4 Cara Mendiversifikasi Posisi Saham yang Terkonsentrasi

Ekopolitan.com – Banyak orang yang telah bekerja untuk sebuah perusahaan untuk waktu yang lama – termasuk para eksekutif – sering mendapatkan kepemilikan saham terkonsentrasi di satu perusahaan (biasanya majikan mereka). Ini sering dapat menimbulkan masalah bagi investor dalam hal kurangnya diversifikasi, masalah pajak dan likuiditas. Posisi saham yang sangat terkonsentrasi membuat investor terpapar risiko signifikan terhadap nasib satu perusahaan. Selain itu, menjual seluruh posisi mungkin bukan opsi yang efisien pajak jika ada keuntungan modal yang signifikan pada posisi itu.

Untuk mengelola masalah ini, ada empat strategi yang biasanya dapat diambil untuk meminimalkan risiko terhadap kekayaan bersih Anda.

Tidak semua orang dapat mengambil keuntungan dari strategi yang dibahas dalam artikel ini. Sebagian besar instrumen keuangan yang dijelaskan biasanya akan mengharuskan investor untuk dianggap sebagai “investor terakreditasi” di bawah Komisi Keamanan dan Pertukaran (SEC) Reg D. Ini umumnya membatasi penggunaan alat-alat ini untuk investor bernilai tinggi yang memiliki saham non-diversifikasi yang signifikan. posisi yang ingin mereka lindung nilai.

1. Metode Kerah Ekuitas

Pendekatan pertama adalah strategi lindung nilai yang sangat umum dan yang mungkin akrab bagi banyak investor. Metode kerah ekuitas melibatkan pembelian opsi put yang sudah lama tertanggal pada holding saham terkonsentrasi yang dikombinasikan dengan penjualan opsi panggilan yang lama. Kerah harus meninggalkan ruang yang cukup untuk potensi keuntungan dan kerugian, sehingga tidak ditafsirkan sebagai penjualan konstruktif oleh Internal Revenue Service (IRS) dan dikenakan pajak.

  8 Alasan Untuk Investasi dan Menyimpan Emas

Dalam kerah ekuitas, opsi put memberikan pemilik hak untuk menjual posisi saham non-diversifikasi dengan harga tertentu di masa depan, memberikan mereka perlindungan kerugian. Penjualan opsi panggilan memberikan investor dengan pendapatan premi yang dapat mereka gunakan untuk membayar pembelian opsi put. Seringkali, banyak yang akan memilih kerah “tanpa biaya”, di mana premi dari penjualan hanya cukup untuk menutupi seluruh biaya pembelian opsi put, menghasilkan nol arus kas keluar yang diperlukan dari investor.

Atau, jika Anda menginginkan penghasilan tambahan, Anda juga memiliki pilihan untuk menjual opsi panggilan dengan premi yang lebih tinggi, yang menciptakan arus kas masuk bersih bagi investor. Bagaimanapun Anda ingin melakukannya, kerah ekuitas akan secara efektif membatasi nilai posisi saham antara batas bawah dan atas selama batas waktu kerah.

2. Kontrak Prabayar Variabel Maju

Strategi populer lainnya yang dapat mencapai efek serupa dengan kerah ekuitas adalah penggunaan kontrak prabayar variabel maju (VPF). Dalam transaksi VPF, investor dengan posisi saham terkonsentrasi setuju untuk menjual saham mereka di masa mendatang dengan imbalan uang muka pada tanggal sekarang.

Tergantung pada kinerja saham, di pasar, jumlah saham yang dijual di masa mendatang akan bervariasi dalam kisaran. Pada harga saham yang lebih tinggi, lebih sedikit saham yang harus dijual untuk memenuhi kewajiban, dan sebaliknya dengan harga saham yang lebih rendah. Keragaman ini adalah salah satu alasan penggunaan VPF tidak dianggap sebagai penjualan konstruktif oleh IRS.

  Tips Investasi Emas Tanpa Memegang dan Menyimpan Fisiknya

Manfaat dari pendekatan ini adalah likuiditas langsung yang diterima dari penarikan uang tunai. Selain itu, penggunaan VPF memungkinkan penangguhan keuntungan modal dan fleksibilitas dalam memilih tanggal penjualan saham di masa depan.

3. Kelompokkan Saham Menjadi Dana Penukaran

Dua metode pertama yang dijelaskan adalah strategi lindung nilai menggunakan derivatif over-the-counter yang meminimalkan risiko downside ke investor. Metode-metode berikut ini juga berupaya meminimalkan risiko penurunan, tetapi memberikan lebih banyak ruang untuk mendapat untung.

Metode dana pertukaran mengambil keuntungan dari kenyataan bahwa ada sejumlah investor di posisi yang sama dengan posisi saham terkonsentrasi yang ingin melakukan diversifikasi. Jadi, dalam jenis dana ini beberapa investor menggabungkan saham mereka ke dalam suatu kemitraan, dan setiap investor menerima bagian pro-rata dari dana pertukaran. Sekarang investor memiliki bagian dari dana yang berisi portofolio berbagai saham – yang memungkinkan dilakukannya diversifikasi.

Pendekatan ini tidak hanya mencapai ukuran diversifikasi bagi investor, tetapi juga memungkinkan untuk penangguhan pajak. Namun, dana pertukaran biasanya memiliki periode tujuh tahun kurungan untuk memenuhi persyaratan penangguhan pajak, yang dapat menimbulkan masalah bagi beberapa investor.

  Kenapa Emas Selalu Berharga Dan Bernilai?

4. Seimbangkan Kembali Dengan Dana Penyelesaian

Metode terakhir adalah pendekatan yang relatif mudah untuk mendiversifikasi posisi stok terkonsentrasi. Dana penyelesaian mendiversifikasi satu posisi dengan menjual porsi kecil dari holding perlahan-lahan dari waktu ke waktu, dan menginvestasikan kembali uang untuk membeli portofolio yang lebih beragam. Berlawanan dengan dana pertukaran, investor tetap mengendalikan aset, dan dapat menyelesaikan diversifikasi yang diinginkan dalam jangka waktu tertentu.

Sebagai contoh dana penyelesaian, anggap Anda memiliki saham ABC Corp. senilai $ 5 juta, dan Anda ingin mengurangi ekspos terhadap saham ini. Posisi saham telah terapresiasi secara signifikan dari waktu ke waktu, dan Anda tidak ingin menjual semua $ 5 juta dalam satu transaksi karena jumlah pajak langsung yang harus Anda bayar. Sebaliknya, Anda bisa memilih untuk menjual 15 persen dari posisi setiap tahun, dan menggunakan hasilnya untuk melakukan diversifikasi ke saham lain. Jadi, seiring waktu investor mencapai portofolio yang sepenuhnya terdiversifikasi sesuai dengan toleransi risiko mereka.

Kesimpulan

Secara umum, sebagian besar strategi yang dijelaskan di sini paling baik dilakukan oleh penasihat keuangan profesional. Namun, Anda harus mengetahui opsi-opsi Anda ketika datang untuk melindungi kekayaan bersih Anda sehingga Anda dapat membuat keputusan yang lebih tepat ketika memilih penasihat untuk melaksanakan strategi-strategi ini.