7 Asuransi Pendidikan Terbaik Untuk Anak Dan Tips Memilihnya

Ekopolitan.com – Orang Tua Wajib Tahu! Ini Dia Asuransi Pendidikan Terbaik untuk Anak! Perlindungan untuk anak tidak hanya diberikan dalam kehidupan sehari-hari melainkan juga dalam jangka panjang. Salah satu perlindungan terbaik untuk anak adalah pendidikan. Hal ini akan menjamin pendidikan anak terpenuhi hingga dewasa dengan mempersiapkan dana sejak dini. Ingin tahu tentang asuransi pendidikan terbaik? Simak penjelasan di bawah ini yuk!

Pengertian Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan dapat diartikan sebagai produk yang menggabungkan antara asuransi jiwa berjangka dengan tabungan. Asuransi pendidikan juga dapat diartikan sebagai perlindungan sekaligus investasi bagi pihak terjamin yang sekaligus menjadi ahli waris bagi pemegang polis. Sedangkan premi bulanannya dibayarkan oleh pemegang polis.

Biasanya asuransi pendidikan ini sudah termasuk dalam asuransi jiwa. Jika pemegang polis meninggal dunia, maka seluruh premi yang telah dibayarkan secara otomatis akan menjadi pemilik ahli waris atau pihak yang terjamin. Jumlah keuntungan yang diperoleh dapat dikatakan tanpa batas, hal ini disesuaikan dengan besarnya premi yang dibayarkan setiap bulannya.

Premi yang dibayarkan secara berkala untuk asuransi pendidikan ini akan diinvestasikan dalam bentuk saham maupun reksadana. Oleh karena itu dana asuransi pendidikan ini dapat berkembang, biasanya perkembangan ini dapat dilihat pada tahun ke-6. Sayangnya, jika asuransi pendidikan ini beresiko tidak dapat dicairkan jika investasi mengalami kerugian.

Namun Anda tetap mendapat keuntungan jika pemegang polis meninggal maka ahli waris akan mendapatkan uang pertanggungan sekaligus mendapat bagi hasil atas investasi yang telah dibayarkan. Sehingga tertanggung akan mendapatkan 2 jenis dana yang berbeda berdasarkan hasil investasi dan premi yang dibayarkan setiap bulannya. baca: pengertian asuransi jiwa

Asuransi pendidikan merupakan produk yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi dan peranan bank adalah sebagai agen penjual saja. Sedangkan nilai proteksi yang diberikan oleh asuransi pendidikan ini dapat disesuaikan dengan jumlah premi yang Anda bayarkan setiap bulannya. Hal ini dapat bernilai tidak terbatas tergantung dari kemampuan pembayaran dalam setiap bulan.

Manfaat Asuransi Pendidikan

Usia merupakan suatu hal yang tidak dapat dipastikan jangka waktunya. Oleh karena itu asuransi sangat penting bagi kehidupan untuk menunjang kehidupan anggota keluarga selain kepala keluarga. Oleh karena itu asuransi pendidikan sangat penting sebagai jaminan agar anak mendapatkan pendidikan hingga jenjang tertinggi. Simak manfaat asuransi pendidikan di bawah ini.

  Cara Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga

1. Investasi masa depan

Selain dana darurat, investasi sangat penting dalam setiap kehidupan. Keuntungan dari hasil investasi atas premi yang dibayarkan setiap bulannya dapat menjadi pasif income bagi Anda yang sedang mempersiapkan dana untuk masa depan.

Anda dapat menggunakan dana asuransi pendidikan ini sebagai dana investasi yang dapat dinikmati pada saat dicairkan. Pengelolaan dana investasi yang dikelola perusahaan asuransi ini tentunya beresiko karena pada dasarnya reksadana ataupun saham memiliki perkembangan dan penurunan.

2. Menghindari sandwitch generation

Bagi Anda yang tidak mengetahui, sandwitch generation adalah generasi yang membiayai generasi sebelum dan setelahnya. Hal ini tentu menjadi permasalahan yang dapat menghambat proses kemandirian keuangan sebuah keluarga. Memiliki asuransi pendidikan terbaik untuk anak dapat menjadi salah satu solusi.

Dana asuransi pendidikan yang dapat dicairkan secara berkala ini dapat menjadi hadiah bagi anak agar dapat memperoleh pendidikan hingga jenjang tertinggi tanpa harus membebani orang tua lagi. Hal inilah yang dapat menyelamatkan anak tersebut dari sandwitch generation selanjutnya.

4. Ketenangan

Seiring berjalannya waktu, orang tua pasti memikirkan masa depan anak-anaknya. Setiap orang tua pasti berpikir tentang kehidupan jangka panjang yang berhubungan dengan kebahagiaan anak. Mendaftarkan asuransi pendidikan dapat memberikan ketenangan tersendiri bagi orang tua sehingga pikiran kemungkinan terburuk akan dihilangkan.

Anda sebagai orang tua tentu menginginkan anak-anaknya hidup bahagia, salah satunya adalah dengan memberikan bekal berupa pendidikan agar anak dapat memilih pekerjaan dengan gaji yang dapat mencukupi kebutuhannya. Dengan memberikan asuransi pendidikan, maka orang tua akan merasa tenang berkaitan dengan masa depan anaknya.

Tips Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik

Ketika pertama kali memilih perusahaan asuransi, pastikan asuransi tersebut ditelaah dan melalui pertimbangan sebelumnya. Hal ini akan berhubungan dengan kehidupan masa depan antara Anda dan anak. Berikut merupakan tips memilih asuransi pendidikan terbaik yang tepat bagi Anda.

1. Terdaftar

Pastikan Anda memilih perusahaan asuransi yang telah terdaftar di Asosiasi Asuransi Umum Indonesia karena selain itu adalah perusahaan asuransi penipu. Pastikan melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum mendaftarkan polis agar aman.

2. Informasi jelas

Pastikan Anda memperoleh informasi detail terkait jenis asuransi pendidikan yang ingin Anda daftar. Mulai dari pembayaran premi, pertanggungan, denda, serta biaya akuisisi secara detail. Hal ini akan membantu memudahkan Anda untuk memilah efisiensi dari produk yang ditawarkan.

3. Berpengalaman

Memilih produk dari asuransi yang telah berpengalaman di bidang asuransi pendidikan tentu menjadi pilihan utama. Anda dapat melihat kredibilitas perusahaan asuransi tersebut melalui OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang telah terpercaya. Anda juga dapat melihat berita berhubungan dengan perusahaan asuransi tersebut.

  Tips Memilih dan Dan Rekomendasi Asuransi Jiwa Terbaik

4. Jumlah dana yang disesuaikan

Biaya sekolah akan naik setiap tahunnya, oleh karena itu orang tua perlu memperkirakan dana yang harus diperlukan untuk pendidikan anak. Hal ini akan berhubungan dengan pembayaran pendidikan anak karena disesuaikan dengan jumlah dana yang dihasilkan. Pastikan untuk mencari tahu kenaikan biaya pendidikan yang dikeluarkan.

5. Mengetahui resiko

Bagi Anda yang ingin menjadikan asuransi pendidikan sekaligus investasi dapat memilih instrumen yang minim resiko. Karena pemilihan instrumen yang beresiko buruk akan mengurangi jumlah premi yang seharusnya diperoleh ketika dana asuransi pendidikan ingin dicairkan.

Rekomendasi Asuransi Pendidikan Terbaik

Asuransi Pendidikan Terbaik untuk Anak
Asuransi Pendidikan Terbaik untuk Anak – via pixabay.com

Banyak sekali perusahaan yang menawarkan asuransi pendidikan. Sebelum mendaftar, pastikan untuk memilih asuransi pendidikan terbaik yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keuntungan Anda. Berikut merupakan rekomendasi pendidikan yang dapat ditinjau sebagai referensi sebelum mendaftar.

1. Asuransi pendidikan Manulife

Manulife memang merupakan perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai jenis aspek, salah satunya pendidikan. Asuransi pendidikan yang bernama Manulife Education Protector ini tergolong jenis unit link yang merupakan investasi gabungan dengan produk Manulife lainnya. baca: Tips Memilih dan Dan Rekomendasi Asuransi Jiwa Terbaik

Pemegang produk asuransi dapat dipilih antara anak atau orang tua. Tentunya keduanya memiliki syarat usia, orang tua usia 18 – 50 tahun dan anak usia 30 hari – 10 tahun. Masa pertanggungan ini berlaku hingga pihak yang tertanggung berusia 70 tahun, sedangkan pembayaran premi dapat disesuaikan dengan rencana pendidikan yang dipilih.

Selain itu, Manulife juga memiliki asuransi dwiguna bernama ProGraduate. Produk ini dapat memberikan perlindungan jiwa kepada orang tua yang dibayarkan pada usia 18 – 23 tahun. Metode pembayaran premi pada produk ini sangat fleksibel, dapat dipilih berdasarkan bulan, kuartal, semester, maupun tahunan.

2. Asuransi pendidikan Prudential Indonesia

Prudential mengeluarkan produk bernama PRUlink Edu Production sebagai salah satu asuransi pendidikan yang memiliki premi minimal Rp. 500.000 setiap bulannya. Asuransi ini dapat menjadikan perlindungan anak dan orang tua sekaligus dalam satu polis. Keuntungan dapat diperoleh mulai anak usia 18 – 25 tahun.

Anda dapat memperoleh perlindungan sejak pihak tertanggung terdaftar hingga pihak tertanggung meninggal dunia hingga batas 99 tahun dan cacat total sebelum usia 70 tahun.

Selain itu, Prudential juga memiliki produk PRUmy child yang memberikan perlindungan bagi anak yang sedang berada di dalam kandung hingga dewasa. Perlindungan bagi produk ini terdiri dari aspek pendidikan, kesehatan, hingga keuangan yang dapat dipilih bagi Anda sebagai orang tua.

  Pengertian Asuransi; Fungsi, Manfaat, Jenis Dan Contohnya

3. Asuransi pendidikan BCA

Produk asuransi pendidikan yang bernama Proteksi Edukasi Maksima (EduPlan) merupakan kerjasama dengan perusahaan asuransi dari Hongkong. Asuransi pendidikan ini dibayar mulai 3, 10, hingga 15 tahun sesuai permintaan. Produk asuransi ini akan membantu Anda untuk mempersiapkan kebutuhan dana pendidikan sejak usia dini.

Anda juga akan memperoleh keuntungan tambahan jika menggunakan asuransi pendidikan ini, yaitu berupa bonus tahunan dan bonus akhir polis. Keuntungan tertanggung juga akan memperoleh jaminan sebesar 200% dari dana pertanggungan sehak anak berusia 18-21 tahun.

4. Asuransi pendidikan BNI

Asuransi pendidikan terbaik yang ditawarkan oleh BNI memberikan tahapan pada dana pendidikannya. Mulai dari SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. Jika ditotalkan keseluruhan dana pendidikan adalah 190% dan jumlah uang pertanggungannya akan disepakati bersama.

Masa pembayaran premi dimulai dari 9 hingga 17 tahun. Pembayaran premi maksimal hingga pihak yang tertanggung berusia 65 tahun. Detail presentase yang dibayarkan yaitu SD 20%, SMP 30%, SMA 40%, dan perguruan tinggi sebesar 100%.

5. Asuransi pendidikan BRI

Asuransi pendidikan BRI ini merupakan hasil dari kerjasama dengan Sequis yang merupakan perusahaan asuransi di bidang pendidikan dan keselamatan jiwa. Bagi Anda yang terdaftar sebagai pihak yang tertanggung dapat membayar premi dalam jangka waktu 8 tahun dan dapat menikmati asuransi hingga 18 tahun.

Jika kemungkinan terburuk pihak tertanggung mengalami kematian atau kecelakaan, maka ahli waris akan mendapatkan dana pertanggungan dan dana pendidikan sebesar 150% dari jumlah dana pertanggungan.

6. Asuransi pendidikan Mandiri

Mandiri juga memiliki asuransi pendidikan yang bernama Mandiri Sejahtera Cerdas. Asuransi pendidikan ini juga memiliki ketentuan pembayaran premi yang sama dengan jenis lainnya, yaitu fleksibel dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Syarat bagi nasabah yang ingin mendaftarkan diri yaitu berusia 17 – 59 tahun serta anak berusia 0 – 15 tahun. Premi minimum yang perlu dibayarkan yaitu Rp. 2.500.000 per tahunnya.

Keuntungan mendaftarkan diri pada asuransi ini yaitu memperoleh loyalti bonus sebesar 1,5% di tahun kelima. Anda juga dapat memilih jenis investasi dana yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

7. Bumiputera

Perusahaan selanjutnya yang menawarkan asuransi pendidikan adalah Bumiputera. Produk bernama Mitra Beasiswa dan Mitra Cerdas ini menawarkan perlindungan pendidikan bagi anak.

Mitra beasiswa ini memberikan perlindungan mulai dari TK hingga perguruan tinggi. Sedangkan mitra cerdas secara otomatis berhubungan dengan dana investasi sehingga dana dapat berkembang sesuai dengan hasil investasi yang diperoleh.

***

Bagaimana? Penjelasan tentang asuransi pendidikan terbaik di atas tentu menjadi referensi yang tepat bagi Anda untuk memilih produk, bukan? Pastikan untuk mengetahui detail asuransi tersebut sebelum melakukan pembelian karena hal ini merupakan pembiayaan jangka panjang dan berhubungan dengan masa depan. Pastikan untuk tidak menyesal di kemudian hari ya!