Cara Bayar Listrik Pascabayar Lewat ATM

Cara Bayar Listrik Pascabayar Lewat ATM BRI, BNI, BCA, Mandiri, CIMB Niaga. Semakin maju peradaban manusia, maka semakin mudah saja manusia melakukan berbagai aktivitas. Salah satunya adalah kemudahan dalam membayar tagihan listrik pascabayar. Ya, sekarang ini, jelas ada cara yang mudah jika Anda ingin membayar tagihan listrik pascabayar. Salah satunya adalah Anda bisa membayar tagihan listrik pascabayar melalui ATM.  Cara bayar tagihan listrik pascabayar lewat ATM, memang dirasa lebih mudah. Sebab Anda bisa membayar tagihan listrik kapan saja dan di mana saja, selagi Anda menemukan mesin ATM.

Ya, listrik menjadi salah satu kebutuhan penting bagi manusia. Dengan listrik pekerjaan Anda, terlebih pekerjaan di bidang elektronik jelas akan bisa dikerjakan dengan mudah. Karena sangat penting, jelas Anda tak boleh sampai lupa membayar tagihan listrik pascabayar Anda. Sebab ada berbagai konsekuensi yang akan Anda terima, jika telat membayar tagihan listrik pascabayar Anda. Apa saja konsekuensi yang akan diterima, jika telat membayar tagihan listrik? Berikut adalah ulasannya.

Konsekuensi Telat Bayar Tagihan Listrik Pascabayar

Bagi Anda yang menggunakan listrik dengan sistem pascabayar, maka Anda wajib membayarkan tagihan listrik Anda tiap bulannya. Nah, ada beberapa konsekuensi sebagai beriku ini, jika Anda telat atau menunggak membayar tagihan listrik pascabayar Anda.

  Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Mobile Banking

1. Akan Didenda

Telat atau menunggak bayar tagihan listrik pascabayar, maka Anda akan didenda atas keterlambatan tersebut. Untuk itu, jangan sampai Anda lupa dalam membayar tagihan listrik Anda setiap bulannya.

2. Pemutusan Aliran Listrik

Selain didenda, konsekuensi lain dari keterlambatan membayar tagihan listrik pascabayar adalah aliran listrik Anda akan diputus. Pemutusan aliran listrik menuju rumah Anda, akan dilakukan jika Anda telat membayar atau menunggak selama 1 bulan dan bahkan 3 bulan. Untuk lebih jelasnya mengenai pemutusan aliran listrik, maka Anda bisa menyimak ulasannya berikut ini.

3. Menunggak Membayar Listrik 1 Bulan

Saat bulan pertama Anda menunggak membayar tagihan listrik pascabayar Anda, maka pihak PLN akan langsung mematikan aliran listrik yang menuju ke rumah Anda. jika ingin rumah atau tempat tinggal Anda dialiri listrik lagi, maka Anda harus segera melunasi tagihan listrik Anda. Pastinya Anda tak mau, jika rumah Anda tak dialiri aliran listrik, maka dari itu bayarlah tagihan listrik tepat waktu.

4. Menunggak Membayar Tagihan Listrik 2 Bulan

Konsekuensi lain yang akan Anda terima, jika menunggak tagihan listrik sampai 2 bulan lamanya adalah pihak PLN bisa saja membongkar paksa materan listrik milik Anda. Jika hal ini sampai terjadi, maka listrik di rumah Anda akan mati total. Tak hanya itu, Anda pun akan semakin susah mengurusnya. Yuk, bayar listrik tepat waktu dan jangan sampai menunggak sampai 1 atau 2 bulan.

5. Menunggak Membayar Tagihan Listrik 3 Bulan

Semakin lama Anda menunggak membayar listrik, maka semakin berat pula konsekuensi yang akan Anda terima. Jika Anda menunggak membayar listrik selam 3 bulan lamanya, maka Anda perlu siap-siap nama Anda dicoret dari pelanggan PLN. Serta tentunya, aliran listrik menuju rumah Anda akan dihentikan secara permanen. Hal ini jelas akan lebih sulit lagi mengurusnya, tak hanya itu bisa saja Anda akan mengeluarkan banyak biaya untuk mengurusnya.

  Cara Beli Token Listrik di Alfamart dan Indomaret

Itulah beberapa konsekuensi yang akan Anda terima jika Anda telat membayar tagihan listrik Anda. konsekuensi tersebut, tentunya akan menyulitkan dan jelas merugikan Anda sebagai pelanggan PLN. maka dari itu, jika sudah ada uang maka lebih baik digunakan untuk keperluan yang wajib.

Cara Bayar Tagihan Listrik Lewat ATM

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk membayar tagihan listrik pascabayar Anda. cara bayar tagihan listrik pascabayar lewat ATM bisa saja menjadi solusinya, terutama bagi Anda yang cukup sibuk dan enggan jauh-jauh datang ke loket pembayaran listrik dan mengantri.

Begini Cara Bayar Tagihan Listrik Pascabayar Lewat ATM
Begini Cara Bayar Tagihan Listrik Pascabayar Lewat ATM via pixabay.com

Lalu bagaimana cara bayar tagihan listrik pascabayar lewat ATM. Membayar listrik lewat ATM bukanlah hal yang sulit. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini mengenai cara bayar tagihan listrik lewat ATM.

Berikut ini adalah cara bayar tagihan listrik melalui beberapa ATM. Ya, sebab di Indonesia ada banyak sekali Bank. Dan tentunya setiap bank memiliki cara transaksi yang berbeda-beda. Langsung saja simak cara bayar tagihan listrik pascabayar lewat ATM BRI, BNI, Mandiri, BCA, dan CIMB Niaga.

1. Cara Bayar Tagihan Listrik Pascabayar Melalui ATM Mandiri

Pertama, adalah cara bayar tagihan listrik pascabayar lewat ATM Mandiri. Jika Anda adalah nasabah dari Bank Mandiri, maka langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Pertama, masukanlah kartu ATM Mandiri Anda ke mesin ATM yang sudah tersedia
Setelah memasukan kartu ATM Anda, maka selanjutnya Anda perlu memasukan pin kartu ATM Anda
Pilih dan klik menu ‘BAYAR’ atau ‘BELI’
Jika sudah, pilih dan klik menu ‘PASCA BAYAR’
Kemudian, masukanlah nomor pelanggan PLN Anda. Isilah nomor pelanggan PLN Anda dengan benar. Untuk itu, cek kembali untuk menghindari kesalahan
Jika nomor pelanggan PLN dirasa sudah benar, maka langsung saja klik ‘BENAR”
Tunggulah beberapa saat sampai transaksi Anda selesai diproses
Jika berhasil maka mesin ATM akan mengeluarkan struk transaksi
Transaksi pembayaran tagihan listrik selesai.

2. Cara Bayar Tagihan Listrik Pascabayar Melalui ATM BRI

Selanjutnya adalah cara bayar tagihan listrik pascabayar lewat ATM BRI. Jika Anda adalah nasabah dari Bank BRI, maka langsung saja simak caranya sebagai berikut ini:

  • Pertama, jelas Anda harus memasukan kartu ATM BRI Anda pada mesin ATM
  • Jika kartu sudah masuk ke mesin, maka selanjutnya masukanlah pin kartu ATM Anda
  • Lalu, pilih dan klik menu ‘PEMBAYARAN’
  • Selanjutnya, pilih dan klik menu ‘LISTRIK/PLN’
  • Setelahnya, akan muncul dua pilihan, yaitu ‘PRABAYAR’ dan ‘PASCABAYAR’. Anda perlu memilih pilihan ‘PASCABAYAR’
  • Jika sudah, Anda harus memasukan nomor pelanggan PLN Anda. Masukanlah nomor pelanggan PLN dengan benar. Agar menghindari kesalahan, maka cek kembali nomor pelanggan yang Anda masukan
  • Akan muncul informasi berisi nama pelanggan, jumlah pembayaran, dan informasi lainya. Jika informasi tersebut benar, maka Anda perlu mengonfirmasinya
  • Terakhir, langsung saja pilih ‘BAYAR’ untuk membayar tagihan listrik pascabayar Anda
  • Jika sudah sukses, maka akan keluar struk dari mesin ATM
  • Proses transaksi pun selesai.

3. Cara Bayar Tagihan Listrik Pascabayar Melalui ATM BNI

Untuk para nasabah dari bank BNI dan akan membayar tagihan listrik pascabayar melalui ATM, maka langsung saja simak langkah-langkahnya berikut ini :

  • Masukan kartu ATM BNI Anda pada mesin ATM
  • Setelahnya, masukanlah pin ATM BNI Anda. Ingat jangan sampai salah memasukan pin ATM Anda
  • Jika kartu ATM sudah masuk ke dalam mesin, maka selanjutnya Anda perlu pilih dan klik menu ‘PEMBAYARAN’ atau ‘PEMBELIAN’
  • Setelahnya, pilih dan klik menu ‘PEMBAYARAN’
  • Lalu pilih dan klik menu ‘PLN’
  • Jika sudah Anda akan diberikan pilihan ‘PLN POSTPAID’ dan ‘PLN PASCABAYAR’. Anda harus memilih pilihan ‘PLN PASCABAYAR’
  • Kemudian, masukan nomor pelanggan PLN Anda. Masukanlah dengan benar, agar tak terjadi kesalahan Anda bisa mengeceknya ulang
  • Setelahnya akan muncul tagihan listrik yang harus dibayarkan. Konfirmasilah informasi tersebut.
  • Jika informasi sudah sesuai, maka Anda bisa melanjutkan pembayaran dengan meng-klik ‘BAYAR’
  • Jika transaksi sukses, maka struk pembayaran akan keluar dari mesin ATM
  • Pembaran listrik lewat ATM BNI pun selesai.

4. Cara Bayar Tagihan Listrik Pascabayar Melalui ATM BCA

Selanjutnya, bagi Anda nasabah Bank BCA maka tak usah bingung lagi mengenai cara bayar tagihan listrik pacabayar lewat ATM BCA. Sebab ulasan kali ini akan memberikan langkah-langkahnya atau caranya seperti berikut ini:

  • Pertama, jelas Anda harus memasukan kartu ATM BCA milik Anda ke dalam mesin ATM
  • Jika sudah, langkah selanjutnya adalah memasukan pin kartu ATM Anda
  • Setelahnya,pilih dan klik menu ‘PEMBAYARAN’
  • Selanjutnya, Anda pilih dan klik menu ‘LISTRIK/PLN’
  • Pilihlah ‘PASCABAYAR’ dan klik pilihan tersebut
  • Kemudian, masukanlah nomor pelanggan PLN Anda. Ingat jangan sampai salah dalam memasukan nomor pelanggan PLN Anda
  • Pada layar mesin ATM akan muncul sejumlah informasi. Informasi ini mengenai total biaya tagihan yang harus dibayarkan seta informasi mengenai identitas lengkap dari pelanggan
  • Jika informasi sudah benar, maka langsung saja pilih dan klik ‘YA’
  • Jika transaksi sukses, maka mesin ATM akan mengeluarkan struk pembayaran tagihan listrik yang telah Anda bayarkan tadi
  • Transaksi pembayaran tagihan listrik pascabayar pun selesai.

5. Cara Bayar Tagihan Listrik Melalui ATM CIMB Niaga

Terakhir ada cara bayar tagihan listrik pascabayar lewat ATM CIMB Niaga. Bagi Anda nasabah dari bank ini, maka langsung saja simak ulasannya berikut ini :

  • Pertama masukanlah kartu ATM CIMB Niaga Anda ke mesin ATM
  • Jika sudah, masukanlah pin kartu ATM Anda
  • Setalahnya, pilih dan klik menu ‘TRANSFER’
  • Lalu, pilih dan klik menu transfer ‘Antar Rekening CIMB Niaga’
  • Silakan memasukan nominal tagihan listrik pascabayar Anda
  • Jika sudah, kemudian masukanlah nomor rekening tujuan pembayaran tagihan listrik ke PLN. Nomor rekeningnya adalah 166900, dan diikuti dengan nomor pelanggan PLN milik Anda. Ingat jangan sampai salah memasukan nomor pelanggan PLN milik Anda. Untuk itu cek terlebih dahulu
  • Pada layar mesin ATM, akan tertera berbagai informasi. Jika informasi benar, maka konfirmasilah informasi tersebut.
  • Pilih dan klik ‘YA’ jika informasi tersebut benar
  • Jika transaksi telah sukses, maka mesin ATM akan mengeluarkan struk pembayaran
  • Transaksi pembayaran tagihan listrik pascabayara Anda telah selesai.

Itulah lima cara membayar tagihan listrik pascabayar  lewat ATM. Pilihlah cara membayar lewat ATM yang benar serat sesuai dengan kartu ATM yang Anda gunakan. Jika Anda adalah nasabah dari Bank Mandiri, maka ikutilah cara-cara membayar tagihan lisrtik pascabayar melalui ATM Mandiri yang sudah dijelaskan di atas.

  Cara Bayar Tagihan Indihome

Jangan sampai lupa membayar tagihan listrik pascabayar Anda. Lalu kapan harus membayar tagihan listrik? Yang jelas batas akhir membayar tagihan listrik pascabayar adalah tanggal 20 di setiap bulannya. Jika lebih dari tanggal tersebut maka itu berarti Anda terlambat dalam membayar tagihan listrik pasca bayar Anda.

Sudah ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk membayar tagihan listrik. Salah satunya adalah cara bayar tagihan listrik pascabayar lewat ATM. Untuk itu jangan sampai telat atau menunggak dalam membayar tagihan listrik pascabayar Anda.

  Cara Beli Token Listrik Lewat Mobile Banking

Leave a Comment