sistem pascabayar, berarti mengharuskan Anda membayar tagihan listrik tiap bulannya. Cara bayar tagihan listrik pascabayar lewat mobile banking bisa menjadi solusi Anda untuk membayar tagihan listrik.

Ya, di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, jelas memudahkan segala urusan Anda. salah satunya adalah urusan dalam membayar tagihan listrik. Jika dulu Anda harus repot-repot mengantri di loket pembayaran listrik, maka sekarang Anda dapat membayar tagihan listrik kapan saja dan di mana saja, tanpa perlu mengantri. Dengan mobile banking, bayar apapun akan lebih mudah hanya dengan meng-klik saja, termasuk bayar tagihan listrik pascabayar Anda.

Lantas kapan harus membayar tagihan listrik?

Tanggal Untuk Bayar Tagihan Listrik Pascabayar

Sebagai pelanggan PLN, Anda harus paham betul kapan harus membayar tagihan listrik. Sebab jika Anda terlambat membayar tagihan listrik, maka ada konsekuensi yang akan Anda terima. Batas akhir membayar tagihan listrik pascabayara adalah setiap tanggal 20 di setiap bulannya. Itu berarti, jika Anda membayar melebihi batas akhir, maka Anda terhitung sudah telat membayar listrik.

Untuk itu jangan sampai lupa dalam membayar tagihan listrik rumah Anda. Nah, apa saja yang akan terjadi jika Anda telat bayar tagihan listrik pascabayar? Ada beberapa sanksi atau konsekuensi yang akan terjadi jika Anda telat bayar listrik. Berikut adalah beberapa konsekuensi yang menimpa Anda jika telat bayar listrik.

  Cara Beli Token Listrik Lewat ATM

Konsekuensi Jika Telat Bayar Listrik

Pasti akan ada konsekuensi yang akan Anda terima, jika Anda telat dalam membayar tagihan listrik pascabayar Anda. Langsung saja simak beberapa konsekuensi yang akan diterima, jika Anda telat membayar tagihan listrik berikut ini.

1. Akan Dikenai Denda

Konsekuensi pertama yang akan Anda terima adalah Anda akan dikenai denda atau dikenai biaya keterlambatan. Biaya keterlambatan disesuaikan dengan daya listrik di rumah Anda. Untuk lebih jelasnya adalah sebagai berikut ini:

  • Denda sebanyak 3.000 rupiah perbulan untuk batas daya 450 dan 900 Volt Ampere (VA).
  • Denda sebanyak 5.000 rupiah perbulan untuk batas daya 1.300 Volt Ampere (VA).
  • Denda sebanyak 10.000 rupiah perbulan untuk batas daya 2.200 Volt Ampere (VA).
  • Denda sebanyak 50.000 rupiah perbulan untuk batas daya 3.500 sampai 5.500 Volt Ampere (VA).
  • Denda sebanyak 3% dari tagihan (dengan minimal tagihan 75.000 rupiah) perbulan untuk batas daya 6.600 sampai 14.000 Volt Ampere (VA).
  • Denda sebanyak 3% dari tagihan ( dengan minimal tagihan 100.000 rupiah ) perbulan untuk batas daya di atas 14.000 Volta Ampere (VA).

Itulah rincian denda tagihan listrik berdasarkan besaran VA-nya. Jangan sampai Anda telah membayar listrik, sebab pemberian denda jelas malah justru membuat Anda membayar biaya listrik lebih banyak.

2. Pemutusan Aliran Listrik Sementara

Selain denda, pemutusan aliran listrik sementara juga menjadi salah satu konsekuensi yang akan Anda terima, jika telat bayar tagihan listrik pascabayar.

  • Menunggak 1 Bulan

Selain harus membayar biaya keterlambatan, aliran listrik pada rumah Anda juga akan diputus sementara, jika Anda telat membayar sampai satu bulan lamanya. Agar rumah Anda dialiri oleh aliran listrik lagi, maka Anda harus segera melunasi tagihan listrik pacabayar dan juga melunasi biaya keterlambatan.

  • Menunggak 2 Bulan

Sanksi yang akan diberikan akan lebih berat lagi, jika Anda sampai menunggak membayar tagihan listrik selama 2 bulan. Sanksi tersebut berupa pemutusan aliran listrik ke rumah Anda sementara, dan juga pembongkaran Alat Pengukuran dan Pembatasa (APP) berupa kWH meteran, serta MBC. Jelas jika hal ini sampai terjadi, maka Anda akan semakin repot mengurusnya. Tak hanya itu, biaya yang Anda keluarkan juag semakin banyak.

  • Menunggak 3 Bulan
  Cara Bayar BPJS Lewat ATM

Pihak PLN akan memberikan jangka waktu keterlambatan tagihan listrik pascabayar selama 3 bulan. Jika Anda sampai menunggak selama 3 bulan lamanya, maka tentunya ada sanksi atau konsekuesni yang lebih berat lagi yang akan Anda terima. Sanksi tersebut berupa nama Anda akan dicoret dalam daftar pelanggan PLN, dan listrik pacabayar Anda akan diputus secara permanen. Jika hal ini terjadi, jelas Anda harus melunasi semua tagihan listrik beserta denda yang diberikan. Serta tentunya Anda harus pasang aliran listrik baru. Jelas biaya yang akan dikeluarkan semakin banyak.

Itulah beberapa konsekuensi atau sanksi yang akan Anda terima jika telat membayar tagihan listrik pascabayar. Maka, dari itu jika sudah memiliki uang, segeralah membayar tagihan listrik Anda. Cara bayar tagihan listrik pascabayar lewat mobile banking bisa menjadi solusi tepat untuk Anda yang sibuk.

Lalu bagaimana cara bayar tagihan listrik pascabayar lewat mobile banking? Caranya tentunya mudah sekali. Berikut adalah langkah-langkah atau cara yang harus Anda lakukan jika ingin bayar tagihan listrik melalui mobile banking.

Cara Bayar Tagihan Listrik Pascabayar Lewat Mobile Banking

Cara Bayar Tagihan Listrik Pascabayar Lewat Mobile Banking
Cara Bayar Tagihan Listrik Pascabayar Lewat Mobile Banking

Berikut adalah cara bayar tagihan listrik pascabayar lewat mobile banking dari berbagai Bank di Indonesia, seperti Bank Mandiri, BRI, BNI, dan juga BCA. Tapi pastikan dulu Anda sudah mengunduh aplikasi mobile banking di ponsel Anda, dan tentunya sudah aktivitasi. Jika sudah, maka langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Bayar Tagihan Listrik Pascabayar Melalui Mobile Banking Mandiri

cara bayar listrik lewat mobile banking mandiri
cara bayar listrik lewat mobile banking mandiri

Untuk Anda para nasabah Bank Mandiri, maka bisa menyimak langkah-langkah berikut ini mengenai cara bayar tagihan listrik pascabayar lewat mobile banking Mandiri:

  • Jalankan aplikasi mobile banking Mandiri yang sudah ada di ponsel pintar milik Anda
  • Kemudian masuk atau log in dengan password atau pin
  • Setalahnya masuk ke menu utama
  • Pada menu utama, pilih dan klik menu ‘BAYAR’
  • Kemudian, pilih dan klik menu ‘LISTRIK’
  • Lalu, pada menu penyedia layanan, pilih dan klik menu ‘PLN’
  • Selanjutnya, pada kolom yang tersedia langsung saja masukan nomor pelanggan PLN Anda. sebelum klik ‘LANJUT’ sebaiknya periksa terlebih dahulu, agar Anda tak memasukan nomor pelanggan yang salah
  • Setelah dirasa benar, langsung saja klik ‘LANJUT’
  • Maka akan muncul informasi mengenai jumlah tagihan dan nama pelanggan yang sesuai dengan nomor pelanggan PLN
  • Jika informasi benar, maka masukan Pin SMS banking, lalu klik ‘OK’
  • Jika transaksi sukses, maka akan muncul notifikasi yang menyatakan transaksi sudah sukses.

2. Bayar Tagihan Listrik Pascabayar Melalui Mobile Banking BRI

cara bayar listrik lewat mobile banking bri
cara bayar listrik lewat mobile banking bri

Selanjutnya adalah cara bayar tagihan listrik pascabayar lewat mobile banking BRI. Anda yang merupakan nasabah dari Bank BRI maka bisa menyimak langkanya berikut ini :

  • Jalankan aplikasi mobile banking BRI
  • Jika sudah, pada menu utama pilih dan klik ‘INTERNET BANKING BRI’
  • Silakan log in terlebih dahulu. Log in lah menggunakan ID dan pin internet banking BRI milik Anda
  • Setalahnya, pilih dan klik menu ‘PEMBAYARAN’
  • Selanjutnya, pada menu pilihan layanan, Anda perlu pilih dan klik menu ‘LISTRIK’
  • Maka akan muncul nomor rekening yang nantinya akan Anda gunakan untuk melakukan transaksi dalam membayar tagihan listrik pacabayar Anda
  • Masukanlah nomor pelanggan PLN Anda
  • Jangan sampai salah memasukan nomor pelanggan PLN. Jika nomor pelanggan sudah benar, langsung saja klik ‘KIRIM’
  • Akan muncul informasi mengenai tagihan listrik yang berupa tujuan, nama pelanggan, dan jumlah tagihan yang harus Anda bayarkan. Serta biaya administrasi sebesar 2.500 rupiah.
  • Jika semua informasi benar, silakan isikan password internet banking BRI Anda
  • Lalu pilih dan klik ‘KIRIM’

Jika transaksi sukses dilakukan, maka akan muncul notifikasi transaksi tagihan listrik telah berhasil dibayarkan.

  Cara Bayar Tagihan Indihome

3. Bayar Tagihan Listrik Pascabayar Melalui Mobile Banking BNI

cara bayar listrik lewat mobile banking bni
cara bayar listrik lewat mobile banking bni

Selanjutnya adalah cara bayar tagihan listrik pascabayar lewat mobile banking BNI. Langsung saja berikut adalah caranya:

  • Jalankan aplikasi mobile banking BNI yang ada di ponsel pintar Anda
  • Anda perlu log in menggunakan user id dan MPIN mobile banking BNI milik Anda
  • Setelah masuk atau log in, langsung saja pilih dan klik menu ‘PEMBAYARAN’
  • Selanjutnya, pilih dan klik menu ‘LISTRIK’
  • Setalahnya, masukan nomor rekening yang ingin Anda pakai untuk membayar tagihan listrik pacabayar Anda
  • Lalu pada bagin pembayaran, pilihlah ‘Pembayaran Tagihan Listrik PLN’ jika sudah klik ‘Input Baru’
  • Setelahnya, masukan nomor pelanggan PLN milik Anda di kolom ‘IDPEL’. Anda bisa menyimpan dengan centang kotak ‘Simpan ke Daftar Favorit’ dan isilah ‘Nama Singkat’ sesuai keinginan Anda
  • Selanjutnya pada layar akan muncul konfirmasi yang berisi informasi mengenai nomor rekening, ID atau nomor pelanggan PLN, nama pelanggan PLN, serta jumlah tagihan listrik yang harus dibayarkan
  • Jika semua informasi benar, maka isilah password transaksi dan klik ‘LANJUT’

Pembayaran tagihan listrik lewat mobile banking BNI pun selesai.

  Cara Bayar Listrik Pascabayar Lewat ATM

4. Bayar Tagihan Lisrtik Pacabayar Melalui Mobile Banking BCA

cara bayar listrik lewat mobile banking bca
cara bayar listrik lewat mobile banking bca

Bagi Anda yang nasabah Bank BCA, maka berikut ini adalah cara bayar tagihan listrik pascabayar lewat mobile banking BCA:

  • Jalankan aplikasi mobile banking BCA yang sudah ada di ponsel Anda
  • Pilihlah menu ‘m-Payment, lalu klik ‘OK/YES’
  • Selanjutnya, pilih dan klik menu ‘LAINNYA’ dan klik ‘OK/YES’
  • Masukanlah ‘Kode Nama Perusahaan’ dengan ‘PLN’. lalu klik ‘OK/YES’
  • Kemudian, masukan nomor pelanggan PLN Anda setelahnya klik ‘OK/YES’
  • Masukanlah pin mobile banking BCA atau m-BCA Anda
  • Masukanlah jumlah tagihan listrik yang akan Anda bayarkan, lalu klik ‘OK/YES’
  • Pilihlah nomor rekening yang akan digunakan untuk membayar tagihan listrik. Hal ini dilakukan jika Anda memiliki lebih dari satu nomor rekening yang terhubung dengan m-BCA
  • Kemudian, pada layar akan muncul beberapa informasi. Jika informasi benar, maka klik ‘OK/YES’ dan lanjutkan ke nomor 10
  • Jika, informasi salah, maka diamkan saja notifikasi tersebut beberapa saat, maka notifikasi akan hilang dan transaksi akan dibatalkan
  • Setelahnya masukan PIN m-BCA milik Anda, lalu klik OKE/YES
  • Akan ada notifikasi mengenai transaksi ‘Sukses’ atau ‘Gagal’

***

Demikianlah beberapa panduan singkat cara bayar tagihan listrik pascabayar lewat mobile banking (Mandiri, BRI, BNI, dan BCA). Ingat, jangan sampai lupa membayar tagihan listrik pacabayar Anda, agar nantinya Anda tetap bisa menikmati layanan PLN.

Leave a Comment